√ 2 Cara Cek Info GTK Terbaru Harus Login SIM PKB, Begini Caranya

Sebelum membahas lebih dalam tentang login SIM PKB 2019 atau SIMPKB 2019 untuk mengeek Peserta PPG, Diklat PKB dan Cek Info GTK, mungkin kita bahas terlebih dahulu tentang SIM PKB.

SIM PKB (simpkb) atau SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan suatu sistem informasi manajemen yang terpadu pada sistem pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Adapun untuk PKB sendiri adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam rangka penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan dan kompentensi guru dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka.

Dengan adanya SIM PKB ini, memiliki beberapa manfaat yang saling terintegrasi seperti untuk Login Pretes dan juga Posttest PKB, Pretest PPG, cek SKTP guru dan juga mengecek hasil Pretest PPG.

Simpkb sendiri wajib untuk diikuti semua guru sejak Ditjen GTK menetapkan pengembangan Program Keprofesian di tahun 2017.

Harapannya adalah agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas kompetensi guru yang pelaksanaannya terintegrasi dalam SIM PKB.

Pentingnya SIM PKB

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa SIM PKb ini merupakan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sehingga didalamnya terdiri dari serangkaian sistem yang berkaitan dengan profesi guru.

PKB ini adalah bentuk pembelajaran yang berkelanjutan untuk guru sehingga bisa menjadi kendaraan utama dalam upaya untuk membawa guru pada perubahan yang diinginkan., yakni pengembangan profesi.

Tujuan akhir yang diharapkan melalui sistem yang terpusat dan terintegrasi ini adalah berkaitan denan keberhasilan siswa yang diajar oleh guru.

Para guru yang melakukan pengembangan profesi sudah pasti akan melibatkan serta meningkatkan kualitas pembelajarannya untuk menjadikan  siswa-siswa memiliki pengetahuan yang lebih, memiliki ketrampilan lebih baik dan juga mampu menunjukkan pemahaman yang mendalam terkait materi ajar.

Selain itu juga agar siswa dapat memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu untuk melakukannya.

Oleh karena itu, pengembangan keprofesian berkelanjutan setidaknya harus dilakukan berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan.

Kebutuhan yang dimaksud disini adalah segala kebutuhan yang dibutuhkan untuk mencapai dan/ atau menigkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi guru yang sudah ditetapkan.

Ini nantinya juga akan berpengaruh pada angka kredit untuk kenaikan jabatan atau pangkat dari fungsional seorang guru.

SIM PKB Menurut Permennegpan

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009, terkait Jabatan Fungsional Gutu dan Angka Kreditnya.

Maka PKB adalah unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru.

Namun juga tidak mengesampingkan dua unsur yang lain yaitu Pendidikan dan Pembelajaran serta tugas tambahan yang relevan.

Permennegpan pun juga telah menjelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan juga terdiri dari 3 komponen yaitu Pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Diklat guru saat ini menjadi salah satu kegiatan untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) gutu yang sudah masuk dalam komponen pengembangan diri.

Sehingga sejak 2017, GPO sudah berubah menjadi SIMPKB dan lamannya pun juga ikut berubah.

Oleh karen itu untuk mengakses laman tersebutk Anda harus melakukan login SIMPKB.

Untk kegiatan pengembangan diri ada dua jenis, yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru.

Kegiatan pengembangan diri diharapkan agar guru mampu mencapai kompetensi profesi yang mencakup kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial dan profesional seperti yang diamanatkan pada UU Nomor 20 Tahun 2008 terkait Sistem Pendidikan Nasional.

Cara Login SIM PKB

Mengapa setiap guru harus mengetahui cara untuk login SIM PKB? Ini karena SIMPKB menyediakan laman pengembangan bagi guru untuk dapat mengikuti diklat fungsional.

Pengembangan diri dan juga monitoring tersebut merupakan upaya dari seorang guru untuk meningkatkan profesionalismenya sebagai seorang guru.

