Komputer

2 Cara Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

Cara Cek Windows 10 Asli
https://kuotabro.com

Bagaimana Cara Cek Windows 10 Asli atau bajakan? Cek Windows 10 Kami asli atau tidak dengan dua cara berikut ini. Awas, jangan pakai yang bajakan!

Kuotabro.com – Bagi para pengguna Windows 10 maka kalian wajib mengetahui bagaimana cara cek Windows 10 asli atau tidak.

Windows sendiri memang dikenal sebagai salah satu sistem operasi yang user friendly, mudah untuk digunakan serta dibekali dengan berbagai fitur canggih di dalamnya.

Tapi sayangnya dengan popularitas Windows ternyata membuat banyak pihak ingin memanfaatkanya. Banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab ingin membobol sistem pada Windows agar dapat digunakan seumur hidup tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Tentu saja mereka menghalalkan segala cara agar dapat membobol sistem pada Windows sehingga tak heran jika saat ini ada produk Windows yang tidak asli.

Meskipun dari Windows sendiri sudah melakukan berbagai pengembangan agar sistem operasi dilengkapi dengan pengamanan yang tidak bisa diakali lagi, namun kenyataannya Windows palsu masih banyak yang beredar.

Oleh karena itu bagi Anda yang menggunakan Windows 10, ketahui apakah Windows yang Anda gunakan asli atau tidak. Berikut ini kami akan memberikan cara cek Windows 10 asli dan tidak asli.

Cara Mengetahui Windows 10 Asli Original atau Bajakan

Untuk mengetahui Windows asli original atau bajakan yang sebenarnya tidaklah mudah. Karena keduanya memiliki fitur-fitur yang tidak jauh berbeda akan sangat susah untuk diketahui apa yang membedakan keduanya.

Bagi pengguna Windows 10 yang bajakan sekalipun masih bisa menggunakan semua fitur yang ada pada Windows original selama Windows masih dalam keadaan aktif.

Hanya beberapa fitur yang menunjukkan a Windows tersebut original atau tidak, salah satunya pada Windows update dan beberapa fitur lainnya yang digunakan saat laptop dalam keadaan online.

Cara Cek Windows 10 Asli Melalui Command Prompt

Bagi Anda yang menggunakan Windows 10 dan ingin mengetahui apakah termasuk asli atau bajakan, maka anda bisa memanfaatkan tool bawaan dari Windows yaitu command prompt. Cara ini bisa digunakan untuk mengecek keaslian Windows 10 tanpa menggunakan software apapun.

Untuk menggunakan command prompt perlu memasukkan beberapa perintah. Caranya cukup mudah, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langsung saja masuk ke jendela command prompt pada laptop Anda, jika kesulitan silakan search “CMD” melalui kolom pencarian dan tekan enter.
  2. Jika sudah masuk ke halaman command prompt, ketik perintah berikut ini: “slmgr /xpr” (tanpa petik), lalu enter.
  3. Selanjutnya akan muncul dialog pada Windows script host. apabila anda menggunakan Windows 10 yang asli atau original maka di bagian bawah dialog akan muncul keterangan yang bertuliskan “The Machine is Permanently Actived”.Cara Cek Windows 10 Asli Command Prompt
  4. Anda juga bisa menambahkan kode diatas dengan kode tertentu untuk mengetahui informasi secara detail apakah menggunakan Windows 10 original atau tidak. Yaitu dengan mengetik kode: slmgr /dlv, slmgr /dli, slmgr /xpr, setiap tanda (‘) langsung tekan enter. Adapun berikut ini keterangan setiap perintah tersebut:

slmgr /xpr : untuk mengetahui apakah ada notifikasi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tadi.
slmgr /ato : untuk mengetahui aktivasi windows beserta key-nya
slmgr /dli : untuk mengetahui aktivasi windows dengan partial product key-nya
slmgr /dlv : untuk mengetahui keseluruhan detail aktivasi windows yng digunakan.

Mudah sekali bukan cara cek Windows 10 asli atau bajakan menggunakan command prompt? Coba praktekkan dan lihat bagaimana hasilnya.

