Aplikasi Komputer

Pengertian Microsoft Office, Sejarah, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Microsoft Office
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Pengertian Microsoft Office adalah perangkat lunak aplikasi yang dibuat oleh Microsoft yang dapat dijalankan di bawah sistem operasi Windows dan Mac OS X.

Kuotabro.com – Sebagian besar dari kita yang hidup di zaman sekarang mungkin sudah tidak asing lagi Microsoft office. Namun sepertinya belum banyak yang mengetahui pengertian Microsoft Office itu sendiri.

Bisa menggunakan Microsoft sering dijadikan sebagai salah satu syarat untuk dapat bekerja di suatu perusahaan, terutama Microsoft word, Excel, PowerPoint.

Peran Microsoft office sendiri sangat penting di berbagai bidang pekerjaan. Misalnya ketika seseorang hendak melakukan analisa data maka membutuhkan Microsoft Excel.

Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya Microsoft office untuk mempermudah pekerjaan seseorang.

Lebih jauh tentang Microsoft office, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi secara lengkap tentang pengertian Microsoft office beserta jenis-jenisnya.

Mengingat pengetahuan tentang Microsoft office sangat penting dan sangat berguna hampir di seluruh aspek kehidupan khususnya di lingkungan kerja.

Untuk itu tidak ada salahnya kita membahas tentang Microsoft office dan macam-macamnya. Yuk, ketahui lebih dalam.

Pengertian Microsoft Office

Microsoft office adalah perangkat lunak sebagai paket aplikasi perkantoran yang dibuat oleh Microsoft. Perangkat lunak ini dijalankan di bawah sistem operasi Windows dan Mac OS X.

Ada beberapa aplikasi yang terkenal di Microsoft office dan banyak digunakan yaitu Microsoft Excel, Powerpoint dan word.

Saat ini Microsoft office sudah berada di versi terbarunya yaitu Microsoft office 2019 yang diluncurkan pada 2018 lalu.

Microsoft office dikeluarkan oleh perusahaan raksasa Microsoft yang berisikan paket aplikasi yang sangat bermanfaat untuk berbagai pekerjaan perkantoran. sehingga tujuan utama dalam pembuatan perangkat lunak ini yaitu untuk memudahkan pekerjaan kantor seperti pembuatan laporan, pemaparan presentasi dan masih banyak lainnya.

Sejarah Perkembangan Microsoft Office

Sebelum membahas lebih jauh tentang Microsoft office dan jenis-jenisnya, mungkin tidak ada salahnya kita menyinggung sedikit tentang sejarah perkembangan Microsoft office untuk menengok bagaimana perkembangan dari perangkat lunak terpopuler di dunia ini.

Tepatnya di bulan November tahun 1990 di mana Microsoft office 1.0 dirilis secara resmi sebagai generasi pertama Microsoft office.

Pada saat itu terdapat 3 aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows yaitu Microsoft word 1.0, Excel 2.0 dan PowerPoint 2.0.

Kemudian pada Maret 1991, Microsoft office 1.5 menjadi peningkatan kualitas di aplikasi Excelnya.

Di mana pada  office versi 1.0, masih menggunakan Microsoft Excel 2.0 sedangkan pada office 1.5 sudah menggunakan Excel 3.0 dimana pada versi terbaru tersebut sudah ada tambahan toolbar yang berguna dari segi kemudahan operasinya.

Beberapa bulan kemudian mulai muncul office 1.6 dengan adanya tambahan software bernama Msil 2.1. setelah itu Microsoft office terus berkembang hingga Microsoft office 95, 2000, 2003 hingga 2013 sampai terciptanya aplikasi komputer yang terbaru yaitu Microsoft office 2019.

Hingga saat ini memang perkembangan Microsoft office sangat pesat yang ditandai dengan beberapa kali melakukan revisi ke arah program perangkat lunak yang lebih baik untuk mendekati sempurna.

Microsoft corporation juga menambahkan beberapa menu di toolbar pada aplikasi aplikasinya untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna di semua kalangan.

Fungsi Microsoft Office

Melihat dari penjelasan yang sebelumnya, tentu fungsi Microsoft office sangat banyak di berbagai bidang pekerjaan.

