Tips & Trik

5 Cara Komplain JNE Barang Rusak ke CS Cabang/ Pusat

Cara Komplain JNE
https://kuotabro.com

Barangmu status delivered tapi belum sampai? Atau barang rusak? Bagaimana cara komplain-nya ke customer service JNE? Yuk simak panduan ini.

Kuotabro.com – Bingung bagaimana cara komplain JNE? Sebagai salah satu perusahaan logistic yang cukup populer di Indonesia dan banyak digunakan oleh masyarakat, sepertinya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara untuk komplain jika ada pertanyaan atau paket bermasalah.

Apalagi saat ini perkembangan e-commerce atau toko online di Indonesia sedang besar-besarnya dan digandrungi oleh masyarakat sehingga perusahaan logistic seperti JNE ini sering menjadi pilihan bagi masyarakat untuk kirim maupun menerima paket.

Terlebih JNE menawarkan biaya pengirimannya yang terjangkau dan beberapa alternatif pengiriman paket. Mulai dari paket OK, reguler dan paket one day service.

Tapi yang namanya perusahaan logistic, tentunya dalam proses pengiriman kadang kala mengalami masalah. Seperti salah antar, barang yang rusak atau barang yang tidak sesuai dengan pesanan.

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan cara komplain JNE. Bagi yang belum tahu, berikut ini Kami akan memberikan caranya secara lengkap.

Sekilas Tentang JNE

Sekilas Tentang JNE

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara komplain JNE, mungkin tidak ada salahnya Anda mengenal terlebih dahulu sekilas tentang jasa pengiriman paket ini.

PT Tiki Jalur Nugraha Ekarurir (JNE) telah melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan seperti import melalui gudang Rush Handling. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1990 untuk memberikan jasa kirim paket dengan berbagai pilihan service.

JNE mengandalkan layanan kecepatan yang konsisten serta bertanggung jawab untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pelanggan maupun dari mitra kerja.

Seiring berjalannya waktu, kinerja JNE juga semakin tumbuh dan meningkat di kalangan dunia usaha maupun pebisnis tanah air.

Tidak hanya mencakup pengiriman paket kecil atau dokumen saja, melainkan juga penanganan logistic, tranportasi serta distribusi. Saat ini lebih dari 150 lokasi JNE yang telah terhubung dengan sistem online sehingga konsumen dapat mengetahui status terkini pengiriman paket atau dokumen.

Cara Komplain JNE Barang Rusak

Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mengajukan komplain kepadan pihak JNE ketika paket Anda mengalami masalah atau jika ada keterlambatan. Berikut ini beberapa cara komplain JNE:

Komplain ke JNE melalui Telepon

Komplain ke JNE melalui Telepon

Ini adalah cara komplain JNE yang paling populer dan paling banyak digunakan. Selain itu, cara komplain JNE melalui telepon juga bisa jadi alternatif bagi Anda yang terburu-buru untuk mendapatkan respon cepat.

Bagi Anda yang ingin terhubung langsung dengan customer service JNE, maka bisa menyampaikannya melalui telepon ke (021) 2927 8888.

Akan tetapi jika anda  hendak mengajukan pertanyaan atau keluhan pada JNE melalui nomor telepon, sebaiknya siapkan pulsa yang cukup jika tidak mau sambungan terputus tiba-tiba karena pulsa habis.

Karena layanan tersebut juga tidak mematok pulsa maksimal bagi pelanggan yang menelpon.

Komplain JNE melalui Email

Komplain JNE melalui Email

Pelanggan juga dapat melakukan komplain melalui email. Cara ini mungkin bisa jadi alternatif bagi Anda yang sudah mencoba menelpon customer service tapi tidak bisa tersambung atau karena kendala pulsa dan lain-lain.

Komplain melalui email tentunya juga lebih praktis daripada harus datang ke kantor JNE atau harus beli pulsa dulu untuk telepon.

Pelanggan atau pengguna layanan JNE bisa mengajukan pertanyaan atau keluhan melalui alamat email [email protected].

