Elektronik

Review Canon PIXMA MP237

Review Canon MP237
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Cari tahu Review Canon MP237 lengkap beserta kelebihan dan kekurangannya berikut ini. Bisa jadi pertimbangan bagi Anda yang sedang berburu printer.

Kuotabro.com – Anda sedang mencari review Canon MP237? Canon memang menajdi salah satu merk printer terbaik saat ini yang cukup dipertimbangkan.

Canon tidak pernah ketinggalan untuk menghadirkan berbagai inovasi terbarunya bagi para pelanggan setianya.

Melalui Canon PIXMA MP237, Canon menawarkan printer dengan berbagai keunggulan, salah satunya dari segi kecepatan cetak yang di atas produk sebelumnya.

Performanya yang dapat diandalkan untuk banyak pekerjaan, sehingga printer ini bisa jadi pilihan yang tepat digunakan untuk pribadi maupun skala perkantoran.

Bagi Anda yang sedang mencari produk printer dari Canon, berikut ini Kami akan memberikan review lengkap Canon MP237 beserta kelebihan dan kelemahannya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Review Printer Canon PIXMA MP237

Review Printer Canon PIXMA MP237

Printer ini menghadirkan pembaruan dari produk printer PIXMA yang sebelumnya yaitu MP287 dengan fitur-fitur yang lebih canggih tentunya.

Produk printer Canon PIXMA MP237 sudah dirilis sejak 2012 lalu namun masih menjadi idola di kalangan pemburu printer Canon karena harganya yang cukup terjangkau.

Canon PIXMA MP237 menjadi merk printer yang menjangkau segmentasi pasar tingkat low-end dengan kemasan yang sangat compact berbalut warna hitam glossy yang cukup elegan.

Kelebihan Canon PIXMA MP237

Canon PIXMA MP237 ini menawarkan laju transmisi data yang cukup tinggi meskipun kapasitas yang berukuran besar sekalipun.

Canon juga turut membekali produknya ini dengan aplikasi My Image Garden yang tersedia pada driver-nya untuk mendukung kreativitas user sesuai yang dibutuhkan dalam desain yang sederhana.

Sekilas, mungkin spesifikasi yang ditawarkan oleh printer ini sudah sebanding dengan kebutuhan pribadi Anda dengan mengusung resolusi 4800 x 1200 dpi.

Seperti pada kebanyakan printer Canon, untuk Canon PIXMA MP237 ini juga kembali menggunakan head print berteknologi FINE yang diusung oleh Canon.

Menggunakan teknologi cartridge hybrid yang memadukan 2 macam tinta pada kualitas cetakan yang lebih detail serta mempunyai resistifitas tinggi.

Canon PIXMA MP237 menawarkan hasil cetak yang cukup baik, termasuk bagi pengguna yang ingin menggunakan printer ini untuk mencetak foto.

Kelebihan lainnya yang bisa digunakan pada jenis printer dari Canon ini yaitu dapat digunakan untuk kebutuhan all in one yaitu untuk scan dengan tipe scanner alas datar, menggunakan metode CIS (Contact Image Sensor) serta resolusi optic 600 x 1200 dpi.

Selain scan, printer ini juga bisa diandalkan untuk copy dan kompatibel digunakan pada kertas berukuran A4/LTR/4×6” dengan tipe plain paper.

Untuk memenuhi kebutuhan multiple copy-nya, printer ini dapat melakukan fotokopi kertas warna maupun hitam max 20 halaman. Kompatibel digunakan pada Windows 2, 8, XP dan Vista. Selain itu juga dapat digunakan pada Mac OS 10.4.11-10.6, dan Vista SP2, SP3,7.

Kelemahan Canon PIXMA MP237

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, printer ini juga masih memiliki kelemahan yaitu tidak dibekali dengan fitur konektivitas. Namun sepertinya dengan kehadiran dari perangkat port USB 2.0 berkecepatan tinggi cukup bisa dimanfaatkan.

Canon PIXMA MP237 memilih kecepatan 7 ppm untuk print hitam putih dan 4,8 ppm untuk print warna.

