Tips & Trik

√ 6 Cara Mengatasi Sinyal Internet Telkomsel Tidak Muncul/ Hilang

sinyal telkomsel hilang
blogspot,com
Nurikhsani S.I.Kom.
Writen & Edited By Nurikhsani S.I.Kom.

Kuotabro.com – Telkomsel merupakan salah satu provider telekomunikasi di Indonesia yang cukup populer dan memiliki pengguna aktif yang paling banyak dibandingkan provider lainnya.

Sehingga tak heran jika Telkomsel ingin selalu memberikan layanan terbaiknya untuk pera pelanggan setia Telkomsel, baik pengguna kartu simPATI, AS maupun Loop.

Bahkan Telkomsel sendiri memang salah satu provider dengan kualitas jaringan internet yang paling luas dan hampir mencakup lebih dari 90% wilayah di Indonesia.

Sehingga pengguna Telkomsel pun tidak perlu meragukan lagi kualitas dari koneksi internet provider seluler terbaik yang satu ini.

Apalagi Telkomsel selalu menawarkan paket internet dengan harga yang terjangkau, sehingga banyak pengguna yang mengaku puas menggunakan provider plat merah ini.

Meskipun sebenarnya Telkomsel sudah terkenal dengan jaringan yang bagus hingga ke wilayah yang pelosok sekalipun, mungkin sesekali Kamu pernah mengalami masalah jaringan Telkomsel yang tiba-tiba tidak muncul atau hilang sama sekali.

Pernah mengalami masalah seperti ini? Tentu hal seperti ini akan membuat aktivitas Kamu saat sedang asik berselancar di internet menjadi terkendala bukan?

Pastinya Kamu juga akan bertanya-tanya, mengapa sinyal internet kartu Telkomsel Kamu tiba-tiba tidak stabil atau hilang sama sekali.

Oleh karena itu, Kamu membutuhkan informasi mengapa masalah tersebut terjadi pada kartu Telkomsel Kamu dan bagaimana cara mengatasinya.

Faktor Penyebab Sinyal Internet Telkomsel Tiba-Tiba Tidak Muncul/ Hilang

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengatasi sinyal Telkomsel yang tiba-tiba hilang, Kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu beberapa hal yang dapat menyebabkan sinyal internet Kamu hilang atau tidak muncul.

Karena permasalahan sinyal internet yang mendadak hilang bisa saja terjadi karena ponsel Kamu sendiri, bukan karena kualitas jaringan yang buruk.

Misalnya ketika ponsel Kamu mengalami eror sehingga tidak memiliki kemampuan untuk menangkan sinyal, atau karena pengaturan jaringan di kartu SIM yang Kamu gunakan tidak sesuai dengan default yang seharusnya.

Kartu SIM yang tidak diaktivasi secara benar dan lengkap juga bisa menjadi penyebab sinyal Kamu yang mendadak hilang.

Atau bisa juga masalah seperti ini dialami oleh para pengguna Telkomsel yang menggunakan setting-an APN untuk mendapatkan internet gratis.

Jika Kamu tidak melakukan pengaturan APN dengan benar, itu bisa menjadi faktor hilangnya koneksi internet di ponsel Kamu.

Oleh karena itu, sebelum Kamu menggunakan beberap cara untuk mengatasi sinyal Telkomsel yang hilang, sebaiknya ketahui dulu penyebab-penyebab yang dapat menjadi faktor hilangnya sinyal internet di ponsel mu.

Apabila Kamu merasa tidak ada masalah apapun, dan ponsel Kamu dalam kondisi yang masih normal, maka Kamu bisa menggunakan cara mengatasi sinyal internet Telkomsel yang tidak muncul.

Cara Mengatasi Sinyal Internet Telkomsel yang Tidak Muncul

Untuk  kalian yang mengalami masalah sinyal kartu SIM Telkomsel yang hilang atau tidak muncul sama sekali, tidak perlu panik.

Masalah tersebut masih bisa diatasi dengan beberapa trik untuk mengembalikan sinyal internet yang hilang.

Nah, langsung saja, berikut ada 6 cara yang bisa Kamu coba untuk mengatasi sinyal internet Telkomsel yang mendadak hilang.

1. Cek Status Data Internet Telkomsel

Tahukah Kamu, bahwa ternyata banyak sekali pengguna internet yang terkadang tidak mengetahui bahwa ternyata mereka lupa belum menyalakan data internet.

