2 Cara Cek Info GTK Belajar [Harus Login SIM PKB] Begini Caranya

Kuotabro.com – Sebelum membahas lebih dalam tentang login SIM PKB 2020 atau SIMPKB 2020 untuk mengeek Peserta PPG, Diklat PKB dan Cek Info GTK, mungkin kita bahas terlebih dahulu tentang SIM PKB.

SIM PKB (simpkb) atau SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan suatu sistem informasi manajemen yang terpadu pada sistem pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Adapun untuk PKB sendiri adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam rangka penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan dan kompentensi guru dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka.

Dengan adanya SIM PKB ini, memiliki beberapa manfaat yang saling terintegrasi seperti untuk Login Pretes dan juga Posttest PKB, Pretest PPG, cek SKTP guru dan juga mengecek hasil Pretest PPG.

Simpkb sendiri wajib untuk diikuti semua guru sejak Ditjen GTK menetapkan pengembangan Program Keprofesian di tahun 2017.

Harapannya adalah agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas kompetensi guru yang pelaksanaannya terintegrasi dalam SIM PKB.

Pentingnya SIM PKB

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa SIM PKb ini merupakan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sehingga didalamnya terdiri dari serangkaian sistem yang berkaitan dengan profesi guru.

PKB ini adalah bentuk pembelajaran yang berkelanjutan untuk guru sehingga bisa menjadi kendaraan utama dalam upaya untuk membawa guru pada perubahan yang diinginkan., yakni pengembangan profesi.

Tujuan akhir yang diharapkan melalui sistem yang terpusat dan terintegrasi ini adalah berkaitan denan keberhasilan siswa yang diajar oleh guru.

Para guru yang melakukan pengembangan profesi sudah pasti akan melibatkan serta meningkatkan kualitas pembelajarannya untuk menjadikan  siswa-siswa memiliki pengetahuan yang lebih, memiliki ketrampilan lebih baik dan juga mampu menunjukkan pemahaman yang mendalam terkait materi ajar.

Selain itu juga agar siswa dapat memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu untuk melakukannya.

Oleh karena itu, pengembangan keprofesian berkelanjutan setidaknya harus dilakukan berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan.

Kebutuhan yang dimaksud disini adalah segala kebutuhan yang dibutuhkan untuk mencapai dan/ atau menigkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi guru yang sudah ditetapkan.

Ini nantinya juga akan berpengaruh pada angka kredit untuk kenaikan jabatan atau pangkat dari fungsional seorang guru.

SIM PKB Menurut Permennegpan

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009, terkait Jabatan Fungsional Gutu dan Angka Kreditnya.

Maka PKB adalah unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru.

Namun juga tidak mengesampingkan dua unsur yang lain yaitu Pendidikan dan Pembelajaran serta tugas tambahan yang relevan.

Permennegpan pun juga telah menjelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan juga terdiri dari 3 komponen yaitu Pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Diklat guru saat ini menjadi salah satu kegiatan untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) gutu yang sudah masuk dalam komponen pengembangan diri.

Sehingga sejak 2017, GPO sudah berubah menjadi SIMPKB dan lamannya pun juga ikut berubah.

Oleh karen itu untuk mengakses laman tersebutk Anda harus melakukan login SIMPKB.

Untk kegiatan pengembangan diri ada dua jenis, yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru.

Kegiatan pengembangan diri diharapkan agar guru mampu mencapai kompetensi profesi yang mencakup kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial dan profesional seperti yang diamanatkan pada UU Nomor 20 Tahun 2008 terkait Sistem Pendidikan Nasional.

Cara Login SIM PKB

Mengapa setiap guru harus mengetahui cara untuk login SIM PKB? Ini karena SIMPKB menyediakan laman pengembangan bagi guru untuk dapat mengikuti diklat fungsional.

Pengembangan diri dan juga monitoring tersebut merupakan upaya dari seorang guru untuk meningkatkan profesionalismenya sebagai seorang guru.

