Komputer

Jenis-Jenis Virus Komputer

Jenis Virus Komputer
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Kenali jenis jenis virus komputer berbahaya ini. Sehingga bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Kuotabro.com – Hampir sebagian besar pengguna komputer mungkin pernah mengalami serangan virus komputer. Namun sepertinya masih banyak yang belum mengetahui jenis-jenis virus komputer itu sendiri.

Jenis virus komputer cukup banyak dan memberikan efek bahaya mulai dari ringan hingga berat. Bahkan tak sedikit virus komputer yang menjadi viral di dunia karena akibat yang ditimbulkan sangat merugikan bagi perangkat yang terinfeksi.

Dinamakan sebagai virus karena memiliki kemampuan untuk menggandakan diri atau dalam bahasa biologi  membelah diri.

Virus komputer juga mampu menyebar secara cepat ke berbagai perangkat dan biasanya menyerang data data yang tersimpan di dalam komputer.

Untuk lebih memahami tentang virus komputer, berikut ini kami akan memberikan daftar jenis virus komputer paling populer. Sebagai pengguna perangkat komputer tidak ada salahnya anda mengetahui apa saja jenis virus komputer agar bisa melakukan pencegahan dan penanganan yang tepat.

Apa Itu Virus Komputer?

Apa Itu Virus Komputer

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis-jenis virus komputer, mungkin sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan virus komputer itu sendiri.

Virus komputer adalah program atau aplikasi yang bisa menggandakan dirinya sendiri serta menyebar dengan menyisipkan dirinya ke berbagai program dan data di dalam komputer.

Biasanya pengguna tidak akan mengetahui jika komputernya terjangkit virus tertentu sampai salah satu data ada yang hilang atau program pada komputer tidak dapat dijalankan.

Suatu komputer yang terjangkit virus tentunya akan terganggu kinerjanya karena virus menyerang perangkat lunak komputer bahkan bisa menyebabkan kerusakan total pada perangkat.

Parahnya lagi, virus yang agresif bisa mencuri data-data yang penting dan merugikan pemili komputer.

Melihat penjelasan dari pengertian virus komputer tersebut, umumnya tujuan pengembangan aplikasi seperti ini untuk hal yang tidak baik. Karena banyak efek negatif yang disebabkan oleh virus komputer yang dapat memperbanyak dirinya sendiri.

Salah satu akibat yang bisa dirasakan yaitu memori menjadi semakin menipis, komputer sering hang atau freeze, mencuri data pribadi dan masih banyak efek lainnya yang disebabkan oleh virus.

Sejarah Virus Komputer

Keberadaan virus komputer ternyata sudah ada sejak pertama kali komputer muncul. Pada saat itu virus yang pertama kali dibuat adalah perang program atau Core War yang dibuat untuk tujuan menyerang, memperbaiki dan memusnahkan program.

Sejak awal diciptakannya virus memang untuk hal-hal yang berdampak merugikan. Apalagi seiring berkembangnya waktu, virus semakin memiliki pertahanan yang kuat dengan penyebaran yang semakin mudah untuk merusak perangkat komputer sesuai yang diinginkan pengembangnya.

Seperti pada tahun 1989, saat ditemukan virus polimorf yaitu sebuah virus yang dengan sendirinya dapat mengubah dirinya menjadi varian baru. Selanjutnya pada tahun 1990 juga ditemukan virus DIR II dengan kemampuan menginfeksi program yang menyerang data-data FAT.

Namun sebelum ditemukannya kedua virus tersebut, ternyata pada tahun 1970 berhasil ditemukan suatu virus melalui sebuah penelitian eksperimen yang paling berbahaya di dunia yaitu diciptakannya program berjalan otomatis serta menampilkan kalimat “I’M A CREEPER : CATCH ME IF YOU CAN”.

Program tersebut dinamakan creeper yang pada saat itu ditemukan pada jaringan internet global. virus yang pertama kali dipublikasikan tersebut hanya bisa bereaksi pada jaringan rumah.

Tentunya hingga saat ini perkembangan virus dan berbagai jenis nya semakin bermunculan. Orang-orang semakin canggih untuk menciptakan sebuah virus mematikan untuk tujuan merugikan pengguna.

