Komputer

10 WiFi Repeater Terbaik

WiFi Repeater Terbaik
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

WiFi Repeater berfungsi untuk memperkuat/ sebagai penguat sinyal wifi. Ini beberapa merk WiFi repeater terbaik 2019 dengan harga istimewa.

Kuotabro.com – Banyak orang yang mencari rekomendasi WiFi repeater terbaik. Alat ini berfungsi untuk mengatasi kesulitan mendapatkan koneksi wifi atau ketika WiFi berada diluar jangkauan.

Baik digunakan di rumah maupun untuk di kantor, WiFi repeater bisa membantu Anda mengatasi masalah koneksi.

Biasanya pada rumah dengan bangunan lebih dari 1 lantai umumnya pemancar WiFi akan kesulitan dalam menyebarkan sinyal ke semua pengguna. Inilah salah satu alasan mengapa WiFi repeater digunakan.

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi beberapa WiFi repeater terbaik dari berbagai merk.

Apa Itu Wifi Repeater?

Wireless Repeater adalah seperangkat atau alat yang digunakan untuk menerima sinyal yang berisi data di suatu jaringan.

Penggunaan alat repeater ini maka jangkauan jaringan akan lebih luas. Repeater membantu menerima sinyal dan kemudian dipancarkan kembali sinyal yang identik dengan sinyal.

Biasanya repeater akan memancarkan sinyal dengan frekuensi yang berbeda dari frekuensi sinyal asalnya.

Sehingga fungsi utama dari repeater yaitu untuk memperluas jangkauan jaringan wifi.

Cara Kerja Repeater

Cara kerja repeater dalam memperluas jangkauan jaringan wifi yaitu dilakukan dengan cara menerima sinyal data lalu dipancarkan kembali.

Sebelum sinyal dipancarkan kembali, sinyal tersebut masuk ke repeater akan diperkuat terlebih dahulu.

Repeater tersendiri memiliki dua jenis komponen untuk mendukung cara kerjanya. komponen pertama bertugas untuk menerima data sinyal dari transmitter sedangkan untuk komponen kedua bertugas memancarkan kembali data sinyal tersebut.

Akan tetapi sebelum sinyal tersebut dipancarkan kembali maka perangkat keras akan melakukan pengubahan frekuensi sinyal data yang dipancarkan menjadi lebih kuat.

Sehingga di sini sinyal yang dipancarkan kembali tersebut akan lebih kuat dengan jangkauan yang lebih luas.

Cara Memilih WiFi Repeater Terbaik

Suka kesel bukan dengan jaringan wifi yang sering terganggu atau tidak stabil? Apalagi jika anda berada di bangunan WiFi yang bersekat-sekat biasanya jangkauan sinyal wi-fi menjadi tidak stabil.

Faktor cuaca yang tidak menentu juga sering membuat kekuatan sinyal wifi naik turun.

Sehingga salah satu solusinya yaitu dengan memasang penguat sinyal agar lebih stabil serta bisa menjangkau area yang lebih luas. Namun sebelum Anda membeli WiFi repeater terbaik, pastikan memahami tips-tips berikut ini:

Memilih WiFi Repeater Sesuai dengan Kecepatan Komunikasi Router

Dalam memilih WiFi repeater maka harus disesuaikan dengan kecepatan komunikasi dari router induk. Umumnya kecepatan wi-fi standar adalah 433 sampai 867 mbps.

Namun ada juga yang kecepatannya lebih tinggi dari itu misalnya pada model high speed yang melebihi 1000 mbps pada 5 ghz.

Oleh karenanya apabila anda menginginkan internet yang cepat maka bisa memilih model high speed.

Mempertimbangkan Frekuensi WiFi Repeater

Terdapat dua jenis WiFi repeater yang dibedakan berdasarkan frekuensinya yaitu 2,3 GHz dan 5 GHz.

Untuk WiFi repeater dengan kekuatan 2,4 GHz maka bisa memperluas jangkauan WiFi pada ruangan dengan banyak sekat atau tembok. Sangat cocok digunakan ketika cuaca buruk. Namun kelemahan dari frekuensi ini sering terganggu oleh sinyal lain yang memiliki frekuensi yang sama.

Sedangkan untuk WiFi dengan frekuensi 5 GHz cenderung lebih sempit daripada WiFi repeater dengan frekuensi 2,4 GHz. Akan tetapi keunggulan dari frekuensi ini yaitu tidak mudah terganggu dengan frekuensi dari perangkat lain. Sehingga cocok digunakan untuk tempat tinggal atau pengguna yang hobi video streaming maupun game online.

Pertimbangkan Lokasi Instalasi WiFi Router

Sebelum Anda membeli WiFi repeater, pastikan terlebih dahulu posisi router dengan penggunanya.

Pastikan letak stop kontak untuk mencolokkan penguat sinyal atau wifi router tersebut. WiFi repeater sebenarnya tidak harus berada di dekat hotel atau bisa dipasang di mana saja asalkan ada stop kontak.

