Uncategorized

√ 3 Cara Cek Rekening Listrik dengan Nama, Begini Caranya!

cek tagihan listrik online lewat hp
blogspot.com

Kuotabro.com – Listrik saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang sebagai bentuk energi untuk berbagai kebutuhan.

Jika dahulnya listrik merupakan sesuatu yang langka, namun saat ini listrik sudah cukup modern dengan berbagai teknologi canggih dari pemerintah untuk menyediakan pasokan listrik yang stabil.

Bayangkan jika di negara ini krisis listrik, sudah pasti banyak aktivitas yang tidak bisa berjalan optimal tanpa adanya listrik.

Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik kita harus membayar tagihan listrik PLN secara tepat waktu mengingat listrik bukan sesuatu yang bisa dinikmati secara gratis.

Berbicara tentang pembayaran tagihan listrik, sudah pasti Kamu membutuhkan ID pelanggan PLN untuk membayar listrik atau jika ingin membeli token listrik.

Namun sayangnya, banyak pengguna listrik yang lupa nomer ID atau nomor rekening listrik mereka alhasil kesulitan untuk membayar tagihan.

Untuk itu, dalam tulisan kali ini Kami akan sedikit membahas cara cari nomor rekening listrik dengan nama yang mudah dan cepat.

Bahkan tidak hanya untuk ID rekeningnya saja, Kamu juga bisa cek tagihan listrik dengan nama.

Apa Itu ID Pelanggan PLN?

Sederhananya, ID pelanggan PLN merupakan sebuah nomor rekening yang akan Kamu gunakan untuk membeli maupun membayar tagihan listrik dari PLN.

Bagi pengguna layanan pulsa listrik pun juga membutuhkan ID ini untuk top-up pulsa listrik.

Saat Kamu membeli listrik, Kamu akan ditanyai berapa nomor rekening listrik punyamu, karena ini adalah satu-satunya syarat jika ingin membeli maupun membayar tagihan listrik.

Listrik sendiri merupakan kebutuhan vital bagi setiap orang yang hidup di jaman sejarang.

Oleh karena itu jika Kamu tidak ingin mengalami masalah saat membeli atau membayar listrik, catat atau simpan baik-baik rekening listrik dirumahmu.

ID pelanggan PLN ini sendiri sering disebut sebagai nomor meteran listrik oleh masyarakat yang berupa 11 hingga 12 digit angka yang berbeda-beda antara satu meteran listrik dengan meteran yang lainnya.

Jadi tidak mungkin jika dua atau lebih meteran memiliki nomor rekening yang sama.

Cara Cek Rekening Pelanggan PLN

cek nomor rekening listrik

blogspot.com

Biasanya untuk cek ID rekening pelanggan PLN bisa melalui struk pembayaran karena di dalam struk ini tertera nama pemilik rekening dan nomor rekening listrik.

Selain itu, Kamu juga bisa cek rekening listrik melalui meteran listrik.

Di meteran listrik ini Kamu juga bisa melihat kode rekening listrik Kamu, namun biasanya hanya mencantumkan nomornya saja tanpa mencantumkan nama pemilik rekening.

Biasanya yang sering mengamati nomor token di meteran listrik ini adalah mereka yang terbiasa membeli token listrik dalam bentuk pulsa.

Karena sistemnya yang prabayar, maka membutuhkan rekening listrik diawal, bukan dalam bentuk tagihan.

Cara Cek Rekening Pelanggan PLN melalui Nama

Namun beberapa kasus, banyak diantara kita yang tidak menyimpan struk pembayaran listrik, alhasil Kamu tidak tahu berapa nomor rekening listrik di rumahmu.

Oleh karena itu sebagai alternatifnya, Kamu bisa menggunakan cara cek rekening listrik dengan nama dengan mengikuti 3 tutorial berikut ini yaitu cek melalui kantor PLN, website PLN dan aplikasi PLN.

·        Cek Rekening Listrik dengan Nama dengan Mengujungi Kantor PLN

Mungkin ini adalah cara yang paling mudah untuk kalian yang tidak ingin ribet menggunakan aplikasi maupun membuka situs website PLN untuk cari ID pelanggan PLN berdasarkan nama.

Apalagi untuk kalian yang rumahnya dekat dengan kantor PLN, maka disarankan untuk menggunakan cara ini saja.