Cara Kerja Virus Komputer

Jenis virus sebenarnya ada banyak sekali, namun dibagi menjadi bagian besar seperti trojan, spyware, worm, adware, rookit, malware, backdoor, rogue dan lainnya.

Virus-virus tersebut bekerja dengan melakukan salinan diri menjadi banyak dan mengakibatkan penumpukan data tidak penting. Akibatnya yaitu sumber daya komputer yang semakin terkuras seperti kapasitas hardisk yang berkurang padahal hanya memiliki sedikit file.

Virus juga akan menyebabkan kinerja RAM semakin tinggi dan berat padahal tidak sedang menjalankan banyak program. hal ini ditandai dengan komputer yang sering mengalami hang atau crash.

Sebagian besar virus komputer saat ini diciptakan untuk berjalan pada sistem operasi Windows karena penggunanya yang cukup banyak di dunia.  Sehingga tak heran jika banyak yang lebih memilih untuk membeli sistem operasi lain agar terhindar dari virus komputer.

Meskipun begitu sebenarnya terinfeksi atau tidaknya perangkat kita tergantung dari penggunaannya. Salah satunya berhati-hati ketika akan mendownload file apapun dari internet.

Nama-nama Virus Komputer Paling Sering Ditemukan

Jika dibahas secara lengkap, mungkin jumlah virus komputer yang ada saat ini ada puluhan bahkan ratusan.

Apalagi masih banyak virus-virus yang belum diberi nama dan semakin hari semakin banyak yang mengembangkan program virus baru untuk tujuan merugikan pengguna komputer.

Namun berikut ini kami akan menjelaskan beberapa jenis virus komputer yang paling sering ditemukan dan hingga saat ini masih dianggap cukup mengganggu bagi pengguna. Berikut ini jenis-jenisnya:

Virus Trojan

Bisa dibilang virus Trojan sudah sangat populer di kalangan pengguna komputer. Bahkan sudah banyak bermunculan versi dari virus ini yang mengakibatkan gangguan pada komputer di seluruh dunia.

Virus Trojan dirancang untuk melakukan pencurian informasi atau data pada komputer dan sistem. Sebenarnya pada awalnya Trojan yang bukan termasuk jenis virus, akan tetapi karena keberadaannya bisa mencuri data dan sangat mengganggu pengguna akhirnya dikategorikan sebagai virus komputer.

Informasi dan data yang bisa dicuri oleh virus seperti ini biasanya terjadi pada perangkat yang terhubung ke internet seperti penggunaan email dan password. Untuk mengatasi dan mencegah serangan virus Trojan maka bisa menginstal program aplikasi Trojan remover.

Mengingat efeknya yang cukup berbahaya pada data data yang kita simpan di perangkat komputer atau laptop,maka sebaiknya Anda harus waspada terhadap keberadaan virus tersebut.

Salah satu penyebaran utama dari virus Trojan yaitu akses yang terhubung dengan internet, terutama bagi data-data anda yang membutuhkan email dan data pribadi yang tidak di password. beberapa antivirus khusus yang dapat menangani virus ini diantaranya seperti Trojan remover dan Trojan Hunter.

Virus Worm

Selain virus Trojan, virus worm juga cukup populer di kalangan para pengguna komputer. Sifatnya yang dapat menggandakan diri maka dapat mengancam sistem komputer anda.

Biasanya ketika infeksi berlangsung lama maka bisa menyebabkan kinerja komputer yang menjadi lambat hingga kerusakan pada sistem. Karena virus ini bekerja untuk merusak memori komputer.

Penyebaran virus worm yaitu melalui koneksi internet. Pada awal suatu perangkat komputer yang terinfeksi oleh virus ini mungkin tidak akan menyadari sudah terjangkit virum worm. Pengguna baru bisa merasakan terserang virus apabila kerja komputer sudah menjadi lebih lambat dan banyak file sampah yang sulit untuk dihapus.

Pada intinya virus ini bekerja untuk membuat perangkat komputer menjadi semakin rapuh hingga mengalami kerusakan berat. Akan tetapi untuk mencegah dan mengatasi infeksi dari virus ini hanya perlu menggunakan antivirus biasa. Mungkin akan lebih baik jika menggunakan antivirus versi pro

Virus Scripting Web

Scripting web awalnya digunakan sebagai suatu kode program untuk desain sebuah website. Tapi ternyata dalam penggunaan kode tersebut bisa berubah menjadi virus dan mengganggu program yang bekerja.

