Aplikasi Komputer Trik Kuota

Apa itu VPN, Cara Kerja VPN & Cara Mendapatkan VPN AMAN

Apa itu VPN
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang memberikan pengguna akses ke website secara aman dan pribadi. Ternyata Begini cara kerja VPN.

Kuotabro.com – Sebagai pengguna smartphone dan layanan koneksi internet mungkin kita pernah mendengar tentang PPN atau bahkan pernah menggunakannya.

VPN biasanya kita gunakan untuk mendapatkan akses jaringan lebih privat ketika mengakses situs-situs tertentu.

Apapun tujuannya, pernahkah anda dibuat penasaran Bagaimana cara kerja VPN?

Bagaimana suatu VPN dapat menyembunyikan identitas kita sebagai pengguna jaringan internet?

Dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap cara kerja VPN. Bagi yang penasaran yuk simak penjelasannya sampai selesai.

Apa itu VPN?

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara kerja VPN, mari pahami terlebih dahulu Apa yang dimaksud dengan VPN itu sendiri.

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi yang dapat memberikan pengguna akses ke website secara aman dan pribadi dengan mengubah jalur koneksi melalui server serta menyembunyikan pertukaran data di dalamnya.

Jadi sederhananya melalui komponen VPN ini memungkinkan anda untuk menggunakan koneksi atau server dari luar negeri.

Karena ada beberapa situs website tertentu yang tidak bisa diakses dengan server negara kita, sehingga harus diakali dengan menggunakan server luar negeri.

Namun dalam penerapannya VPN juga dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Baca Juga: Cara Internetan Gratis AXIS dengan TunnelCat VPN

Kelebihan dan Kekurangan VPN

KELEBIHANKEKURANGAN
Kerahasiaan data lebih aman.Koneksi lebih lambat.
Bisa mengakses website terblok.Koneksi tidak stabil.
Identitas IP asli tidak langsung diketahui.Konfigurasi manual cukup rumit.
Akses jaringan dari lokasi yang berbeda.Ada batasan penggunaan.

Cara Kerja VPN

Cara Kerja VPN

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan VPN, lalu bagaimana cara kerja VPN itu sendiri?

Sebenarnya cara kerja VPN sangat sederhana yaitu dengan melakukan enkripsi pertukaran data sebelum koneksi publik yang menyediakan akses internet membacanya.

Jadi ketika anda menggunakan koneksi internet dari VPN maka seperti mengakses internet melalui jalur khusus, apa tidak menggunakan jalur utama.

Server dari VPN akan bertugas meneruskan koneksi ke situs yang diakses pengguna. Dalam hal ini koneksi yang anda lakukan akan dikenali sebagai koneksi dari server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu atau di mana anda berada.

Sehingga pada koneksi internet di jaringan standar tanpa penggunaan VPN maka tidak akan ada enskripsi dan semua data yang terlibat dalam proses pertukaran data di dalamnya bisa saja dilihat oleh banyak orang.

Sedangkan ketika anda menggunakan VPN maka data akan dienkripsi oleh aplikasi dan akan dikirimkan melalui ISP ke server VPN.

Dalam hal ini VPN menjadi perangkat ketiga untuk menghubungkan jaringan Anda ke situs layanan online.

Manfaat Menggunakan Jaringan VPN

Melihat dari pengertian VPN dan bagaimana cara kerja VPN seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu ada beberapa manfaat  menggunakan jaringan ini.

Salah satu manfaatnya seperti melakukan remote akses yang mengizinkan pengguna mengakses internet menggunakan jaringan kantor dari mana saja selama terhubung internet.

Beberapa manfaat lainnya dari VPN diantaranya sebagai berikut:

ByPass

Dapat digunakan untuk mengakses situs yang terkena internet positif dari pemerintah karena dianggap membahayakan atau termasuk situs terlarang.

Pengamanan Data di Jaringan Publik

Manfaat VPN lainnya digunakan untuk melindungi pertukaran data ketika terhubung ke jaringan publik seperti WiFi atau jaringan yang tidak dapat dipercaya.

Mengamankan Informasi Pribadi Secara Anonim

Kegunaan VPN juga untuk menyembunyikan lokasi Anda secara real-time atau secara langsung sehingga tidak akan ada sembarangan orang yang dapat mengetahui lokasi anda berada ketika mengakses jaringan internet.

Data Dienkripsi

Bisa digunakan untuk mengenkripsi pertukaran data. Sehingga ketika seseorang melihat apa yang komputer kirimkan biasanya mereka hanya melihat informasi yang sudah terenkripsi bukan data mentahnya saja.

Enkripsi Informasi Perangkat

Menggunakan jaringan internet memungkinkan orang lain tidak dengan mudah mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan maupun apapun yang anda lakukan.

