Komputer

Mengenal Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya

Bagian-bagian Komputer
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Yuk, Mengenal Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya. Jika ada masalah pada komputer, biar tahu dari mana sumber masalahnya.

Kuotabro.com – Banyak diantara kita yang mungkin belum mengetahui bagian-bagian komputer beserta fungsinya.

Karena kebanyakan pengguna saat ini yang terpenting adalah sebuah perangkat komputer fungsional dan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakan komputer, mulai dari mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, menikmati hiburan multimedia, main game, internetan dan berbagai aktivitas lainnya.

Sebagai perangkat elektronik yang dekat dengan kehidupan kita dan sudah membantu kita dalam menyelesaikan berbagai masalah pekerjaan atau untuk kepentingan lainnya, tidak ada salahnya kita mengenal bagian-bagian dari komputer dan fungsinya.

Sehingga jika nantinya kita mendapati masalah pada perangkat komputer yang digunakan, mungkin bisa menjadi salah satu langkah awal dalam mengenali apa permasalahan yang dialami pada komputer tersebut. Yuk simak.

Bagian-Bagian Komputer Beserta Fungsinya

Komponen Komputer

Sebelum membahas bagian-bagian komputer beserta fungsinya, sebagai informasi bahwa saat ini komputer dibagi menjadi dua jenis.

Yaitu jenis komputer portable seperti laptop, netbook, tablet PC atau sejenisnya, dan jenis komputer desktop.

Sehingga dalam pembahasan kali ini kami akan memfokuskan untuk menjelaskan komponen-komponen yang ada pada komputer desktop karena sebagian besar tidak jauh berbeda dengan laptop.

Adapun berikut ini bagian-bagian dari komputer:

Casing Komputer

Casing Komputer

Kita ketahui bahwa casing adalah bagian terluar dari sebuah perangkat komputer. Bisa diibaratkan casing adalah bagian yang menjadi rumah dari komponen-komponen komputer.

Saat ini jenis mayoritas desktop PC menggunakan casing box dari metal maupun plastik. Namun untuk jenis desktop all-in-one PC menggunakan casing yang di desain sangat ringkas dan menyatu dengan layar monitor.

Casing tidak hanya sebagai tempat bagi komponen-komponen komputer yang berada di dalam melainkan juga melindungi komponen tersebut dari debu.

Karena di dalam sebuah casing komputer yang terbuat dari metal atau mika terdapat beberapa perangkat keras seperti power supply, transistor, fan, mother board, floppy disk dan lainnya.

Power Supply

Power Supply

PSU atau power supply unit adalah bagian komputer yang mengkonversi listrik berarus AC menjadi DC voltase rendah. Sehingga komponen ini dijadikan sebagai sumber daya bagi komponen komputer lainnya.

Power supply memegang peranan penting dalam menyuplai daya untuk menghidupkan sekaligus menstabilkan kinerja perangkat komputer. Dalam penggunaannya perangkat power supply ini mudah mengalami kerusakan ketika tegangan terlalu rendah atau pada listrik yang sering mati mendadak.

Motherboard

Motherboard

Bagian komputer lainnya yaitu motherboard atau sering juga disebut mainboard. Moherboard adalah papan sirkuit terintegrasi sebagai komponen utama dari sebuah perangkat komputer.

motherboard berfungsi sebagai penghubung seluruh komponen utama dari komputer yaitu RAM, CPU, harddisk, CD atau DVD serta berbagai port dan slot ekspansi.

Dinamakan sebagai papan sirkuit karena memang untuk menghubungkan berbagai komponen yang satu dengan komponen yang lainnya agar dapat terhubung dengan baik.

Bagian-bagian Motherboard

Berikut komponen-komponen komputer yang diletakkan langsung di motherboard:

Processor

processor

Prosesor adalah komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses.

Chipset

Chipset

Chipset adalah komponen dalam motherboard yang berfungsi sebagai penghubung komunikasi antara komponen komputer dengan CPU.

RAM/ Memory

RAM memory

RAM (random access memory) adalah penyimpanan data yang bertugas untuk setiap proses agar bisa diakses dengan cepat oleh CPU. Sehingga semakin besar suatu RAM pada komputer maka akan semakin besar juga kapasitas penyimpanannya dan kinerja komputer juga menjadi lebih baik.

Video Card/GPU/ VGA/ Kartu grafis

Video Card

Kartu grafis adalah komponen pada komputer yang bertugas dalam memproses grafis. Biasanya pengguna komputer hanya memerlukan GPU internal atau yang sudah terintegrasi. Akan tetapi pada komputer gamer, designer, animator dan sebagainya membutuhkan dedicated GPU dengan kapasitas besar agar dapat memproses grafis berat.

