Komputer

19+ Antivirus Terbaik Untuk Windows 10

Antivirus Terbaik
https://kuotabro.com

Selain Windows Defender, Ini deretan antivirus terbaik 2019 untuk Windows 10. Mulai sekarang, beri keamanan ganda untuk perangkat Anda!

Kuotabro.com – Sebagai pengguna PC atau laptop, wajib untuk menginstal program aplikasi antivirus terbaik agar terhindar dari serangan virus atau Malware berbahaya.

Apalagi sekarang ini semakin banyak jenis virus dan Malware berbahaya yang siap menyerang perangkat komputer anda kapan saja.

Jika Anda membiarkan perangkat komputer anda tidak menggunakan antivirus apapun maka bisa menyebabkan virus mengendap dan membahayakan kinerja komputer.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi rekomendasi antivirus terbaik khusus untuk Windows 10.

Meskipun banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan program antivirus Windows Defender sebagai bawaan dari OS Windows, namun berdasarkan survei bahwa program aplikasi antivirus bawaan ini masih kalah dengan antivirus lain.

Bahkan Windows Defender meskipun bisa digunakan secara gratisan tidak bisa menduduki peringkat 10 aplikasi antivirus terbaik.

Mari kita bahas lebih dalam mengapa anda harus menggunakan aplikasi antivirus lainnya disamping menggunakan Windows Defender.

Antivirus Windows Defender

Seperti yang kita ketahui bahwa pada Windows 10 sudah terdapat program antivirus yang secara otomatis terinstal dan bisa digunakan secara gratis yaitu Windows defender.

Namun meskipun sebagai anti virus bawaan dari Windows, ternyata Windows defender juga masih memiliki beberapa kekurangan yang tentunya memaksa kita untuk memasang antivirus lainnya.

Beberapa pengguna Windows 10 merasa perlu untuk memasang antivirus lain sebagai jaga-jaga dan memberikan sistem keamanan yang lebih tinggi.

Tak jarang juga yang menggunakan program antivirus berbayar demi mendapatkan tingkat keamanan premium.

Salah satu alasan mengapa harus menggunakan antivirus selain Windows defender yaitu antivirus buatan Windows tersebut sering kali kurang teliti dalam melakukan scanning virus kecil.

Jika anda merasa komputer Windows 10 yang Anda gunakan mulai lemot maka bisa jadi sudah terinfeksi virus.

Kekurangan Windows Defender

Adapun berikut ini beberapa kekurangan lainnya dari antivirus Windows Defender sebagai bawaan dari OS Windows:

  • Ada dua pilihan scanning pada Windows Defender yaitu quick dan full. Quick scan yaitu scanning dengan cepat tetapi memaksa komputer bekerja lebih berat sedangkan full scan yaitu scan penuh sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun sayangnya kedua jenis tersebut seringkali kurang teliti dalam mendeteksi virus kecil.
  • Kelemahan lainnya dari Windows Defender yaitu tidak bisa melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di seluruh bagian hardisk.

Kapan Harus Menggunakan Antivirus Ganda Selain Windows Defender?

Perlu diketahui sebelum Anda menggunakan antivirus lainnya di samping menggunakan Windows Defender, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan kerja komputer anda.

Karena program antivirus tambahan bisa menurunkan kinerja komputer anda.

Penggunaan program antivirus ganda dapat menurunkan performa komputer.

Software antivirus membutuhkan kapasitas RAM yang besar sehingga jika Anda menggunakan antivirus ganda maka bisa menyebabkan komputer menjadi lemot.

Disarankan bagi Anda yang ingin menggunakan antivirus ganda maka sebaiknya jika perangkat komputer yang digunakan untuk beban yang berat atau memang memiliki komputer dengan spesifikasi yang menengah ke atas.

Jika hanya untuk pekerjaan yang ringan, kegunaan Windows Defender dirasa sudah cukup sebagai sumber keamanan.

Rekomendasi Antivirus Terbaik 2019 untuk Windows 10

Bagi Anda yang ingin menggunakan antivirus selain Windows Defender untuk Windows 10, maka berikut ini beberapa rekomendasi program antivirus terbaik yang bisa anda gunakan.

Avira

Avira

Avira menjadi salah satu antivirus terbaik bagi Windows 10 yang menawarkan versi gtatis bagi para penggunanya.

