Komputer

Pengertian Wireless Router, Fungsi dan Wireless Terbaik

Pengertian Wireless Router
https://kuotabro.com

Apa itu Router? Berikut ini adalah pengertian wireless router, fungsi dari router dan 10+ rekomendasi wireless router terbaik.

5/5 (9)

Kuotabro.com – Sebagian besar dari kita pasti sudah cukup familiar dengan alat bernama Wireless Router. Namun sepertinya masih banyak yang belum mengetahui pengertian Wireless Router, jenis-jenisnya serta bagaimana cara kerja alat ini.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini Kami akan membagikan informasi tentang apa itu Wireless Router dan beberapa rekomendasi Wireless Router terbaik yang bisa Anda pilih.

Langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut.

Pengertian Wireless Router

Apa itu Wireless Router? Wireless Router adalah suatu perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa network atau jaringan, baik network yang sama maupun pada network yang berbeda.

Apa itu Wireless Router

Setiap router sendiri memiliki beberapa jenis model yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Sederhananya, router menjadi alat yang digunakan dalam pengiriman paket data di jaringan ke tujuan tertentu. Sedangkan proses pengiriman data tersebut dinamakan sebagai routing dimana prosesnya terjadi pada IP atau Internet Protocol.

Mengacu dari pengertian router tersebut, sehingga alat ini dapat menghubungkan lebih dari satu jaringan sehingga dapat meneruskan data ke jaringan lainnya.

Beberapa orang mungkin akan menganggap router sama seperti Switch, namun sebenarnya keduanya berbeda. Switch digunakan untuk penghubung alat dan membentuk LAN. Sedangkan pada kebanyakan router diperlukan untuk jaringan berbasis IP sehingga lebih banyak yang menyebutnya sebagai router IP.

Wireless Router tentunya memiliki banyak manfaat karena kemampuannya dalam mendeteksi informasi yang akan dikirimkan.

Komponen ini di beberapa perusahaan juga digunakan untuk menghubungkan LAN ke layanan komunikasi DSL.

Ruter sangat besar manfaatnya karena router memiliki kemampuan untuk mendeteksi informasi yang akan dikirimkan, apakah data tersebut ditujukan pada host yang berada di satu network ataukah pada host yang berada di network yang berbeda. Router pada beberapa perusahaan juga bis digunakan untuk menghubungkan LAN menuju layanan komunikasi DSL.

Fungsi – Fungsi Wireless Router

Sebagai salah satu sumber jaringan internet, tentunya Wireless Router memiliki beberapa fungsi. Adapun berikut ini beberapa fungsi dari Wireless Router:

  • Fungsi utama wireless router yaitu untuk menghubungkan beberapa jaringan untuk menyampaikan dat dari satu jaringan ke jaringan lain. Namun router berbeda dengan Switch, jika Switch hanya untuk menghubungkan beberapa komputer dan membangun LAN, maka wireless router digunakan untuk menghubungkan antar suatu LAN dengan yang lainnya.
  • Router memiliki fungsi untuk menstransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya, layaknya seperti Bridge.
  • Router berfungsi untuk mengubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL, sehingga sering juga disebut sebagai DSL router.

Cara Kerja Wireless Router

Lalu bagaimana cara kerja dari Wireless Router? Seperti yang sudah dijelaskan pada fungsi utama router yaitu untuk mentransmisikan paket (informasi), sehingga router memiliki kemampuan routing yang berarti secara cerdas bisa mengetahui kemana rute perjalanan informasi akan dilewatkan.

Ketika paket-paket ditujukan untukk host pada jaringan network yang lain, maka router akan meneruskannya ke network tersebut.

Begitu juga sebaliknya jika paket tersebut ditujukan untuk host yang hanya satu network, maka wireless router akan menghalangi paket-paket keluar.