ROM (Read Only Memory)

ROM Read Only Memory

ROM (Read Only Memory) sebagai tempat disimpannya firmware BIOS dan pengaturannya. Pada perangkat komputer saat ini sudah menggunakan UEFI dan tidak lagi menggunakan BIOS.

Baterai CMOS

Baterai CMOS

Peran dari baterai ini yaitu untuk memberikan daya bagi chip bios sehingga pengaturannya dan pengaturan tanggal tidak akan hilang, akan tetap berjalan meski komputer dimatikan.

Bus

bus motherboard

Komponen motherboard ini adalah untuk menghubungkan berbagai chord seperti external graphic card dan sound card.

Sound card

Sound card

Setiap motherboard saat ini memiliki sound card internal yang digunakan untuk memproses suara. Akan tetapi pengguna dapat menambahkan sound card eksternal apabila diperlukan.

Hard Disk (HDD)/ SSD

Hard Disk dan SSD

Hard disk atau SSD adalah media penyimpanan dalam menyimpan data di komputer termasuk sistem operasi. Hard disk dan SSD sebenarnya keduanya berbeda namun saat ini SSD lebih banyak digunakan pada perangkat komputer terbaru karena memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi dan lebih hemat penggunaan daya.

Optical Drive (CD/DVD-ROM)

Optical Drive

pada beberapa perangkat komputer modern sudah tidak ditemukan CD atau DVD ROM. Apalagi pada jenis PC portable seperti notebook atau laptop. Fungsi dari komponen ini yaitu untuk membaca dan menulis data ke optical disk seperti DVD dan CD.

Keyboard

Keyboard

Keyboard berfungsi sebagai input untuk berkomunikasi dengan komputer. Praktisnya, kamu bisa mengetik dan memasukkan berbagai perintah ke komputer melalui keyboard.

Mouse

Mouse Komputer

Mouse adalah input device yang sangat penting digunakan untuk bernavigasi ketika mengoperasikan komputer. Dengan menggunakan mouse maka anda dapat menggerakkan pointer serta memilih berbagai opsi di layar komputer. karena penggunaan mouse lebih efektif dibanding touch pad.

Monitor

Monitor

Komponen ini bekerja sama dengan graphic card yang berfungsi dalam menampilkan grafis di komputer. Selain jenis monitor konvensional, saat ini sudah banyak dikembangkan monitor touchscreen yang kian semakin populer.

Komponen-komponen Komputer Eksternal

Bagian-bagian komputer yang telah dijelaskan diatas itu termasuk kedalam komponen internal, lalu apa saja untuk komponen eksternal sebuah komputer?

Speaker Komputer

Perangkat pengeras suara eksternal yang digunakan untuk komputer. Biasanya perangkat ini dilengkapi penguat berdaya listrik rendah. Koneksi standarnya menggunakan konektor 3,5 mm dan biasanya berwarna hijau muda. Beberapa juga menggunakan konektor RCA untuk masukannya.

Headphone/ Headset

Sepasang pengeras suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga. Saat kita memakainya kita terhubung dengan frekuensi audio stereofonik, monofonik atau binaural.

Printer/ Scanner

Peranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Pencetak biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil sebagai alat mengambil kertas dari baki. Baki ialah tempat menaruh kertas.

USB flash drive

alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.

Hard Disk Eksternal

Komponen perangkat keras yang menyimpan semua konten digital. Dokumen, foto, musik, video, program, preferensi aplikasi, dan sistem operasi mewakili konten digital yang tersimpan di hard disk. Hard disk dapat berupa eksternal atau internal.

F.A.Q

Apa itu komputer?

Komputer adalah perangkat elektronik yang bekerja dengan memanipulasi informasi atau data. Komputer berguna dalam penyimpanan, mengambil dan mengolah data.

Apa saja bagian-bagian dari komputer?

Ada beberapa bagian dari komputer mulai dari monitor, keyboard, mouse, casing, komponen motherboard dan masih banyak lainnya.

Seberapa penting mengetahui bagian-bagian komputer?

Dengan mengetahui bagian-bagian komputer maka kita akan mengetahui masing-masing fungsinya. sehingga apabila komputer mengalami masalah maka kita dapat menebak dari mana sumber masalah tersebut.

Apakah setiap komputer memiliki komponen yang sama?

Tidak, pada jenis komputer all-in-one biasanya lebih sedikit penggunaan komponen komponennya.

Apa bagian komputer yang paling penting?

Setiap bagian komputer seperti yang sudah dijelaskan diatas sangat penting dan setiap kinerjanya dapat mempengaruhi komponen lainnya.

Akhir Kata

Demikian itulah yang bisa kami sampaikan tentang bagian-bagian komputer beserta fungsinya. Semoga bisa menambah wawasan pembaca tentang apa saja komponen yang ada di sebuah perangkat komputer.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992