Dengan demikian, mereka akan mempunyai kompetensi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam jangka panjang, diharapkan dapat melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya dalam bidang pembelajaran, termasuk tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah.

Login SIM PKB 2020 juga dapat digunakan untuk cek daftar peserta PPG 2020, cek peserta diklat PKB 2020 dan juga cek info GTK 2020.

Bagaimana Cara Login SIM PKB 2020?

Lalu bagaimana cara untuk login SIM PKB? Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Login SIM PKB 2019

  1. Pertama Anda masuk ke laman https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login
  2. Silahkan Anda masuk dengan email dan isi passwordnya sesuai password yang diberikan oleh dinas pendidikan atau bisa melalui ketua MGMP masing-masing, atau dengan menggunakan password yang dimiliki.
  3. Jika sudah, tinggal klik login.

Anda akan dibawa ke laman akun SIM PKB Anda.

Bagaimana Jika Belum Punya Akun SIM PKB?

Untuk login ke laman SIM PKB tentunya Bapak/ Ibu harus terlebih dahulu mempunyai akunnya, bagi yang belum punya akun silahkan register terlebih dahulu, caranya:

Cara Daftar Akun SIM PKB

  1. Masuk ke laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi
  2. Isi nomor perserta UKG dan tanggal lahir Bapak/ Ibu.
  3. Klik saya bukan robot lalu klik Register.

Catatan:

Jika registrasi tidak berhasil, hubungi Admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Kab/ Kota setempat atau Admin P4TK atau Ketua MGMP/ KKG/ GUGUSTK di wilayah kerja masing-masing, untuk meminta CETAK AKUN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan alternatif lainnya.

Bagaimana Jika Gagal Login SIM PKB 2020?

Mungkin beberapa pengguna mengalami kegagalan saat mengakses laman SIM PKB.

Biasanya kegagalan ini terjadi karena pengguna lupa dengan password, maka untuk mengatasinya, Anda bisa menekan tombol “lupa password” asalkan Anda masih aktif menggunakan email yang didaftarkan di profil GTK.

Gagal Login SIM PKB

Karena nantinya sistem akan mengirim reset password ke email tersebut.

Jika Anda mengalami masalah lainnya, mungkin bisa langsung saja ditanyakan ke operator sekola masing-masing bagian yang mengurusi SIM PKB.

Cara Cek No. UKG (SIM PKB – Pencarian Data GTK)

Jika Anda sudah berhasil login ke laman SIMPKB, maka disini bisa Anda gunakan untuk membuka layanan Info GTK dan Cek SKTP terbaru 2020.

Disini bapak dan ibu guru bisa mendapatkan fitur untuk mengakses info GTK dan Cek SKTP untuk mengecek kebenaran data.

Ini sangat penting untuk menghindari kesalahan data sebagaimana yang diinformasikan dalam sistem tersebut bahwa data yang terinput berasal dari data yang dikirim sekola melalui dapodik.

Sehingga untuk melakukan perbaikan data, bisa dilakukan melalui sekolah masing-masing karena sudah menjadi tanggung jawab pemilik data agar tidak terjadi masalah kedepannya.

Untuk sekedar mengingatkan, bahwa untuk penerbitan SKTP selain dari mengecek jam linier melalui login SIM PKB, sejak 2020 guru dan para OPS juga tidak boleh menganggap remeh terkait pengisian daftar hadir gutu secara online (DHGTK).

Pada Info GTK atau Cek SKTP pada poin 16 dinyatakan status keaktifan GTK menunggu penghitungan absensi di aplikasi kehadiran tersebut.

Jadi setiap sekolah yang belum mengisi absensi online ini, sebaiknya segera mengisi.

Sebagai informasi tambahan, bahwa saat ini untuk login SIM PKB bisa melalui laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk.

Cara Cek Nomor UKG atau GTK

  1. Masukkan nama GTK/ Nomor Peserta UKG.
  2. Klik provinsi sesuai regional daerah masing-masing, dan
  3. Pilih kota/ Kab, klik “Cari GTK”

Nah, mungkin itu saja yang bisa Kami sampaikan, dan harap berhati-hati karena banyak aplikasi Cek Indo GTK yang diketahui palsu atau abal-abal.

