Komputer

Pengertian VGA: Fungsi, Jenis- Jenis, Harga dan Tips Memilih VGA

Pengertian VGA Card
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Pengertian VGA Card adalah monitor standar yang digunakan untuk mengelola tampilan di sebagian besar PC. Penting untuk menggunakan VGA tertentu jika ingin grafis yang bagus.

Kuotabro.com – Pernahkah Anda mendengar tentang istilah VGA? Jika paham tentang komputer dan jaringan pasti kita tidak asing dengan istilah VGA.

Biasanya kita memerlukan informasi terkait VGA untuk beberapa kepentingan spesifikasi komputer yang kita gunakan.

Misalnya ketika akan memainkan suatu game tertentu yang sebaiknya harus menggunakan tipe VGA yang seperti apa.

Meskipun saat ini peran VGA sudah banyak digantikan oleh DF dan HDMI.

Berbicara tentang VGA, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi secara lengkap tentang pengertian VGA beserta fungsi dan jenis- jenisnya.

Bagi Anda yang berencana untuk membeli VGA card, dalam pembahasan kali ini kami juga akan memberikan beberapa tips dalam memilih VGA yang tepat untuk komputer pribadi.

Langsung saja simak penjelasannya secara lengkap berikut ini:

Apa itu VGA Card?

VGA atau Video Graphics Array adalah adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC.

VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

VGA sendiri adalah standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis pada komputer.

Yang paling umum digunakan adalah super VGA di mana memungkinkan resolusi lebih besar dari yang sebelumnya yaitu 800 x 600 atau 1024 x 768.

Biasanya untuk Windows yang masih menggunakan modus VGA karena masih didukung dengan produsen monitor dan kartu grafis.

Jika digunakan untuk kepentingan desain grafis serta pemutaran video maka diperlukan kartu grafis atau VGA dengan kualitas tinggi.

Beberapa produsen kartu grafis saat ini yang cukup populer yaitu Nvidia dan ATI.

Keduanya biasanya dibutuhkan ketika main game sehingga harus memastikan komputer dapat menampilkan sebuah gambar berkapasitas resolusi besar.

Sehingga jika VGA yang digunakan tidak mampu menampilkan gambar sesuai perintah maka dapat menyebabkan komputer menjadi error.

Fungsi VGA Card

Setelah mengetahui pengertian VGA, dapat dikatakan bahwa fungsi VGA adalah untuk menghasilkan maupun menampilkan gambar ke display layar monitor.

Sekarang ini semua motherboard memiliki kartu VGA built in.

Sehingga sekarang VGA card memang sudah dianggap tidak penting karena sudah ada jenis VGA yang terbenam secara langsung di motherboard atau yang disebut dengan VGA card onboard.

Sehingga para pengguna komputer tidak perlu lagi menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

Adapun Berikut ini beberapa fungsi dari VGA diantaranya:

  • Untuk menerjemahkan output komputer ke layar monitor
  • Untuk mengubah sinyal digital di komputer menjadi tampilan grafis yang dapat di display melalui layar monitor
  • Digunakan untuk menyimpan data dari hardisk
  • Membuat gambar dengan kualitas yang bagus
  • Menggambar atau melakukan desain grafis termasuk bermain game
  • Menyuplai data untuk prosesor yang akan diproses
  • Memproses setiap grafis yang akan ditampilkan ke layar monitor

Bagaimana VGA Card Bekerja?Bagaimana VGA Bekerja

Monitor VGA sering dianggap sebagai kotak pixel yang mana setiap Excel merupakan elemen gambar yang bisa diatur ke warna tertentu.

Terdapat 480 baris setiap baris ada 640 pixel, di mana antarmuka VGA bekerja secara serial yaitu informasi warna setiap pixel dikirim satu demi satu, berlawanan dengan semuanya sekaligus.

Warna bisa diganti dengan menggunakan triplek yang terdiri dari intensitas masing- masing warna dasar seperti merah, hijau dan biru.