Biasanya virus tersebut akan bersembunyi pada halaman website yang sudah terinfeksi dan menyebar melalui situs-situs tertentu. Salah satunya yaitu melalui email

Virus jenis scripting web biasanya muncul ketika komputer terhubung dengan. Cara mengatasi serangan dari virus scripting web cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan Microsoft tool dan melakukan scan atau pindah secara berkala menggunakan software tersebut.

Virus Multipartite

Untuk virus yang satu ini biasanya bersembunyi pada ram di sebuah perangkat komputer. Mulanya virus akan berdiam pada memory, kemudian seiring berjalannya waktu akan menyerang hardisk komputer.

Perangkat komputer yang terserang oleh virus ini biasanya akan mengeluhkan kerja komputer yang menjadi lambat dan banyak data pada memori yang menjadi rusak.

Cara mengatasi serangan dari virus jenis ini yaitu dengan melakukan disk defragmenter dan membersihkan bad sector.

Cara ini biasanya digunakan pada sistem operasi Windows, namun bisa juga digunakan pada sistem operasi lainnya.

Memory Resident Virus

Sesuai dengan namanya, virus ini juga menyerang bagian memori perangkat komputer. Kerjanya adalah mengganggu bagian tersebut dan membuat kinerja memori menjadi menurun.

Biasanya dapat dirasakan ketika komputer dinyalakan dan digunakan untuk beraktivitas. Virus ini berbahaya karena akan semakin aktif ketika komputer dinyalakan.

Dampak terburuknya yaitu bisa menyebabkan kerusakan pada program komputer. Awalnya suatu program dapat berjalan dengan normal namun jika semakin lama kinerjanya semakin lambat maka bisa jadi terjangkit oleh virus ini.

Virus akan menyebabkan komputer menjadi lebih berat dan akhirnya terasa sangat lemot.

Apabila keberadaan virus dibiarkan maka bisa menyebabkan efek yang lebih serius, seperti bad sector.

FAR Virus

FAT merupakan kependekan dari file allocation table, yaitu salah satu jenis virus yang bekerja untuk merusak sebuah file atau data.

Kemampuan yang dimiliki oleh virus tersebut yaitu dapat menyembunyikan file file tertentu seolah-olah hilang dari memory. Padahal ketika dilihat padi kapasitas memori tidak berkurang atau tetap.

Virus ini umumnya bersembunyi di ruang penyimpanan komputer. Untuk mengatasi serangan virus FAT dapat menggunakan program antivirus komersial biasa.

Karena perkembangan dari virus yang sangat cepat sehingga disarankan untuk terus mengupdate antivirus agar terhindar dari serangan virus ini.

Apabila anda mengalami masalah sulit untuk menemukan suatu file penting, malah bisa jadi perangkat komputer anda terjangkit oleh virus FAT.

Coba perhatikan apakah ada file mencurigakan atau tidak di mana anda tidak merasa pernah membuat atau menyimpan file tersebut, maka bisa jadi itu adalah FAT virus.

Polymorpic Virus

Bisa dibilang jenis virus ini cukup sulit untuk dihilangkan karena memiliki kemampuan untuk menyadarkan diri dan mengubahnya setiap waktu. Terlebih, virus ini cukup pintar untuk mengubah struktur nya ketika sudah berhasil memasuki program komputer.

Virus juga akan terus bekerja dalam mengubah strukturnya saat sudah selesai melaksanakan tugasnya.

Biasanya untuk mengatasi masalah akibat serangan dari virus ini yaitu dengan menggunakan antivirus pro atau berbayar.

Akan tetapi perlu diingat bahwa tidak semua antivirus meskipun berbayar akan menyediakan layanan mengatasi serangan virus ini.Ada baiknya anda mengetahui detail spesifikasi yang ditawarkan oleh antivirus premium yang akan anda beli

Companion Virus

Target utama dari serangan jenis virus komputer ini juga untuk menyerang data dan informasi pribadi pengguna perangkat komputer. Termasuk data-data yang disertai dengan password, email, data diri serta informasi penting lainnya yang bersifat pribadi.

