Komputer

10 Merk SSD Terbaik di Tahun Ini

Merk SSD Terbaik
https://kuotabro.com

Sekarang banyak yang memilih menggunakan SSD daripada HDD konvensional. Berikut ini beberapa merk SSD terbaik dari berbagai brand.

5/5 (22)

Kuotabro.com – Anda sedang mencari merk SSD terbaik? Saat ini memang banyak yang mencari SSD sebagai media penyimpanan yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan tidak mudah panas.

Sehingga tak heran jika banyak produsen yang berlomba-lomba untuk merilis produk SSD terbaik seperti dari Samsung, western digital SanDisk dan lainnya.

Tentu masing-masing menawarkan keunggulannya sendiri. Fyi, harga SSD lebih mahal daripada HDD dalam kapasitas yang sama.

Apa Itu SSD?

Sebelum membahas lebih jauh beberapa rekomendasi produk SSD dari berbagai, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu SSD.

SSD atau solid state drive adalah media penyimpanan data yang disebut juga sebagai flash memory.

Meskipun saat ini masih banyak komputer yang menggunakan penyimpanan HDD, namun mulai tergantikan oleh SSD sebagai alternatif media penyimpanan dengan kecepatan baca dan tulis data yang lebih cepat.

SSD juga sudah mulai terpasang secara langsung di berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, tablet maupun komputer.

Keunggulan SSD

Mengapa SSD dikatakan lebih baik daripada HDD? SSD lebih diunggulkan dalam hal kenyamanan penggunaan di dalam digital environment.

Adapun berikut ini beberapa keunggulan dari SSD:

Kemampuan baca dan tulis data yang cepat

Keunggulan utama yang bisa dirasakan melalui penggunaan penyimpanan SSD yaitu kecepatan baca dan tulis data yang dimilikinya relatif lebih cepat. Dengan keunggulan tersebut tentunya membantu komputer melalui proses booting yang cepat. Hal tersebut ditandai dengan proses penyalaan komputer yang lebih cepat dibanding penggunaan HDD. SSD juga cukup efisien dalam memindahkan file dengan ukuran besar.

Proses membaca data secara elektrik sehingga tidak bising

Jika Anda menyadari, media penyimpanan HDD memiliki motor penggerak disk yang akan berbunyi ketika membaca data. Sedangkan pada penggunaan penyimpanan SSD, data akan dibaca dan ditulis secara elektrik sehingga hampir tidak menimbulkan bunyi sama sekali.

Dapat mengurangi resiko kerusakan komponen komputer

Ternyata dengan penggunaan SSD dapat menghindari resiko kerusakan komponen komputer karena menghasilkan lebih sedikit panas daripada HDD. Karena komponen pada komputer mudah akibat overheat. Dengan menggunakan penyimpanan data SSD maka panas yang dihasilkan dapat dikurangi dan pemakaian komputer pun dapat diperpanjang secara signifikan.

Lebih hemat konsumsi listrik

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bahwa dalam proses membaca dan menulis data pada SSD menggunakan sinyal elektrik tanpa penggerak motor sehingga konsumsi dayanya pun juga lebih kecil. Pada SSD juga menghasilkan panas yang lebih sedikit sehingga ukuran cooling fan bisa diperkecil. Dalam hal ini konsumsi daya dalam menggerakkan cooling fan juga minim.

Tips Sebelum Memilih SSD

Bagi Anda yang berencana untuk membeli SSD dengan waktu dekat ini, mungkin sebaiknya Anda mengetahui tips tips sebelum memilih SSD.

karena ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan dalam memilih SSD yang tepat. Adapun berikut ini beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih SSD.

Memilih SSD sesuai standar interface terminalnya

Ada beberapa tipe kabel yang menghubungkan SSD dengan PC sehingga Anda perlu memperhatikan jenis kabel yang digunakan.

Jenis tipe kabel yang populer yangdan banyak digunakan pada SSD yaitu Sata atau serial advanced technology attachment. akan tetapi pada beberapa PC masih menggunakan jenis kabel lawas yaitu IDE.

