Komputer

Perbedaan MBR dan GPT

Perbedaan MBR dan GPT
https://kuotabro.com

Saat ini ada dua macam hard disk yang tersedia yaitu MBR (Master Boot Record) dan GPT (GUID Partition Table). Ketahui perbedaan MBR dan GPT pada rufus.

5/5 (16)

Kuotabro.com – Sudah tahu apa saja perbedaan MBR dan GPT? hard disk adalah salah satu partisi yang penting bagi sebuah laptop atau komputer.

Dengan hard disk maka memudahkan kita dalam melakukan manajemen penyimpanan data di komputer. Partisi pada hard disk berguna untuk mengelompokkan data di setiap partisi tersendiri.

Misalnya ketika kita membagi disk c untuk system atau program sedangkan di disk D untuk keperluan folder pekerjaan atau bisa juga membuat lebih dari 2 partisi.

Partisi sendiri adalah cara membagi storage secara logikal. Misalnya ketika kita mempunyai hard disk 500 GB maka kita dapat membagi hard disk tersebut ke beberapa bagian.

Berbicara tentang hard disk komputer, saat ini ada dua macam yang tersedia yaitu MBR (Master Boot Record) dan GPT (GUID Partition Table).

Kedua partisi harddisk ini memiliki sistem kerja yang berbeda dalam memetakan sektor hadits ke Logical Block Addressing (LBA) secara CHS (Cylinder Head Sector).

Bagi yang belum mengetahui perbedaan keduanya, berikut ini kami akan menjelaskan perbedaan hard disk MBR dan GPT secara lengkap.

Pengertian hard disk MBR dan GPT

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan hard disk MBR dan GPT, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian dari masing-masing jenis harddisk tersebut.

Pengertian MBR (Master Boot Record)

hard disk MBR (Master boot record) adalah standar partisi hard disk yang lama namun saat ini masih banyak digunakan di beberapa komputer yang bukan keluaran terbaru.

Dalam MBR ini hanya mengizinkan 4 primery partition sehingga jika pengguna ingin membuat partisi lebih dari 4 maka harus mengorbankan 1 primary partition dan dijadikan sebagai logical partition.

MPR menggunakan sistem 32 bit untuk merecord partisinya jadi setiap partisi tentunya ada batasannya. Untuk tatasan jenis partisi MBR ini hanya mencapai 2 terabyte.

Primary partition adalah satu-satunya tempat untuk menangani informasi di partisi. Sehingga jika suatu ketika terjadi kesalahan maka seluruh hard disk akan terkena dampaknya.

Pengertian GPT (GUID Partition Table)

hard disk GPT (GUID Partition Table) adalah teknologi baru dari partisi hard disk masa kini. Teknologi yang digunakan yaitu Global Enique Indentifier (GUID) yang digunakan untuk menerjemahkan partisinya. GPT juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari teknologi UEFI untuk menggantikan posisi BIOS.

Sehingga bagi komputer yang menggunakan mode uefi maka harus menggunakan partisi dari jenis GPT. ย Tentunya GPT ini memiliki banyak kelebihan jika dibanding pendahulunya MBR.

Dilihat dari sisi partisi primary GPT mengijinkan 128 partisi yang tentunya jauh lebih banyak daripada MPR yang hanya mengizinkan 4 partisi primer.

Untuk ukuran partisi dari GPT ini mencapai 9,44 ZB dimana 1 ZB setara dengan 1 juta TB.

Yang paling diunggulkan dari GPT yaitu adanya back up header dan tabel partisi di mana memungkinkan terjadinya recovery saat hard disk rusak atau corrupt.

Dalam beberapa kasus ketika instalasi Windows GPT hanya mendukung untuk USB dengan format FAT32. sedangkan untuk hard disk tipe yang sebelumnya hanya mendukung format NTFS.