Saat virus memasuki program komputer maka akan menyembunyikan dirinya di dalam hardisk atau memori komputer. Virus tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengubah ekstensi file dengan ekstensi yang asli.

Sifat dari companion virus yaitu suka berkumpul dengan sel-sel baru dalam penyimpanan komputer. tidak ada kriteria tertentu untuk mengusir serangan virus ini karena program antivirus pada umumnya dapat mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh companion virus ini.

Anda juga dapat mengatasinya dengan menginstal firewall.

Marco Virus

Tidak jauh berbeda dengan kemampuan virus komputer lainnya, Marco virus juga bekerja untuk merusak sebuah file dan mengambil informasi data yang ada di dalamnya.

Akan tetapi jenis virus komputer ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki bahasa pemrograman yang disesuaikan dengan jenis file yang diserang.

Misalnya ketika virus akan menyerang file dari Microsoft word, maka bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa dari Microsoft word bukan dari bahasa sistem operasi komputer.

Untuk mengatasi serangan dari virus ini yaitu dengan menggunakan antivirus berbayar atau firewall.

Directory Virus

Jenis virus komputer selanjutnya yaitu daerah directory virus. Kemampuan spesifik yang dimiliki oleh virus ini yaitu menginfeksi file-file yang memiliki ekstensi exe dan com.

File yang terinfeksi oleh virus ini akan dipindahkan Dan disembunyikan. Apabila file tersebut muncul dan dibuka maka virus akan menyebar ke program komputer lalu menginfeksi file file yang lain.

Untuk mengatasi virus model ini bisa menggunakan antivirus premium dan rutin melakukan update. Jika perlu Anda harus melakukan download anti malware dan fileware.

Virus Overwrite

Kerugian yang bisa disebabkan oleh serangan virus ini yaitu menghapus file file pada program yang terinfeksi selalu mengubah file menjadi rusak.

Sayangnya keberadaan dari infeksi virus komputer ini sulit untuk dideteksi. Pengguna hanya akan menyadari keberadaan virus ketika menemukan file yang hilang atau rusak.

Cara ampuh untuk menghilangkan atau mencegah serangan dari virus overwrite yaitu dengan menginstal anti malware dan fireware. Anda juga bisa menggunakan antivirus komersial dan jangan lupa untuk melakukan update secara rutin.

Fyi, virus ini melakukan penyebaran melalui koneksi internet atau pada perangkat yang sudah terinfeksi sebelumnya ke perangkat lain melalui sharing USB.

Boot Sector Virus

Untuk jenis virus komputer yang satu ini tergolong ringan karena hanya menginfeksi sebagian kecil dari memori.

Biasanya menyerang pada bagian sector boot hardisk. Virus juga dapat menginfeksi floppy disk.

Upaya mengatasi serangan virus boot sector yaitu dengan melakukan scan menggunakan antivirus. Namun sepertinya kehadiran dari virus ini seringkali diabaikan karena efeknya yang tidak terlalu bisa dirasakan.

Virus Direct Action

untuk jenis virus komputer yang satu ini cukup berbahaya karena menginfeksi file dan data AUTOXEC BAT.

Virus juga dapat menginfeksi perangkat eksternal komputer. Untuk menangani serangan virus ini bisa menggunakan antivirus yang di-update secara rutin.

Penyebaran virus yang dibiarkan dan semakin parah akan menyebabkan kerusakan berat pada program komputer. Solusi terakhir jika sudah seperti itu maka harus melakukan penginstalan ulang perangkat.

Virus Stealth

Jenis virus komputer yang satu ini juga termasuk yang susah untuk dideteksi. Cara kerjanya yaitu dengan menyembunyikan diri atau mengkamuflase akan dirinya dengan membuat file yang terinfeksi seolah tidak terinfeksi.

Ketika file atau data dijalankan dan dibuka maka informasi di dalamnya sudah dalam kondisi rusak.

Untuk mengetahui keberadaan dari virus stealth di komputer maka perlu melakukan scan secara menyeluruh menggunakan antivirus terbaik.

Apabila sudah terdeteksi maka segera hilangkan file yang sudah terinfeksi tersebut dan jangan dijalankan. Agar hasil lebih maksimal maka rajinlah untuk melakukan pembaruan antivirus.