Jenis kabel ini berbentuk pipih lebar dengan konektor yang terdiri dari beberapa PIN pada PC. Sedangkan pada jenis kabel Sata berukuran lebih kecil dan berbentuk huruf L pada kepala kabel.

Mempertimbangkan ukuran SSD

Dalam memilih SSD juga harus mempertimbangkan ukurannya. biasanya hdd untuk desktop PC sekitar 3,5 inci sedangkan pada laptop berukuran 2,5 inci.

Untuk produk SSD dibuat dengan ukuran yang seragam yaitu 2,5 inci. Oleh karenanya jika akan digunakan pada desktop PC maka harus menyiapkan dudukan tempat memasukkan SSD secara terpisah.

Tapi pada PC keluaran terbaru sudah ada yang langsung terpasang SSD di dalamnya. SSD juga tersedia dalam beberapa jenis ketebalan, namun secara umum memiliki ketebalan 7 mm. Untuk itu pastikan terlebih dahulu hdd pada perangkat komputer Anda sebelum menentukan pilihan ukurannya.

Menentukan kapasitas penyimpanan sesuai tujuan penggunaan

Sebaiknya Anda memilih SSD dengan kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan penggunaan. Jika akan digunakan untuk menyimpan jumlah data yang yang banyak dan besar maka tentunya harus memilih SSD dengan kapasitas yang besar juga.

Apabila pemakaian komputer untuk mengakses internet maka dengan kapasitas SSD 128 GB dirasa sudah cukup. Dengan kapasitas tersebut juga sudah memadai dalam penyimpanan foto maupun video yang diambil dari kamera digital atau mengimpor file musik dari CD.

Akan tetapi pada penggunaan game online maka sebaiknya anda menggunakan SSD dengan kapasitas 512 GB. Apalagi untuk penggunaan game yang membutuhkan storage data besar, maka perhatikan kapasitas SSD yang akan anda beli.

Memilih SSD berdasarkan write speed-nya

Memilih SSD dengan kapasitas lebih dari 128gb sebenarnya memiliki kemampuan baca dan tulis yang relatif lebih cepat dibanding penggunaan hdd.

Namun tidak ada salahnya anda mempertimbangkan SSD dengan kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi demi memberikan kenyamanan penggunaan komputer anda.

Terutama bagi Anda yang menggunakan komputer untuk kepentingan mengolah file ukuran besar seperti mengedit film resolusi tinggi.

Rekomendasi Merk SSD Terbaik

Berikut ini kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi merk SSD terbaik dari beberapa produsen.langsung saja berikut ini beberapa yang bisa anda pilih:.

SanDisk SSD Plus

SanDisk SSD Plus

Produk SSD yang satu ini cukup memadai dalam meningkatkan waktu boot, Shut down dan respon perangkat komputer maupun ketika membuka tutup aplikasi dibanding penggunaan HDD. Memiliki desain yang kokoh dan resisten terhadap vibration maupun shock sehingga membantu anda untuk menyimpan data dengan lebih aman.

Bagi anda yang membutuhkan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar maka produk dari SanDisk yang satu ini memiliki pilihan hingga 1 TB. Sehingga produk ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Beberapa spesifikasi dari SanDisk SSD plus diantaranya Interface SATA 6 Gbps, Ukuran 2,5 inci, ketebalan 7 mm, kapasitas 120 GB serta kecepatan read & write maksimum 530 MB/s dan 310 MB/s.

Nama SSDSanDisk SSD Plus
Harga± Rp. 328.000

Western Digital Blue 3D NAND SATA SSD

Western Digital Blue 3D NAND SATA SSD

Western Digital melalui produk SSD nya ini membidik konsumen pembisnis yang memiliki jadwal padat dan waktu terbatas. Karena dengan penggunaan teknologi NAND dapat mengelola data secara responsif tanpa menggunakan daya listrik serta kinerja SSD jadi lebih cepat.