Kecepatan cetak tersebut masih dinilai rendah atau standar dibanding printer lain. Namun meskipun begitu, printer ini cocok untuk kebutuhan rumahan dengan insensitas print yang tidak terlalu banyak.

Sementara itu, Canon PIXMA MP237 juga masih terbatas pada kapasitas 20 lembar saja. Sepertinya spesifikasi ini sebanding dengan harga yang ditawarkan karena murah meriah di bawah 1 juta.

Untuk pekerjaan yang sederhana, Anda bisa mengandalkan printer ini. Namun untuk pekerjaan yang berat seperti usaha percetakan, Anda tidak bisa mengandalkan printer ini.

Spesifikasi Canon PIXMA MP237

Secara lengkap, berikut ini spesifikasi dari Canon PIXMA MP237:

Tipe PrinterMultifungsi (All-in-one)
Resolusi Max 4800 x 1200 dpi
Print Head/ Ink
  • Type: FINE Cartridge
  • Total Number of Nozzles: 1472
  • Ink Droplet Size (min): 2pl
  • Ink Cartridge: PG-810, CL-811 (PG-810XL, CL-811XL Optional)
Kecepatan Cetak
  • Doc. Colour: ESAT: Approx. 4.8 ipm
  • Doc. Black/ White: ESAT: Approx. 7.0 ipm
  • Photo (4 x 6″) Borderless: Approx. 43 secs
Printable WidthUp to 203.2mm atau 8-inch

Borderless: Up to 216 mm (8.5-inch)

Printable AreaBordered Printing – Bottom margin: 5mm, Top margin: 3mm, Left/ Right margin: each 3.4mm (LTR/ LGL: Right: 6.3 mm, Left: 6.4 mm)
Recommended Printing AreaBottom margin: 32.5 mm

Top margin: 31.2 mm

Paper WeightRear Tray: Plain Paper: 64 – 105g/m2

Canon specialty paper max paper weight: Approx. 300g/m2  (Photo Paper Pro Platinum PT-101)

Print Head AlignmentManual
Ukuran KertasLTR, LGL, A4, A5, B5,  4 x 6″, 5 x 7″, 8 x 10″, Envelopes (DL, COM10)
Ink End SensorDot Count
Scan
Tipe ScannerFlatbed
Metode ScanContact Image Sensor (CIS)
Resolusi Optik600 x 1200dpi
Selectable Resolution25 – 19200 dpi
Scanning Bit Depth (Input/ Output)
  • Grayscale: 16 bits/ 8 bits
  • Colour: 48 bits/ 24 bits (RGB each 16 bits / 8 bits)
Kecepatan ScanningReflectives: A4 Colour / 300dpi: Approx. 14secs
Ukuran Dokumen MaxFlatbed: A4/ LTR (216 x 297mm)
Copy
Media KompatibelSize: A4 / LTR / 4 x 6″

Type: Plain Paper

Kecepatan Copy
  • Document Colour: FCOT: Plain Paper: Approx. 37secs
  • Document Colour: Continuous Copy: Approx.1.8ipm
Multiple CopyBlack or Colour: Max. 20 pages
Operation PanelWindows 8/ windows 10/ windows 7/  windows XP
InterfaceUSB 2.0 Hi-Speed
Sistem OperasiMicrosoft XP SP2,SP3, Vista SP2,SP3, 7

Mac OS 10.4.11 – 10.6

Dimensi (W x D x H)Approx. 444 x 329 x 153mm
BeratApprox. 5.3 kg

Harga Printer Canon PIXMA MP237

Dengan berbagai keunggulan dan spesifikas dari printer Canon PIXMA MP237 seperti yang sudah dijelaskan di atas, printer ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun menawarkan spesifikasi yang lengkap dan sebagai produk all in one, printer ini menawarkan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp 980.000 saja.

Dengan harga tersebut, printer ini memang cukup menjangkau kalangan menengah dengan kebutuhan print tidak terlalu tinggi.

Harga Printer Canon MP237 Bekas

Jika dirasa kemahalan untuk membeli produk Printer Canon MP237 yang baru, sebagai alternatifnya Anda bisa membeli yang bekas karena lebih terjangkau.

Harga printer Canon MP237 bekas dihargai mulai dari Rp 400.000, tapi tergantung dari kondisinya.