Kinerja dari VGA sendiri bisa terlihat sangat nyata ketika digunakan untuk bermain game yang mana membutuhkan grafis tinggi serta kapasitas dan kualitas yang bagus.

Sehingga apabila suatu VGA Card akan yang digunakan tidak memiliki kualitas maupun kapasitas yang mumpuni sesuai yang dibutuhkan saat bermain game maka tampilannya akan sangat jelek dan bahkan tidak jernih.

Inilah alasan mengapa kadang- kadang orang membutuhkan VGA card tertentu demi menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus.

Jenis-Jenis dan Penggunaan VGA Card

Dalam penggunaan VGA card dikenal istilah kabel VGA.

Kabel VGA adalah perangkat yang diperlukan untuk mentransfer sinyal video.

Hal tersebut dilakukan dengan bertindak sebagai penghubung antara monitor dan komputer atau antar komputer dan layar televisi.

Selain membahas pengertian VGA card dan bagaimana cara kerja VGA, berikut ini kami juga akan menjelaskan jenis- jenis VGA yang umum digunakan berdasarkan kategori kategori tertentu.

Jenis VGA Berdasarkan Dari Bentuk Fisik

Bisa dibilang kartu grafis atau VGA card yang satu ini dianggap sebagai komponen yang penting sekaligus dianggap sebagai komponen yang tidak.

Karena dalam hal ini tergantung dari kebutuhan setiap user komputer masing- masing.

Jenis- jenis VGA di bisa dibedakan berdasarkan bentuk fisiknya, diantaranya:

VGA On- BoardVGA On- Board

Jenis VGA onboard ini menjadi VGA yang paling banyak digunakan pada komputer atau laptop standar.

VGA onboard berarti chip VGA digunakan bersamaan dengan komponen di motherboard.

Cara kerja VGA onboard ini yaitu dengan memanfaatkan memori komputer atau yang biasa kita sebut RAM.

Penggunaan VGA onboard Biasanya disematkan pada komputer dan spesifikasi rendah di mana grafis dan 3D bukan kebutuhan utamanya.

Jenis komputer dengan VGA onboard biasanya ditemui pada Komputer office, Laptop atau netbook layar kecil (10 inc), Komputer dengan server kecil, Laptop dengan kisaran harga 2 hingga 3 jutaan (low end).

Keunggulan dari VGA onboard diantaranya sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan komputer standar dalam penggunaan sehari- hari, perawatannya yang mudah serta harganya yang lebih murah.

Sedangkan kelemahan dari VGA onboard terutama dari segi grafis berkualitas tinggi yang masih kurang mumpuni, tidak mendukung untuk bermain game beresolusi tinggi dan modern serta terkadang masih mengalami gejala atau lemot ketika memutar video dengan resolusi tinggi.

VGA Add- On / VGA CardVGA Add- On VGA Card

VGA add- on juga dikenal sebagai VGA card di mana jenis VGA ini tentunya berbeda dari yang sebelumnya.

VGA add- on tetapnya terpisah dari komponen motherboard, sehingga perlu soket tertentu dalam penginstalannya.

Dalam hal ini VGA add- on bekerja dengan sendiri tanpa mengandalkan kemampuan RAM di komputer karena penggunaan memory VGA add on juga terpisah. Oleh karenanya dalam menjalankan tugasnya tidak harus bergantung pada RAM komputer.

Biasanya jenis komputer yang menggunakan VGA add- on yakni pada spesifikasi komputer yang cukup baik dan canggih.

Karena VGA add- on ini bekerja lebih maksimal dan lebih kuat pada komputer yang memiliki spesifikasi mumpuni.

Biasanya VGA Add On ditemukan pada jenis komputer mid hingga high end  serta pada Komputer gaming dan design.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki dari jenis VGA add- on ini diantaranya memiliki sistem pendingin yang terpisah, sehingga lebih tahan lama.

Selain itu ia juga mampu menghandle grafik 3D dalam game yang berat, digunakan untuk memutar film dengan kualitas resolusi tinggi, memberikan tampilan display lebih jernih serta bisa diupgrade dengan menggantinya saja.

