Komputer

Software Desain Rumah

Software Design Rumah
https://kuotabro.com
Avatar
Writen & Edited By Irfan

Berikut top rekomendasi software desain rumah PC ringan offline cocok untuk pemula lengkap dengan link download hanya DISINI bro!

Software Desain Rumah – Ingin jadi seorang arsitektur yang handal dalam merakit rumah masa depan ? Namun tanpa keahlian, tentunya membuat sebagian orang bakal mengalami kewalahan dalam mendesainnya.

Semakin maju nya jaman di teknologi yang canggih, sekarang sudah ada software untuk memudahkan kamu mendesain rumah, guys.

Tanpa memiliki keahlian dalam bidang arsitek, kamu bisa melihat tutorial di Youtube. Disana, punya beragam tutorial menarik dan konsep desain yang super gila. Selain bisa mencontek, juga mengembangkan konsep desain rumah masa depan yang kamu impikan.

Namun, apabila sudah memiliki keahlian tentu tinggal praktek, berinov nasi, dan kreatif untuk membuat sebuah rumah impian. Nah, jika kamu bingung atau engga tau apa nama dari software desain rumah saya punya beberapa daftarnya nih!

Yuk, simak selengkapnya dibawah ini yaa, guys!

Daftar Software Desain Rumah Terbaik

Ada banyak rekomendasi dari aplikasi untuk mendesain rumah sebenarnya, namun saya bakal berikan yang terbaik bisa kamu pilih nih.

Perlu diingat, bahwa yang saya berikan ini tidak urut mana yang paling terbaik ke terburuk. Jadi, kamu pilih sendiri yaa, guys. Tenang, untuk memudahkan mana yang cocok pada setiap software ini saya jelaskan secara singkat.

Berikut software desain rumah untuk perangkat PC / Laptop dibawah ini !

1. Home Designer Suite

software desain rumah

Home Designer Suit merupakan aplikasi desain rumah terbaik yang bakal membantu kamu untuk mendesain, merombak, atau merencanakan sebuah rumah.

Software desain rumah ini dengan fitur lengkap. Di mana bakal memudahkan kamu untuk merancang setiap bagian dari rumah dan lanskap dengan sangat rinci.

Dan pastinya bakal menciptakan cetak biru yang berkualitas tinggi.

Salah satu kelebihannya adalah memiliki fitur lengkap, termasuk House Builder Wizard, video tutorial dan user manual. Sementara kekurangannya adalah tidak memiliki wizard yang berfungsi khusus untuk membangun dapur.

Download Home Designer Suit

2. Microstation

software desain rumah

Microstation merupakan software yang berbasiskan grafik digunakan sebagai penggambaran 2D maupun 3D mirip seperti software AutoCAD.

Bahkan sistem cara kerja dari software desain rumah ini hampir sama dengan AutoCad. Namun, Microstation mempunyai kelebihan pada fitur yang lebih memudahkan pengguna untuk mendesign.

Aplikasi desain rumah untuk PC ini merupakan program CAD yang inovatif digunakan oleh para arsitek, engineer, kontraktor, dan profesional. Dimana untuk pekerjaan dalam bidang bangunan, proyek sipil, power plants, dan informasi geospasial.

Download Microstation

3. Revit Architecture

revit architecture

Aplikasi Revit dikembangkan oleh Autodesk untuk perangkat PC/Laptop. Di mana software desain rumah ini berfungsi untuk pembuat model bangunan yang ber-parametric 3D dan drafting 2D

Ada 7 kelebihan dari Revit menurut saya, antara lain :

  • Bisa mempercepat pekerjaan gambar.
  • Dengan komponen parametric, dalam proses perancangan akan pengguna bisa langsung menggunakan komponen sudah tersimpan dalam Revit.
  • Menyediakan aplikasi untuk memodifikasi bentuk geometri secara fleksibel.
  • Fitur interferensi checking, bisa mencegah bertemunya 2 material yang tidak sesuai.
  • Memiliki antar muka yang terpisah untuk setiap komponen.
  • Semua desain ang dihasilkan bisa di cetak dengan realistis seperti foto.
  • Fitur the Revit Building Maker berfungsi untuk mengubah suatu bentuk konseptual menjadi perencanaan bangunan.

4. Google Sketchup

google sketchup

Google Sketchup adalah salah satu program software gratis dari Google yang berbasis 3D. Di mana pada aplikasi ini bakal membantu menyempurnakan sebuah gagasan atau ide desain ke dalam model 3D, guys.

Akan tetapi, Sketchup bukanlah program CAD namun command yang menjadi lebih kompleks. Sehingga, memiliki kemampuan kreasi yang sangat tinggi.