Backdoor.Zagaban Virus

Untuk jenis virus ini termasuk golongan virus Trojan yang terkenal ganas di suatu sistem jaringan komputer.

Virus didesain secara khusus untuk memiliki kemampuan mengganggu sistem kerja jaringan di beberapa komputer sehingga jaringan tidak dapat bekerja atau macet.

Ketika virus menyerang salah satu komputer pada suatu jaringan komputer, maka virus tersebut akan dengan cepat menyebar ke seluruh perangkat yang terhubung dalam jaringan.

Apabila anda mendapati suatu jaringan terdeteksi infeksi virus ini maka langkah utama yang harus dilakukan yaitu memutus sistem jaringan agar tidak menyebar ke perangkat komputer lain yang belum terinfeksi di satu jaringan.

Kemudian bersihkan komputer tersebut dengan menggunakan antivirus. Jika memang sudah parah malah harus diinstal ulang.

Virus Zafi-D

Jenis virus yang ini bekerja ketika perangkat komputer tersambung dengan jaringan internet. Virus memiliki kemampuan melakukan pengiriman surat elektronik secara massal ke komputer tertentu yang dikehendaki oleh virus.

Pengembangan virus ini digunakan untuk mencuri data dan informasi pada email seseorang atau perusahaan.

Sayangnya keberadaan dari virus ini sulit untuk terdeteksi karena penyebarannya melalui jaringan internet. Jika komputer yang Anda gunakan terdeteksi melakukan pengiriman email yang tidak seharusnya maka langkah utama yang harus dilakukan yaitu memutuskan perangkat komputer dengan jaringan komputer.

Virus Komputer Bagle.BC

Bagi kalangan perusahaan komputer serta perangkat lunak mungkin virus jenis ini termasuk golongan yang berbahaya dan kategori posisi atas sebagai virus komputer yang cukup merugikan.

Cara kerjanya hampir sama seperti yang sebelum-sebelumnya yaitu untuk mencuri data dan informasi di suatu perangkat komputer. Penyebaran virus ini melalui email dan membutuhkan koneksi internet tentunya.

Apabila virus berhasil masuk ke suatu jaringan komputer maka hanya dalam hitungan jam data data serta informasi di dalam suatu komputer akan disadap dan komputer tidak bisa digunakan walau dalam posisi menyala.

Langkah awal yang harus segera dilakukan yaitu memutuskan jaringan internet dan listrik sehingga komputer dalam keadaan mati total jika anda mendapati gejala terserang infeksi virus ini.

Virus BackDoor Ainica

Virus ini juga termasuk golongan virus Trojan yang digunakan untuk menyadap informasi dan data dari jarak jauh. Virus Backdoor Ainica umumnya ditemukan menyerang pada sistem operasi Windows yang menyerang pengamanan sistem Network perusahaan.

Agar dapat menghentikan virus ini untuk terus bekerja dan mengambil semua informasi penting maka seluruh sistem komputer yang terhubung harus diputus atau dimatikan.

Virus Dropper

Uniknya, kehadiran dari virus ini biasanya di kamuflase kan oleh penyerang menggunakan sebuah program. Namun ketika program tersebut diinstal dan dijalankan maka akan berubah menjadi virus komputer yang menyebar tetapi program dropper tidak ikut menyebar.

Biasanya trooper ditemukan dengan file bernama Readme.exe. Agar tidak terjangkit oleh virus ini, Sebaiknya anda tidak sembarangan mengklik suatu file yang tidak sengaja terdownload.

Pastikan juga komputer anda sudah terpasang dengan anti malware dan antivirus.

Virus Hybrid

Virus ini dikategorikan sebagai virus yang unik karena memiliki kemampuan ganda yaitu untuk menginfeksi boot sector serta menginfeksi ke file.

Dikalangan para programer virus ini termasuk golongan virus mistis. Banyak yang meyakini bahwa jenis virus ini berasal dari Indonesia.

Virus Netsky-D

Nama lain dari jenis virus ini yaitu virus W32. Biasanya virus tersebut akan melakukan serangan atau infeksi melalui IRC Backdoor.