Video SIM PKB Guru Pembelajar

Bagi yang masih belum ngerti bisa cek video dibawah ini

FAQ

Apa Itu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan?

Yang dimaksud dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah sebuah program yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru, khususnya demi mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu oleh guru tersebut.

Apa itu SIM PKB?

SIM PKB adalah singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) Berkelanjutan. Menurut saya, PKB adalah sebuah program tindak lanjut dari hasil pemetaan kualitas guru dengan menggunakan instrumen Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilakukan pada kisaran tahun 2015 yang lampau. Hal yang menarik adalah di waktu mendatang seluruh proses pengembangan kemampuan guru akan dipusatkan pada kelompok/ komunitas guru setempat, tidak lagi berbasis sekolah.

Tujuan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Tujuan umum pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan secara khusus tujuan pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah sebagai berikut;

  • Meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan dalam peraturan perundangan yang berlaku.
  • Memutakhirkan kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk memfasilitasi proses pembelajaran peserta didik.
  • Meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.
  • Menumbuhkan rasa cinta dan bangga sebagai penyandang profesi guru.
  • Meningkatkan citra, harkat, dan martabat profesi guru di   masyarakat.
  • Menunjang pengembangan karir guru

Manfaat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Manfaat pengembangan keprofesian berkelanjutan yang terstruktur, sistematik dan memenuhi kebutuhan peningkatan keprofesian guru adalah sebagai berikut:

  • Bagi Peserta Didik. Dengan adanya pelaksanaan PKB, maka peserta didik memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang efektif.
  • Bagi Guru. Kepada guru dengan melaksanakan PKB (pengembangan keprofesian berkelanjutan) akan dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif  sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang.
  • Bagi Sekolah/Madrasah. Sekolah/Madrasah akan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas bagi peserta didik.
  • Orang tua/masyarakat memperoleh jaminan bahwa anak mereka mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif.
  • Bagi Pemerinta, dengan adanya PKB akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional.

Sasaran Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Sasaran kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah semua guru pada satuan pendidikan yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan/atau Kementerian lain, serta satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Siapa Saja yang Bisa Mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan?

Guru yang bisa mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ialah para guru yang:

  • Profil dari hasil UKG-nya menunjukkan ada 3-10 sepuluh kelompok kompetensi yang nilainya di bawah KCM, yaitu 65. apabila guru tersebut belum melaksanakan UKG atau sudah melaksanakan UKG tetapi dengan mata pelajaran/paket keahlian/jenjang yang tidak sesuai, maka guru itu diwajibkan untuk melaksanakan tes awal dengan memakai sistem UKG.
  • Telah terdaftar di dalam Komunitas GTK di dalam Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  • Berada di daerah yang mempunyai akses/jaringan internet (khusus bagi para peserta yang mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring dan daring kombinasi).
  • Menyatakan bersedia melakukan kegiatan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi. Sebab dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mengharuskan para peserta untuk menyelesaikan setidaknya ialah 2 kelompok kompetensi yang memiliki nilai paling rendah di dalam satu tahun program berjalan atau 2 modul prioritas yang telah ditentukan dengan menggunakan moda yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun.

Apa Alamat Resmi Website SIM PKB?

  • Untuk login https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login
  • Untuk Register https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi
  • Untuk Cek Data GTK https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk

Mengapa Guru Wajib Melakukan Verifikasi Dan Validasi (VerVal) Sekolah Induk Dan Mapel di SIM PKB?

Seluruh guru diharuskan untuk melakukan VerVal Sakolah Induk dan Mata Pelajaran di SIM PKB. Ini dilakukan guna untuk memastikkan agar tidak terjadi ketidaksesuaian/salah jenjang/mapel ketika melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Siapa Sajakah Yang Wajib Melaksanakan Tes Awal?