Cukup Amankah Menggunakan Jaringan VPN?

Mengingat bahwa menggunakan jaringan VPN berarti kita menggunakan jaringan yang ilegal, lalu apakah cukup aman menggunakan jaringan VPN ini?

Seringkali keamanan penggunaan jaringan VPN menjadi perdebatan dalam bidang IT.

Dari segi keuntungan VPN memang membuat koneksi internet kita lebih aman akan tetapi hal tersebut tergantung dari protokol yang digunakan untuk melakukan koneksi.

Namun sayangnya keamanan penggunaan VPN masih terhalang dua faktor utama yaitu batasan teknologi dan batasan hukum.

Yang dimaksud dengan batasan teknologi adalah limitasi yang digunakan untuk mengembangkan VPN seperti tipe protokol dan enkripsi yang digunakan.

Sedangkan batasan hukum yang dimaksud disini adalah kebijakan yang dapat mempengaruhi apa yang dapat dilakukan menggunakan teknologi tersebut. Belum lagi dengan peraturan perundang-undangan negara tempat server dan perusahaan yang menyediakan VPN.

Karena seringkali kebijakan perusahaan mempengaruhi cara mereka menerapkan teknologi dalam layanan mereka.

Jadi dapat dikatakan bahwa dalam penggunaan VPN untuk mengakses situs internet tidak sepenuhnya aman.

Namun penggunaan VPN sebenarnya lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi jaringan biasa.

Kapan harus menggunakan VPN? Ada beberapa alasan menarik kenapa Anda harus menggunakan jaringan ini, yaitu ketika:

  • Membantu anda untuk mendapatkan koneksi yang lebih aman ketika menggunakan jaringan Wifi publik
  • Mengenkripsi atau merahasiakan aktivitas anda di suatu situs website
  • Menyembunyikan aktifitas anda dari orang-orang yang diam-diam ingin mengetahui apa yang Anda akses
  • Untuk menyembunyikan lokasi dan mengizinkan Anda mengakses konten-konten yang di block oleh pemerintah Indonesia
  • Menjadikan anda lebih anonim di dalam situs website

Cara Mendapatkan VPN Gratis

Penggunaan VPN premium memang lebih disarankan karena sepertinya lebih aman daripada VPN gratisan.

Akan tetapi karena kendala biaya dan kita juga tidak terlalu sering menggunakannya, mungkin tidak masalah jika menggunakan VPN versi gratis.

Adapun Berikut ini beberapa layanan VPN gratis yang aman dan recommended untuk digunakan:

Hotspot Shield Free VPN Proxy & Wi-Fi Security

Hotspot Shield

Hotspot Shield adalah layanan VPN yang cukup populer dan paling banyak digunakan. Meskipun layanan ini memiliki fitur premium Namun ternyata ada versi gratis yang bisa diuji coba. Penggunaan VPN ini sangat cocok untuk mencegah situs yang mengandung Malware dan membawa anda pada koneksi yang berbahaya. Sayangnya untuk versi gratisnya hanya bisa mengkoneksikan untuk satu perangkat saja.

TunnelBear VPN

TunnelBear VPN

Tunnelbear adalah aplikasi VPN yang sebenarnya sangat sederhana namun cukup powerfull untuk digunakan. Tampilan dari VPN ini cukup user friendly sehingga mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun.

VPN ini juga menawarkan dua versi yaitu gratis dan berbayar. Namun untuk versi gratisnya hanya dapat digunakan sampai 500 MB penggunaan.

Hide.me VPN

Hide.me VPN

Rekomendasi VPN gratisan lainnya yang bisa anda gunakan adalah Hide.me, yaitu aplikasi penyedia internet dari Malaysia dan menyediakan puluhan server yang ada di dunia. Untuk versi gratisnya bisa digunakan hingga 3 GB setiap bulannya.

VPN Rekomendasi Yang Aman

VPN 1.1.1.1: Faster & Safer Internet

Cloudflare telah mengumumkan bahwa itu menambahkan VPN ke aplikasi resolver DNS 1.1.1.1 . Layanan 1.1.1.1 , yang pertama kali datang ke ponsel pada bulan November, saat ini berupaya untuk mempercepat kecepatan data seluler dengan menggunakan jaringan Cloudflare untuk menyelesaikan kueri DNS lebih cepat daripada jaringan seluler Anda yang ada.

Akhir Kata

Nah demikian itulah penjelasan lengkap tentang cara kerja VPN. Pada dasarnya VPN berguna untuk membantu Anda mengamankan koneksi yang sedang dilakukan.

Meskipun demikian masih memiliki beberapa kekurangan namun hal tersebut cukup wajar sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah aplikasi.

Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca yang belum mengetahui tentang VPN dan bagaimana cara kerjanya.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992