Tips & Trik

Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi di Microsoft Word

Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Bagaimana Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi secara otomatis? Mudah banget, Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Kuotabro.com – Bagaimana cara membuat titik pada daftar isi? Meskipun sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office, namun sepertinya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat titik daftar isi secara otomatis.

Daftar isi adalah bagian halaman yang menjadi petunjuk isi pokok dari sebuah buku. Ibarat kata, daftar ini ini adalah peta yang bisa menjadi petunjuk letak dari poin-poin yang dibahas di dalam buku.

Bagian daftar isi ini mudah kita temukan pada beberapa jenis buku, karya tulis, skripsi, tesis, atau lainnya yang biasanya dalam bentuk jilid-an.

Dalam membuat daftar isi ini harus menuliskan titik-titik ke nomor halamannya yang berada di sebelah kanan. Tujuannya agar pembaca mudah dalam membaca daftar isi.

Namun bagi yang belum mengetahui cara membuat daftar isi mungkin akan membuat titik-titik secara manuali di keyboard. Tentu sangat lama bukan? Dan juga cenderung kurang rapi.

Oleh karena itu, berikut ini Kami akan memberikan tutorial cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word. Kami juga akan menyertakan gambar-gambar per langkahnya agar lebih mudah diikuti.

Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi Otomatis

Untuk membuat daftar isi secara otomatis, disini kita akan memanfaatkan tombol tab. Sehingga sebelumnya harus sudah diatur kursor akan berhenti dimana saat kita menekan tombol tab di keyboard.

Cara mengaturnya dengan menggunakan ruler. Setelah itu juga mengatur tombol tab agar ketika ditekan akan muncul titik-titik secara otomatis. Biar lebih jelasnya, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

(dalam tutorial ini Kami menggunakan Microsoft Word 2007, sehingga Anda bisa menyesuaikan setiap menu atau perintahnya sesuai dengan Microsoft Word yang Anda gunakan)

  1. Langkah yang pertama, siapkan data daftar isi mana yang akan Anda buat titik-titik secara otomatis menggunakan aplikasi Microsoft Word di Laptop/ PC Anda. Blok semua tulisan daftar isi tersebut. Seperti ini gambarannya:Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi Otomatis
  2. Setelah itu, Anda klik kanan pada tulisannya, lalu akan muncul beberapa menu. Klik pada menu Paragraph. Lihat gambar berikut:Menu Paragraph
  3. Jika sudah, lanjutkan dengan klik menu Tabs. Disini silahkan Anda atur bagian “Tab stop position”, yaitu dimana pemberhentian titk yang akan Anda buat nantinya. Misalnya disini Kami hanya ingin lembar samai 13. Maka pada menu “default tab stops” tidak perlu diganti-hanti/ biarkan saja. Langsungs aja pada menu Alignment, Anda pilih Right agar titik titik berada di bagian sebelah kanan. Di bagian menu Leader pilih nomor “2”. Lanjutkan dengan klik “Set” dan terakhir klik “Ok”. Jika bingung, perhatian gambar berikut ini:Tab Settings
  4. Langkah yang berikutnya, Anda letakkan kursor di bagian sebelah kanan tulisan. Perhatikan gambar di bawah ini. Kemudian Anda tekan tombol Tab di keyboard dan jangan lupa untuk memberikan nomor halaman setiap daftarnya.Kursor kanan
  5. Seharusnya hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:cara membuat daftar isi

F.A.Q

Apa Itu Daftar Isi?

Daftar isi adalah urutan sebuah judul/ subjudul dari setiap bab lengkap dengan halaman yang terdapat dalam sebuah buku, makalah atau karya tulis ilmiah. Daftar isi diartikan juga sebagai lembar halaman yang menjadi sebuah petunjuk dari pokok isi dalam sebuah makalah.

Bagaimana Cara Membuat Titik Daftar Isi Secara Otomatis?

Menggunakan pengaturan pada tombol tab keyboard.

Akhir Kata

Nah, mudah sekali bukan cara membuat titik daftar isi di Microsoft Word? Daripada harus menekan tombol titik di keyboard berulang kali, cara otomatis ini tentu lebih praktis bukan? Sekarang Anda sudah bisa membuat daftar isi secara otomatis dan rapi bukan?

Semoga tutorial membuat titik pada daftar isi di atas bermanfaat bagi pembaca. Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992