Berkat keunggulan dalam efisiensi daya listrik tersebut membuat perangkat komputer lebih tahan lama. SSD ini pilihan yang tepat bagi Anda yang bekerja di luar rumah.

Beberapa spesifikasi yang ditawarkan diantaranya Interface SATA 6 Gbps, ukuran 2,5 inci, ketebalan 7 mm, kapasitas 250 GB, kecepatan read & write maksimum 550 MB/s & 520 MB/s.

Nama SSDWestern Digital Blue 3D NAND SATA SSD
Harga± Rp. 720.000

OCZ Storage Solution Vector 150 Series

OCZ Storage Solution Vector 150 Series

Meskipun dari nama brand-nya, mungkin SSD ini kurang begitu populer. Namun sebenarnya produk SSD ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya loh.

Karena SSD ini mampu memberikan performa terbaik dan memiliki kontroler-nya sendiri. Sehingga tak ada salahnya Anda mempertimbangkan produk yang satu ini.

Memiliki kecepatan membaca data 550 mbps dan menulis data 450 mbps.

Minimal kapasitas yang tersedia 120 GB.

Nama SSDOCZ Storage Solution Vector 150 Series
Harga± Rp. 665.000

SSD Tammuz M740 NVME

SSD Tammuz M740 NVME

Merk satu ini juga bisa Anda pertimbangkan sebagai salah satu pilihan SSD terbaik saat ini. Harganya cukup terjangkau dan menawarkan produk SSD mumpuni.

Tammuz sendiri mengaplikasikan SSD ini dengan teknologi SSD dari Korea dengan kemampuan kecepatan baca data hingga 2 GB per detik,

Selain itu juga dibekali dengan fitur seperti DRAM Cache dalam meningkatkan performa 10 hingga 15%.

Nama SSDSSD Tammuz M740 NVME
Harga± Rp. 899.000

SSD Corsair Force Series LE200

SSD Corsair Force Series LE200

SSD dari Corsair Force ini menjadi unggulan dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, terutama dalam pengunaan daya yang lebih hemat serta lebih responsif. Sehingga sangat cocok digunakan oleh pengguna rumahan maupun untuk pengguna kantoran.

Tentunya produk SSD ini memberikan performa yang lebih cepat dibanding HDD konvensional. Bahkan dengan penggunaan SSD ini dapat memberikan kemampuan Startup dan Shutdown yang cukup cepat.

Kecepatan SSD ini dalam membaca data mencapao 560 MB per detik dan kecepatan tulis 530 MB per detik. Selain itu, kemampuan untuk pemrosesan komputasi seperti memuat gambar, video dan membuka aplikasi juga lebih cepat.

Nama SSDSSD Corsair Force Series LE200
Harga± Rp. 902.000

Adata Premier Pro SP900

Adata Premier Pro SP900

SSD dari adata ini dibekali dengan fitur shockproof untuk mencegah data corrupt.

Sebagai brand asal Taiwan, Adata memproduksi SSD yang memiliki fitur trim yaitu teknologi yang dapat menginformasikan data mana yang layak dihapus atau sudah tidak digunakan lagi. Sehingga fitur tersebut berkontribusi untuk memperpanjang masa pakai SSD agar lebih tahan lama.

Adanya fitur shockproof pada SSD ini sehingga dapat mengamankan data agar tidak mudah corrupt karena guncangan.

Spesifikasi dari Adobe Premiere Pro SP900 diantaranya Interface SATA 6 Gbps, Ukuran 2,5 inci, Ketebalan 7 mm, Kapasitas 128 GB dan kecepatan read & write maksimum 545 MB/s & 535 MB/s

Nama SSDAdata Premier Pro SP900
Harga± Rp. 1.050.000

Transcend SATA III 6Gb/s SSD370S

Transcend SATA III 6Gbs SSD370S

Salah satu produk SSD terbaik dengan performa kinerja tinggi serta didukung dengan enkripsi data yang sangat bagus. SSD dari transcend sini diproduksi dengan teknologi MLC NAND Flash Inside untuk memastikan stabilitas penyimpanan data serta ketahanan dalam penggunaan.