Ada dua jenis WiFi repeater yang bisa digunakan yaitu yang terpasang kabel atau tanpa kabel (wireless). Yang tanpa kabel tentunya lebih praktis namun dengan harga yang lebih mahal biasanya.

Periksa port LAN pada router

Apabila pengguna tidak menggunakan perangkat fasilitas WiFi maka sebaiknya perhatikan ada tidaknya port yang menghubungkan perangkat router atau wifi repeater.

Jadi sebelum menghubungkan perangkat yang tidak mempunyai fasilitas WiFi seperti komputer maupun televisi maka pastikan dulu keberadaan port LAN dan jumlah port LAN yang ada.

Fungsi dari port lan ini sebagai cadangan jika fitur WiFi di perangkat kerja mengalami kerusakan atau tidak bisa digunakan.

Rekomendasi WiFi Repeater Terbaik 2019

Bagi Anda yang mengalami masalah koneksi wifi dan ingin menggunakan wifi repeater, berikut ini kami memberikan beberapa rekomendasi WiFi repeater terbaik dari beberapa.

TP-Link TL-WA850RE

WiFi repeater dari tp-link ini dibuat untuk memperkuat sinyal WiFi dan memperluas jangkauannya. Didukung dengan kecepatan nirkabel mencapai 300 mbps sehingga dapat memaksimalkan koneksi wifi.

Sangat cocok digunakan untuk memaksimalkan video streaming, main game online maupun aktivitas internetan lainnya. Apalagi dengan desain nya yang mini sehingga memudahkan wifi repeater ini untuk diletakkan di mana saja. Dari segi pengoperasiannya juga cukup mudah.

Nama Wifi RepeaterTP-Link TL-WA850RE
Hargaยฑ Rp. 246.000

Huawei Wireless Range Extender

Huawei Wireless Range Extender

WiFi repeater ini merupakan router dan penguat sinyal yang ada dalam satu paket.

Sehingga dalam penggunaannya bukan hanya digunakan untuk penguat sinyal saja melainkan juga sebagai router. Hadir dengan desain yang pipih dan mungil serta dilengkapi dua antena internal yang ada di dalam perangkatnya.

Dalam penggunaannya cukup praktis dan bisa ditempatkan dimana saja.

Nama Wifi RepeaterHuawei Wireless Range Extender
Hargaยฑ Rp. 420.000

Mercurys MW305R

Mercurys MW305R

Penggunaan WiFi repeater yang satu ini lebih ideal bagi yang hobi main game online di laptop. dilengkapi dengan 3 buah antena yang dapat menguatkan sinyal dan juga meningkatkan sensitifitas penerimaannya.

WiFi repeater ini tersusun dari komponen komponen berkualitas termasuk penggunaan chipset MediaTek sehingga sangat ideal digunakan untuk main game online maupun streaming.

Dari sisi instalasinya sangat mudah dan sudah disediakan kepingan CD agar bisa instal otomatis.

Nama Wifi RepeaterMercurys MW305R
Hargaยฑ Rp. 125.000

Kextech Wireless WL0190

Kextech Wireless WL0190

Pengguna Windows 7 bisa memilih WiFi repeater yang satu ini. WiFi repeater ini dapat memperluas jangkauan WiFi hingga 10 m.

Selain itu juga mempunyai fungsi ganda yaitu selain digunakan untuk penguat WiFi pengguna juga bisa menggunakannya sebagai router biasa.

Nama Wifi RepeaterKextech Wireless WL0190
Hargaยฑ Rp. 136.000

KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater WL0189

KexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater WL0189

Masih satu merek dengan yang sebelumnya, untuk seri KexTech yang satu ini juga dapat digunakan sebagai WiFi repeater pilihan anda.

Sangat recommended untuk menstabilkan sinyal saat hujan deras. Desain nya sangat ringan dan mudah untuk dibawa kemana mana.

Bahkan dapat menjangkau sudut rumah maupun kantor yang tidak terjangkau oleh sinyal wi-fi dari titik akses. Ada dukungan Wi-Fi 802.11b/g/n yang memiliki kecepatan maksimal sampai dengan 30 Mbps serta frekuensi WLAN 2.4 GHz.

instalasi dari WIFI repeater ini juga lebih mudah serta tidak memerlukan penyettingan secara khusus. Meskipun dalam cuaca yang buruk, WiFi repeater ini mampu menstabilkan koneksi internet dirumah anda.

Nama Wifi RepeaterKexTech Wireless-N Wi-Fi Repeater WL0189
Hargaยฑ Rp. 168.900

Wavlink AC1200 Router Nirkabel Wi-Fi

Rekomendasi WiFi repeater lainnya yaitu produk yang satu ini dengan keunggulan dapat memaksimalkan sinyal meskipun out of range. Merk ini diketahui mampu memaksimalkan jaringan wi-fi ke tempat-tempat yang biasanya tidak terjangkau oleh koneksi wifi.