Perbedaan hard disk MBR dan GPT

Perbedaan MBR dan GPT

Setelah mengetahui pengertian dari hard disk MBR dan GPT seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lalu apa saja perbedaan dari kedua jenis harddisk ini?

Tentunya dari segi spesifikasi dan fitur yang ditawarkan hard disk GPT sangat unggul dibandingkan MBR. Karena hard disk GPT adalah pembaruan dari hard disk MBR sehingga segala fiturnya lebih update dengan performa yang lebih tinggi.

Agar lebih jelasnya berikut ini beberapa perbedaan antara harddisk MBR dan GPT:

  • hard disk MBR hanya mensuport untuk 4 partisi primer sedangkan GPT dapat mensupport 128 partisi primer.
  • Kapasitas penyimpanan MBR sangat terbatas yaitu hanya 2 TB saja sedangkan pada hard disk GPT bisa mencapai 9,4 ZB.
  • Pada partisi MBR pengguna yang ingin membuat lebih dari 4 partisi maka harus mengorbankan satu partisi primer untuk dijadikan extended lalu dapat membuat banyak partisi logical. Sedangkan pada hard disk GPT tidak perlu melakukan hal-hal seperti itu.
  • Pada hard disk MBR hanya sektor pertama saja yang dapat menyimpan informasi mengenai partisi serta sistem operasi. sedangkan di hard disk GPT informasi tersebut akan di backup lebih dari satu kali sehingga dapat meminimalisir resiko jika sektor pertama rusak.
  • hard disk MBR dapat digunakan atau kompatibel untuk semua OS. Sedangkan jika ingin menjalankan hard disk GPT hanya dapat beroperasi di Windows 64-bit dan yang kompatibel saja.
  • hard disk GPT hanya mendukung booting untuk 32 bit dan hanya bisa dilakukan oleh Windows 8. Sedangkan untuk sistem operasi seperti Windows 7 Vista yang tidak memiliki dukungan booting 32 bit dari GPT.

F.A.Q

Apa Itu MBR?

hard disk MBR adalah standar partisi hard disk yang digunakan pada perangkat komputer keluaran lama namun saat ini masih banyak digunakan di beberapa komputer yang bukan keluaran terbaru. hard disk MBR hanya mengizinkan untuk 4 primary partition.

Apa Itu GPT?

hard disk GPT adalah teknologi baru dari partisi hard disk masa kini. Teknologi yang digunakan yaitu Global Enique Indentifier (GUID) yang digunakan untuk menerjemahkan partisinya. GPT juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari teknologi UEFI untuk menggantikan posisi BIOS.

Apa Perbedaan MBR dan GPT?

  • hard disk MBR mensuport untuk 4 partisi primer, GPT mensupport 128 partisi primer.
  • Kapasitas penyimpanan MBR hanya 2 TB saja sedangkan pada hard disk GPT mencapai 9,4 ZB.
  • hard disk MBR dapat digunakan atau kompatibel untuk semua OS. Sedangkan jika ingin menjalankan hard disk GPT hanya dapat beroperasi di Windows 64-bit dan yang kompatibel saja.
  • hard disk GPT hanya mendukung booting untuk 32 bit dan hanya bisa dilakukan oleh Windows 8. Sedangkan untuk sistem operasi seperti Windows 7 Vista yang tidak memiliki dukungan booting 32 bit dari GPT.

MBR dan GPT Bagus Mana?

Tentunya lebih bagus system hard disk dari GPT karena memiliki fitur yang lebih lengkap seperti partisi primer yang lebih banyak dan kapasitas mencapai 9,4 ZB.

Akhir Kata

Nah demikian itulah penjelasan tentang perbedaan hard disk MBR dan hard disk GPT. Sebenarnya fungsinya sama yaitu sama-sama sebagai media penyimpanan di komputer atau laptop.

Hanya saja fitur yang ditawarkan berbeda mengingat GPT adalah bentuk pembaharuan dari MBR untuk versi lama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hard disk GPT ini lebih unggul daripada MBR.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992