Ikut langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama yang perlu Kamu pastikan adalah nama lengkap pemilik rekening listrik yang ingin Kamu ketahui berapa nomor rekeningnya, biasanya menggunakan nama kepala keluarga.
  2. Setelah itu jika Kamu sudah mengetahui nama lengkap pemilik rekening listrik, Kamu bisa langsung saja mengunjungi PLN terdekat.
  3. Sebutkan nama lengkap pemilik rekening tersebut dan pastikan Kamu mengetahui detail identitasnya misalnya alamat rumah pemilik rekening jikalau ada nama yang sama dengan pemilik lain.
  4. Biasanya Kamu juga akan diminta untuk menunjukkan identitas berupa KTP untuk mencocokkan data dengan rekening listrik yang ingin Kamu ketahui.

Itu adalah cara gampang jika Kamu ingin mengetahui rekening listrik dirumahmu.

·        Cek Rekening Listrik dengan Nama Melalui Website PLN

cara mengetahui nomor rekening listrik

blogspot.coom

Selain cara sebelumnya, Kamu juga bisa memanfaatkan situs website PLN dengan URL www.pln.co.id/kontak-kami untuk cek rekening listrik dengan nama.

Cara cek tagihan listrik lewat internet ini bisa Kamu gunakan jika malas pergi ke kantor PLN.

Caranya cukup mudah, Kamu bisa buka saja website tersebut dan masukkan nama pemilik rekening  yang ingin Kamu ketahui berapa ID PLN-nya.

Selebihnya Kamu cukup mencocokkan nama-nama yang muncul disitu beserta informasi lengkapnya, seperti data pemilik rekening.

Jika datanya ada yang cocok, Kamu tinggal klik saja nama tersebut dan catat berapa ID rekeningnya.

·        Cek Rekening Listrik dengan Nama Melalui Aplikasi PLN

cari id pelanggan pln berdasarkan nama

blogspot.com

Ada cara lainnya yang juga mudah digunakan untuk cek rekening listrik dengan nama, yaitu melalui aplikasi PLN.

Kemajuan teknologi saat ini memang membuat apapun semakin mudah dilakukan.

Para developer berlomba-lomba untuk membuat platform berupa aplikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk aplikasi PLN.

Kamu bisa menggunakan aplikasi PLN untuk cek rekening listrik dengan mudah.

Download dan instal aplikasinya melalui Google Play Store, setelah itu tinggal buka dan jalankan saja aplikasi ini melalui ponsel Android Kamu.

Banyak yang lebih nyaman menggunakan aplikasi PLN untuk cek rekening listrik dengan mudah.

Karena dibanding menggunakan website PLN yang cenderung ribet, aplikasi PLN memiliki user interface yang lebih ramah pengguna.

Aplikasi PLN ini menampilkan data mulai dari cek nomor rekening, identitas pemilik rekening hingga tagihan listrik pun bisa Kamu cek melalui aplikasi ini.

Tampilan website PLN yang cenderung membingungkan sehingga kurang cocok untuk pengguna awam.

Oleh karena itu, Kami menyarankan untuk menggunakan aplikasinya saja.

Ada beberapa fitur menarik lainnya ynag bisa Kamu nikmati dengan menggunakan aplikasi PLN diantaranya;

  • Informasi lengkap tarif dasar listrik
  • Informasi biaya jika tambah daya listrik
  • Cek rekening listrik
  • Cek menurut ID pelanggan PLN Pasca Bayar
  • Informasi lengkap tagihan listrik secara realtime beserta denda telat pembayaran
  • Bisa digunakan di seluruh provinsi di Indonesia

Tujuan pembuatan aplikasi PLN ini adalah untuk mempermudah pelanggan PLN yang ingin mengetahui jumlah tagihan listrik pasca bayar PLN sehingga Kamu bisa gunakan aplikasi sebagai cara cek tagihan listrik lewat HP.

Namun hingga saat ini aplikasi PLN ini belum berafiliasi dengan PT. PLN Persero, sehingga belum bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik.

Lebih dari 500 ribu pengguna sudah menggunakan aplikasi ini.

Sehingga jika Kamu tidak ingin ribet ketika lupa dengan ID rekening PLN dirumahmu, Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Nah, itulah cara mudah cek ID pelanggan PLN dengan nama.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992