Elektronik

Jenis-Jenis Speaker dan Rekomendasi Speaker Terbaik

Jenis-jenis Speaker
https://kuotabro.com

Lagi nyari informasi jenis-jenis speaker dengan kualitas yang terbaik? Wajib tahu deretan speaker aktif dan speaker pasif terbaik 2019 berikut ini.

5/5 (15)

Kuotabro.com – Sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya speaker.

Speaker adalah alat utuk mendengarkan musik yang kompatibel untuk beberapa jenis perangkat seperti Laptop, Komputer, Smartphone, Televisi dan lainnya.

Mendengarkan musik sudah menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, terutama untuk sekedar menghilangkan bosan.

Untuk itu, jika Anda suka mendengarkan musik maka wajib menggunakan alat yang namanya speaker. Fyi, alat ini pertama kali ditemukan oleh Philipp Reis di tahun 1861 yang kemudian disempurkan oleh Alexander Graham Bell di tahun 1876 bersamaan dengan diciptakannya telepon.

Sejak saat itulah penggunaan speaker juga semakin meluas ke berbagai alat lainnya secara telepon.

Berbicara tentang speaker, mungkin masih banyak yang belum mengetahui jenis-jenis dari speaker itu sendiri.

Untuk itu, dalam pembahasan kali ini Kami akan memberikan penjelasan jenis-jenis speaker beserta rekomendasi produk speaker terbaik yang harus Anda miliki.

Macam-Macam Speaker

Jenis speaker yang akan dijelaskan disini dibedakan menjadi dua kategori, yaitu jenis-jenis speaker yang dibedakan berdasarkan frekuensinya serta jenis speaker berdasarkan jumlah jenis frekuensi yang digunakan.

Agar lebih jelasnya, Anda bisa langsung melihat penjelasan berikut ini.

Jenis-Jenis Speaker Berdasarkan Frekuensinya

Bagi Anda yang sedang mencari produk speaker, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis dari speaker supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.

Adapun berikut ini beberapa jenis speaker yang dibedakan berdasarkan frekuensinya:

Speaker SubWoofer

Speaker SubWoofer

Jenis speaker yang pertama adalah Speaker SubWoofer. Untuk speaker yang satu ini menghasilkan suara dengan frekuensi 20 hingga 200 Hz sehingga pengguna bisa mendengarkan suara dengan nada yang sangat rendah atau ngebazz.

Biasanya untuk jenis speaker yang satu ini biasanya dipasang pada perangkat komputer, sound sytem mobil atau lainnya.

Selain itu, speaker SubWoofer juga memiliki jenis getaran yang cukup tinggi dengan desain ukuran speakernya cukup besar dibandingkan dengan jenis speaker yang lain.

Ukuran dari speaker jenis ini biasanya 12 inci dan 21 inci. Penggunaan ukuran ini juga bukan tanpa alasan karena umumnya suara rendah yang dihasilkan akan lebih optimal apabila menggunakan speaker dengan diameter besar.

Agar kinerja dari subwoofer bisa optimal, maka harus diletakkan pada sebuah box khusus yang sudah dilengkapi dengan lubang agar suara bass yang dihasilkan cukup optimal.

Speaker Woofer

Speaker Woofer

Jenis speaker yang selanjutnya yaitu speaker woofer, dimana merupakan jenis speaker yang dapat mengeluarkan frekuensi 40 hingga 1.000 Hz.

Melalui frekuensi tersebut sehingga dapat mengeluarkan suara yang cukup ngebass.

Biasanya jenis speaker ini Anda temukan pada speaker aktif maupun pada sound system ruangan. Untuk ukurannya sendiri cukup beragam yaitu mulai dari 4 inci, 6 inci, 10 inci, 12 inci dan seterusnya.

Jenis ukurannya memang cukup banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dari ukurannya yang beragam inilah yang membedakan jenis speaker woofer dan SubWoofer yang sebelumnya.

Namun pada jenis speaker woofer ini umumnya juga dipasang pada satu box khusus layaknya pada speaker SubWoofer, tak jarang juga digabungkan langsung dengan jenis speaker tweeter dan mid range.

Sehingga speaker woofer masuk kategori sistem 3 way serta dibutuhkan crossover untuk memisahkan frekuensi suara berbeda yang muncul di setiap speaker.

Speaker Midrange

Speaker Midrange

Jenis speaker yang lainnya adalah Speaker Midrange dengan kemampuan untuk menghasilkan suara sangat jelas.

