Komputer

Apa itu NAS (Network Aattached Storage)?

Apa itu NAS?
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Apa itu NAS? NAS adalah piranti penyimpanan data dengan sistem operasi yang secara khusus melayani kebutuhan backup dan share data.

Kuotabro.com – Disadari atau tidak, data adalah aset yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Tanpa akses data maka perusahaan tidak dapat memberikan tingkat layanan yang diinginkan pelanggan.

Berbicara tentang data, pernahkah Anda mendengar tentang sistem NAS?

Sistem NAS begitu cepat populer karena banyak perusahaan maupun usaha kecil yang mulai menggunakan perangkat penyimpanan ini.

Bagi yang belum familiar dengan istilah penyimpanan NAS atau Network Attached Storage, berikut ini kami akan memberikan penjelasannya secara lengkap.

Apa itu NAS?

NAS (Network Aattached Storage) adalah

NAS (Network Aattached Storage) adalah sebuah server dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan berkas data. NAS dapat diakses langsung melalui jaringan area lokal dengan protokol seperti TCP/IP. NAS itupun sendiri kelebihannya terdapat di system recoverynya, yaitu pada saat salah satu host rusak dapat di backup. NAS sendiri tidak terbeban hanya dengan satu server saja, memiliki kecepatan transfer rate tinggi dengan gigabite ethernet, dan kapasitas storage besar dengan memiliki 2 harddisk.

NAS sendiri berbeda dengan server pada umumnya, yaitu NAS hanya dapat digunakan untuk storage (penyimpana data) saja. Setiap user/acount akan memiliki 2 folder yaitu folder private dan public, folder private hanya bisa dilihat oleh pemilik user dan sedangkan public dapat dilihat oleh luar pemilik user. NAS sendiri juga memiliki user yang disebut auxullary, yaitu user yang mampu melihat semua folder user meskipun private atau public.

Sehingga sistem NAS ini cukup fleksibel dan terukur dimana ketika anda memerlukan penyimpanan tambahan maka dapat menambahkannya ke perangkat yang dimiliki.

Jadi, NAS ini seperti memiliki penyimpanan Cloud pribadi di kantor karena memberikan akses penyimpanan data yang lebih cepat, murah dan bermanfaat.

Sehingga kebutuhan akan NAS sangat diperlukan di era digital ini sebagai bentuk media penyimpanan dan backup data yang lebih aman.

Sederhananya NAS adalah piranti penyimpanan data dengan sistem operasi yang secara khusus melayani kebutuhan backup dan share data.

NAS bisa secara langsung diakses melalui jaringan dengan protokol seperti TCP atau IP.

Dalam hal ini NAS dilengkapi dengan media penyimpanan berupa hardisk serta memiliki perangkat lunak sendiri untuk mengelola berbagai tugas yang berhubungan dengan penyimpanan data dalam sebuah jaringan.

Keuntungan Menggunakan NAS

Mengacu dari pengertian NAS seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, NAS dianggap sebagai media penyimpanan yang paling diminati di antara cloud dan local storage.

Sebenarnya NAS memiliki kemiripan dengan local storage di mana memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara fisik dan menyimpan informasi secara terpisah dari internet.

Karena pada intinya piranti Network sharing melibatkan penyimpanan secara khusus pada komputer yang terhubung ke jaringan dan dapat digunakan oleh beberapa perangkat.

Agar lebih jelasnya Berikut ini beberapa keuntungan mengapa menggunakan NAS cukup disarankan:

Sebagai penambahan storage

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan NAS adalah dapat menambah storage komputer masing-masing. Karena pada prinsipnya NAS mengadopsi metode cloud yang memungkinkan untuk menambah storage berbasis cloud.

Kolaborasi yang lebih mudah

Cara kerja NAS juga mirip seperti Google Drive di mana memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen ke satu folder agar dapat diakses oleh beberapa orang sekaligus. Sehingga pengguna tidak harus mengirimkan file dokumen ke masing-masing email penerima.

Jaringan cloud namun privat

Meskipun penggunaan penyimpanan Cloud dinilai nyaman, namun seringkali kita mengalami kekhawatiran terhadap privasi dokumen yang disimpan pada penyimpanan berbasis cloud. Akan tetapi NAS mengklaim bahwa dapat menjaga privasi dokumen anda dari akses orang-orang yang tidak berkepentingan.

Jaminan perlindungan data

Di sisi lain NAS juga memberi jaminan perlindungan data. Misalnya ketika menggunakan media penyimpanan IronWolf dari Seagate yang dapat memberikan fitur Rescue Data Recovery selama 2 tahun. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan data-data penting.