Agar lebih mudah dipahami, berikut ini gambaran cara kerja dari wireless router:

Cara Kerja Wireless Router

Jenis – Jenis Wireless Router

Adapun berikut ini beberapa jenis Wireless Router yang harus Anda ketahui:

Router Aplikasi

Router Aplikasi

Router aplikasi adalah sebuah aplikasi atau program yang dipasang di suatu sistem operasi komputer, sehingga aplikasi tersebut nantinya akan bekerja layaknya sebuah alat router. Sebagai contoh WinProxy, WinGate, SpyGate, WinRoute, dll.

Router Hardware

Router Hardware

Router hardware adalah sebuah komponen hardware yang memiliki kemampuan layaknya router, sehingga dengan komponen hardware ini maka Anda dapat membagi IP address. Biasanya jenis router ini digunakan untuk membagi jaringan internet di suatu wilayah, seperti yang ditemukan pada router yang digunakan sebagai access point. Sedangkan untuk willayah yangย  mendapatkan akses internet disebut Hot Spot Area.

Router PC

Router PC

Router PC adalah sebuah komputer yang sudah dimodifikasi sedemian rupa sehingga bisa digunakan sebagai router. Untuk membuat jenis router ini tidak harus menggunakan komputer berspesifikasi tinggi. Perangkat komputer yang dijadikan sebagai router harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Saat ini yag paling populer adalah Mikrotik.

Tips Memilih Wireless Router

Sebelum Anda membeli perangkat wireless router, Kami punya beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli router.

Adapun berikut ini beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika akan memilih wireless router:

Perhatikan pita frekuensi yang digunakan

Pita frekuensi yang ada pada setiap wireless router memiliki perbedaan di setiap produknya. Frekuensi yang umum digunakan saat ini adalah 2,4 Ghz dan band 5 Ghz. Pada band 2,4 GHz memang tidak mudah terpengaruh oleh rintangam, tapi frekuensi ini sering terjadi gangguan komunikasi. Bagi yang tinggal di pusat kota, sepertinya kurang cocok menggunakan band ini.

Sedangkan pada band 5 GHz kelebihannya yaitu gangguan radio hampir tidak pernah terjadi serta hambatan jaringan komunikasi juga seringkali dapat dihindari. Produk wireless router yang menggunakan frekuensi ini sangat disarankan.

Perhatikan fungsi kecepatan komunikasi

Ketika Anda menggunakan wireless router, maka kecepatan koneksi menjadi prioritas yang utama. Disarankan anda menggunakan standar komunikasi wireless router 11ac atau diatas itu karena memiliki koneksi yang cepat.

Memilih lokasi instalasi yang tepat

Pertimbangan yang tak kalah penting lainnya ketika memilih wireless router yaitu memilih lokasi instalasi yang tepat. Sama halnya dengan pita frekuensi, titik yang dipilih dalam pemasangan wireless router nantinya juga akan mempengaruhi koneksi internet. Pastikan Anda untuk memilih lokasi yang tepat sehingga kinerja dari router yang Anda gunakan bisa semaksimal mungkin.

Dalam instalasi atau pemasangan wireless router bisa dipadang dengan metode yang berbeda. Misalnya dengan memasangnya pada posisi vertical, horizontal atau dengan ditempelkan di dinding. Sehingga dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan produk wireless router yang sesuai dengan lokasi instalasi nantinya. Disarankan untuk menggunakan router yang mudah dipindahkan sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kekuatan koneksi internet.

Penggunaan antena eksternal

Jika diperlukan, maka Anda bisa menggunakan antena eksternal. Karena jenis antena ini dapat menyesuaikan arah gelombang frekuensi sehingga bisa membuat koneksi internet lebih stabil. Pertimbangkan untuk menggunakan built-in type flyware, yaitu kemampuan koneksi untuk membagi ke segala arah. Sehigga cocok untuk menghubungkan dengan peralatan di ruangan seperti smartphone/ komputer.

Sesuaikan dengan spesifikasi unit induk dan unit slave

Meskipun disini Anda menggunakan wireless router tipe 11ac, namun perangkat yang akan terhubung (smartphone, komputer, terminal handset, dll) tidak komaptibel dengan tipe tersebut maka nantinya kecepatan akan diturunkan secara otomatis. Sehingga apabila Anda berencana untuk membeli wireless router, maka pertimbangkan juga spesifikasi terminal yang digunakan.