Untuk jenis speaker yang satu ini dapat mengeluarkan suara dengan frekuensi mulai dari 500 hingga 5.000 Hz, sehingga banyak digunakan untuk menghaslkan suara vokal.

Dengan kualitas frekuensi tersebut, speaker ini mampu menghasilkan suara dengan sangat jelas dan fokus.

Sama seperti jenis speaker woofer, biasanya Anda akan menemukan speaker ini pada tipe speaker aktif 3 way.

Umumnya, diameter dari jenis speaker yang satu ini berada di kisaran 4 hingga 6 inci saja.

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar tersebut, speaker mid range tidak bisa menghasilkan nada renda layaknya pada SubWoofer maupun woofer.

Namun jenis speaker ini juga tidak mampu menghasilkan suara nada tinggi layaknya pada  jenis tweeter.

Kerja dari speaker jenis mid range memang hanya untuk menyempurnakan dari kedua jenis speaker yang lainnya dalam tipe 3 way, dimana untuk memunculkan suara vocal serta suara di frekuensi menengah agar bisa terdengar dengan lebih jelas.

Speaker Tweeter

Speaker Tweeter

Jenis speaker yang keempat adalah speaker tweeter, yang bisa menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi yaitu di angka 5.000 hingga 20.000 Hz.

Sehingga tak heran jika jenis speaker yang ini dapat menghasilkan suara yang melengking.

Biasanya penggunaan speaker tweeter yang satu ini sangat cocok digunakan untuk memutar musik dengan nada yang tinggi. Misalnya pada penggunaan suara gitar, angklung maupun pada suara kaca pecah.

Pada jenis suara yang dihasilkan dari pukulan cymbals drum juga mampu diakomodir oleh jenis speaker yang satu ini.

Dengan menggunakan jenis speaker ini maka dapat menghasilkan suara yang sangat jelas. Sementara untuk menghasilkan jenis suara yang sama, pada jenis subwoofer maupun woofer harus dipasang dalam box terlebih dahulu.

Dari segi ukurannya, speaker tweeter memiliki ukuran 0,5 inci dan maksimum 4 inci. Penggunaan ukuran kecil tersebut yaitu untuk menyesuaikan dengan tugasnya dalam menghasilkan suara berfrekuensi tinggi.

Speaker Full Range

Speaker Full Range

Untuk jenis speaker yang kelima ini adalah yang palin istimewa dan powerfull karena memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara rendah, sedang hingga tinggi.

Jenis speaker full range mampu mengeluarkan suara pada frekuensi 40 Hz hingga 2 Khz dimana dalam menghasilkan suara yang tidak semaksimal untuk jenis speaker yang lainnya di frekuensi tertentu.

Biasanya penggunaan jenis speaker ini diterapkan pada sound system luar ruangan agar bisa menghasilkan suara yang jelas dengan jarah jauh.

Anda bisa mendapati jenis speaker ini pada beberapa jenis acara seperti pada acara nikahan, karaoke, atau jenis acara outdoor lainnya.

Untuk speaker jenis fullrange membutuhkan satu tempat agar dapat disusun dengan jenis speaker yang lainnya ketika digunakan pada di tempat yang terbuka/ lapangan.

Jenis-Jenis Speaker Berdasarkan Tipe-nya

Selain jenis-jenis speaker seperti yang sudah disebutkan di atas, jenis speaker juga dibedakan berdasarkan tipenya.

Adapun berikut ini beberapa jenis speaker yang dibedakan menurut tipenya:

Speaker 3 Way

Speaker 3 way adalah jenis tipe speaker dengan 3 jenis frekuensi. Sehingga dalam jenis speaker ini menggunakan frekuensi rendah, menengah dan tinggi.

Dengan menggunakan 3 jenis frekuensi tersebut sehingga tipe speaker ini mampu menghasilkan kualitas audi yang lengkap serta mampu menghaslkan frekuensi mulai dari 20 Hz hingga 20 KHz.

Yang termasuk jenis speaker 3 way diantaranya yaitu Midrange, Tweeter dan Full Range.

Speaker 2 way

Untuk tipe speaker 2 way adalah jenis speaker yang menggunakan 2 sistem frekuensi, yaitu tinggi dan rendah.

Yang termasuk dari speaker 2 way yang bisa digabungkan yaitu jenis speaker woofer dan tweeter.

Rekomendasi Merk Speaker Terbaik

Bagi Anda yang sedang mencari produk speaker, berikut ini Kami akan memberikan rekomendasi beberapa merk speaker terbaik.

Kami akan membaginya menjadi dua jenis, yaitu speaker aktif dan speaker pasif.