Sehingga jelas saja kalian tidak bisa mengakses internet sama sekali.

Ini mungkin menjadi faktor yang kadang sepele, namun memang banyak yang mengalaminya.

Jadi alangkah baiknya, Kamu cek status data internet Telkomsel Kamu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Kamu sudah benar-benar mengaktifkan data internet.

Jika perlu, Kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi speed internet Kamu, sehingga dapat mengecek apakah memang kualitas sinyal Kamu berjalan atau tidak.

Menu ini bisa Kamu atur melalui pengaturan di ponsel.

2. Pancing Data Internet dengan Mode Pesawat

Sudah banyak yang menggunakan cara ini dan terbukti ampuh untuk mengatasi sinyal Telkomsel yang mendadak tidak muncul.

Apabila Kamu sudah memastikan bahwa sudah mengaktifkan data internet, namun internet tetap tidak berjalan sebagaimana mestinya, Kamu bisa mencoba trik yang satu ini.

Caranya cukup mudah dan tidak ribet, coba Kamu nyalakan mode pesawat di ponsel Kamu.

Tunggu beberapa detik hingga sinyal Kamu benar-benar loss.

Setelah itu, non-aktifkan kembali mode pesawat dan tunggu hingga ponsel mencari sinyal kembali.

Biasanya setelah melakukan cara ini, sinyal internet Kamu akan kembali normal kembali.

Apabila diperlukan, Kamu juga bisa melakukan restart HP dan kombinasikan dengan cara memancing sinyal dengan mode pesawat ini.

3. Gunakan Kode UMB *363*212#

Jika Kamu sudah mencoba memancing sinyal dengan mengaktifkan mode pesawat atau restart ponsel, namun ternyata sinyal tetap tidak bisa kembali, Kamu bisa menggunakan cara ketiga ini.

Cara yang ketiga ini juga difungsikan untuk mencoba memancin sinyal internet Telkomsel yang tiba-tiba hilang.

Untuk menggunakan cara ini, Kamu bisa masuk ke menu dial dan menekan kode UMB *363*212# lalu tekan panggil/ call.

Ini bertujuan untuk melakukan non aktif sementara pada sinyal Telkomsel Kamu.

Setelah beberapa saat, Kamu bisa memanggil kode UMB *363*212# ini lagi untuk mengaktifkan sinyal internet Kamu.

4. Melakukan Panggilan ke Customer Service

Cara ini diperlukan untuk memastikan bahwa kartu SIM Telkomsel yang Kamu gunakan masih dalam kondisi aktif atau tidak diblokir.

Karena biasanya tanpa disadari ternyata kartu SIM Kamu bisa saja sudah diblokir atau terblokir.

Untuk itu, cobalah untuk melakukan panggilan ke Customer Service Telkomsel untuk mengetahui apakah nomor Kamu dalam status terblokir atau tidak.

Bisa juga dengan mendatangi gerai operator Telkomsel terdekat di kota Kamu.

5. Menghubungi Call Center

Selain cara keempat dan Kamu sudah mentok tidak tahu harus bagaimana lagi untuk mengatasi sinyal yang hilang, Kamu juga bisa menghubungi call center Telkomsel untuk menanyakan secara langsung mengapa nomor Kamu tidak bisa digunakan untuk akses internet.

Kamu bisa menghubungi call center Telkomsel di nomor 0807 1 811 811 dan ungkapkan masalah yang Kamu alami.

6. Mendatangi Gerai Telkomsel

Cara terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mendatangi gerai Telkomsel atau GraPARI di kota Kamu.

Mungkin ini bisa jadi solusi yang tepat ketika Kamu benar-benar tidak bisa mengatasi sinyal internet yang hilang dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas.

Untuk mengetahui alamat GraPARI terdekat di kota mu, Kamu bisa mengunjungi situs https://www.telkomsel.com/contact-us/my-grapari untuk mencari tahu lokasi gerai Telkomsel yang paling dekat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Kamu ikuti untuk mengatasi sinyal internet Telkomsel yang tidak muncul.

Akan lebih baik mencari faktor-faktor penyebabnya terlebih dahulu sebelum kalian mencoba beberapa cara diatas.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Muncul Data Seluer

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992