Elektronik

10+ Kamera Mobil Terbaik

Kamera Mobil Terbaik
https://kuotabro.com

Kamera mobil menjadi salah satu aksesoris yang saat ini banyak dipasang di mobil. Ini Rekomenasi kamera mobil terbaik yang bisa dipilih.

5/5 (8)

Kuotabro.com – Saat ini penggunaan teknologi memang semakin berkembang demi menunjang kebutuhan masyarakat.

Salah satunya melalui kecanggihan produk kamera mobil yang saat ini banyak diburu oleh pengendara roda empat.

Teknologi di dunia otomotif ini memang sangat berguna untuk menunjang keselamatan dan keamanan ketika berkendara di jalan.

Kamera mobil menjadi salah satu aksesoris yang saat ini banyak dipasang di mobil, apa yang sering disebut sebagai kamera dashboard.

Cara Kerjanya hampir mirip seperti kamera pengawas atau CCTV, hanya saja didesain lebih praktis untuk merekam kondisi jalanan selama mengemudi.

Lebih jauh tentang kamera mobil dan rekomendasi merk kamera mobil terbaik akan dibahas dalam artikel kali ini. Bagi Anda yang sedang berburu kamera mobil terbaik, simak ulasan kali ini sampai selesai

Apa Itu Kamera Mobil/ Dashcam?

Kamera mobil adalah jenis kamera yang berfungsi untuk perekaman selama perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Kamera mobil tidak hanya digunakan untuk fungsi merekam momen bahagia saja melainkan juga sebagai fitur keamanan dari sebuah kendaraan bermobil.

Adapun Berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan kamera mobil:

Untuk menghindari modus penipuan di jalan

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini cukup banyak modus penipuan yang ada di jalanan. Misalnya seperti ban bocor, pura-pura tertabrak atau bahkan ancaman secara langsung. Dengan pemasangan kamera mobil biasanya para pelaku tindak kejahatan atau penipuan di jalanan biasanya akan takut terlebih dahulu apabila melihat ada kamera di dalam mobil. Sehingga peran dari kamera mobil sendiri bisa digunakan untuk menghindari tindak kejahatan seperti ini.

Sebagai bukti kecelakaan

Sebagai Pengendara kendaraan di jalan Raya mungkin anda sering melihat terjadinya perkelahian atau kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Inilah salah satu fungsi penting dari kamera dashboard yaitu sebagai bukti nyata yang bisa membantu pihak-pihak yang bersangkutan ketika terjadi perselisihan atau kecelakaan. Bahkan bisa menjadi bukti kejadian yang sebenarnya ketika menimpa kendaraan anda.

Klaim asuransi

Kamera mobil dapat digunakan untuk alat bukti klaim asuransi bagi mobil yang mengalami kecelakaan. Klaim asuransi biasa dibutuhkan Ketika anda mengalami kerugian atau kerusakan terhadap mobil yang ada asuransikab tersebut.

Merekam momen penting

Fungsi lainnya dari kamera mobil yaitu untuk merekam momen-momen penting atau kejadian lucu. Biasanya hal seperti ini sangat bermanfaat bagi Anda yang seorang kreator konten atau youtuber

Jenis, Fitur dan Pemasangan Kamera Mobil

Kamera mobil sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tipenya yaitu kamera yang menghadap ke depan, interior, kamera tipe outdoor dan 2 channel kamera depan dan belakang.

Setiap pemilihan jenis kamera disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Cara kerja kamera mobil sendiri yaitu akan merekam secara otomatis ketika mobil dinyalakan atau berjalan. Pada beberapa jenis kamera mobil juga sudah dilengkapi dengan fitur pengukur kecepatan dan GPS.

Sehingga melalui perangkat smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet pemilik mobil bisa mengetahui dan melacak keberadaan kendaraannya ketika dipinjam atau diserahkan.

Ada juga jenis kamera mobil yang dilengkapi dengan fitur sensor gerak. Fitur ini berguna ketika mobil dalam keadaan diam atau mesin mati.

Dengan begitu pemilik mobil dapat mengetahui kendaraan mobilnya, misalnya ketika mobil sedang parkir dan tersenggol oleh mobil lain atau tindakan pencurian.

Karena melalui kamera sejenis seperti ini secara otomatis kamera agar aktif apabila ada pergerakan dari mobil sekecil apapun itu.