Pertimbangkan Port USB yang sangat penting sebagai NAS

Apabila router dilengkapi dengan port USB, maka Anda bisa menggunakannya sebagai NAS atau Network Attached Storage) sederhana. NAS adalah perangkat penyimpanan eksternal yang terhubung ke jaringan serta digunakan untuk berbagi file dengan cara menghubungkannya ke HDD eksternal. Dalam hal ini, wireless router dengan dukungan port USB maka tidak hanya berguna untuk transfer koneksi saja, melainkan juga ย transfer data.

Rekomendasi Wireless Router Terbaik

Mengingat kebutuhan akan koneksi internet saat ini cukup tinggi, sehingga tak heran jika wireless router menjadi salah satu alternatif untuk menyediakan jaringan internet.

Bagi Anda yang berencana untuk membeli wireless router dalam waktu dekat ini, mungkin beberapa rekomendasi router terbaik berikut ini bisa Anda pertimbangkan:

Netgear DGN1000

Netgear DGN1000

Internetan dengan aman untuk keluarga di rumah menggunakan router Netgear DGN1000. Model router ini cukup recommended untuk dipasang di rumah karena sudah dibekali dengan fitur parental control untuk memblokir aplikasi atau website yang tidak cocok untuk anak-anak.

Dengan menggunakan router ini maka bisa denganmudah mengaturnya melalui web browser dan kemudia semua perangkat yang tersambung di router ini secara otomatis tidak bisa mengakses website tertentu.

Salah satu kelebihan dari router ini yaitu memiliki kecepatan akses mencapai 150 Mbps (Router 801.11 N) dan bisa menyambungkan hingga 32 perangkat sekaligus.

Huawei B310

Huawei B310

Untuk merk router yang satu ini bisa digunakan untuk banyak user maupun digunakan untuk CCTV di rumah.

Wireless router skala rumahan ini sudah unlock untuk berbagai provider internet di Indonesia. Model router ini bisa menggunakan kartu SIM maupun kabel LAN.

Untuk kecepatan aksesnya sendiri mencapai 150 Mbps dan bisa digunakan hingga 32 user. Salah satu kelebihannya adalah bisa disambungkan dengan CCTV.

Netgear R7800 – Nighthawk X4S AC2600

Netgear R7800 - Nighthawk X4S AC2600

Router ini bisa digunakan untuk First Media maupun IndiHome dengan segudang fitur unggulan yang mungkin belum Anda ketahui.

Mulai dari kinerja yang baik, kekuatan komputasi koneksi yang cukup cepat, hingga teknologi WiFi yang cukup unggul.

Perangkat ini menggunakan prosesor yang tertanam adalah dual core 1.7 GHz yang sanggup dijadikan sebagai router utama. Terlebih, router ini sudah didukung dengan fitur MU MIMO yang memungkinkan banyak user untuk terhubung dengan kecepatan yang tinggi.

TP Link WR845N

Untuk jenis wireless router yang satu ini sangat cocok digunakan untuk sekolah dengan dukungan fitur parental control.

Sehingga dengan fitur tersebut memungkinkan Anda untuk memblokir situs atau aplikasi yang dianggap tidak layak dibuka.

Meskipun dari desainnya cukup ringkas dan simpel, namun sebenarnya model ini dapat memberikan kecepatan akses mencapai 300 Mbps.

Wireless router ini memiliki 3 antena antena yang tertanam, sehingga jangkauannya pun juga lebih luas untuk menjaga stabilitas jaringannya.

Dengan adanya kontrol IP, administrator pun juga bisa menentukan berapa bandwith yang akan diberikan untuk setiap perangkat.

TP Link MR 3020

Wireless router ini sangat cocok untuk penggunaan pribadi seperti laptop. Atau bagi kalian yang suka travelling bersama kawan-kawan dan masih ingin mendapatkan koneksi internet, maka bisa menggunakan model wireless router ini.