Meskipun tersedia dalam versi gratis, namun fitur pengamanan yang tersedia dari aplikasi ini sebenarnya tidak murahan loh.

Bahkan akhirnya telah menyandang sebagai salah satu program proteksi, perlindungan dan keamanan komputer terbaik versi awards.

Untuk versi gratisnya, Avira menawarkan fitur proteksi yang lumayan lengkap termasuk anti spyware dan anti malware.

Salah satu keunikan yang ditawarkan program aplikasi Avira dibanding aplikasi antivirus lainnya yaitu terdapat fitur anti Rootkit.

Anti Rootkit adalah fitur yang dapat mengawasi ancaman terhadap otoritas pengguna komputer dan sulit dilacak oleh antivirus yang umum.

Selain itu program aplikasi Avira juga didukung dengan fitur parental control, yang memungkinkan pengguna agar dapat menjaga konten yang bisa diakses oleh pengguna komputer anda.

Disamping itu Avira juga menyediakan mode gaming khusus bagi para gamer agar dapat menikmati permainan yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Avast Antivirus

Avast Antivirus

Program antivirus lainnya yang recommended di gunakan pada Windows 10 yaitu Avast.

Aplikasi antivirus yang satu ini memang cukup populer dan banyak digunakan, bahkan selain pengguna Windows 10.

Avast tersedia dalam fitur gratis maupun premium.

Selain sebagai antivirus, Avast juga menawarkan beberapa fitur unik seperti password manager untuk mengamankan password dan identitas anda ketika berselancar di Internet.

Fitur inovatif lainnya yang dimiliki oleh aves yaitu Home Security Network, yang memungkinkan untuk mengidentifikasi potensi masalah jaringan yang Anda gunakan seperti keamanan WiFi.

AVG Antivirus Free

AVG Antivirus Free

Aplikasi antivirus yang bisa digunakan pada Windows 10 yaitu AVG Antivirus Free.

Aplikasi ini tidak hanya memiliki tampilan yang nyaman serta mudah digunakan,akan tetapi juga tidak memakan memori RAM terlalu banyak ketika dijalankan atau ketika melakukan scanning.

Bahkam proses scanning menggunakan antivirus ini relatif lebih cepat.

AVG antivirus bisa diintegrasikan dengan web browser untuk meningkatkan keamanan ketika berselancar di Internet, yaitu dengan sistem rating yang diberikan ke situs-situs yang anda akses.

Selain itu, AVG juga menawarkan fitur fix performance, untuk bisa mengidentifikasi masalah-masalah serta liabilitas di komputer yang digunakan.

Bahkan antivirus ini juga memiliki fitur untuk menghalangi media sosial atau situs lainnya dalam melacak aktivitas lancar anda.

Salah satu kekurangan dari antivirus ini yaitu tawaran iklan yang cukup mengganggu.

Kaspersky

Kaspersky

bagi Anda yang sedang mencari antivirus terbaik untuk device Windows 10 maka bisa menggunakan program antivirus Kaspersky ini.

Kapersky internet security adalah antivirus premium atau berbayar buatan dari Kapersky Lab, yang bisa anda dapatkan dengan harga 79,99 US Dollar dan bisa digunakan dalam 3 device dalam satu tahun.

Meskipun berbayar, namun sebenarnya harga tersebut sudah sebanding dengan berbagai fitur premium yang ditawarkan dan tidak anda dapatkan dari antivirus gratisan.

Keunggulan dari Kapersky sebagai anti virus yaitu memiliki tingkat deteksi serta kecepatan yang lebih tinggi dibanding antivirus lainnya.

Dengan menggunakan Kapersky maka memungkinkan anda untuk kustomisasi secara mendalam terhadap fitur seperti anti-spam, firewall dan parental control.

Fitur unik lainnya yang dimiliki Kapersky yaitu safe money, yang memungkinkan seluruh transaksi keuangan anda di perangkat Windows 10 akan diamankan oleh antivirus ini.

Sehingga antivirus ini cocok digunakan bagi pengguna yang menjalankan bisnis menggunakan Windows 10 seperti bisnis online.

SmadAV

SmadAV

Antivirus buatan anak negeri ini juga patut untuk Anda pertimbangkan di samping antivirus buatan luar negeri.

Antivirus yang muncul pertama kali pada tahun 2006 ini menyediakan aplikasi anti virus gratis dengan fitur yang lengkap.