Perangkat lunak ini secara khusus di desain sedemikian rupa untuk memudahkan para pengguna dalam mengerjakan berbagai project perkantoran.

Bahkan bukan hanya di lingkungan kerja, Microsoft office juga dibutuhkan untuk lingkungan akademis. Misalnya ketika menyelesaikan tugas akhir, membuat karya tulis dan masih banyak lainnya.

Fungsi dari Microsoft office diri juga dibedakan berdasarkan jenis-jenis dari perangkat lunak yang menjadi komponen di dalamnya.

Misalnya ketika kita ingin membuat analisis data maka akan menggunakan Microsoft Excel, buka Microsoft word.

Begitu juga ketika anda hendak membuat laporan berupa tulisan tulisan maka akan membutuhkan Microsoft word.Atau ketika ingin melakukan presentasi maka menggunakan Microsoft PowerPoint.

Tentunya akan ada banyak sekali fungsi-fungsi dari Microsoft office yang dapat memudahkan pekerjaan manusia di berbagai bidang pekerjaan.

Macam-Macam Microsoft Office

Setelah mengetahui Pengertian Microsoft Office secara umum, selanjutnya pengertian Microsoft Office masing-masing produknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa Microsoft office memiliki jenis-jenis perangkat lunak di dalamnya. Nah berikut ini beberapa komponen pada Microsoft office yang harus anda ketahui:

Komponen Utama Microsoft Office

Yang dimaksud dengan komponen utama pada Microsoft office di sini yaitu beberapa perangkat lunak Microsoft office yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun berikut ini diantaranya:

Microsoft Office Word

Microsoft Office Word

Jika anda tak biasa menggunakan perangkat komputer atau bekerja di lingkungan kantor mungkin sudah tidak asing dengan perangkat lunak yang satu ini.

hampir di segala bidang pekerjaan Microsoft word sangat berperan penting untuk membuat berbagai laporan atau jenis dokumen lainnya.

Microsoft word adalah perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 di mana dulunya bernama Multi-Tool Word untuk Xenix.

Versi lainnya kemudian dikembangkan di berbagai sistem operasi seperti DOS di tahun 1983, Apple Macintosh tahun 1984, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989).

Kemudian setelah menjadi bagian pada Microsoft office system 2003 dan 2007, mamanya ikut berganti menjadi Microsoft office word.

Microsoft Office Excel

Microsoft Office Excel

 

Microsoft Office Excel adalah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang di desain dan didistribusikan oleh Microsoft corporation untuk digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac OS.

Perangkat lunak ini didukung dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik sehingga digunakan untuk berbagai kepentingan analisis data.

Dengan menggunakan strategi marketing dari Microsoft menjadikan program perangkat lunak ini sebagai salah satu yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.

Tidak sedikit yang memanfaatkan Microsoft Office Excel untuk berbagai pengolahan angka, seperti pada pembuatan tren grafik atau lainnya.

Bahkan Microsoft Excel sudah banyak terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak lainnya dalam hal analisis data.

Microsoft Office Outlook

Microsoft Office Outlook

Microsoft Office Outlook adalah program personal information manager yang dikembangkan Microsoft sebagai bagian dari suite Microsoft Office.

Meskipun biasanya digunakan untuk mengirim atau membaca surel, akan tetapi perangkat lunak ini juga memiliki fungsi sebagai kalender, jadwal kerja, catatan dan jurnal.

Apabila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Microsoft Outlook ini ini akan menyediakan akses kalender, kotak surat dan jadwal bersama.

Microsoft Office PowerPoint

Microsoft Office PowerPoint

Microsoft Office powerpoint adalah program untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi untuk kantoran.

Selain Word dan Excel, Microsoft Office Powerpoint ini juga penting untuk berbagai bidang pekerjaan terutama untuk presentasi.

PowerPoint dapat berjalan pada komputer yang berbasis sistem operasi Microsoft Windows maupun Apple Machintos, meskipun pada awalnya perangkat lunak ini hanya dapat berjalan di sistem operasi Xenix.

Perangkat lunak yang satu ini banyak digunakan, terutama dari kalangan perkantoran dan pebisnis, termasuk siswa dan pendidik serta trainer.