Merk Speaker Pasif Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli speaker pasif, maka pastikan Anda sudah mengetahui informasi menyeluruh tentang produk speaker yang akan Anda beli.

Anda juga harus menyesuaikan spesifikasi speaker dengan kebutuhan Anda sendiri. Untuk itu, mungkin beberapa rekomendasi merk speaker pasif berikut ini bisa jadi pilihan Anda

Nakamichi N-Power

Nakamichi N-Power

Produk speaker aktif pertama yang Kami rekomendasikan untuk Anda adalah Nakamichi N-Power.

Dari segi ukuran, speaker ini memiliki ukuran hanya sebesar telepak tangan Anda sehingga cukup compact dan mudah untuk disimpan.

Meskipun speaker ini memiliki ukuran yang kecil, namun produk ini sudah dilengkapi dengan fitur passive bass yang dapat memberi suara bass yang menggetarkan.

Untuk durasi pengisian dayanya hanya 2 jam, dimana produk ini bisa menemani Anda hingga 6 jam.

Tidak hanya itu saja, Nakamichi N-Power juga sudah memiliki sertifikasi IP66 yang membuat produk ini tidak mudah rusak meskipun terkena air ataupun debu ketika digunakan sebagai speaker outdoor.

Apalagi dengan adanya silicon sleeve, tentunya membuat speaker pasif ini semakin tahan banting sehingga cocok dijadikan sebagai pilihan untuk speaker outdoor.

Nama SpeakerNakamichi N-Power
Harga± Rp. 699.000

BMB CS-252 V

BMB CS-252 V

Bagi Anda yang sedang mencari produk speaker aktif yang bisa membuat pengalaman karaoke lebih menyenangkan, maka Anda bisa menggunakan produk speaker yang satu ini.

Produk ini memiliki frekuensi suara yang luas pada rentang 50 Hz-20 kHz, sehinggan membuat produk ini mampu memberi Anda suara yang menggelegar.

Cukup bagus untuk menghasilkan nada bass rendah hingga nada treble yang tinggi.

Disamping itu, produk speaker BMB CS-252 V ini sudah dilengkapi dengan woofer tipe cone yang mampu menyuguhkan nada rendah yang terdengar bulat, jernih, serta menghentak.

Ditambah dengan perpaduan tweeter yang akan membuat nada tinggi terdengar lebih jelas, sehingga menjadikan produk speaker ini siap untuk menjadikan pengalaman karaoke menjadi semakin seru.

Nama SpeakerBMB CS-252 V
Harga± Rp. 1.625.000

Behringer EUROCOM SL4240

Behringer EUROCOM SL4240

Produk speaker yang satu ini sangat cocok dipasang di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Speaker pasif ini bisa memutar file AV (Audio Visual).

Daya listrik yang diperlukan untuk menggunakan speaker ini yaitu 100 watt dengan hasil suara yang sangat memukau dan menyebarkannya secara merata ke segala arah.

Namun meskipun begitu, pengguna masi bisa mengubah ara speaker serta memfokuskannya ke arah tertentu saja karena produk ini dibekali dengan mounting dual axs yang bisa diubah sudutnya hingga 90 derajat vertikal dan 180 derajat horizontal.

Produk ini patut untuk dipertimbangkan bagi Anda yang sedang mencari speaker pasif dengan sistem pengaturan fokus suara lebih fleksibel.

Nama SpeakerBehringer EUROCOM SL4240
Harga± Rp. 1.860.000

JBL Control 25AV

JBL dikenal sebagai salah satu brand yang mengeluarkan produk speaker dengan kualitas yang sangat bagus.

Bagi Anda yang sedang mencari speaker pasif maka bisa menggunakan salah satu jenis speaker yang tangguh dan tahan lama.

Bagian material dari speaker JBL ini dibuat dari stainless steel sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan karat.

Selain itu bagian woofer dari produk ini juga sudah dilapisi dengan polipropilena yang akan bertahan meskipun digunakan berjam-jam.

Keunggulan dari JBL Control 25 AV juga terlihat dari bagian tweeternya yang dilapisi dengan titanium sehingga menghasilkan suara yang kuat dan halus meskipun digunakan cukup lama.

Apalagi dengan dukungan SPL 113dB sehingga membuat speaker ini memiliki fitur SonicGuard protection yang cukup aman digunakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Nama SpeakerJBL Control 25AV
Harga± Rp. 3.900.000

Audioengine HDP6 Passive Speakers

Audioengine HDP6 Passive Speakers

Jika anda mencari produk speaker pasif yang tidak terganggu dengan resonansi ketika mendengarkan lagu maka speaker ini wajib anda miliki.