Bamun virus tersebut biasanya hanya ditemukan pada perangkat komputer yang lemah atau pada perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi lama dan tidak terinstal antivirus.

Sering juga ditemukan pada komputer yang menggunakan sistem operasi tidak original maupun antivirus yang jarang diupdate.

Virus Komputer Zalfi-B

Untuk jenis virus yang satu ini biasanya menyerang jaringan komputer dengan sistem peer to peer. Penyebaran virus melalui internet ke salah satu komputer, misalnya melalui email atau download.

Virus ini bekerja dengan mengkloning dirinya pada sistem folder yang ada pada jaringan komputer yang sudah terinfeksi. Faktor yang terinfeksi tersebut akan ternama secara acak dan membuat pengguna kebingungan. Karena tentunya pengguna tidak merasa pernah membuat file seperti itu.

Virus Trojan pada Sistem Operasi Linux

Selain virus Trojan yang menyerang sistem operasi Windows, ternyata juga ditemukan jenis virus Trojan yang menyerang sistem operasi Linux m

Virus yang pernah terdeteksi menyerang sistem operasi Linux Red Hat bekerja dengan mengandalkan sistem keamanan pada Linux.

Penyebaran virus dilakukan melalui email dan internet. Biasanya suatu komputer yang sudah terserang virus ini maka Linux akan mengirimkan peringatan secara online.

Virus Komputer Beagle.co.@mm

Salah satu ciri khas dari virus komputer jenis ini yaitu menyerang secara bertahap. Target utamanya yaitu perangkat komputer yang memiliki sistem keamanan yang rendah, apalagi komputer yang tidak menggunakan antivirus.

Cara kerja dari virus ini yaitu menghapus kunci-kunci dan file registry. Virus juga bekerja untuk melakukan blok pada sistem keamanan website.

Bagi Anda yang ingin terhindar dari serangan virus ini sebaiknya menggunakan antivirus premium terbaru dan pastikan keamanan perangkat komputer yang digunakan sangat kuat.

Virus Mytop-GH

Virus komputer yang ini juga dikenal sebagai virus W32/ Mytob-GH. Cara kerja virus ini dengan menyebar melalui email secara massal dan membutuhkan koneksi internet.

Biasanya virus menyerang perangkat yang memiliki keamanan rendah atau pada sistem operasi lama. Dampak buruk yang ditimbulkan oleh virus ini yaitu membongkar data pribadi seseorang meskipun objek serangannya dipilih secara acak.

Oleh karena itu sebaiknya Anda menanggapi komputer dengan menggunakan antivirus terbaik.

Virus Komputer Mytob-EX

sifat serangan yang dimiliki oleh virus komputer ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya yaitu dengan menyadap email dan mengirimkannya secara massal dan acak.

Yang berbeda dari virus ini yaitu dapat menyebar dengan lebih cepat serta meretas email lebih dalam.

Daftar Virus Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Keberadaan virus komputer tentunya menjadi sesuatu yang dibenci oleh pengguna perangkat komputer. Apalagi keberadaan virus seringkali menyebabkan masalah seperti menghapus file penting, mencuri data data, menyebabkan komputer menjadi lemot dan pada kasus-kasus tertentu menyebabkan kerugian secara finansial.

Selain daftar virus yang sudah disebutkan di atas, ternyata juga ada beberapa virus paling berbahaya yang menyebabkan kerusakan signifikan pada perangkat komputer. Berikut ini daratan virus paling berbahaya yang pernah ada:

Storm Worm

Ini adalah jenis virus Trojan horse yang dapat menginfeksi perangkat komputer. Parahnya, virus ini dapat memungkinkan perangkat dikendalikan jarak jauh untuk menyebarkan spam email.

Termasuk golongan virus yang berbahaya karena bisa menginstal rootkit untuk menyembunyikan program-program jahat di perangkat komputer yang tidak dapat dideteksi oleh antivirus biasa.

nama virus ini pertama kali menyebarkan melalui pesan email di 2007 awal. Ketika itu pengguna menerima email palsu yang berisi informasi terkait badai yang memang pada saat itu sedang terjadi di Eropa.

Namun ternyata isi dari email tersebut menyediakan tautan agar pengguna menginstal suatu program perangkat lunak berbahaya. Saat di klik, tautan akan menginstal botnet atau jaringan PC yang bisa dikontrol jarak jauh.