Kelebihan Google Sketchup antara lain adalah mudah digunakan untuk pemula sekalipun, interface yang sangat menarik dan simple, bisa memodelkan segala sesuatu yang bisa diimajinasikan, dan masih banyak lagi,

Sementara kekurangan Google Sketchup antara lain adalah terjadi crash jika terdapat banyak permukaan patch dan vertex (terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3D max ke Sketchup) dan susah dalam pemodelan tingkat lanjut.

Download Google Sketchup

5. Punch Home & Landscape Design Premium

punch home landscape design premium

Punch Home & Landscape Design Premium memiliki banyak pilihan dukungan untuk mengajarkan kamu bagaimana menggunakan aplikasi ini.

Di mana kamu bakal dimanjakan dengan fitur dan alat-alat membantu dan membuat proses desain rumah menjadi cepat.

Salah satu kelebihan dari software desain rumah ini adalah pilihan dukungan dan antarmuka yang lebih bersih membuatnya mudah untuk digunakan dan dipelajari.

Sementara kekurangannya, kualitas alat desain dapur diantara software yang lainnya.

Download Punch Home & Landscape Design Premium

6. Autodesk Revit

autodesk revit

Autodesk revit merupakan produk gabungan dari AutoCAD dan 3dMax yang bisa membuat tampilan 2D dan 3D secara bersamaan.

Software desain rumah ini mempunyai tingkat kecepatan dalam kinerja lebih tinggi dari lainnya. Akan tetapi untuk masalah detailing tergantung dari pemakai.

Kelebihan dari Autodesk Revit adalah dengan komponen parametric, dalam proses perancangan pengguna bisa langsung menggunakan komponen-komponen yang sudah tersimpan dalam revit, seperti pintu, tekstur bahan dan furniture.

Sementara kelemahan dari Autodesk Revit adalah harga software ini bisa dikatakan cukup mahal.

Download Autodesk Revit

7. Home Designer Architectural

home designer architectural

Aplikasi perancang desain model 3D bangunan ini cukup mumpuni untuk rumah yang akan kita rancang. Desaigner profesional dan seorang pemilik rumah sanggup menggunakan aplikasi ini dalam bentuk indoor maupun outdoor.

Dengan software ini bakal membantu kamu dalam kustomisasi dalam gaya furnitur, rincian mudah baik itu dari segi biaya serta planning perencanaan rancangan anggaran biaya.

Salah satu kelebihan dari software desain rumah ini pada Library yang dikemas dalam satu bentuk furnitur, perlengkapan, dan tanaman. Di mana kamu bisa merancang ruang indoor maupun outdoor yang menarik.

Sementara kekurangannya, aplikasi yang ditujukan untuk seorang profesional. Sehingga untuk pemula ini membutuhkan fungsi dengan maksimal dan optimal.

Download Vectorwork Architecture

8. Vectorwork Architecture

vectorwork architecture

Aplikasi desain rumah kali ini tidak lah sesederhana untuk digunakan seperti software lain, namun melalui keterlibatan tenaga ahli mampu menghasilkan hasil proyek luar biasa.

Vectorworks Architecture terbilang software desain rumah yang sangat kompleks hampir sama dengan yang lainnya.

Software yang sangat cocok dan ditujukan oleh profesional, hal ini dikarenakan mempunyai tingkat kesulitan yang terbilang tinggal dalam penggunaannya.

Download Vectorwork Architecture

9. AutoCAD Architecture

autocad architecture

AutoCAD adalah salah satu software yang pernah mimin pakai loh, guys. Aplikasi desain rumah yang sangat kompleks menurut saya. Di mana tools yang disediakan lengkap.

Software desain rumah yang paling banyak digunakan oleh spesialis di dunia dan tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari AutoCAD Architecture diantaranya adalah dokumentasi penggunaan, penggambaran cepat dan efisien, fleksibilitas dan kepraktisan, ketepatan gambar/akurasi presisi, lingkup kerja luas tak terbatas, dan kompatibilitas pemakaian.

Sementara kekurangan AutoCAD Architecture adalah harga yang mahal (tapi kamu bisa mencoba gratis) dan kebutuhan hardware yang tinggi.

Download AutoCAD Architecture

10. Energy3D

energy3d

Energy3D merupakan software perancang gratis yang membantu kamu untuk membuat model bangunan, rumah, dan seluruh komunitas yang tampak 3D.

Ini adalah software cross-platform yang berfungsi pada Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi yang portabel, di mana tanpa memerlukan instalasi untuk membuat model bangunan 3D.

Ada fitur yang membuat software desain rumah ini memiliki kelebihan, diantaranya adalah :

  • Aplikasi Java portable yang dibuat menggunakan framework  Java.
  • Cetak model yang dibuat ke kertas dan kembangkan di dunia nyata.
  • Pemilihan objek paling penting seperti jendela, pintu, dinding, dan atap bisa digunakan dengan sangat mudah.
  • Hidupkan dan perlihatkan animasi matahari dalam melihat bagaimana model bakal terlihat.
  • Kamera mempunyai pilihan untuk tampilan samping maupun atas.
  • Mudah digunakan dan sepenuhnya gratis.
Download Energy3D

11. SoftPlan

softplan

SoftPlan merupakan salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan untuk semua kebutuhan dalam perancangan kamu, guys.