Adanya tweeter yang selalu didinginkan oleh ferrofluid, sehingga membuat produk ini mampu bekerja optimal serta mengeluarkan suara yang sangat halus meskipun di nada tinggi atau ketika volume dinaikkan.

Disamping itu, woofer yang ada pada speaker pasif ini menggunakan aramid fiber serta dikelilingi karet sehingga tidak akan menimbulkan resonansi atau gangguan suara.

Pengguna juga dapat memasang maupun melepas rangka luarnya untuk menyesuaikan interior ruangan Anda.

Nama SpeakerAudioengine HDP6 Passive Speakers
Harga± Rp. 7.499.000

Bose FreeSpace 3 Surface-Mount Satellites

Bose FreeSpace 3 Surface-Mount Satellites

Apabila Anda membeli produk ini maka akan memperoleh satu unit Acoustimass Bass Module plus 4 Mount Sattelites dengan ukuran sebesar gelas kopi.

Sehingga dengan ukuran tersebut memudahkan anda untuk memasang speaker ini di dinding atau di sudut ruangan tanpa memerlukan banyak space.

Apakah speaker ini mampu menghasilkan suara yang dapat menyebar secara rata.

Meskipun memiliki ukuran yang cukup kecil, produk speaker dengan SPL 99 dB ini membuat kualitas perpaduan bass dan tone terdengar sangat jelas, padat dan penuh tenaga.

Nama SpeakerBose FreeSpace 3 Surface-Mount Satellites
Harga± Rp. 3.250.000

Yamaha VS6

Yamaha VS6

Merk speaker pasif yang selanjutnya ini juga cukup recommended untuk anda gunakan.

Apalagi produk ini dibuat dengan material pilihan sehingga bisa dipasang baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Selain itu pengguna juga bisa menggunakan jenis speaker pasif ini untuk memutar file AV dengan kualitas yang bagus.

sangat cocok bagi Anda yang mencari produk speaker berukuran besar namun dengan bobot yang minim.

Selain itu produk ini juga sudah dilengkapi dengan fitur overload protection circuit yang membuat komponen-komponen penting di dalamnya akan terlindungi dengan aman.

Sudah dilengkapi juga dengan dome tweeter untuk menghasilkan suara treble yang menakjubkan dan memuaskan indera pendengaran Anda.

Nama SpeakerYamaha VS6
Harga± Rp. 1.500.000

Merk Speaker Aktif Terbaik

Bagi Anda yang sedang mencari alternatif produk speaker aktif berkualitas, berikut ini kami juga memiliki beberapa rekomendasi speaker aktif yang bisa anda pilih beberapa merek populer:

Edifier R1000T4

Edifier R1000T4

Salah satu speaker aktif terbaik ini sudah menggunakan 4” bass drivers and ¾” silk-diaphragm. Itu artinya speaker ini mampu mengeluarkan suara dengan sangat jelas dan tajam.

Produk speaker yang juga sudah dilengkapi dengan bass ini tentunya bisa memberikan efek bass yang sangat mantap ketika digunakan untuk menonton video, film, mendengarkan musik maupun untuk bermain game.

speaker ini mampu menyampaikan suara vokal yang lebih baik dengan harga yang sangat terjangkau.

cocok dijadikan pilihan sebagai speaker rumahan atau untuk digunakan secara pribadi.

Nama SpeakerEdifier R1000T4
Harga± Rp. 715.000

Microlab x221

Microlab x221

Untuk jenis speaker aktif yang satu ini menghadirkan satelit speaker double driver setiap channel.

Melalui produk speaker aktif ini dapat menjawab kebutuhan anda yang menginginkan speaker dengan kualitas suara yang sangat menakjubkan.

Dynamic bass boost yang ditawarkan pada speaker microlab ini sangat berkualitas tinggi untuk menghasilkan accoustic effect.

Selain itu desain dari Microlab x221 menggunakan woofer yang kuat dan desain Accoustic Air Flow.

Seluruh satelit speaker ini sudah dilengkapi dengan pelindung magnetis.

Cocok dijadikan pilihan untuk mendengarkan semua genre musik yang anda sukai.

Nama SpeakerMicrolab x221
Harga± Rp. 785.000

Dazumba DZ 9980

Dazumba DZ 9980

Bagi anda yang suka nonton film, main game atau mendengarkan musik favorit, maka speaker Dazumba DZ 9980 ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Dilengkapi dengan subwoofer dan satelit yang dilindungi dari jaring besi.