Biasanya untuk produk yang sudah minus, bisa lebih murah dari itu.

Tapi bagi Anda yang hendak membeli printer Canon MP237 bekas, sebaiknya cek betul-betul kondisinya. Jangan sampai Anda merasa dikecewakan atau tertipu jika ternyata banyak minusnya.

Misalnya dengan mengecek kondisi cartridge, head cartridge, tabung, dan lainnya.

Cara Install Printer Canon MP237 Tanpa CD

Apakah bisa menginstal printer Canon MP237 tanpa CD? Berikut ini Kami akan memberikan tutorialnya bagaimana cara instal printer Canon Mp237 dengan mudah meskipun tidak menggunakan CD Driver-nya. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah yang pertama, Anda perlu download terlebih dulu file driver dari Canon MP237 series MP Drivers Ver. 1.03. Jangan lupa untuk disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. Bagi yang menggunaka sistem operasi Windows 10/10 x64/8.1/8.1 x64/8/8 x64/7/7 x64/Vista/Vista64/XP maka bisa mendownload-nya melalui Link Ini.
  2. Jika sudah selesai mendownload, langkah berikutnya buka My Computer (bisa juga dengan menekan Windows + E secara bersamaan). Lanjutkan dengan klik kanan pada Computer dan pilih opsi Properties.My Computer
  3. Pada tampilan yang berikutnya akan muncul jendela System Information, klik pada opsi Device Manager di pojok kiri atas.Device Manager
  4. Anda akan melihat driver yang belum terinstall pada device printer MP237. Kemudian Anda klik kanan diatasnya dan pilih Update Driver Software .Update Driver Software
  5. Berikutnya, pilih “Browse my computer for driver software”, klik browse dan temukan file driver yang sudah Anda download pada langkah pertama tadi. Lanjutkan dengan klik Next kalau sudah ketemu.
  6. Pada tampilan yang selanjutnya, klik pilihan yang paling atas, kemudian klik Next. Kemudian sistem akan memulai instalasi driver, tunggu hingga proses tersebut selesai. Jika sudah selesai akan muncul jendela pemberitahuan atau notifikasi bahwa driver sudah berhasil diinstall.
  7. Selesai.

Untuk memastikan apakah sudah terinstal denagn baik, Anda bisa masuk ke Winows dan pilih opsi Devices and Printers. Disini akan muncul beberapa device, klik kanan pada device printer yang ingin dicek dan pilih Printer Properties.

Klik pada Print Test Page untuk melihat hasil cetaknya maka akan muncul notifikasi bahwa sedang dilakukan proses tersebut. Nah, dengan print tes page yang keluar dari printer tersebut maka bisa dilihat hasilnya. Itu berarti proses instalasi printer canon seri MP237 sudah berhasil dilakukan.

Kode Canon MP237 Error dan Cara Mengatasinya

Tak bisa dipungkiri bahwa menggunakan printer Canon dengan tipe-tipe tertentu sering mengalami masalah kode error. Hal itu juga bisa terjadi pada printer Canon Pixma MP237.

Kode tersebut biasanya muncul di layar desktop. Apabila Anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya, maka tidak perlu repot-repot untuk ke tukang service. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan printer Canon Mp237 maka wajib mengetahui daftar kode error yang bisa saja terjadi

Berikut ini beberapa error pada Canon MP237 dan bagaimana cara mengatasinya.:

  • Canon MP237 Error 1000 – (Printer is out of paper/ paper does not feed)
    error ini biasanya ditandai dengan blinking 2x pada printer Canon MP237. Sehingga untuk mengatasinya Anda harus masukkan kertas ke bagian rear tray. Setelah itu tekan tombol Hitam atau warna pada Printer Canon ini.
  • Canon MP237 Error 1300 – (Paper Jammed)
    error dapat terjadi dan ditandai dengan blinking 3x pada printer Canon MP 237. Bagi yang mengalami error ini maka cara mengatasinya dengan mengambil kertas yang menyangkut di printer.
  • Canon MP237 Error 1687 – (The FINE Cartridge is not installed properly)
    Kode error ini ditandai dengan blinking 4x pada Printer tersebut. Untuk mengatasinya yaitu dengan memastikan pemasangan cartridge sudah tepat dan sudah mengunci cartridge.
  • Canon MP237 Error 1401/ 1403/ 1485 – (The FINE Cartridge is not installed properly)
    Kode error ini ditandai dengan blinking 5x. Untuk cara mengatasinya denga memasang cartridge dengan benar. Tapi jika masih terjadi error tersebut, maka harus mengganti cartridge dengan yang baru.
  • Canon MP237 Error 1486, 1487 – (FINE Cartridge is not installed in the correct position)
    error ini disertai dengan blinking 7x. Bagi yang mengalami error ini maka bisa mengatasinya dengan memastikan bahwa pemasangan cartridge sudah benar. Tapi jika masih terjadi coba Anda ganti dengan cartridge yang baru.
  • Canon MP237 Error 1700 – (Ink absorber is almost full)
    Saat menggunakan printer Canon Mp237 mungkin Anda juga pernah mendapatkan error 1700. Biasanya error tersebut disertai dengan blinking 8x. Sehingga cara untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan head cleaning pada printer Canon MP237.
  • Canon MP237 Error 1686 – (The remaining ink level cannot be detected)
    Jika mengalami error ini, maka akan disertai dengan blinking 13x. Hal ini terjadi karena printer Canon MP237 tersebut tidak bisa mendeteksi level tinta. Maka cara mengatasinya dengan menekan tombol stop/ reset selama 5 detik untuk mengabaikan error tersebut.
  • Canon MP237 Error 1684 – (The FINE cartridge cannot be recognized)
    Jika Anda mendapatkan error 1684 maka akan disertai blinking 14x. Biasanya terjadi karena cartridge tidak terpasang dengan benar atau cartridge baru yang digunakan tidak kompatibel dengan printer Anda. Sehingga bperlu mengganti cartridge dengan yang baru.
  • Canon MP237 Error 1682 – (The FINE cartridge cannot be recognized)
    Error 1682 akan ditandai dengan blinking 15x. Jika mendapatkan error ini makacara mengatasinya dengan mengganti cartridge yang baru. Karena biasanya masalahnya terletak dari catridge lama yang sudah rusak.
  • Canon MP237 Error 1688 – (The ink has run out)
    Error ini ditandai dengan blinking 16x. Untuk mengatasinya cukup mudah, coba Anda tekan tombol stop/ reset selama 5 detik lalu cek apakah error masih ada atau tidak.
  • Canon MP237 Error 5100 – (Paper Jammed)
    Error terjadi dengan disertai blinking 2x. Untuk cara mengatasinya cukup dengan membersihkan kertas menyangkut pada printer.
  • Canon MP237 Error B200 – (Blinking 10x)
    Cara mengatasinya, Anda perlu mematikan Printer. Setelah itu cabut kabel power yang menyambung ke daya listrik dalam beberapa menit. Kemudian pasang dan nyalakan kembali printer tersebut.

Selain beberapa kode error di atas, Canon MP237 juga sering mengalami kode error berikut ini: 5B00, 6930, 6931, 6932, 6933, 6936, 5011, 5012, 5200, 5400, 5700,  6937, 6938, 6940, 6941, 6942, 6943, 6944, 6945, 6946, 6000, 6800, 6801.

Nah, jika mengalami salah satu dari beberapa kode error tersebut, maka bisa mengatasinya dengan mencabut kabel power printer canon yang menyambung ke data listrik dalam beberapa menit. Lalu coba Anda nyalakan kembali.

Error canon mp237 memberikan notifikasi pada penggunanya melalui blinking atau kelip lampu orange dengan jumlah sekian kali sesuai yang sudah disebutkan di atas. Ketika perangkat Canon MP237 dalam kondisi tersambung ke komputer maka akan ditampilkan juga notifikasinya beserta gambar penjelas di layar desktop.

Hitung jumlah kelip lampu maka anda dapat mencari tahu maksud dari kode error tersebut dan bisa segera mengatasinya tanpa harus datang ke service printer.

Akhir Kata

Itulah review Canon Mp237 beserta kelebihan dan kelemahannya. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992