Akan tetapi juga masih memiliki beberapa kekurangan yaitu harganya yang relatif mahal serta tidak semua jenis komputer mendukung penggantian VGA card

Jenis VGA Card Berdasarkan Memori

VGA tidak hanya dibedakan berdasarkan bentuk fisiknya saja, melainkan juga dibedakan berdasarkan memorinya.

Adapun berikut ini jenis fiqih akad yang dibedakan berdasarkan memori:

Dynamic RAM (DRAM)

Jenis VGA card yang satu ini biasanya digunakan pada komputer dengan spesifikasi umum atau tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi serta pemilihan warna yang banyak. Kecepatan DRAM pada umumnya 80ns/70ns yang ditanamkan pada jenis kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

EDO RAM

Jenis VGA card yang satu ini biasanya digunakan pada komputer dengan kartu kartu grafis 64- bit. Kecepatan dari jenis VGA Card ini mencapai 60ns- 35ns yang ditanamkan pada VGA Card winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D serta ATi Mach 64 dan lain- lain.

VRAM

VGA card dengan jenis VRAM memiliki kecepatan 20- 10 ns. Akan tetapi harga dari VGA Card ini lebih mahal dibandingkan jenis VGA card yang sebelumnya. Biasanya VGA card ini digunakan pada komputer membutuhkan layar untuk desain grafis serta gaming. Beberapa merk dari VGA card VRAM diantaranya diamond fire GL, stealth 3000 3D, stealth 64, dll.

SGRAM

Kartu VGA yang menggunakan jenis memori SGRAM memiliki kecepatan kurang dari 10ns. Biasanya perangkat komputer yang menggunakan jenis VGA yang satu ini berasal dari komputer berspesifikasi tinggi yang membutuhkan kemampuan 3D accelerator seperti Matrox MGA millenium, , stealth II S220, mystique 3D, Diamond viper, ATI Rage II 3D pro, ASUS 3D explorer, dll.

Rambus

Jenis VGA card RAMBUS biasanya digunakan pada masing- masing video game seperti Sega atau Nintendo. Sehingga jenis kartu grafis Ini hanya diproduksi oleh Creative Labs seperti MA- 302, MA- 332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.

Arsitektur sistem I/O bus VGA

VGA ISA

VGA ISA 8 Bit

Gambar model slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus dengan sistem I/O 8-bit atau dikenal dengan sebutan “XT bus”.

VGA ISA 16 Bit

Gambar model slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus dengan sistem I/O 16-bit atau dikenal dengan sebutan “AT bus”.

Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah tidak pernah lagi dipergunakan, karena selain kecepatan transfer datanya sangat lambat, tampilan kehalusan gambar serta kombinasi warna yang dihasilkannya pun juga sangat terbatas. Teknologi slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O 8-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981, sedangkan teknologi slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O 16-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984.

VGA EISA

VGA EISA

Gambar model slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus dengan sistem I/O 32-bit.

Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah tidak pernah lagi dipergunakan, sama seperti Kartu VGA ISA yang memiliki keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya. Teknologi slot ekspansi EISA bus dengan sistem I/O 32-bit ini pertama kali dirilis pada tahun 1988 oleh “Gang of Nine” (sebuah konsorsium dari vendor pembuat kompatibelnya IBM PC), dengan nilai tegangannya 5 volt dan 12 volt, kecepatan clock-nya 8,33MHz, dan kecepatan transfernya 32MB/s.

VGA PCI

VGA PCI

Gambar model slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus dengan sistem I/O 32-bit atau 64-bit.

Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah jarang sekali dipergunakan, karena adanya keterbatasan pada fitur-fiturnya. Teknologi slot ekspansi PCI bus dengan sistem I/O 32-bit atau 64-bit pertama kali dipakai pada tahun 1993. Ciri-ciri slot ekspansi PCI bus ini adalah bahwa pada bagian depan slot-nya terdapat lekukan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal.