Cara Cek Windows 10 Asli Melalui Product Key/ Serial Number

Cara kedua untuk mengetahui apakah Windows 10 yang Anda gunakan original atau bajakan yaitu dengan melihat product key atau serial number lisensinya.

Agar lebih jelasnya silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah yang pertama silakan buka jendela CMD melalui kolom pencarian dengan mengetik CMD, klik kanan dan klik run as administrator.RunAdministrator
  2. Apabila anda sudah berada di halaman CMD, ketik perintah berikut ini “wmic path softwarelicensingservice get OA3xOriginalProductKey” (tanpa tanda petik) tekan enter. Apabila anda sudah memasukkan perintah tersebut maka akan mendapati sebuah product key lisensi Windows yang terinstal di perangkat laptop yang digunakan.Cara Cek Windows 10 Asli
  3. Silakan Anda mendapat lisensi key tersebut di email atau penyimpanan online seperti Google Drive. Hal tersebut berguna jika sewaktu-waktu anda akan menginstal ulang laptop agar bisa menggunakan product key tersebut. Namun apabila tidak menemukan product key maka bisa jadi Windows 10 yang digunakan adalah bajakan.

Fyi, untuk cara yang kedua ini memang belum diuji apakah benar benar dapat membuktikan Windows 10 asli atau tidak. Nama bisa Anda coba terlebih dahulu.

Nah dengan kedua tutorial yang sudah dijelaskan diatas maka anda bisa mengetahui apakah Windows 10 yang digunakan asli atau bajakan.

F.A.Q

Apa akibatnya jika menggunakan Windows 10 bajakan?

Apabila anda menggunakan Windows 10 bajakan, maka ada beberapa dampak negatif yang mungkin bisa terjadi, yaitu:

  • Tidak ada akses update operasi sistem. Pengguna Windows 10 bajakan maka tidak akan mendapatkan pembaruan secara lengkap dan gratis secara berkala. Padahal fitur ini sangat penting untuk memastikan sistem operasi tetap berjalan stabil dan menawarkan user experience yang lebih baik.
  • Dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Ketidaksesuaian program adapat mengganggu performa PC dan membuat beberapa fitur lain tidak bisa digunakan. Biasanya ditandai dengan PC yang sering mati sendiri.
  • Resiko serangan virus. Sistem keamanan pada Windows bajakan tidak dapat melindungi perangkat dari serangan virus maupun malware. hal tersebut bisa berakibat pada perangkat laptop yang rentan kehilangan data-data akibat virus.
  • Tidak dapat mengakses semua layanan dan aplikasi tertentu pada Windows 10 original. Apakah tidak bisa membeli aplikasi melalui Windows store.
  • Tidak tersedia teknikal support dari Windows.

Apa akibatnya jika pengguna Windows 10 bajakan melakukan aktivasi?

Bagi pengguna Windows 10 bajakan dan melakukan aktivasi dari lisensi original maka sistem akan melakukan update untuk mendapatkan pembaruan dari Microsoft. Maka biasanya program crack yang sebelumnya digunakan akan hilang karena dianggap sebagai Malware sehingga pengguna tidak perlu menginstal ulang.

Apakah keygen bisa membuat Windows 10 jadi asli?

Tidak, karena aplikasi keygen maupun crack atau sejenisnya tidak bisa membuat Windows 10 menjadi original atau asli. Hal itu hanya bertujuan untuk menghilangkan watermark aktivasi dan dapat membuka sejumlah fitur yang terkunci. Bahkan juga tidak bisa memanfaatkan fitur Windows update.

Bagaimana cara mengetahui Windows 10 asli atau bajakan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui spul asli atau bajakan yaitu dengan memanfaatkan jendela command prompt untuk mengetahui informasi OS Windows yang digunakan.

Akhir Kata

Nah demikian itulah ulasan tentang cara cek Windows 10 asli atau bajakan. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca terutama bagi para pengguna OS Windows 10 yang tidak mengetahui apakah menggunakan produk yang asli atau tidak. Silakan Anda cek keaslian Windows 10 yang Anda gunakan menggunakan tutorial yang sudah dijelaskan. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992