Untuk pemasangan kamera mobil sendiri juga terbilang cukup mudah. Misalnya pada jenis desain standar yang menghadap depan maka pemilik mobil hanya perlu memasang mounting di dashboard atau di Suction Cup kaca depan sebagai dudukan kamera yang menghubungkan kabel power ke socket lighter.

Dalam menyimpan hasil rekaman, kamera dashboard mobil juga sudah memiliki memori built-in yang bisa ditambah kapasitasnya menggunakan high speed micro SD.

Ketika memori penuh maka kamera akan melakukan rekaman ulang dengan menghapus terlebih dahulu data yang lama atau yang disebut continuous Loop.

Ketika malam hari atau dalam kondisi minim cahaya, kamera mobil tetap bisa bekerja karena dilengkapi dengan teknologi infrared.

Rekomendasi Kamera Mobil (Dash Cam) Terbaik 2019

Melalui penjelasan fungsi dari kamera mobil seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sehingga tak heran jika Banyak pengendara mobil yang ingin menggunakan dashboard cam sebagai keamanan.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi kamera mobil terbaik, maka Berikut ini beberapa merek kamera mobil atau dashboard cam yang mungkin bisa anda pilih:

Xiaomi Yi Compact Dashboard Camera

Xiaomi Yi Compact Dashboard Camera

Kamera mobil pertama yang kami rekomendasikan yaitu Xiaomi Yi Compact Dashboard Cam.

Ini adalah salah satu produk kamera mobil dengan harga yang sangat terjangkau namun memiliki kualitas yang bagus dan fitur yang menarik.

Dengan dukungan resolusi 1080 p, kamera mobil ini cukup memberikan kualitas video yang sangat jernih dan Natural meskipun melakukan perekaman pada malam hari.

Kamera mobil ini juga dilengkapi dengan fitur emergency recording yang dapat secara otomatis menyimpan rekaman ketika mengarah pada kecelakaan.

Nama Dash CamXiaomi Yi Compact Dashboard Camera
Hargaยฑ Rp. 649.000

Transcend DrivePro 220

Transcend DrivePro 220

Kamera mobil lainnya yang bisa anda gunakan yaitu Transcend DrivePro 220.

Kamera mobil ini lebih mahal daripada produk Xiaomi yang sebelumnya dengan harga mencapai 2 juta.

Namun dengan harga tersebut kamera mobil ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik, karena menggunakan penggabungan 6 lensa dengan bukaan F/1.8.

Disamping itu kamera mobil ini memiliki konektivitas WiFi internal dan aplikasi drive pro yang sudah terpasang. Sehingga memungkinkan kamera untuk terhubung dengan perangkat Android ketika mengunggah rekaman atau melakukan siaran langsung.

Salah satu kelebihan dari kamera ini memang mudah terhubung dengan perangkat Android.

Nama Dash CamTranscend DrivePro 220
Hargaยฑ Rp. 2.300.000

Blackvue DR490-2CH

Blackvue DR490-2CH

Blackvue DR490-2CH adalah merek kamera mobil yang sudah dilengkapi dengan sensor kamera dari Sony Starvis.

Menggunakan kamera mobil ini anda akan mendapatkan rekaman yang sangat jelas dan menakjubkan baik pada siang hari maupun malam hari.

Bahkan melalui Dash cam ini memungkinkan anda untuk merekam suara percakapan serta suara benturan ketika terjadi di luar jangkauan kamera.

Kapasitas baterai yang disematkan pada kamera mobil ini cukup mumpuni dan tahan lama karena sudah didukung dengan fitur Power Magic Ultra Battery, di mana teknologi tersebut mampu membuat baterai bermuatan penuh hanya dalam waktu 40 menit saja.

Pengguna juga tidak perlu khawatir ketika kehabisan baterai karena kamera secara otomatis akan beralih ke Pak mode ketika sedang parkir.

Nama Dash CamBlackvue DR490-2CH
Hargaยฑ Rp.3.000.000

Blackvue Car Blackbox DR450-1CH

Blackvue Car Blackbox DR450-1CH

Untuk jenis kamera mobil yang ini dikemas dengan body hitam matte yang ringkas, sederhana dan tanpa penggunaan tombol sama sekali.

Blackvue DR450-1CH akan membantu pengguna untuk fokus ketika berkendara karena ada scan tampak seperti tak terlihat.

Meskipun begitu kamera mobil ini memiliki ragam fitur yang menakjubkan dan sangat berguna demi kepuasan pengguna.

Melalui kamera mobil ini dapat merekam video dengan resolusi full HD 30 frame per detik dan sensor 2 MP CMOS.