Dibekali dengan fitur full drive encryption berteknologi AES (Advanced Encryption Standard) akan membuat data tidak mudah dijebol oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Spesifikasi dari produk ini diantaranya Interface SATA 6 Gbps, ukuran 2,5 inci, ketebalan 6,8 mm, kapasitas 128 GB dan lecepatan read & write maksimum 560 MB/s & 460 MB/s.

Nama SSDTranscend SATA III 6Gb/s SSD370S
Harga± Rp. 1.275.000

Samsung SSD 850 PRO

Samsung SSD 850 PRO

Samsung suka mengeluarkan produk SSD terbaiknya dengan seri SSD 850 Pro. Perusahaan gadget asal Korea Selatan ini menerapkan teknologi TLC NAND yang menawarkan penyimpanan data lebih cepat pada produk SSDnya.

Dengan penawaran kecepatan yang mumpuni tersebut produk SSD ini sangat cocok digunakan oleh pekerja industri kreatif. Misalnya digunakan pada perangkat komputer untuk mengedit video, audio, maupun foto berkualitas tinggi dan berjumlah banyak .

Didukung dengan fitur enchanted endurancedi mana memiliki kemampuan dalam menangani 150 TB written selama masa pakainya.

Itu setara dengan penggunaan harian sekitar 40 GB write/ speed dalam 10 tahun.

Beberapa spesifikasi yang ditawarkan yaitu Interface SATA 6 Gbps, ukuran          2,5 inci, ketebalan7 mm, kapasitas 512 GB dan Kecepatan read & write maksimum 550 MB/s & 520 MB/s

Nama SSDSamsung SSD 850 PRO
Harga± Rp. 1.600.000

Toshiba OCZ TR150

Toshiba OCZ TR150

Dari dulu Toshiba sudah dikenal menghasilkan berbagai produk berkualitas, termasuk dari produk SSD ini.

Produk ini jadi andalan dari Toshiba karena sudah dilengkapi dengan utility management software sebagai perangkat lunak yang akan membantu pengguna mengecek kesehatan data dan merekomendasikan masa pakai SSD.

Dengan fitur tersebut tentunya sangat penting untuk memantau kondisi data yang tersimpan dalam komputer.

Produk SSD ini sangat cocok bagi Anda yang mencari performa SSD terbaik. Penyimpanan yang ditawarkan bervariasi dari minimum 120 GB dan yang paling besar 960 GB.

Keunggulan lainnya yaitu konsumsi daya listrik yang sangat efisien.

Beberapa spesifikasi yang ditawarkan di antaranya Interface SATA 6 Gbps, ukuran 2,5 inci, ketebalan7 mm, kapasitas480 GB dan Kecepatan read & write maksimum 550 MB/s & 520 MB/s

Nama SSDToshiba OCZ TR150
Harga± Rp. 2.660.000

Intel SSD 530

Intel SSD 530

Intel sebagai perusahaan prosesor terbesar di dunia ternyata juga memproduksi SSD terbaiknya. Melalui seri SSD ini diciptakan untuk konsumen profesional yang mengharuskan memproses banyak tugas pada komputer.

SSD ini dilengkapi dengan Intel® Smart Response Technology sehingga memberikan kinerja tinggi dan responsif dual Drive, SSD dan HDD.

untuk produk SSD Intel 530 ini cocok digunakan bagi para gamers, content creator maupun untuk pekerjaan teknik lainnya. Kapasitas yang tersedia juga cukup beragam mulai dari 80 hingga 480 GB.

Adapun beberapa spesifikasi dari SSD ini diantaranya Interface SATA 6 Gbps, ukuran 2,5 inci, ketebalan 7 mm, kapasitas 480 GB dan Kecepatan read & write maksimum 540 MB/s & 490 MB/s

Nama SSDIntel SSD 530
Harga± Rp. 4.917.000

4 Merk SSD M2 Terbaik

Berikut ini beberapa merk SSD M2 Terbaik sampai sekarang yang masih banyak digunakan.