Sangat cocok digunakan untuk tempat tempat terbuka maupun untuk memperkuat sinyal WiFi publik sebagai fasilitas umum. Sehingga bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin memperkuat sinyal WiFi di tempat usaha dengan nuansa outdoor.

Penggunaan wi-fi repeater ini sangat mudah karena secara otomatis tersambung dengan router induknya. Dalam mengoperasikannya pengguna hanya perlu menekan tombol on dan off.

Dilengkapi dengan lampu indikator untuk memberitahukan sinyal wifi lemah atau mati.

Nama Wifi RepeaterWavlink AC1200 Router Nirkabel Wi-Fi
Hargaยฑ Rp. 413.000

Universal 300 Mbps Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi

Universal 300 Mbps Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi

Sesuai namanya, WiFi repeater ini cocok digunakan untuk memperkuat sinyal WiFi maupun Mifi. Selain itu sangat cocok digunakan untuk lingkungan perkantoran yang memiliki ukuran lumayan besar.

Selain berguna untuk memperluas jangkauan WiFi, alat ini juga dapat memperkuat sinyal koneksinya meskipun pengguna berada diluar access point WiFi.

kecepatan maksimum yang bisa dirasakan dengan menggunakan wifi repeater ini mencapai 300 mbps pada Network 2,4 GHz. Desain nya kecil dan mudah untuk dibawa kemana saja. Baik untuk penggunaan pribadi maupun bersama-sama sangat cocok memilih WiFi repeater ini.

Nama Wifi RepeaterUniversal 300 Mbps Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi
Hargaยฑ Rp. 279.000

WR01 Mini Portable

WR01 Mini Portable

Penggunaan WiFi repeater yang ini sangat simpel karena tidak memerlukan kabel tambahan. Mampu memberikan kecepatan data mencapai 300 mbps.

Bagi pengguna yang berada diluar akses WiFi biasanya masih dapat menangkap sinyal nya atau jika lipstik aksesnya terlalu jauh. Sangat cocok digunakan sebagai penguat sinyal ketika menonton atau streaming video.

Penggunaannya cukup dengan mencolokkan penguat sinyal ini ke stop kontak dan menekan tombol on. Cocok dipasang di tengah ruangan untuk memperluas dan meningkatkan kualitas jangkauan WiFi.

Nama Wifi RepeaterWR01 Mini Portable
Hargaยฑ Rp. 180.000

D-Link DAP-1320 N300 Wireless Range Extender

Merk WiFi repeater lainnya yang tak kalah bagus untuk dijadikan pilihan yaitu dari D-Link. Produsen perangkat jaringan ternama ini juga memberikan WiFi repeater berkualitas baik.

Didukung dengan kecepatan akses mencapai 300 mbps dengan harga yang sangat terjangkau. Sangat mudah dalam pemasangannya karena hanya perlu mencolokkan ke sumber listrik layaknya charger pada HP.

Nama Wifi RepeaterD-Link DAP-1320 N300 Wireless Range Extender
Hargaยฑ Rp. 359.000

Tenda A301 Universal Range Extender

Tenda A301 Universal Range Extender

Mungkin anda kurang familiar dengan merek WiFi repeater yang satu ini karena jarang terdengar di telinga masyarakat. Namun ternyata merk WiFi repeater ini juga bisa anda pertimbangkan sebagai salah satu WiFi repeater terbaik dengan harga terjangkau.

Menggunakan alat ini dapat membantu anda untuk meningkatkan kualitas koneksi wifi dan memperluas jangkauannya. Memiliki desain ukuran yang mini sehingga cukup fleksibel diletakkan di mana saja.

Nama Wifi RepeaterTenda A301 Universal Range Extender
Hargaยฑ Rp. 260.000

F.A.Q

Apa Itu Wifi Repeater?

Wifi Repeater adalah alat yang digunakan untuk menerima sinyal yang berisi data di suatu jaringan. Repeater membantu menerima sinyal dan kemudian dipancarkan kembali sinyal yang identik dengan sinyal.

Bagaimana Cara Memilih Repeater yang Benar?

  • Memilih WiFi Repeater Sesuai dengan Kecepatan Komunikasi Router
  • Mempertimbangkan Frekuensi WiFi Repeater
  • Pertimbangkan Lokasi Instalasi WiFi Router
  • Periksa port LAN pada router

Bagaimana Cara Kerja WiFi Repeater?

Cara kerja repeater dalam memperluas jangkauan jaringan wifi dilakukan dengan menerima sinyal data lalu dipancarkan kembali. Tapi, sebelum sinyal dipancarkan kembali, sinyal tersebut masuk ke repeater akan diperkuat terlebih dahulu.

Berapa Harga WiFi Repeater?

Mulai dari Rp 150.000 hingga yang paling mahal mencapai jutaan.

Apakah WiFi Repeater Dapat Meningkatkan Kecepatan WiFi?

WiFi Repeater bisa meningkatkan kualitas sinyal wifi.

Akhir Kata

Itulah penjelasan lengkap tentang WiFi repeater dan beberapa rekomendasi WiFi Repeater terbaik dari beberapa merk. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992