Untuk respon frekuensi nya mencapai 30 hz hingga 18 khz, di mana speaker ini sudah membuktikan kualitasnya yang sangat baik di Indonesia.

Ditambah lagi speaker ini memiliki port USB dan buletin kartrider yang membuatnya semakin keren untuk dijadikan pilihan.

Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot menghubungkan perangkat ke speaker ini.

Nama SpeakerDazumba DZ 9980
Harga± Rp. 799.000

Altec Lansing VS4621 Octane 7

Altec Lansing VS4621 Octane 7

Speaker aktif ini memiliki ukuran yang minimalis dan langsing namun tidak akan membuatnya kehilangan power.

Justru kualitas suara yang dihasilkan melalui speaker ini cukup kuat dan tajam.

Desain yang minimalis sehingga membuat speaker aktif ini cocok sebagai pertimbangan Anda.

Meskipun termasuk golongan speaker aktif yang sudah dikeluarkan sejak lama, namun hingga saat ini produk ini masih diminati sebagai speaker dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau.

Nama SpeakerAltec Lansing VS4621 Octane 7
Harga± Rp. 1.500.000

Swan Hivi D1010 IV

Swan Hivi D1010 IV

Merk speaker aktif lainnya yang tak kalah bagus untuk Anda pilih yaitu Swan Hivi D1010 IV.

Sebagai salah satu produk speaker aktif dengan 2.0 audiophile ini dijual dengan harga yang reasonable.

Sebenarnya produk ini merupakan bentuk upgrade dari seri yang sebelumnya, baik dari segi driver maupun sirkuit amplifier untuk menghasilkan audio berkualitas bagus melalui perpaduan vokal, high dan mid yang sangat sempurna.

Sangat cocok dijadikan sebagai speaker bagi anda yang suka main game atau mendengarkan musik dengan berbagai genre.

Nama SpeakerSwan Hivi D1010 IV
Harga± Rp. 1.850.000

Thonet & Vander Dass

Thonet & Vander Dass

Jika hanya untuk kebutuhan speaker aktif di rumah maka anda bisa menggunakan merek speaker yang satu ini.

Meskipun harganya mencapai Rp 1,5 juta namun fitur yang ditawarkan dari speaker ini cukup memukau dan detail.

Apalagi bagi pengguna yang ingin menonton film atau main game dengan kualitas audio yang sangat tajam, sangat recommended untuk menggunakan speaker ini.

Disamping itu speaker ini juga memiliki efek bass yang terdengar sangat jelas dibanding jenis speaker di kelasnya. Pembeli akan memperoleh 3 satelit ketika membeli produk speaker aktif ini.

Nama SpeakerThonet & Vander Dass
Harga± Rp. 1.880.000

Thonet & Vander Kurbis

Thonet & Vander Kurbis

Bagi Anda yang mencari speaker aktif dengan instalasi yang mudah dan menghasilkan suara yang sejernih kristal mungkin bisa memilih produk speaker aktif yang satu ini.

Produk speaker aktif ini mampu memberikan kualitas audio yang sangat baik untuk semua kebutuhan pengguna.

selain itu produk ini juga sudah dibalut dengan material HDAA Wood yang membuat stiker tidak mudah panas serta dapat meredam getaran secara optimal.

Sangat memukau dipilih untuk menghiasi interior di rumah anda.

Nama SpeakerThonet & Vander Kurbis
Harga± Rp. 2.150.000

Logitech Z623

Logitech Z623

Produk speaker aktif lainnya yang tak kalah keren dan menghasilkan suara yang tajam yaitu Logitech Z623.

Speaker ini memberikan pengalaman mendengarkan musik yang terdengar sangat nyata.

Untuk penggunaannya membutuhkan daya sekitar 400 watt yang akan menghasilkan suara bass bergemuruh namun terdengar sangat tajam.

Sehingga sangat cocok digunakan sebagai speaker televisi atau komputer ketika ini menonton film atau main game.

Bahkan hanya sekedar untuk mendengarkan musik saja speaker ini patut untuk dipertimbangkan karena memiliki sistem 2.1

Selain itu perangkat speaker ini sudah mengusung audio bersertifikat thx untuk menjamin suara yang cukup realistis.

Nama SpeakerLogitech Z623
Harga± Rp. 1.999.000

Akhir Kata

Nah demikian itulah sedikit penjelasan tenang jenis-jenis speaker beserta rekomendasi beberapa speaker terbaik yang bisa Anda beli.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992