Dengan fitur tersebut maka bisa menghasilkan rekaman jernih dan tidak buram.

Kelebihan dari kamera mobil ini yaitu dilengkapi dengan 3 mode pilihan mulai dari mode normal, event dan parking.

Nama Dash CamBlackvue DR450-1CH
Hargaยฑ Rp. 1.500.000

Philips CVR108

Philips CVR108

Philips CVR108 adalah kamera mobil yang ditunjang dengan resolusi 1080p HD serta lensa bersudut 130 derajat.

Kamera mobil ini dapat diandalkan untuk merekam otomatis jika terjadi kecelakaan dalam berkendara.

Meskipun terjadi kerusakan kamera ketika terjadi kecelakaan hebat, adanya fitur G-ensor-Lock yang akan menyimpan hasil rekaman secara otomatis dan menguncinya di memori.

Nama Dash CamPhilips CVR108
Hargaยฑ Rp. 1.300.000

HD DVR HD1080 Car Dashcam

HD DVR HD1080 Car Dashcam

Rekomendasi kamera mobil lainnya yang bisa anda gunakan yaitu HD DVR HD1080 Car Dashcam.

Kamera dashboard ini memiliki mount yang membuatnya dapat dipasang di langit-langit mobil dan sejajar kaca spion Tengah.

Resolusi yang dimiliki oleh kamera ini yaitu 1080 p.

Sudut pandang lensa dari kamera mobil ini juga cukup lebar yaitu 120 derajat sehingga bisa merekam nyaris seluruh pandangan depan.

Kelebihan lainnya yaitu Anda bisa melihat apa yang terekam melalui monitor LCD bawaan dengan lebar 2,7 inci.

Nama Dash CamHD DVR HD1080 Car Dashcam
Hargaยฑ Rp. 390.000

ACS1 Car Dash Cam

ACS1 Car Dash Cam

ACS1 Car Dash Cam adalah produk kamera mobil dengan sudut pandang perekaman yang luas yaitu mencapai 170 derajat. Melalui fitur sudut lensa yang luas ini memungkinkan anda untuk merekam kendaraan-kendaraan yang datang maupun menyalip dari samping.

Selain itu kamera mobil ini juga didukung dengan resolusi full HD 1080 Pixel dan 720 pixel. Dengan tampilan mukanya yang sederhana sehingga penggunaannya pun juga cukup mudah.

Kamera mobil ini didukung dengan memory card mencapai 32 GB untuk menyimpan banyak video.

Nama Dash CamACS1 Dash Cam
Hargaยฑ Rp. 380.000

Blackvue DR650S-2CH

Blackvue DR650S-2CH

Dengan menggunakan kamera mobil yang satu ini dilengkapi dengan fitur built-in GPS serta WiFi sehingga memungkinkan anda untuk melacak keberadaan kendaraan dan meningkatkan kecepatan data terhadap video yang direkam.

Fitur tersebut memungkinkan anda untuk menyambungkan kamera dengan smartphone.

Desain kamera mobil ini cukup elegan dan slim serta mampu merekam video beresolusi full HD 1080 untuk bagian depan dan HD 720p untuk bagian belakang dengan sudut pandang 129 derajat.

Nama Dash CamBlackvue DR650S-2CH
Hargaยฑ Rp. 3.700.000

Sena 10C

Sena 10C

Sena 10C adalah jenis kamera mobil yang di design dengan menggabungkan kamera dan intercom bluetooth pada satu perangkat.

Sehingga dengan menggunakan kamera mobil ini memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan sesama pengendara, misalnya ketika touring.

Kamera ini ternyata juga bisa digunakan pada pengendara motor.

Nama Dash CamSena 10C
Hargaยฑ Rp. 4.100.000

Xiaomi Yi Mini Dashboard Camera

Xiaomi Yi Mini Dashboard Camera

Bisa dibilang ini adalah kamera mobil mini dengan desain serta fitur yang lebih modern.

Produk kamera mobil ini menjadi keluaran yang terbaru dari Xiaomi di ranah dash cam.

Jika pada umumnya kamera mobil ditempatkan pada dasbor atau langit-langit mobil maka untuk kamera mobil Xiaomi ini bisa ditempelkan di kaca karena desain bodinya yang melengkung.

Apalagi dengan ukurannya yang kecil sehingga tidak akan mengganggu pandangan pengemudi.

Untuk resolusinya sendiri kamera ini menggunakan 1080 piksel dengan sudut pandang 140 derajat.

