Tips & Trik

√ Cara Install Windows 10 dengan Mudah + Gambar

Windows 10 saat ini menjadi OS Windows yang paling banyak digunakan, terutama untuk perangkat-perangkat komputer yang terbaru.

Biasanya jika Kamu membeli PC atau Laptop versi terbaru, Windows 10 sudah secara otomatis terinstal.

Namun untuk kalian yang menggunakan perangkat lama dan OS Windows dibawah 10, maka bisa menggunakan Windows 10 dengan cara melakukan instalasi ulang.

Berikut ini akan dijelaskan tutorial lengkap untuk instalasi Windows 10.

Namun sebelum itu, Kamu perlu perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mulai mengikuti step by step tutorialnya:

  • Pertama-tama, Kamu perlu menyiapkan DVD installer Windows 10 terlebih dahulu, karena untuk tutorial kali ini harus menggunakan DVD sebagai media instalasinya.
  • Supaya ketika booting pertama kali dari DVD, malah silahkan setting dahulu boot device priority di menu BIOS.
  • Apabila yang diinstall adalah perangkat laptop, maka sebaiknya colokkan charger dan jangan sampai baterai hingga proses instalasi selesai dilakukan karena biasanya proses instalasinya membutuhkan waktu kurang lebih 1 hingga 2 jam.

Cara Instal Windows 10

Cara Setting BIOS

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Kamu perlu melakukan setting BIOS terlebih dahulu.

Itu karena defaultnya PC booting pertama kali dari HDD, untuk itu Kamu harus menggantinya dengan langkah berikut ini:

1. Pertama, nyalakan atau restart PC Kamu dan setelah itu, tekan tombol DE atau Delete secara berulang kali hingga muncul tampilan BIOS . Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua PC baik komputer maupun Laptop menggunakan tombol DEL untuk masuk ke menu BIOS.

2. Pada tampilan selanjutnya, menunjukkan bahwa Hard Drive atau HDD berada di urutan teratas. Yang membuktikan bahwa booting yang pertama kali dilakukan dari HDD.

3. Maka agar proses booting pertama kali dilakukan dari DVD, Kamu bisa memilih CD-ROM Drive lalu geser menggunakan tombol +/ – sampai kursor berada pada urutan teratas.

4. Masukkan DVD installer Windows 10 ke DVDROM, lalu Kamu harus simpan hasil settingan BIOS tadi dengan menekan tombol F10, kemudian pilih Yes.

Sampai disini, Kamu sudah berhasil melakukan setting BIOS, dan bisa melakukan tutorial selanjutnya untuk melakukan instalasi Windows 10.

Instalasi Windows 10

Jika Kamu sudah selesai melakukan setting BIOS upaya booting pertama kali dari DVD, maka tahap selanjutnya Kamu bisa instalasi Windows 10.

Berikut langkah-langkah untuk mulai menginstall Windows 10 :

1. Pertama, Kamu perlu menekan sembarang tombol agar bisa memulai instalasi Windows 10. Akan tetapi jika Kamu sudah dihadapkan dengan tampilan seperti ini di tengah-tengah proses instalasi, maka Kamu jangan meneka tombol apapun karena Kamu bisa dibawa kembali ke proses awal instalasi apabila melakukan hal tersebut.

2. Selanjutnya Kamu bisa memilih opsi Indonesian (Indonesia) di Time and currency format, untuk komponen lainnya seperti Language to install dan Keyboard atau input method biarkan saja default dan tidak perlu diganti.

3. Langkah Selanjutnya pilih Install now, lalu centang “I accept the license terms”, lalu pilih Next untuk melanjutkan.

4. Untuk langkah berikutnya, silakan Kamu pilih Custom: Install Windows only (advanced).

Tahap Pratisi

Setelah menyelesaikan proses instalasi, maka yang selanjutnya Kemu memasuki tahap pratisi.

Misalnya ketika Kamu melakukan install ulang maupun upgrade atau downgrade sistem operasi Windows lama Kamu ke Windows 10, cukup dengan cara delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved.