VGA AGP

VGA AGP

Gambar model slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus dengan sistem I/O 128-bit atau 256-bit.

Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA AGP ini awalnya dibuat karena hendak meningkatkan transfer data terhadap memori secara signifikan dari CPU ke perangkat “tampilan” (bahasa Inggris: display), sehingga dengan begitu dibuatlah slot AGP guna memasangkan kartu VGA jenis AGP ini.

Kartu VGA AGP diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang dipergunakan, yaitu: AGP 1x dan AGP 2x dengan nilai tegangan 3,3 volt; sedangkan AGP 4x dan AGP 8x dengan nilai tegangan 1,5 volt; kemudian ada juga AGP Universal. Kartu VGA AGP yang terakhir muncul adalah jenis AGP Pro dengan nilai tegangan 1,5 volt dan 3,3 volt, serta AGP Pro Universal. Ciri-ciri slot ekspansi AGP bus ini adalah bahwa bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah.

VGA PCIe

VGA PCIe

Gambar model slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya, dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s.

Bentuk detail fisik slot ekspansi PCIe bus (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x).
Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya, dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s. Slot ekspansi PCIe ini adalah pengembangan selanjutnya dari slot ekspansi PCI sebelumnya, yang memiliki kemampuan luar biasa, dengan nama “PCI Express”, yang dirancang guna memasang peralatan-peralatan “antarmuka” (bahasa Inggris: interface) dengan teknologi mutakhir masa kini yang membutuhkan kecepatan transfer yang sangat tinggi. Teknologi slot ekspansi PCIe bus dengan sistem I/O berangkaian seri ini pertama kali dipakai pada tahun 2004.

Adapun versi slot ekspansi PCIe yang beredar di pasaran adalah PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x. Khusus buat slot ekspansi PCIe 8x dan PCIe 16x dipergunakan untuk memasang kartu VGA PCI Express, sedangkan buat slot ekspansi PCIe 1x dipakai untuk keperluan memasang peralatan-peralatan interface tambahan lainnya. Ciri-ciri slot ekspansi PCIe bus ini adalah bahwa bentuknya merupakan kebalikan dari slot ekspansi PCI biasa sebelumnya.

Tabel arsitektur sistem I/O bus

Jenis busLebar lajur (bits)Kecepatan clock (MHz)“Lebar pita” atau
bahasa Inggris: Bandwidth
(MB/s)
Model rangkaian
ISA XT84.778Paralel
ISA AT168.3316Paralel
MCA321020Paralel
NUBUS321010-40Paralel
EISA328.3332Paralel
VESA3240160Paralel
PCI32 – 6433 – 100132 – 800Paralel
AGP 1x3266264Paralel
AGP 2x3266528Paralel
AGP 4x32661000Paralel
AGP 8x32662000Paralel
PCIe x112500 / 5000250 / 500Seri
PCIe x41 × 42500 / 50001000 / 2000Seri
PCIe x81 × 82500 / 50002000 / 4000Seri
PCIe x161 × 162500 / 50004000 / 8000Seri
PCIe x1 2.01500 / 1000Seri
PCIe x4 2.01 * 42000 / 4000Seri
PCIe x8 2.01 * 84000 / 8000Seri
PCIe x16 2.01 × 165000 / 100008000 / 16000Seri
PCIe X1 3.011000 / 2000Seri
PCIe X4 3.01 * 44000 / 8000Seri
PCIe X8 3.01 * 88000 / 16000Seri
PCIe X16 3.01 * 1616000 / 32000Seri

Tips Memilih VGA untuk Komputer

Bagi pembaca yang sedang mencari produk VGA card untuk komputer pribadi, mungkin Berikut ini beberapa tips yang harus anda ketahui agar tidak salah dalam membeli VGA:

Mengutamakan GPU, Bukan Brand

Salah satu anggapan yang salah ketika membeli kartu grafis atau VGA card pada komputer pribadi yaitu terpengaruh dari brand, padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Ada Beberapa brand terkenal seperti AMD dan Nvidia yang memang memiliki kualitas yang tidak perlu dilakukan lagi.