Apalagi dengan dimensi ukurannya yang ringan dan kecil, sehingga cukup simpel untuk dibawah kemana saja.ย  Untuk seri MR3020 ini memiliki tiga mode pengaturan, yaitu roouter 3G/ 4G, WISP Clier, router dan travel router mode.

Pengguna hanya perlu mencolokkan router mini ini pada sumber daya seperti laptop, power bank dan langsung memancarkan wifi di jaringan 3G/4G.

Tenda AC6 AC1200

Tenda AC6 AC1200

Salah satu wireless router terbaik ini juga cocok bagi Anda yang memiliki rumah atau bangunan dengan sekat-sekat dan berlantai-lantai.

Karena wireless router ini menggunakan teknologi berforming sehingga dapat memancarkan sinyal dengan kuat, cocok digunakan pada rumah dengan dua lantai. Anda tidak perlu khawatir kehilangan sinyal di rumah, karena router yang satu ini memang bisa diandalkan. Model router ini jug memiliki antena 5dBi HG dan amplifier yang berdaya tinggi serta mampu memancarkan jaringan WiFi 802.11.ac generasi ke 5 dengan kecepatan dual band hingga mencapai 1167 Mbps.

Xiaomi ZMI MF855

Xiaomi ZMI MF855

Untuk wireless router yang satu ini kompatibel dengan bolt. Produk dari Xiaomi sendiri memang dikenal murah dengan barangnya yang berkualitas.

Xiaomi juga seringย  menghadirkan berbagai produk bermanfaat. Salah satunya dengan dirilisnya produk router yang satu ini, berupa kombinasi antara portable router dan power bank.

Router ini mampun memancarkan koneksi 4G hingga 150Mbps dan bisa mengisi daya hingga kapasitas 10 mAh. Pada router ini terdapat slot kartu SIM micro yang kompatibel dengan berbagai provider seluler di Indonesia.

Netgear R9000

Netgear R9000

Belum banyak pabrikan yang mengeluarkan produk yang mendukung sambungan 802.11ad, salah satunya yang sudah adalah Netgear dengan merilis seri R9000. Model yang ditanamkan dual prosesor 1.4Ghz dan berteknologi MU MIMO ini mampu memberikan kecepatan 3x lebih tinggi yaitu hingga 7200Mbps dengan kombinasi 800Mbps di 2.4Ghz band, 1733 di 5Ghz band, dan 4600 di 60Ghz band.

TP Link WR841HP

Jika Anda mencari produk wireless router dengan harga yang terjangkau, Anda bisa memilih produk yang satu ini. Cocok digunakan untuk kopi dan cafรฉ, maupun untuk skala rumahan.

TPLink seri yang satu ini memiliki fungsi dalam tiga mode, yaitu sebagai router, range extender, dan juga access point.

Kelebihan lainnya dari wireless router ini yaitu sudah dilengkapi dengan amplifier bertenaga tinggi serta antena khusus yang dapat memancarkan wifi 300 Mbps, bisa menembus dinding dan mencapai daerah yang sudah untuk terjangkau dengan jenis router lainnya.

Orbi Pro

Orbi Pro

Rekomendasi merk wireless router lainnya yang tak kalah recommended untuk digunakan yaitu Orbi Pro. Namun sayangnya, harga dari wireless ini cukup mahal, yaitu mencapai Rp 7 juta.

Sehingga lebih cocok digunakan untuk profesional di kantor. Anda bisa menggunakan wireless router ini karena instalasinya yang mudah dan bisa membagi tiga kategori pengguna yaitu admin, karyawan dan tamu.

Untuk kecepatan yang ditawarkan mencapai 3.000 Mbps yang dibagi menjadi 1733 + 866 + 400 Mbps dengan port koneksi, antena yang bisa dipasang maupun dilepas serta memori internal 4Gb dan RAM 512 GB.

Akhir Kata

Nah demikian itulah ulasan lengkap tentang wireless router beserta rekomendasi beberapa merk router yang bisa Anda pilih.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992