Tips & Trik

Cara Menghentikan SMS Copy

Cara Menghentikan SMS Copy
https://kuotabro.com

Kena penyadapan SMS Copy? Tidak perlu panik, berikut ini beberapa Cara Menghentikan SMS Copy semua operator yang bisa gunakan.

Apa yang dimaksud dengan SMS Copy?

Sepertinya belum banyak yang mengetahui layanan provider tentang sadap menyadap nomor telepon orang lain melalui layanan copy SMS.

Sederhananya SMS Copy ini merupakan sebuah fitur dari  operator seluler untuk membuat penerusan SMS ke nomor lain secara otomatis.

Meskipun sebenarnya bukan bermaksud untuk memberikan fitur yang negatif, namu para penggunanya justru menyalahgunakan fitur SMS Copy ini untuk menyadap isi pesan SMS orang lain.

Memang sudah bukan rahasia lagi jika teknik menyadap SMS masuk maupun keluar ponsel seseorang saat ini bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Bahkan untuk menyadap HP orang lain tidak harus menggunakan fitur dari operator seluler saja, melainkan juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Masyarakat modern saat ini sudah cukup pintar untuk memanfaatkan berbagai teknologi yang tersedia, termasuk menyadap HP orang lain dan melakukan auto copy.

Biasanya tindakan ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas SMS di HP orang lain, misalnya HP pasangan atau anak.

Tanpa disadari, mungkin selama ini Anda sedang mengalami penyadapan melalui fitur SMS Copy.

Padahal ini adalah privasi Anda dan tidak seharusnya siapapun mengetahuinya, apalagi jika disalahgunakan.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini Kami akan membagikan informasi cara menghentikan SMS Copy dengan mudah. Simak penjelasan lengkapnya.

Ciri-Ciri SMS Copy

Layanan berbasis SMS ini mendukung semua operator, namun paling sering terjadi pada pengguna Telkomsel.

Cara kerja fitur ini yaitu dengan secara otomatis mengirim pesan dari nomor A ke nomor B yang sebelumnya sudah didaftarkan SMS Copy.

Mungkin tanpa Anda sadari selama ini Anda telah menjadi korban SMS copy dari orang lain, atau mungkin dari pasangan Anda sendiri.

Sebelum membahas cara menghentikan SMS Copy, mungkin sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu ciri-ciri terkena SMS copy berikut ini:

  1. Pulsa Anda akan sering terpotong setiap kali Anda menerima SMS dari operator maupun orang lain yang mengirimi Anda pesan SMS. Biasanya akan dikenakan biaya Rp 550 per SMS. Karena bagaimanapun juga, Anda yang akan menanggung biaya SMS copy tersebut ke target yang sudah didaftarakan.
  2. Anda terkena potongan biaya bulanan sebesar Rp 7.700 per bulan untuk operator XL dan Rp 10 ribu untuk operato Telkomsel. Bisa saja berbeda untuk operator lainnya.
  3. Untuk mengecek Anda bisa cek secara langsung melalui layanan aktif masing-masing operator.

Cara Menghentikan SMS Copy Telkomsel

Apakah Anda merasa mengalami beberapa ciri-ciri SMS Copy seperti yang sudah disebutkan diatas?

Tidak perlu panik, karena Anda bisa menggunakan cara menghentikan SMS Copy Telkomsel yang akand dijelaskan berikut ini.

Namun sebelum itu, Anda harus paham terlebih dahulu cara daftar atau mengaktifkan SMS Copy Telkomsel agar memahami bagaimana cara kerjanya dan bisa melakukan non-aktif.

Cara Mengaktifkan SMS Copy

Seseorang yang sedang menyadap nomor Anda dan melakukan SMS Copy, mereka sebelumnya telah menggunakan HP Anda dan memanggil kode dial UMB *500*22#.

Kemudian akan muncul beberapa pilihan untuk melakukan penyadapan, yaitu Auto Reply, Auto Copy, Auot Divert, Blacklist, Whitelist dan Info Layanan.

Untuk melakukan penyadapan, mereka akan memilih Auto Copy, dan memasukkan nomor tujuan copy SMS.

Selanjutnya akan muncul  beberapa pilihan untuk ‘Aktifkan’, ‘Pengaturan’ dan ‘Berhenti’.