SAMSUNG SSD 970 EVO M.2 NVMe

SAMSUNG SSD 970 EVO M.2 NVMe

Capacity250GB
Transfer RateSequential Read CDM : Up to 3400 MB/s MB/sec Sequential Read
Sequential Write CDM : Up to 1500 MB/sec Sequential Write
Dimension3.16″ x 0.09″ x 0.87″
OthersInterface: PCIe Gen 3.0 x4, NVMe 1.3

SSD M.2 Corsair MP300

SSD M.2 Corsair MP300

Capacity240GB
Transfer RateSequential Read CDM: Up to 1580MB/s
Sequential Write CDM: Up to 920MB/s
Dimension
OthersInterface: PCIe Gen 3.0 x2

SSD M.2 Western Digital / WD Black

SSD M.2 Western Digital / WD Black

Capacity250GB
Transfer RateSequential Read CDM: Up to 3100 MB/s
Sequential Write CDM: Up to 1600 MB/s
Dimension
OthersInterface: PCIe Gen3 8 Gb/s, up to 4 lanes

SSD M.2 Patriot Hellfire

SSD M.2 Patriot Hellfire

Capacity240GB
Transfer RateSequential Read CDM: Up to 2740 MB/s
Sequential Write CDM: Up to 1090 MB/s
Dimension
OthersInterface: NVMe PCIe 3.0 x4

3 Merk SSD M2 Terbaik untuk Laptop

Butuh kecepatan yang wuzz untuk laptop? Ini rekomendasi dari kami merk SSD M2 Terbaik untuk Laptop:

SAMSUNG 960 EVO M.2

SAMSUNG 960 EVO M.2

Capacity250GB
Transfer RateSequential Read CDM: Up to 3200 MB/s
Sequential Write CDM: Up to 1800 MB/s
Dimension
OthersInterface: PCIe 3.0 x4, NVMe 1.2

Corsair Force MP500 Series

Corsair Force MP500 Series

Capacity240GB
Transfer RateSequential Read CDM: Up to 3000MB/s
Sequential Write CDM: Up to 2400MB/s
Dimension
OthersInterface: PCIe Gen 3.0 x4

WD Black PCIe NVMe Series

WD Black PCIe NVMe Series

Capacity240GB
Transfer RateSequential Read CDM: Up to 2050 MB/s
Sequential Write CDM: Up to 800 MB/s
Dimension
OthersInterface: PCIe Gen3 8 Gb/s

F.A.Q

Apa Itu SSD?

SSD atau solid state drive adalah media penyimpanan data yang disebut juga sebagai flash memory.

Apa Keunggulan SSD?

  • Kemampuan baca dan tulis data yang cepat
  • Proses membaca data secara elektrik sehingga tidak bising
  • Lebih hemat konsumsi listrik

SSD vs HDD Pilih Mana?

SSD punya segudang kelebihan yang tidak bisa didapatkan di HDD.

Bagaimana Tips Membeli SSD?

  • Memilih SSD sesuai standar interface terminalnya
  • Mempertimbangkan ukuran SSD
  • Menentukan kapasitas penyimpanan sesuai tujuan penggunaannya
  • Memiliki SSD berdasarkan write speed-nya

Apa Merk SSD Terbaik?

Bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna sendiri karena setiap merk dan seri produk SSD memiliki keunggulannya masing-masing.

Akhir Kata

Setiap pengguna tentunya memiliki cara yang berbeda dalam menggunakan PC nya masing-masing. Mengingat harga SSD yang relatif mahal sehingga sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu akan dibutuhkan untuk apa SSD tersebut.

Karena bagaimanapun juga setiap produk SSD memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Sehingga pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah demikian itulah penjelasan lengkap tentang pilihan merk SSD terbaik saat ini yang bisa anda jadikan alternatif. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992