Tips & Trik Uncategorized

√2 Cara Ganti Password Gmail dengan Mudah dan Terbaru

cara mengganti password gmail

Kuotabro.com – Pasti hampir sebagian besar dari kalian memiliki email bukan?

Email atau elektronik mail merupakan surat elektronik atau yang disebut surel yang memiliki fungsi sebagai media elektronik seperti komputer laptop maupun smartphone.

Dengan menggunakan email tidak hanya dapat digunakan untuk berkirim pesan teks saja melainkan juga bisa berkirim file gambar, music, video atau lainnya.

Apalagi akun Email sudah digunakan sebagai salah satu syarat utama jika ingin menggunakan internet maupun media sosial.

Sehingga tak heran jika setiap pemilik smartphone bisa dipastikan mereka akan memiliki alamat atau akun email.

Para pakar keamanan internet sendiri Memang selalu menyarankan agar para pengguna email mengubah password mereka secara berkala.

Hal ini bertujuan untuk melindungi informasi dari para hacker serta menjaga keamanan email.

Meskipun begitu ternyata masih banyak juga para pengguna email yang belum mengetahui cara mengganti password email, terutama di gmail.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena dalam artikel kali ini kami akan memberikan ulasan tentang cara ganti password Gmail secara benar dan terbukti berhasil.

Namun sebelum memulai pembahasan tersebut, perlu kami Ingatkan bahwa ketika kamu mengganti password akun Gmail maka semua produk Google seperti Google Docs, Google Drive Google Play games, Google Play Store ataupun lainnya, secara otomatis passwordnya juga akan berubah.

Jadi apapun produk Google yang kamu gunakan maka password-nya akan sama dengan email Gmail yang kamu gunakan.

Selain itu cara mengganti password email Gmail yang akan di bahas dalam artikel kali ini bukan untuk mengganti password kamu yang lupa.

Jadi syarat utama untuk mengganti password email Gmail adalah masih ingat password yang lama.

Untuk itu memang sebaiknya kata sandi selalu disimpan di HP atau catatan pribadi agar sewaktu-waktu dibutuhkan tidak lupa password tersebut.

Langsung saja kalian yang belum mengetahui cara mengganti password di email Gmail, kalian bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

1. Cara Mengganti Password Gmail melalui Situs Gmail

Untuk cara pertama yang akan di bahas disini adalah mengganti password Gmail melalui PC atau laptop, yaitu dengan membuka situs Gmail.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti password melalui PC:

1 apakah yang pertama silahkan masuk ke akun Gmail menggunakan web browser seperti Google Chrome, Firefox maupun browser lainnya.

2 setelah Masuk ke halaman email Gmail, silakan kamu masuk/ login ke akun email Gmail yang kamu miliki yang akan diganti passwordnya.

3 setelah itu klik gambar atau icon Gear yang berada di kanan atas halaman Gmail, lalu pilih opsi setting.

4 setelah masuk ke menu setting email di Gmail cari opsi “Account and Import”

5 selanjutnya akan muncul beberapa pilihan, kamu bisa memilih “change password” sebagai opsi untuk mengganti password email Gmail akun kamu

6 kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan password email yang lama, serta password baru. Usahakan mengisi password baru dengan kombinasi yang mudah diingat namun tidak mudah ditebak oleh orang lain. Lupa untuk mengisi kolom “confirm new password” dengan password yang baru sebagai konfirmasi.

7 selanjutnya akan muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa kata sandi email kamu sudah berhasil diubah.

Sampai ke tahap ini kamu sudah berhasil mengganti password Gmail dengan password yang baru.

2. Cara Ganti Password Gmail Melalui Situs Google My Acccount

Jika pada pembahasan sebelumnya merupakan tutorial ganti password Gmail melalui PC dengan menggunakan web browser, untuk tutorial kedua ini yaitu cara mengganti password Gmail menggunakan situs Google my account

Caranya cukup mudah kamu bisa mengikuti step by step berikut ini:

1 langkah yang pertama silahkan mengunjungi link “Google My Account” dan lakukan login dengan akun Gmail kamu

2 setelah kamu masuk ke halaman “Google My Account”, pilih opsi “login dan keamanan”.

3 langkah yang ketiga silakan pilih sandi, maka disitu akan tertera kapan terakhir Kamu mengubah kata sandi email tersebut.

4 selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan kembali password Gmail yang lama lalu pilih berikutnya

5 seperti cara yang sebelumnya tadi di mana kamu akan dibawa ke halaman untuk memasukkan kata sandi yang baru dan mengulanginya di kolom konfirmasikan sandi baru. Jika sudah selesai membuat sandi baru klik ubah sandi.

6 apabila penggantian password baru akun Gmail berhasil maka akan ada notifikasi yang menyebutkan bahwa kata sandi telah berhasil di ubah.

Sampai di sini Apakah kamu sudah paham?

Kamu bisa menggunakan Salah satu cara diatas untuk mengganti password email Gmail secara mudah.

Cara di atas juga dapat digunakan untuk merubah password Gmail melalui smartphone atau HP.

Karena mungkin hampir sebagian besar orang saat ini lebih menyukai aktivitas menggunakan Smartphone apalagi untuk mereka yang tidak memiliki PC.

Kurang lebih tampilannya juga sama untuk mengganti password Gmail.

Dampak Negatif Jika Password Gmail Tidak Dirubah Secara Berkala

Memang sangat penting untuk mengganti password email Gmail secara berkala.

Karena ada beberapa hal negatif yang bisa kamu terima apabila tidak mengganti email Gmail, berikut diantaranya:

  • Data pribadi kamu akan terancam keamanannya mulai dari nama, alamat rumah nomor, telepon pribadi, data-data lain yang berkaitan foto, video dan data rekening bank. Karena umumnya ketika kamu menggunakan akses ke dunia Internet biasanya harus melibatkan email dan data-data di dalamnya.
  • Memiliki potensi untuk membuat hoax dan berkomentar dengan menggunakan akun kita misalnya ketika memberikan komentar negatif di YouTube, karena memang Gmail dan YouTube saling terhubung.
  • Memudahkan akun media sosial kamu yang tertaut dengan email Gmail menjadi lebih mudah di hack dan status sosial media juga terancam sulit dipulihkan
  • Berpotensi untuk mengalami tindakan negatif seperti pengiriman konten negatif, meminta tebusan mengajak ketemuan, menyebarkan berita palsu dan hal-hal negatif lainnya pada daftar kontak yang tersimpan sinkron dengan Gmail.

Melihat beberapa hal negatif yang bisa mengancam akun Gmail kamu tersebut, memang seharusnya password Gmail diganti secara berkala.

Selain itu sebaiknya menggunakan kombinasi password yang aman dan kuat namun mudah diingat.

Sebaiknya kamu menghindari penggunaan password dari tanggal lahir karena kombinasi ini sangat tidak disarankan dan mudah ditebak oleh para peretas.

Selain itu sebaiknya kamu tidak menggunakan password yang sama untuk semua akun media sosial karena resikonya apabila satu akun kena hack maka akun lainnya pun juga akan kena hack.

Untuk membuat kombinasi password yang kuat kamu bisa menggunakan huruf besar kecil angka dan juga karakter.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan tools atau software untuk membuat password.

Mungkin sampai disini saja pembahasan kita tentang cara merubah password Gmail dengan dua cara mudah seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Melalui cara ini semoga bisa membantu kalian yang belum mengetahui cara ganti password email.

Semoga bermanfaat.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992