Dengan memiliki aktifkan, maka perlu mendaftarkan nomor dengan cara SMS dengan format YTAM<nomor tujuan copy> kirim ke 2255.

Cara Menghentikan SMS Copy

Dengan mengetahui cara kerja dari SMS Copy seperti yang sudah dijelaskan tersebut, maka sekarang Anda bisa menghentikan SMS Copy yang terjadi padda nomor Anda.

Caranya mirip dengan yang sebelumnya saat mengaktifkan SMS Copy, yaitu dengan memanggil kode UMB *500*22# lalu pilih nomor 2 (auto copy) dan selanjutnya pilih nomor 3 untuk berhenti.

Kemudian Anda akan menerima SMS yang menerangkan bahwa Anda sudah berhenti menggunakan layanan auto copy tersebut.

Cara Menghentikan SMS Copy XL

Selain pengguna Telkomsel, pengguna XL pun juga sering ada yang kena SMS copy atau penyadapan isi SMS.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena bagi pengguna operator seluler XL juga bisa menghentikan SMS Copy dengan beberapa langkah mudah dan cepat.

Untuk menghentikan SMS Copy pada XL, Anda bisa mengetikkan *123*571#, lalu pilih Copy SMS dan pilih Unreg.

Atau Anda bisa juga mengetik Stop Copy dan kirim ke 799.

Dengan cara ini maka secara otomatis nomor Anda yang kena sadap akan berhenti melakukan auto copy.

Trik Terhindar Penyadapan

Sebenarnya Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan penyadapan di ponsel yangs saat ini sedang merajalela dan mengganggu kenyamanan pengguna, diantarannya:

  • Lebih baik matikan telepon Anda secara berkala ketika sedang tidak digunakan, misalnya ketika mau tidur dan dihidupkan kembali setelah bangun tidur. Hal ini berguna untuk mencegah program penyadap telepon terus bekerja memantau dan merekam aktivitas telepon dan SMS Anda.
  • Matikan fungsi GPS dan fungsi Bluetooth ketika tidak sedang Anda gunakan. Karena fitur penyadapan biasanya menggunakan teknologi pada Bluetooth maupun fungsi GPS.
  • Apabila Anda merasa sedang disadap, maka Anda bisa segera menghubungi provider yang Anda gunakan. Tanyakan dan buat permohonan untuk menghentikan penyadapan tersebut. Mereka biasanya juga cukup canggih untuk mengetahui apakah nomor Anda benar-benar disadap atau tidak.
  • Anda bisa menggunakan program anti sadap telepon sesegera mungkin sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya. Program anti sadap seperti ini bisa Anda dapatkan dengan mudah gratis melalui toko aplikasi atau di internet.
  • Perlu diketahui bahwa smartphone keluaran terbaru justru memiliki fitur-fitur yang canggih seperti JAVA, WiFi dan sebagainya yang justru membuat smartphone ini mudah untuk disadap. Anda bisa menggunakan ponsel keluaran lama untuk komunikasi yang penting atau pribadi.

Meskipun sebenarnya SMS Copy secara khusus dibuat bukan untuk penyadapan, melainkan bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif.

Misalnya ketika dijadikan sebagai nomor center suatu usaha, maka setiap ada SMS ke nomo center tersebut secara otomatis dapat dikirimkan ke nomor-nomor yang sudah didaftarkan dalam waktu yang bersamaan.

Akhir Kata

Terkena penyadapan dari SMS Copy tentu adalah sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman karena ini menyangkut privasi Anda.

Tidak ada salahnya mulai sekarang Anda waspada dan mengenali ciri ciri SMS Copy seperti yang sudah disebutkan di atas.

Jika Anda mengalami, maka Anda bisa segera melakukan beberapa cara menghentikan SMS Copy seperti yang sudah dibahas.

Semoga cara diatas cukup membantu bagi pengguna Telkomsel maupun XL.

Untuk operator lain, hingga saat ini belum ada informasi cara menghentikan SMS Copy.

Namun sebagai solusinya, Anda bisa menghubungi customer service masing-masing jika merasa terken sadap.

Total
0
Shares
Loading...
5/5 (1)

Please rate this

IBX5AC5B1B595992