Akan tetapi di sini anda tetap harus teliti serta memperhatikan aspek GPU, yaitu komponen yang bertanggung jawab dalam melakukan perhitungan matematis sehingga nantinya dapat digunakan untuk melakukan proses render gambar yang akan ditampilkan di layar monitor.

Apabila anda memperhatikan aspek tersebut maka akan menemukan informasi terkait GPU speed. Disini Anda bisa memilih kartu grafis dengan struktur GPU clock speed yang tinggi agar kualitas grafis di perangkat Anda meningkat dengan tajam.

Fitur GPU clock speed tersebut menunjukkan batasan kemampuan dari kartu grafis untuk melakukan perhitungan matematis. Dalam hal ini semakin tinggi GPU clock speed maka perhitungan matematis jadi semakin cepat sehingga proses render juga berjalan lebih cepat.

Jumlah Core Pada Kartu Grafis

Selain melihat dari faktor GPU, Anda juga bisa memperhatikan jumlah di VGA card yang akan dibeli.

Semakin banyak jumlah core yang dimiliki GPU, maka akan semakin banyak juga tugas yang dapat dilaksanakan dalam satu waktu oleh GPU tersebut.

Misalnya pada GPU dengan 6 Core yang diminta untuk mengerjakan 3 tugas, maka setiap satu tugas akan diselesaikan oleh 2 core secara bersamaan di mana hal ini akan lebih cepat dibandingkan dengan GBU yang hanya memiliki 3 core.

Memilih Kartu Grafis Dengan Nilai TDP Kecil

Tips yang tak kalah penting lainnya dalam memilih VGA card yaitu dengan memperhatikan nilai TDP kecil.

Karena tidak jauh berbeda dengan CPU pada komputer, GPU pada VGA card juga dapat menimbulkan panas selama GPU tersebut bekerja melakukan proses render gambar dan sebagainya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai TDP (Thermal Design Power).

Semakin besar nilai PDB maka akan semakin besar juga panas maksimal yang dihasilkan oleh kartu VGA card. Pastinya setiap pengguna tidak menginginkan VGA card yang menghasilkan panas begitu tinggi karena bisa menyebabkan overheat.

Itulah mengapa di sini Kami menyarankan anda untuk memilih kartu grafis atau Vicky akar dengan nilai TDP yang sekecil mungkin.

Perhatikan Tipe Memori dan Bandwith

Aspek lainnya yang tak kalah penting dan harus diperhatikan ketika membeli VGA card adalah tipe memori yang dimiliki oleh kartu grafis tersebut.

Ada beberapa tipe memory VGA card yang bisa dipilih di antaranya GDDR2, GDDR3, GDDR4, GDDR5 dan GDDR5X.

Dengan melihat angka pada jenis tipe memori tersebut, maka bisa dipastikan jika semakin tinggi angka nya maka akan semakin baik pula kemampuan dari VGA card akan yang akan anda beli.

Sebagai contoh pada jenis GDDR5X memiliki kemampuan dua kali lebih cepat daripada GDDR5.

Di sisi lain Anda juga harus memperhatikan bandwidth memori kartu grafis yang akan anda beli. Pencet ini adalah jumlah data yang bisa diakses oleh GBU dalam satu waktu.

Sehingga semakin cepat bandwith maka proses komputasi yang berlangsung di GPU juga akan semakin cepat selesai.

Sesuaikan Dengan Budget

Kriteria kelima yang patut menjadi perhatian anda ketika akan membeli VGA Card yaitu dari segi budget yang anda siapkan.

Aspek ini juga tidak kalah penting dari aspek teknis seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda tidak perlu memaksakan untuk membeli VGA dengan harga yang mahal.

Misalnya jika anda memiliki budget sekitar 1 juta maka sebaiknya tidak terlalu berharap untuk mendapatkan kartu grafis kelas GTX 1080 atau RADEON R9.