Smadav lebih berfokus untuk memproteksi USB flashdisk dari serangan virus virus lokal yang seringkali mudah menyebar dan bermunculan.

Sehingga antivirus ini cukup membantu ketika sering menggunakan USB flash disk untuk sarana pemindahan data.

Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender Antivirus Free Edition

Antivirus lainnya yang memiliki keampuhan tinggi dalam melindungi perangkat komputer maupun laptop dari serangan virus yaitu Bitdefender Antivirus Free Edition.

Antivirus yang dikembangkan dari perusahaan asal Rumania ini memiliki berbagai fitur untuk memberi keamanan ekstra pada perangkat Anda.

Beberapa fitur yang dimiliki dari Bitdefender antivirus diantaranya On demand Virus Scanning untuk memusnahkan segala jenis virus serta anti-phishing untuk melindungi akun-akun online.

Bitfender antivirus juga memiliki fitur Behavioural Detection, untuk memonitor aplikasi serta anti fraud untyk mengawasi situs-situs yang Anda kunjungi.

Salah satu keunggulan dari antivirus ini yaitu memiliki sistem keamanan berlapis pada Malware dan ransomware.

Namun sayangnya beberapa fitur premium yang tersedia dari program aplikasi antivirus ini harus dinikmati dengan berlangganan.

ZoneAlarm Free Antivirus

ZoneAlarm Free Antivirus

Antivirus yang satu ini memang sempat beberapa kali mengalami perubahan nama.

Seperti aplikasi antivirus pada umumnya, program aplikasi antivirus ZoneAlarm ini juga menawarkan diri sebagai anti spyware yang akan melindungi perangkat komputer Windows 10 anda dari berbagai serangan virus ringan hingga berbahaya.

Antivirus ini juga memiliki fitur sebagai personal firewall yaitu melindungi PC dari berbagai aktivitas.

Tersedia fitur game mode yang memungkinkan aktivitas gaming tanpa gangguan.

Sayangnya untuk antivirus ini kurang mudah dipahami bagi pengguna pemula.

ESET NOD32 Antivirus

ESET NOD32 Antivirus

Daftar antivirus terbaik lainnya untuk pengguna Windows 10 yaitu SEET NOD32, sebagai salah satu antivirus yang menawarkan pengamanan ekstra dan fitur yang lengkap.

Antivirus ini juga menawarkan fitur pemindaian cepat serta keamanan data yang real Time.

Sayangnya untuk antivirus yang satu ini masih memiliki kekurangan yaitu anti-phishing yang kurang memadai.

Namun untuk perangkat komputer yang membutuhkan antivirus ringan, sepertinya antivirus ini cocok untuk digunakan.

Apalagi antivirus ini juga menawarkan keamanan data yang akan terkontrol dengan baik.

Malwarebytes

Malwarebytes

Diantara pembaca mungkin masih kurang familiar dengan antivirus yang satu ini, hal itu karena Malwarebytes ditujukan untuk kalangan profesional dalam memberikan keamanan ekstra untuk perangkat laptop atau komputer.

Antivirus yang satu ini memang bisa bekerja dengan sangat baik ketika dijadikan tandem software antivirus lain, terutama sebagai tanda Windows Defender pada OS Windows 10.

Antivirus ini bekerja dengan cara melacak dan melakukan scan berdasarkan kebiasaan pengguna.

Sangat cocok digunakan sebagai antivirus perusahaan atau di lingkungan kerja dibanding untuk perorangan.

Panda Security

Panda Free Antivirus

Jika anda mencari aplikasi antivirus yang paling ringan, Panda Free Antivirus ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini diantaranya real-time updates atau USB protection untuk memantau perangkat usb yang terhubung pada perangkat komputer.

Sophos Home

Sophos Home

Rekomendasi antivirus lainnya yang harus anda gunakan pada Windows 10 yaitu Shopos Home.

Dibanding nama antivirus lainnya mungkin antivirus ini kurang begitu populer.

Tapi ternyata antivirus ini memiliki kemampuan untuk membasmi segala jenis ancaman virus yang dapat membahayakan perangkat.

Bisa dipastikan bahwa penggunaan antivirus ini mampu membersihkan laptop atau komputer dari segala macam virus serta malware yang berbahaya.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan yaitu dapat memblokir url url yang berbahaya.

Selain itu program ini juga bisa menangani ransomware, keylogger dan lainnya.