Tes Awal adalah sebuah ujian kompetensi yang dilaksanakan guna medapatkan Profil Kompetensi Guru.
Tes Awal ini WAJIB diikuti oleh para guru yang :

  • Belum mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015
  • Melakukan pemutakhiran terhadap Jenjang & Mata Pelajaran

Bagaimana Bila Proses Pengajuan Perubahan Data yang Dilakukan TIDAK Disetujui Oleh Pihak Dinas Pendidikan?

Apabila pihak Dinas Pendidikan TIDAK menyetujui pengajuan perubahan data yang Anda lakukan, maka anda akan diminta untuk melakukan pembatalan terhadap ajuan dengan cara klik tombol Batal Ajuan di dalam box yang tampil di halaman beranda.

Akhir kata

Nah mungkin itu saja dulu yang telah kita sampaikan mengenai Cara Login SIM PKB/ GTK Pembelajar semoga dapat dipahami dan bermanfaat untuk Bapak/ Ibu Guru semua.

Siva Nurikhsa

Mahasiswi asal Malang, Jawa Timur, yang kesehariannya tak pernah jauh dari layar laptop. Terima kasih telah membaca tulisan saya. :)

10 pemikiran pada “2 Cara Cek Info GTK Belajar [Harus Login SIM PKB] Begini Caranya”

  1. ASS WR WB
    Selamat Pagi salm sejahtera bwt kita semua
    Mohon izin apakah TPG 2017 Smt 1 TW 1 dan 2 masi bisa cair kami sangat prihatin sekali trims atas perhatiannya, MOHON PENCERAHAN YANG BERWENANG JJM 32 JAM LINIER 12 JAM WAKASEK 12 JAM Sehingga SKTP tidak keluar apakah mungkin kami jdi korban sistem yg sedang sinkronisasi,apakah yg linier harus 24 jam…

    Balas
  2. Saya belum mau terbuka dapodik nya Juli Desember tahun ini kalau Januari-Desember 2018 dulu tidak cair . akibat korban perment no 15 -2018 mohon ada solusi nya

    Balas
  3. Saya binggung dengan SIM PKB ini, saya sudah memiliki Email dan Passport SIM PKB awalnya saya buka SIM PKB bisa terbuka, saya mendaftar PPG 2019 setelah saya mendaftar saya keluar dari APP. SIM PKB. keesokan harinya saya buka untuk mengecek hasil di SIM PKB ternyata diminta passpornya lagi diulang ulang masih tetap di minta passportnya ini membuat aku bingguna mohon untuk dijelaskan agar saya dapat membuka sim PKB saya dan saya dapat mengetahui hasil Pemberkasan yang sudah saya kirim.

    Balas
  4. bapak ibu mau tanya..saya sudah pengajuan sampai sekarang kuk belum ada balasan berivikasi dari lpmp..mohon petunjuk?toh di sim gpo blom ada laporan..begitu jg sy sudah cetak pengajuan ..trima kasih

    Balas
  5. Saya dulu buka ingo gtk melalui sim pkb, dengan tautan info gtk, sekarang kalau kita klik tatan info gtk maka dibawa lagi ke account ptk, saya sudah tanya ke operator sekolah password dan user namenya. Dan sudah dikasih tahu, tapi ketika saya isikan sesuai yang diberikan operator sekolah, hasilnya adalah tidak ditemukan, password atau account salah. Ini sudah berbulan-bulan terjadi . Saya sudah infokan ke operator sekolah jawabnya mungkin ibu sudah ganti password, padahal saya belum pernah membuka account ptk sebelum beliau berikan akun dan passwordnya. Ketika saya minta supaya direset, beliau bilang tidak bisa, itu langsung sari pusat. Alhasil sampai sekarang saya tidak bisa melihat data saya di info gtk, setiap saya mau melihat data saya , saya harus seperti mengemis agar beliau membuka ptk saya lewat dapodik. Saya guru smk. Aprekan rekan guru bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan akun dan password ptk? Terimakasih atas bantuannya.

    Balas

Tinggalkan komentar