Akan tetapi bagi Anda yang memiliki sekitar 2 sampai 3 juta maka bisa memilih produk Asus GTX 1050 atau DA GTX 960.

Jika mau yang lebih mahal dan berkualitas lagi Anda bisa memilih tipe GTX 1080 dengan harga 7,3 juta.

Apabila anda memiliki budget yang terbatas maka pertimbangkan untuk membeli jenis VGA bekas dengan harga yang tentunya sangat terjangkau.

Daftar Harga VGA Card Terbaru 2019

Adapun berikut ini daftar harga VGA terbaru 2019 yang mungkin bisa jadi referensi untuk Anda, mulai dari yang ratusan ribu hingga puluhan juta dari semua tipe/ merk:

Daftar Harga VGA Card Nvidia MSI

VGA Card Nvidia MSIHarga
MSI Geforce tipe GTX 750 Ti 2GB DDR5 –  2GD5/OC (1 Fan)Rp 2.182.000
MSI Geforce tipe GTX 750 Ti 2GB DDR5 –  Twin Frozr 2GD5/OC Gaming V1 (2 Fan)Rp 2.379.000
MSI Geforce tipe  GTX 950 2048MB DDR5 –  (Armor 2X)Rp 2.823.000
MSI Geforce tipe  GTX 950 2048MB DDR5 –  Gaming 2GRp 3.021.000
MSI Geforce tipe  GTX 960 2048MB DDR5 –  Tiger EditionRp 3.416.000
MSI Geforce tipe  GT 210 1GB DDR3 –  N210- MD1G/D3Rp 532.000
MSI Geforce tipe  GT 610 1GB DDR3 –  N610- MD1G/D3Rp 592.000
MSI Geforce tipe GT 610 2GB DDR3 –  N610- MD2G/D3Rp 700.000
MSI Geforce tipe GT 730 2GB DDR3 –  N730/2GD3 V2Rp 1.076.000
MSI Geforce tipe GT 730 2GB DDR5 –  N730K- 2GD5/OC V1 (White PCB)Rp 1.135.000

Daftar Harga VGA Card Nvidia Digital Alliance

VGA Card Nvidia Digital AllianceHarga
Digital Alliance Geforce tipe GT210 1GB DDR3 64BITRp 445.000
Digital Alliance Geforce tipe GT 630 1024MB DDR3 64 Bit KeplerRp 655.000
Digital Alliance Geforce tipe GT 630 2048MB DDR3 64 Bit KeplerRp 735.000
Digital Alliance Geforce tipe GT 630 2048MB DDR3 128 BitRp 770.000
Digital Alliance Geforce tipe GTX 650 1024MB DDR5Rp 1.335.000
Digital Alliance Geforce tipe GTX 750 Ti StormX Dual 2GB DDR5 128 BitRp 1.970.000
Digital Alliance Geforce tipe GTX 950 StormX 2GB DDR5 128 BitRp 2.520.000
Digital Alliance Geforce tipe GTX 950 StormX Dual 2GB DDR5 128 BitRp 2.595.000
Digital Alliance GeForce tipe GTX 960 2048 MB DDR5 Palit Jetstream 128BitRp 3.180.000
Digital Alliance Geforce tipe GTX 970 4096MB DDR5 256 Bit JetstreamRp 5.050.000
Digital Alliance Geforce tipe GTX 980 4096MB DDR5 256 Bit Super JetstreamRp 7.800.000
Digital Alliance Geforce tipe GTX 980 Ti 6144MB DDR5 384 Bit Super JetstreamRp 10.200.000