Nama Dash CamXiaomi Yi Mini Dashboard Camera
Hargaยฑ Rp. 649.000

Rekomendasi Kamera Mundur Mobil Terbaik

Salah satu jenis kamera mobil yang tidak kalah penting yaitu kamera mundur mobil.

Kamera mundur mobil adalah aksesori mobil yang penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan ketika berkendara, Terutama ketika akan parkir.

Kamera ini sangat penting untuk menghindari kendaraan Anda meninggal mobil lainnya ketika hendak parkir.

Kamera mobil terbaru memang sudah dilengkapi dengan sensor parkir, hanya saja tidak semuanya dilengkapi dengan fitur kamera mundur.

Pada fitur ini sangat penting untuk mengetahui kondisi di belakang atau di sekitar mobil ketika hendak parkir.

Oleh karena itu kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi kamera mobil yang memiliki fitur kamera mundur mobil, diantaranya:

Auto Vox T1400

Auto Vox T1400

Bisa dibilang ini adalah jenis kamera mundur mobil terlaris dan paling banyak digunakan karena sudah menyediakan fitur pencahayaan otomatis supaya gambar yang ditampilkan dari kamera belakang bisa dilihat secara jelas.

Kamera mundur mobil ini dapat digunakan pada jenis mobil Nissan, Honda, Toyota, Mazda, Kia maupun lainnya.

Kamera parkir ini juga cocok untuk mobil karena memiliki fitur yang tahan lama dan terdapat kaca spion yang bisa memberikan tampilan gambar bagian belakang mobil.

Selain itu kamera ini juga menampilkan secara otomatis gambar belakang ketika mengambil gigi mundur.

Nama Dash CamAuto Vox T1400
Hargaยฑ Rp. 1.600.000

Sendow Dash Cam

Sendow Dash Cam

Merk kamera mundur mobil lainnya yang kami rekomendasikan yaitu Sendow Dash Cam.

Harga dari kamera mundur Mobil ini sangat terjangkau yakni mulai dari Rp150.000 saja Anda sudah bisa mendapatkannya.

Dengan resolusi 720p dan jarak pandang 120 derajat sepertinya sudah mumpuni untuk jenis kamera harga murah ini.

Apalagi kamera mundur nya sudah dilengkapi dengan anti air dan mudah dipasang di mobil jenis apapun.

Nama Dash CamSendow Dash Cam
Hargaยฑ Rp. 143.000

KDLINKS R100

Rekomendasi kamera mundur mobil lainnya yaitu KDLINKS R100. Akan tetapi harga kamera ini lebih mahal daripada yang sebelumnya.

KDLINKS R100 memiliki kamera depan dengan resolusi 1296 MP serta kamera belakang 1080 P dengan sudut 280 derajat winge angle.

Salah satu keunggulannya juga terlihat dari media penyimpanannya yang mencapai 128gb.

Nama Dash CamKDLINKS R100
Hargaยฑ Rp. 2.900.000

isYoung 720P HD Car

isYoung 720P HD Car

Bagi anda yang membutuhkan kamera mundur mobil dengan harga yang lebih terjangkau dan lengkap beserta kaca spionnya maka bisa menggunakan kamera ini.

Melalui kamera ini dapat menampilkan bagian belakang mobil dengan resolusi hingga 720p dan sudut pandang hingga 140 derajat.

Dalam paket penjualan kamera mundur mobil ini terdapat kamera depan beserta kaca spion monitor dengan resolusi HD 4,3 inci.

Selain itu juga ada dukungan slot micro SD 32 GB.

Nama Dash CamisYoung 720P HD Car
Hargaยฑ Rp. 450.000

Yuwei IP69K

Yuwei IP69K

Jenis kamera mundur mobil yang kelima yaitu Yuwei IP69K. Kamera mundur ini memiliki fitur untuk memberikan perlindungan anti air dan dapat menahan suhu tinggi atau rendah.

Beberapa fitur lainnya yaitu garis panduan parkir, monitor LCD dengan ukuran 7 inchi, Night Vision, sudut pandang hingga 130 derajat dan sebuah pemancar nirkabel 2,4 GHz.

Nama Dash CamYuwei IP69K
Hargaยฑ Rp.2.500.000

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa rekomendasi kamera mobil yang mungkin bisa anda gunakan.

Dalam memilih mana kamera mobil yang terbaik sebenarnya bukan dari harganya, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca terutama yang sedang mencari rekomendasi kamera mobil terbaik.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992