Program-Program Lain dalam Versi Windows

Selain beberapa perangkat lunak Microsoft Office seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, Microsoft Office juga memiliki beberapa komponen lainnya dalam versi Windows. Adapun berikut ini diantaranya:

Microsoft Publisher

Microsoft Publisher

Microsoft Publisher adalah perangkat lunak perkantoran dari Microsoft yang digunakan untuk membuat surat kabar kartu ucapan desktop publishing dan masih banyak lainnya.

Dulunya Microsoft Publisher ini hanya digunakan pada MS Office 2003, namun kemudian bisa digunakan pada MS Office 2007.

Pada versi terbarunya publisher hadir di Microsoft Office 2010.

Microsoft Access

Microsoft Access

Microsoft access adalah perangkat lunak berbasis data komputer relasional yang digunakan untuk skala rumahan dan perusahaan mikro hingga menengah.

Perangkat lunak ini berupa mesin basis data Ms Jet Database Engine yang menggunakan tampilan grafis intuitif sehingga bisa memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Microsoft access bisa menggunakan data yang tersimpan di format Microsoft access, Microsoft SQL Server, Microsoft Jet Database Engine, Oracle Database maupun semua kontainer basis data yang telah mendukung standar ODBC.

Pada Microsoft ini juga mendukung teknik-teknik pemrograman yang berorientasi pada objek tapi tidak bisa digolongkan ke salah satu perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Microsoft Info Path

Microsoft Info Path

Program perangkat lunak ini digunakan untuk membuat formulir pemasukan data berbasis XML.

Perangkat lunak ini pertama kali dirilis menjadi bagian dari MS Office system 2003. Namun saat ini sudah menjadi bagian dari MS Office system 2007.

InfoPath menyediakan fitur-fitur seperti membuat dan menampilkan dokumen xml yang didukung melalui skema xml.

Program perangkat lunak ini juga bisa dikonfigurasi agar memungkinkan terhubung dengan sistem eksternal menggunakan xml web service melalui MSXML dan SOAP Toolkit.

Microsoft Lync

Microsoft Lync

Untuk perangkat lunak aplikasi Microsoft Office yang satu ini sebelumnya dinamai sebagai Office Communicator 2007 R2.

Perangkat lunak ini dikeluarkan pada tahun 2011 dan sekarang ini sudah hadir dalam bentuk paket MS Office 2013.

Sebenarnya Lync memiliki banyak fungsi, namun bagi kebanyakan pengguna lebih digunakan sebagai instant messenger seperti Skype, Yahoo messenger atau MSN messenger dan Google talk.

Microsoft One Note

Microsoft One Note

Sesuai dengan namanya, dengan perangkat lunak ini memungkinkan anda untuk menggunakannya sebagai kertas catatan. Dengan perangkat ini ini Anda bisa menggambar, mencoret-coret, menulis, memasukkan objek maupun menampilkan screenshot.

F.A.Q

Apa Itu Microsoft Office?

Microsoft office adalah perangkat lunak sebagai bentuk paket aplikasi perkantoran yang dibuat oleh Microsoft. Perangkat lunak tersebut dijalankan di bawah sistem operasi Windows dan Mac OS X.

Kapan Microsoft Office Pertama Kali Dirilis?

Di Tahun 1990, pada saat itu versi Office 1.0 dirilis.

Apa Fungsi Microsoft Office?

Perangkat lunak ini didesain dan dikembangkan sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna dalam mengerjakan berbagai pekerjaan perkantoran.

Apa Saja Komponen Microsoft Office?

Microsoft Office Word, Microsoft Office Excell, Microsoft Office PowerPoint, Microsoft Office Outlook. Ada juga komponen pendukung lainnya dalam versi Windows seperti Microsoft Publisher, Microsoft Access, Microsoft Info Path, Microsoft Lync, Microsoft One Note.

Apa Versi Terbaru Microsoft Office?

Microsoft Office 2019 yang sudah di update sejak 2018 lalu.

Akhir Kata

Nah demikian itulah penjelasan lengkap tentang pengertian Microsoft Office beserta informasi jenis-jenis Microsoft Office.

Sekarang sudah paham bukan apa itu Microsoft Office? Semoga bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat bagi pembaca.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992