Daftar Harga VGA Card Nvidia Merk Manli

VGA Card Nvidia Merk ManliHarga
Manli Geforce tipe GT 210 1GB DDR3 64 BitRp 415.000
Manli Geforce tipe GTS 450 1GB DDR3 128 BitRp 758.000
Manli Geforce tipe GT 710 1GB DDR3 64 BitRp 580.000
Manli Geforce tipe GT 730 2GB DDR3 64 BitRp 660.000
Manli Geforce tipe GT 730 2GB DDR3 128 BitRp 880.000
Manli Geforce tipe GT 730 4GB DDR3 128 BitRp 1.130.000
Manli Geforce tipe GTX 750 2GB DDR5 128 Bit – DVI – HDMI – DPRp 1.515.000
Manli Geforce tipe GTX 750 TI 2GB DDR5 128 Bit – DVI – HDMI – DPRp 1.810.000
Manli Geforce tipe GTX 760 Ultimate 2GB DDR5 384 Bit – 3 DVI – Mini DPRp 3.500.000
Manli Geforce tipe GTX 760 Ultimate 4GB DDR5 384 Bit – 3 DVI – Mini DPRp 3.870.000
Manli Geforce tipe GTX 770 Ultimate 4GB DDR5 384 BitRp 5.160.000
Manli Geforce tipe GTX 950 Ultimate 2GB DDR5 128 BitRp 2.620.000

Daftar Harga VGA Card Nvidia  Merk Winfast

VGA Card Nvidia Merk WinfastHarga
Winfast Geforce tipe GTX 980TI 6GB DDR5Rp 10.580.000
Winfast Geforce tipe GTX 980 OC Hurricane 4GB DDR5Rp 8.500.000
Winfast Geforce tipe GTX 960 2GB DDR5Rp 3.200.000
Winfast Geforce tipe GTX 960 OC Hurricane 2GB DDR5Rp 3.480.000
Winfast Geforce tipe GTX 970 OC Hurricane 4GB DDR5Rp 5.490.000
Winfast Geforce tipe GT 730 OC 2048 MB DDR3Rp 1.160.000
Winfast Geforce tipe GTX 750 OC 2048 MB DDR5Rp 1.945.000
Winfast Geforce tipe GTX 750 Ti 2048 MB DDR5Rp 2.130.000
Winfast Geforce tipe GT 610 2048 MB DDR3Rp 765.000
Winfast Geforce tipe GT 730 2048 MB DDR3Rp 985.000

Daftar Harga VGA Card Nvidia Merk Forsa

VGA Card Nvidia Merk ForsaHarga
FORSA PCIE GT 210 type 1GB, 64BIT,DDR3,DVI,HDMIRp 365.000
FORSA PCIE GT 630 type 2GB, DDR3, 128BITRp 575,000

Daftar Harga VGA Card Nvidia Leadtek Quadro

VGA Card Nvidia Leadtek QuadroHarga
Leadtek Quadro 6000 tipe 6GB DDR5 384 BitRp 59.080.000
Leadtek Quadro Kepler K420 tipe 1GB DDR3 128 BitRp 2.850.000
Leadtek Quadro Kepler K620 tipe 2GB DDR3 128 BitRp 4.280.000
Leadtek Quadro Kepler K1200 tipe 4GB DDR5 128 BitRp 9.450.000
Leadtek Quadro Kepler K2200 tipe 4GB DDR5 128 BitRp 9.950.000
Leadtek Quadro Kepler K4200 tipe 4GB DDR5 256 BitRp 17.490.000
Ladtek Quadro Kepler K5200 tipe 8GB DDR5 256 BitRp 34.090.000
Leadtek Quadro Kepler K5000 tipe 8GB DDR5 256 Bit For MacRp 34.090.000
Leadtek Quadro Kepler K6000 tipe 12GB DDR5 384 BitRp 72.100.000
Nvidia Quadro, Compatible : Quadro K4000/K5000Rp 48.550.000

Akhir Kata

Nah demikian itulah penjelasan secara lengkap tentang pengertian VGA beserta fungsi, jenis- jenis dan tips memilih VGA card.

Bagi Anda yang berencana untuk membeli VGA, kami sarankan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan bukan hanya melihat dari merek maupun spesifikasinya saja.

Terutama bagi yang hanya membutuhkan untuk keperluan desain grafis, sepertinya tidak harus menggunakan VGA card khusus untuk gaming berat.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca dan bisa menambah pengetahuan seputar VGA.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992