Komputer

Quran in Word Versi 3.0 Terbaru

Quran in Word
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Quran in Word adalah semacam plugin yang bisa digunakan untuk menambahkan tulisan bahasa arab atau ayat Al Quran di Microsoft Word. Ini cara menggunakannya.

Kuotabro.com – Apakah anda sudah tahu apa itu Quran in word Versi 3.0? Ini semacam salah satu cara yang digunakan untuk menampilkan ayat Alquran atau tulisan berbahasa Arab di Microsoft word.

Karena seperti yang kita ketahui selama ini bahwa Microsoft word hanya menampilkan huruf abjad saja.

Tapi ternyata pengguna bisa memanfaatkan Quran in word agar dapat menampilkan atau menuliskan huruf Arab di Microsoft Word.

Namun sepertinya penggunaan MS word sendiri belum cukup familiar dengan fitur Add in Quran in word maupun software tambahan yang bisa digunakan untuk memasukkan ayat Al Quran ke dalam Microsoft word.

Padahal fitur seperti ini sangat berguna bagi Anda yang hendak memasukkan ayat Al Quran melalui lembar kerja Microsoft word. Terutama bagi Anda yang bekerja sebagai guru agama dan harus membuat soal ke dalam bahasa arab atau ayat Al-Quran.

Tapi tidak perlu khawatir karena dalam pembahasan berikut ini kami akan memberikan pembahasan lengkap tentang Quran in word atau cara memasukkan ayat Al Quran ke dalam iklan dapat dengan mudah.

2 Cara Install Quran in Word di Microsoft Word

Cara Install Quran in Word

Klik Untuk Memperbesar

Pada pembahasan kali ini kami menggunakan dua cara yang bisa anda ikuti untuk memasukkan ayat Alquran atau bahasa Arab ke Microsoft word, yaitu menggunakan add in dan menggunakan situs al-quran online.

Langsung saja simak masing-masing langkahnya berikut ini:

Cara Menggunakan Add In Quran in Word di Microsoft Word

Cara pertama yang akan kami bahas yaitu memasukkan ayat Al Quran di Microsoft Word dengan Add in Quran in Word besutan Mohamad Taufiq

Add in tersebut dapat berjalan di semua jenis Word. Jadi silakan Anda download terlebih dahulu Add in Quran in word melalui link berikut ini:

Jika sudah selesai mendownload maka bisa menginstal nya seperti biasa, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan Anda masuk ke Microsoft word, lalu klik pada Add Ins. maka setelah itu Anda akan menemukan Add Ins yang sebelumnya sudah diinstal.
  2. Kemudian pilih Al-Quran dan Get Arabic or Translation of Al-Quran.Cara Menggunakan Add In Quran in Word di Microsoft Word
  3. Berikutnya akan muncul dialog yaitu surah and ayah, ini sedikit penjelasan mengenai pilihan yang dapat digunakan:
    Al-Quran : Digunakan untuk memasukkan ayat Al-Quran
    Surah : Digunakan untuk memilih surah yang akan dimasukkan
    Translation : Digunakan untuk memasukkan terjemahan
    Ayat : Digunakan untuk memasukkan ayat mana saja yang yang ingin Anda dimasukkan
    Verse Address : Digunakan untuk menampilkan nama surah yang dimasukkan pada akhir ayat
    New Line : fitir satu ayat satu baris.
  4. Bagi Anda yang ingin sekaligus untuk menampilkan artinya atau terjemahannya, maka ada beberapa pilihan bahasa terjemahan yang bisa digunakan. Centang pada Indonesia-Bahasa-Indonesia-68.TXT, apabila sudah diatur semua pilih OK.
  5. Selanjutnya anda sudah bisa memasukkan ayat Al Quran atau bahasa Arab ke dalam Microsoft word sesuai yang diinginkan.Add In Quran in Word di Microsoft Word

Mudah sekali bukan untuk menambahkan atau memasukkan ayat Al Quran di Microsoft word? Tidak perlu khawatir karena penggunaan Add Ins tersebut gratis.

Di internet atau Google Anda juga bisa menemukan berbagai add ins lainnya yang bisa digunakan untuk menambahkan atau memasukkan ayat Al Quran di MS word.

Cara Memasukkan Ayat Al-Quran ke Word Melalui Situs Al-Quran Online

Untuk cara yang kedua ini memang tidak memerlukan aplikasi atau software tambahan untuk memasukkan ayat Alquran atau bahasa Arab ke word.

Anda hanya perlu memiliki koneksi internet yang stabil karena nantinya akan melakukan copy ayat Al Quran dari situs al-quran online lalu memasterkan ke lembar kerja Microsoft word anda.

Saat ini cukup banyak tersedia situs Al-Quran online yang bisa digunakan secara gratis. Misalnya situs tafsirq.com dan quranexplorer.com.

Bagi Anda yang ingin mengcopy satu persatu tahu ayat-ayat maka bisa memanfaatkan situs tafsirq.com karena situs ini memang menampilkan ayat Al-Quran per ayat-nya. Tapi bagi Anda yang akan memasukkan persurat maka sebaiknya menggunakan situs quranexpolorer.com karena di situs tersebut menampilkan per surat.

Jika bingung silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Misalnya di sini kami menggunakan situs dari quranexpolorer.com yang akan digunakan untuk mengcopy ayat Al Quran ke word. Buka situs tersebut melalui web browser, lalu di bagian atas terdapat menu yang bisa digunakan untuk memilih surah dan terjemahan yang anda inginkan.
  2. Silakan Anda blok ayat yang ingin di-copy dengan menekan CTRL+C atau dengan cara klik kanan lalu pilih Copy.
  3. kemudian jika sudah dicopy langsung saja masuk ke lembar kerja Microsoft word anda dan pastikan ayah tadi dengan cara menekan CTRL + V atau klik kanan pilih paste.

Cara ini memang terbilang sangat mudah untuk digunakan karena anda tinggal mengcopy paste saja.

Bahkan tidak harus menginstal aplikasi apapun di Microsoft word yang digunakan.

F.A.Q

Apa Itu Quran in Word?

Quran in Word adalah semacam plugin yang bisa digunakan untuk menambahkan tulisan bahasa arab atau ayat Al Quran di Microsoft Word.

Apakah BIsa Menulis Bahasa Arab atau Ayat Al Quran di Word?

Bisa, Anda bisa menggunakan add in Quran in Word atau dengan cara copy paste.

Apakah Quran in Word Gratis?

Bisa digunakan secara gratis.

Apakah Quran in Word  Akurat?

Sejauh ini masih ada beberapa kesalahan, sehingga perlu dilakukan pengecekan dengan Al Quran asli atau cetak.

Akhir Kata

Demikian itulah cara menggunakan Quran in word dengan mudah di Microsoft word. Dengan menggunakan cara diatas bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan ketika berkaitan dengan ayat Alquran atau bahasa Arab.

Bagi Anda yang mempunyai koneksi jaringan internet lancar, maka disarankan untuk memanfaatkan situs bahasa Arab saja karena lebih praktis. Tapi jika kita ingin menggunakan koneksi internet maka bisa menggunakan cara yang pertama.

Catatan Penting:

Plug in atau add in seperti yang dijelaskan pada cara pertama di atas masih jauh dari kata sempurna. Sehingga ada beberapa ayat yang masih salah. Tapi seiring berjalannya waktu pengembang atau owner dari plugin tersebut terus melakukan update yang lebih baik. Sehingga untuk kebenaran dalam penulisan ayat al-quran sebaiknya melakukan pengecekan dengan Al Quran asli agar ayat yang anda tulis sesuai.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992