Software desain rumah yang mendukung pemodelan informasi gedung memberikan dokumentasi lengkap, real time perkiraan biaya reports, daftar bahan, dan 3 dimensi kemampuan perancangan.

Kelebihan dari SoftPlan antara lain :

  • Kemampuan parametric dan mengandalkan SoftPlan ini BIM.
  • Secara otomatis menghasilkan laporan energi REScheck TM.
  • Konten Impor dari Google Sketchup.
  • Impor/ekspor ke AutoCAD.
  • Buat rendering 3D berkualitas tinggi.
  • Membuat dokumen konstruksi sempurna.
Download SoftPlan

12. Chief Architect

chief architecture

Software desain rumah berikutnya terlihat profesional yang bisa membantu menghasilkan karya 3 dimensi. Aplikasi ini digunakan sebagian besar arsitek dalam merancang desain arsitektur 2D maupun 3D. Hal ini karena mudah digunakan dan hasilnya optimal.

Buat kamu yang ingin pake Energy3D wajib setidaknya memiliki RAM 2GB, Hard Disk 5GB, Processor 2.4 GHz, dan ditujukan perangkat Windows 7/8/8.1.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Chief Architect yaitu :

  • Mudah dan cepat dalam penggunaan.
  • Sudah tersedia banyak model interior pada aplikasi.
  • Tidak perlu keahlian khusus.
Download Chief Architect

13. ArchiCAD

archicad

Nah, ini salah satu software yang berbeda dengan aplikasi lainnya. Di mana menjadi salah satu aplikasi desain 3D yang cukup mumpuni bisa dikatakan sangat kompleks, loh.

Software desain rumah ini memungkinkan kamu untuk membuat, merancang, maupun mendesain dalam bentuk 3D, guys.

Apa sih kelebihan ArchiCAD dibandingkan Software CAD yang lain ?

  • Objek yang dilengkapi dengan parameter ukuran sangat detail, memudahkan user mendapatkan objek dengan ukuran yang benar-benar fleksibel.
  • Untuk kemudahan proses penggambaran, setiap lantai dipisahkan per layer secara otomatis.
  • Cukup mudah dipelajari, buku-bukunya sudah banyak beredar, pelatihan formal sudah tersedia, komunitas untuk berbagi ilmu sudah cukup banyak.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.
Download ArchiCAD

14. MyVirtualHome

myvirtualhome

Aplikasi desain rumah selanjutnya yaitu MyVirtualHome, merupakan software desain yang berkualitas dan kaya akan fitur untuk merancang bangunan berbentuk 3D dan rumah.

Aplikasi ini menyuguhkan semua jenis objek yang diharapkan dari kategori yang berbeda seperti outdoor, furniture, struktur, ruang, dan masih banyak lagi.

Download MyVirtualHome

15. DreamPlan

software desain rumah

Sesuai dengan namanya, DreamPlan adalah sebuah aplikasi yang bakal membuat kamu merancang rumah impianmu, guys.

Software desain rumah yang harus kamu coba nih ! Dimana kamu juga bisa melengkapi interior menggunakan aplikasi ini.

Selain bisa mendesain interior, juga bisa mendesain eksterior atau seperti taman, loh. DreamPlan ini ditujukan atau di sarankan untuk pengguna MacOS atau Apple.

Download DreamPlan

16. Sweet Home 3D

software desain rumah

Tidak hanya DreamPlan saja, software desain rumah terakhir ini adalah aplikasi open source yang berasal dari pengembang SourceForge,net.

Sweet Home 3D bisa kamu download versi gratis yang dapat digunakan pada perangkat Linux, MacOS, dan Windows.

Ada 2 yang bisa kamu pilih antara gratis atau berbayar. Jika versi gratis telah menyuguhkan sekitar 100 buah furnitur dan 26 tekstur. Sementara yang berbayar tentunya lebih, namun harganya Rp 195.000, guys.

Download Sweet Home 3D

Akhir Kata

Itulah diatas artikel kali ini yang bisa saya ulas mengenai software desain rumah terbaik di tahun 2020 ini wajib kamu coba. Mana yang terbaik ? semua tergantung kebutuhan dan keinginan kamu dalam merancang maupun mendesain rumah, guys.

Berikan pendapatmu di kolom komentar, dan tunggu artikel yang lebih menarik lainnya hanya di website ini yaa bro !

Tentang Penulis

Avatar

Irfan

Seorang rakyat jelata yang bercita-cita membahagiakan orang tua dengan hasil berkarya menulis, merangkum dari berbagai sumber.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992