Dengan demikian, mereka akan mempunyai kompetensi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dalam jangka panjang, diharapkan dapat melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya dalam bidang pembelajaran, termasuk tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah.

Login SIM PKB 2019 juga dapat digunakan untuk cek daftar peserta PPG 2019, cek peserta diklat PKB 2019 dan juga cek info GTK 2019.

Bagaimana Cara Login SIMPKB 2019?

Lalu bagaimana cara untuk login SIM PKB? Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama Anda masuk ke laman dengan URL disini
  2. Silahkan Anda masuk dengan email (nomor peserta UKG guru) dan isi passwordnya sesuai password yang diberikan oleh dinas pendidikan atau bisa melalui ketua MGMP masing-masing, atau dengan menggunakan password yang dimiliki.
  3. Jika sudah, tinggal klik login.

Anda akan dibawa ke laman akun SIM PKB Anda.

Bagaimana Jika Gagal Login SIMPKB 2019?

Mungkin beberapa pengguna mengalami kegagalan saat mengakses laman SIM PKB.

Biasanya kegagalan ini terjadi karena pengguna lupa dengan password, maka untuk mengatasinya, Anda bisa menekan tombol “lupa password” asalkan Anda masih aktif menggunakan email yang didaftarkan di profil GTK.

Karena nantinya sistem akan mengirim reset password ke email tersebut.

Jika Anda mengalami masalah lainnya, mungkin bisa langsung saja ditanyakan ke operator sekola masing-masing bagian yang mengurusi SIM PKB.

Cek SKTP atau Cek Info GTK

Jika Anda sudah berhasil login ke laman SIMPKB, maka disini bisa Anda gunakan untuk membuka layanan Info GTK dan Cek SKTP terbaru 2019.

Disini bapak dan ibu guru bisa mendapatkan fitur untuk mengakses info GTK dan Cek SKTP untuk mengecek kebenaran data,

Ini sangat penting untuk menghindari kesalahan data sebagaimana yang diinformasikan dalam sistem tersebut bahwa data yang terinput berasal dari data yang dikirim sekola melalui dapodik.

Sehingga untuk melakukan perbaikan data, bisa dilakukan melalui sekolah masing-masing karena sudah menjadi tanggung jawab pemilik data agar tidak terjadi masalah kedepannya.

Untuk sekedar mengingatkan, bahwa untuk penerbitan SKTP selain dari mengecek jam linier melalui login SIM PKB, sejak 2018 guru dan para OPS juga tidak boleh menganggap remeh terkait pengisian daftar hadir gutu secara online (DHGTK).

Pada Info GTK atau Cek SKTP pada poin 16 dinyatakan status keaktifan GTK menunggu penghitungan absensi di aplikasi kehadiran tersebut.

Jadi setiap sekolah yang belum mengisi absensi online ini, sebaiknya segera mengisi.

Sebagai informasi tambahan, bahwa saat ini untuk login SIM PKB bisa melalui aplikasi berbasis Android.

Untuk melakukan cek info GTK bisa melalui  aplikasi info GTK sehingga bapak ibu guru tinggal menginstalnya di Android masing-masing.

Dari segi tampilan di aplikasi maupun di website sebenarnya tidak jauh berbeda, sehingga tidak akan menyulitkan pengguna.

Hanya saja, tampilan di Android justru lebih user friendly karena lebih ringan juga ketika digunakan.

Selain itu, aplikasi tersebut juga gratis untuk digunakan.

Nah, mungkin itu saja yang bisa Kami sampaikan, dan harap berhati-hati karena banyak aplikasi Cek Indo GTK yang diketahui palsu atau abal-abal.

Loading...
√ 2 Cara Cek Info GTK Terbaru Harus Login SIM PKB, Begini Caranya | siva | 4.5
error: Content is protected !!
IBX5AC5B1B595992