Maka secara otomatis kedua partisi yang Kamu hapus tersebut akan berubah menjadi Unallocated Space atau belum dipartisi.

Jadi partisi disini maksudnya adalah untuk membagi penggunaan memori internal dari perangkat komputer yang Kamu gunakan.

Selanjutnya Kamu bisa langsung membuat partisi baru dan Kamu harus menjadikan Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasinya,

Selanjutnya Kamu pilih Next untuk melanjutkan.

Melalui cara ini maka data-data yang berada di partisi lain tetap aman dan tidak akan terhapus.

Untuk lebih jelasnya cara partisi yang aman ini bisa Kamu lihat tutorialnya melalui video Youtube untuk mempermudah melakukan partisi yang benar dan juga aman.

Akan tetapi untuk kalian yang install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi Windows dengan HDD-nya masih kosong, maka Kamu bisa melewatkan bagian ini.

Seperti yang terlihat, bahwa untuk ruang HDD yang masih kosong atau Unallocated Space maka harus dilakukan partisi, bisa dua atau lebih.

Silahkan Kamu pilih Drive 0 Unallocated Space lalu pilih New, kemudian tentukan ukuran partisi tersebut dan pilih Apply.

Sebaiknya ukurannya jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit juga.

Misalnya untuk ukuran HDD Kamu sekitar 320GB/ 500GB, maka Kamu bisa memberi ukuran 100GB saja dirasa sudah cukup

Partisi yang pertama kali akan dibuat ini adalah untuk partisi system atau partisi C, Kamu bisa pilih OK untuk mulai pembuatan system reserved partition.

Kamu bisa membuat 1 atau bisa juga lebih partisi dengan cara yang sama seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Untuk toturial kali ini hanya membuat 2 partisi utama, kemudian Kamu bisa pilih Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasinya.

Ingat, jangan ditempatkan di partisi lain untuk proses instalasi ini, selanjutnya pilih Next.

Selanjutnya, Kamu tinggal menunggu proses instalasi berjalan, kurang lebih membutuhkan waktu kira-kira 30 menitan.

Jika proses instalasi selesai, maka PC Kamu akan restart sendiri berulang kali jadi Kamu tidak pelu khawatir, karena hal tersebut juga sebagian dari proses instalasi Windows 10.

Setelah itu masih ada yang harus Kamu lakukan, yaitu memasukkan product key Windows 10, klik Next.

Akan tetapi jika Kamu memang belum atau tidak punya, silakan kamu memilih ‘Do this later’ dan Kamu bisa mengaktifkan Windows 10 nanti-nanti saja.

Karena proses tersebut termasuk proses aktivitas Windows 10.

Melakukan Setting Desktop Windows 10

Tutorial cara install Windows 10 tidak berhenti sampai disitu saja, Kamu masih harus melakukan setting Desktop Windows 10.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama Kamu bisa memilih Use Express settings lalu pilih ‘I own it’.
  2. Di halaman tersebut, Kamu akan diminta untuk login dengan akun microsoft yang Kamu miliki. Untuk login ini, Kamu bisa melakukannya nanti, jadi silahkan pilih ‘Skip this step’.
  3. Selanjutnya Kamu bisa memasukkan nama komputer yang Kamu gunakan dan password bila perlu. Nah sebaiknya Kamu menggunakan password biar tidak  ada sembarang orang dapat mengakses PC Kamu untuk alasan privasi dan keamanan.
  4. Kamu bisa mengisikan kata atau kalimat untuk membantu Kamu mengingat password Kamu di kolom Password hint.

Tenang saja, karena proses ini tidak memakan banyak waktu, tunggu saja hingga Kamu dibawa ke desktop

Untuk finalisasinya, pastinya Kamu harus melakukan beberapa hal, misalnya menginstall antivirus, driver dan lainnya.

Nah, itulah tadi tutorial cara instal Window 10 yang mudah.

Total
0
Shares
Loading...

Please rate this

IBX5AC5B1B595992