Bentuk keadilan virus ini sangat membahayakan bagi pengguna semua data-data termasuk Informasi pribadi bisa dikendalikan oleh orang lain.

ILOVEYOU

nama dari virus ini mungkin terbilang sangat unik. Virus ini menyebar melalui pesan email dengan subjek I LOVE YOU, sehingga diberi nama sebagai virus ILOVEYOU.

Pertama kali virus ditemukan pada tahun 2000, suatu perangkat komputer yang terserang virus ini maka virus dapat mengubah file, mengubah Malware dan mengganti data.

Selain itu virus tersebut juga berisikan program VBScript, ketika di klik maka akan membuat virus bisa mengakses daftar kontak Outlook korban. Virus kemudian Akan mengirim email sendiri yang berisi virus tersebut ke semua orang di dalam kontak perangkat yang terinfeksi.

Dilansir dari sejumlah sumber, virus ini dikembangkan oleh Onel de Guzman dari Filipina. Diketahui virus paling berbahaya tersebut sudah menginfeksi 45 juta PC di seluruh dunia dalam 1 hari serta menyebabkan kerugian hingga 8 miliar US Dollar.

MyDoom

Virus yang pertama kali ditemukan pada tahun 2004 ini termasuk jenis virus berbahaya dan tercepat yang pernah ada.

Cara kerja dari virus ini dapat memperlambat akses internet serta menyebabkan juta animal terinfeksi dalam waktu 36 jam pertama.

Tidak hanya itu saja, virus komputer ini bisa menyebabkan Microsoft Windows mengalami kerugian finansial mencapai 38,5 miliar pada saat itu.

Bahaya utama dari virus tersebut yaitu dapat mencuri Informasi pribadi korbannya, mulai dari nama pengguna, alamat email yang digunakan, nama domain dari sistem yang terinfeksi serta menggunakan informasi tersebut untuk membuat lebih banyak email lagi dan mengirimkannya secara otomatis ke daftar kontak milik korban.

Yang lebih berbahaya lagi yaitu kemampuannya untuk menghapus atau menghindari network security analysis tools sehingga keberadaannya sangat sulit untuk dideteksi, dicegah apalagi dihapus.

Black Shades

Ini adalah jenis virus tipe ransomware yang bekerja untuk mengenkripsi atau mengunci file. serangan dari virus ini memungkinkan PC yang Anda gunakan dapat dikendalikan oleh paratas dari jarak jauh.

Ketika berhasil menginfeksi suatu perangkat maka mereka akan memata-matai melalui webcam PC, mencuri file dan informasi akun serta melihat apa yang Anda ketik.

Biasanya untuk memulihkan perangkat komputer maka korban harus membayar sejumlah uang tebusan. Virus yang pertama kali muncul pada tahun 2010 ini diperkirakan sudah menginfeksi lebih dari 500000 perangkat komputer berbasis Microsoft Windows.

WannaCry

Dari deretan virus komputer paling berbahaya yang pernah ada, mungkin sebagian besar dari kita pernah dihebohkan dengan keberadaan wannacry yang sukses mencuri dan menghebohkan dunia.

Termasuk jenis ransomware yang menyebar dengan cepat di ratusan negara melalui jaringan komputer, termasuk menyebar ke Indonesia.

Tidak seperti kebanyakan virus pada umumnya, virus ini bisa mengenkripsi atau mengunci file pada hdd PC sehingga membuat perangkat tidak bisa diakses oleh pengguna.

Pihak pengembang atau penyebar virus kemudian akan menuntut tebusan dalam bentuk bitcoin jika anda ingin mengembalikan PC seperti semula.

Penyebaran dari virus sangat berbahaya ini melalui berbagai metode. Salah satunya melalui email phising dan mudah menyerang pada PC yang tidak dilengkapi dengan program antivirus update.

Oleh karena itu, sebaiknya melakukan backup semua data menggunakan media penyimpanan eksternal atau media penyimpanan digital.

Itulah lima jenis virus komputer paling berbahaya yang pernah ditemukan. masih banyak ribuan virus-virus komputer lainnya yang tidak mungkin disebutkan satu persatu disini.