Mampu melakukan backup data otomatis

Salah satu keunggulan dari NASadalah memiliki fitur untuk melakukan backup data secara otomatis dan reguler. Pengguna dapat mengatur sendiri metode penyimpanan yang diinginkan

Mudah dalam pengaturan

Keuntungan lainnya dengan menggunakan media penyimpanan NAS yaitu dari segi pengaturannya yang sangat mudah. Apalagi didukung dengan tampilan interface yang mudah dipahami sehingga tidak menyulitkan pengaturan piranti penyimpanan ini.

Jika melihat penjelasan, NAS dan PC desktop memang memiliki perbedaan dari segi penggunaan.

Sehingga beban kerja yang harus ditangani oleh storage yang terpasang di masing-masing perangkat tentu juga akan berbeda.

Sehingga supaya NAS dapat beroperasi dengan lebih baik maka produsen membuat hdd yang dibekali dengan fitur untuk mendukung penanganan beban kerja di NAS menjadi lebih baik.

Kriteria Memilih Hardisk yang Tepat untuk NAS

Sebelumnya telah di singgung bahwa hardisk berperan untuk mengoptimalkan kinerja NAS.

Oleh karenanya dengan memilih komponen harddisk yang tepat akan membuat perubahan besar saat menggunakan NAS.

Mungkin Anda memang bisa membuat NAS multi enclosure dengan menggunakan hardisk desktop yang murah, akan tetapi sepertinya tidak bisa berharap banyak untuk performa dan akses pengguna yang bisa saja menurun seiring berjalannya waktu.

Mengingat bahwa hardisk adalah solusi jangka panjang yang cukup baik untuk NAS, maka perlu beberapa kriteria khusus untuk menemukan HDD yang cocok.

Adapun beberapa kriteria berikut ini harus Anda pertimbangkan ketika mencari hardisk untuk NAS:

Performa

Aplikasi NAS yang digunakan untuk kegiatan usaha atau bisnis maka sering digunakan untuk pencadangan, streaming maupun pengarsipan data.

Dalam hal ini maka akan ada banyak pengguna yang mengakses sistem NAS secara bersamaan.

Mungkin hardisk desktop dapat menghadirkan performa yang optimal untuk satu orang di suatu waktu.

Akan tetapi anda harus menggunakan hardisk yang mumpuni untuk NAS misalnya seperti IronWolf dan IronWolf Pro NAS agar lebih optimal ketika digunakan untuk sharing data secara bersamaan ke berbagai sumber maupun mengirimkan data secara acak.

Keandalan

Keandalan sangat penting dalam mengurangi TCO dan meningkatkan ROI positif.

Ketika membuat sistem dengan hardisk yang sudah dioptimalkan untuk NAS maka pengguna akan memperoleh beragam manfaat keandalan yang bisa membantu mengurangi pemadaman serta meningkatkan waktu operasi penyimpanan.

Misalnya pada penggunaan jenis HDD Seagat yang sudah dioptimalkan untuk NAS maka dilengkapi firmware yang bisa meningkatkan keandalan secara keseluruhan hingga 30% atau lebih yang HDD di desktop..

Kapasitas

Jenis hardisk yang sudah dioptimalkan untuk aplikasi NAS menghadirkan kapasitas hingga 14 TB serta dapat mengurangi TCO  dengan cara mengosongkan ruang penyimpanan. Untuk kapasitas penyimpanan eksternal harus bisa dialokasikan ke perlindungan data dengan menggunakan RAID.

Mengevaluasi biaya

Dalam menggunakan piranti penyimpanan seperti NAS bisa menjadi investasi besar bagi perusahaan atau bisnis kecil. Sehingga dari segala sisi termasuk anggaran biaya yang dibutuhkan piranti penyimpanan NAS cukup menjadi solusi bagi media penyimpanan suatu perusahaan atau usaha kecil.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan sistem penyimpanan NAS.

Akhir Kata

Meskipun ada banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan sistem penyimpanan NAS, aku ternyata sistem penyimpanan Ini juga masih memiliki kekurangan.

Keamanan penyimpanan melalui NAS masih perlu ditingkatkan secara menyeluruh terutama dari kejahatan hacker yang bisa saja mengambil data secara keseluruhan.

Itulah mengapa sangat penting sekali meskipun menggunakan media penyimpanan apapun harus tetap melakukan backup data.

Namun paling tidak melalui pembahasan di atas tentang apa itu NAS bisa menjadi gambaran anda mengenai piranti penyimpanan ini di mana sekarang sering digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis besar maupun bisnis kecil.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992