Jika Anda hendak mengirim email ke JNE, maka pastikan Anda sudah menyampaikan informasi yang lengkap. Seperti foto resi, informasi pengirim dan penerima, nomor hp dan sampaikan keluhan atau pertanyaan Anda.

Untuk kasus masalah seperti barang rusak, Anda bisa menyertakan bukti foto barang. Silahkan disesuaikan dengan masalah Anda. Semakin detail informasi yang dilampirkan, maka semakin juga respon dari pihak JNE.

Biasanya komplain yang dikirm via email akan direspon atau dibalas oleh customer service JNE dalam waktu 1-3 jam.

Komplain JNE via Media Sosial

Komplain JNE via Media Sosial

JNE ternyata juga menyediakan layanan pengaduan via media sosial. Tentu cara ini juga tidak kalah praktis dari cara-cara yang sebelumnya karena masyarakat milenial saat ini sudah banyak yang memiliki media sosial.

Bahkan menurut testimoni pengguna, balasan komplain yang disampaikan via media sosial ini akan dibalas dalam waktu paling lama 30 menit. Informasi yang Anda dapatkan juga cukup jelas.

Berikut ini beberapa akun media sosial official JNE Express:

  • Facebook: JNE
  • Twitter: @JNE_ID
  • Instagram: @JNE_ID

Pastikan bahwa Anda mengirim pesan melalui akun JNE official, bukan yang lainnya.

Komplain JNE Melalui Laman ASK Joni

Siapa itu Ask Joni? Ask Joni adalah halaman khusus yang disediakan oleh JNE Express bagi pelanggan yang ingin menyampaikan keluhan.

Fiturnya mirip seperti mengirim email, hanya saja layanan ini berbasis web JNE sendiri. Caranya menggunakannya cukup mudah, yaitu masuk saja ke halaman https://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni?category_id=1.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini:

Komplain JNE Melalui Laman ASK Joni

Anda tinggal mengisi data pada form tersebut dan sampaikan pertanyaan atau keluhan Anda. Jika sudha mengisi semuanya, Anda bisa mengirim form tersebut dengan menekan tombol “Send Message”.

Namun perlu diketahui bahwa cara komplain dengan menggunakan laman ask joni ini kurang tepat karena pelanggan tidak bisa melampirkan foto. Sehingga jika memang Anda ingin melampirkan foto, sebaiknya menggunakan layanan JNE komplain yang lain.

Komplain ke Kantor JNE

Komplain ke Kantor JNE

Alternatif terakhirnya bagi Anda yang ingin komplain ke JNE yaitu dengan mendatangi kantornya secara langsung. Mungkin cara ini bisa digunakan bagi Anda yang rumahnya dengan kantor JNE.

Untuk mengetahui daftar alamat kantor cabang JNE seluruh pusat juga tidak sulit. Anda tinggal mengetikkan JNE (nama kota) di mesin pencarian Google, nantinya akan muncul semua alamat kantornya secara lengkap.

Biasanya semua kantor cabang juga menyediakan nomor telepon kantornya, sehingga jika malas datang, Anda bisa menghubungi nomor tersebut.

F.A.Q

Berapa Nomor Call Center JNE?

Nomor CS atau customer service JNE adalah (021) 2927 8888.

Berapa Biaya Pulsa Untuk Telpon JNE?

Biaya telpon JNE disesuaikan dengan operator masing-masing. Tidak maksimum biaya telpon.

Bagaimana Cara Komplain JNE Gratis?

Bisa melalui email, media sosial atau datang langsung ke kantor JNE terdekat.

Mengapa Tidak Bisa Telpon JNE?

Jika kesulitan untuk telepon JNE, Anda bisa menggunakan cara-cara yang lain seperti melalui media sosial official JNE.

Akhir Kata

Nah, demikian itulah beberapa cara untuk komplain ke layanan komplain ke layanan JNE. Anda bisa menggunakan salah satu cara di atas untuk komplain dengan mudah. Misalnya ketika mengalami masalah paket yang belum sampai-sampai, paket hilang, paket rusak dan lain sebagainya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992