Akan tetapi yang terpenting adalah menjaga performa komputer yang digunakan dengan menggunakan antivirus.

Tips Aman Dari Serangan Virus Komputer

Melihat penjelasan di atas tentang jenis-jenis virus komputer dan berbagai dampak negatif yang sangat merugikan, tentunya anda sebagai pengguna komputer harus melakukan serangkaian upaya agar terhindar dari infeksi virus komputer.

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Instal pembaruan komputer dan antivirus
    Pastikan bahwa komputer yang digunakan selalu di-update setiap kali ada update terbaru, terutama yang menggunakan sistem operasi Windows. Karena biasanya update merupakan bentuk perbaikan atau penambahan dari versi yang sebelumnya.
  • Hati-hati saat download data menggunakan wifi publik
    Perlu menjadi catatan bahwa wifi gratis tidak selamanya selalu bagus, karena bisa menjadi salah satu jalan tersebarnya infeksi virus komputer berbahaya. wifi gratis bisa menjadi jebakan dari hacker untuk mencuri data dan informasi dengan menyisipkan virus ke perangkat komputer anda. Untuk itu pastikan anda mengkoneksikan perangkat ke jaringan wifi yang benar-benar terpercaya.
  • Scanning antivirus terhadap portable devices
    Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika ada portable device yang terhubung ke perangkat komputer anda seperti USB atau flashdisk.  Jangan lupa untuk selalu melakukan scanning pada device yang bersifat portable karena portable device sering membawa virus dari komputer lain.
  • Lakukan backup data secara berkala
    Kita tidak pernah tahu kapan komputer akan mengalami kerusakan, baik disebabkan oleh virus maupun bukan. Ada baiknya jika anda selalu melakukan backup data secara berkala agar jika terjadi sesuatu pada perangkat komputer anda tidak kehilangan data-data penting.

Cara Mengatasi Virus Komputer/ Malware

Pertolongan pertama jika komputer atau laptop kita terserang virus yang pasti scan menggunakan anti virus yang terbaru. Silahkan kunjungi 19+ Antivirus Terbaik untuk windows 7, 8 dan 10.

F.A.Q

Apa yang Dimaksud dengan Virus Komputer?

Virus komputer adalah program atau aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri serta menyebar dengan menyisipkan dirinya ke berbagai program dan data di dalam komputer.

Apa Fungsi Virus Komputer?

Umumnya virus komputer dikembangkan untuk tujuan yang tidak baik, yaitu untuk menyadap data-data pengguna komputer atau untuk merusak perangkat komputer. Hingga saat ini, semua virus komputer bersifat merugikan dan cenderung kriminal.

Macam-Macam Virus Komputer?

Beberapa jenis virus diantaranya Virus Trojan, Virus Worm, Virus Jenis Scripting Web, Virus Komputer Multipartite Virus, Memory Resident Virus, FAT Virus, Polymorpic Virus, Companion Virus, Jenis Virus Komputer Marco Virus, Directory Virus, Virus-virus Komputer Overwrite, Boot Sector Virus, Virus Direct Action, dll.

Apa itu Malware?

Malware atau Malicious Software adalah suatu program yang dirancang secara khusus dengan tujuan merusak dengan cara menyusup ke sistem komputer. Malware bisa menginfeksi ke banyak komputer dengan masuk via email, aktivitas download internet atau program yang terinfeksi.

Apa Bahaya dari Malware?

Malware dapat menyebabkan kerusakan sistem komputer serta bisa mengakibatkan terjadi pencurian data/ informasi. Biasanya terjadi karena Anda mendownload software dari tempat yang ilegal dan sudah disisipkan malware. Malware sendiri meliputi worm, virus, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware.

Bagaimana Cara Mencegah Virus Komputer?

  • Instal pembaruan komputer dan antivirus
  • Hati-hati saat download data menggunakan wifi publik
  • Scanning antivirus terhadap portable devices
  • Lakukan backup data secara berkala

Akhir Kata

Demikian itulah lebih dari 20 jenis virus komputer yang harus kita ketahui. Dengan mengenal jenis-jenis virus, kedepannya kita menjadi lebih hati-hati terhadap segala aktivitas di komputer maupun jika menerima spam email mencurigakan. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992