Microsoft Security Essentials

Microsoft Security Essentials

Deretan aplikasi antivirus lainnya yang bisa digunakan pada Windows 10 yaitu Microsoft Security Essentials.

Software antivirus terbaik bawaan dari sistem operasi Windows ini juga mampu memberikan perlindungan dari berbagai elemen berbahaya termasuk Malware dan virus.

Pengguna tidak hanya mendapatkan perlindungan secara real Time, akan tetapi antivirus ini juga bisa melakukan scan secara otomatis dalam mendeteksi ancaman.

keunggulan dari aplikasi antivirus ini tentunya memiliki fitur yang lengkap serta ringan digunakan karena kompatibel dengan perangkat Windows.

Comodo

Comodo

Comodo adalah salah satu antivirus terbaik yang bisa anda gunakan dalam perangkat Windows 10 dan dapat digunakan secara gratis.

Software antivirus yang satu ini juga bisa dikatakan sangat ringan dan efektif sebagai pengamanan dari serangan virus.

Tudak hanya recommended digunakan pada Windows 10 saja melainkan juga cocok digunakan pada jenis Windows 7 maupun 8.

Comod bisa menjadi alternatif antivirus gratis yang bisa anda gunakan untuk pengamanan komputer anda.

360 Total Security

360 Total Security

Layaknya seperti antivirus pada umumnya, 360 total security juga menawarkan fitur yang sangat lengkap sebagai pengamanan komputer atau laptop dari Malware dan virus yang berbahaya.

Beberapa fitur yang ditawarkan seperti web protection serta auto scanning of file.

Dengan beragam fitur yang bermanfaat dari aplikasi antivirus ini dijamin dapat memberikan keamanan tinggi pada perangkat anda.

akan tetapi antivirus ini masih tergolong baru sehingga masih perlu banyak pengembangan yang lebih update.

Namun meskipun begitu 360 total security sudah dibekali dengan fitur yang lengkap.

Adaware Antivirus 12

Adaware Antivirus 12

Setelah melalui proses rebranding ternyata Adaware Antivirus 12 hadir sebagai salah satu opsi antivirus PC terbaik saat ini yang bisa digunakan.

Salah satu fitur yang diunggulkan dari aplikasi antivirus ini yaitu fitur download protection yang akan memberikan keamanan pada file yang anda download.

Keamanan yang diberikan oleh aplikasi ini dijamin real Time dan akurat.

Webroot SecureAnywhere AntiVirus

Webroot SecureAnywhere AntiVirus

Rekomendasi aplikasi antivirus lainnya yang cocok untuk Windows 10 yaitu Webroot SecureAnywhere Antivirus.

Aplikasi antivirus ini paling ringan dan paling banyak digunakan saat ini karena memiliki nilai yang sangat baik dalam uji penangkal malware.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari antivirus ini yaitu dapat memulihkan file yang terenkripsi oleh ransomware.

Bahkan aplikasi ini juga mampu menangani masalah pada Malware baru.

Norton Security

Norton Security

Norton Security adalah paket keamanan yang cukup baik yang menawarkan seperangkat alat keamanan yang bisa melindungi berbagai perangkat termasuk pengguna Windows 10.

salah satu yang diunggulkan dari fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini yaitu adanya parental control serta antiphising yang sangat baik

McAfee Total Protection

McAfee Total Protection

McAfee Total Protection menjadi salah satu software antivirus terbaik dan masuk peringkat top global.

Dalam update terbarunya antivirus ini sudah dilengkapi dengan scanner yang dapat melindungi email dan melakukan scan pada web.

Bahkan aplikasi ini juga menawarkan password manager dan kemampuan untuk mendeteksi device yang mencurigakan.

Bullguard Premium Protection

Bullguard Premium Protection

Software antivirus Bullguard Premium Protection dirancang untuk melindungi jaringan serta memiliki fungsi utama dalam memproteksi perangkat yang tersambung ke internet.

Software ini juga dibekali dengan fitur perlindungan identitas yang dapat digunakan oleh orang tua ketika ingin melindungi anaknya dari situs-situs terlarang.

Selain itu antivirus ini juga dapat mengoptimalkan performa CPU dan mencegah ransomware di komputer.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa rekomendasi program aplikasi antivirus terbaik yang bisa digunakan pada Windows 10.

Anda bisa menggunakan salah satu dari aplikasi di atas sebagai tandem dari Windows Defender yang sudah terpasang secara otomatis di perangkat anda.

Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992