Elektronik Komputer Tips & Trik

9 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Mengatasi Hasil Print Bergaris
https://kuotabro.com
Nurikhsani S.I.Kom.
Writen & Edited By Nurikhsani S.I.Kom.

Printer Kamu bermasalah dan muncul garis/ putus-putus? Jangan buru-buru service, coba dulu cara mengatasi hasil print bergaris berikut ini.

Kuotabro.com – Banyak pengguna printer yang mengalami masalah masalah hasil print yang bergaris, sehingga membutuhkan cara mengatasi hasil print bergaris.

Tentunya dengan hasil cetak yang bergaris sangat mempengaruhi kualitas dari hasil cetakan. Apalagi jika dokumen yang kita prin tersebut sangat penting.

Hasil print bergaris sendiri ada yang ringan atau hanya satu garis, namun ada juga yang bergaris cukup banyak.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, tidak perlu khawatir. Karena dalam pembahasan kali ini Kami akan membahas secara lengkap beberapa cara mengatasi hasil print yang bergaris.

Penyebab Hasil Print Bergaris

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara mengatasi hasil print, sebaiknya ketahui dulu apa saja penyebab hasil print bergaris.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan hasil printer begaris:

Head Cartridge Tersumbat

Kemungkinann pertama mengapa hasil print bergaris yaitu karena bagian head cartridge-nya tersumbat. Bisa jadi karena printer sudah lama tidak digunakan sehingga menjadi penyebab tinta menggumpal. Bisa juga karena tabung infus-nya kotor oleh debu.

Timing Strip/ Encoder Yang Kotor

Bagian printer ini jika kotor juga bisa menjadi penyebab hasil cetak print yang bergaris. Misalnya ketika nge-print lalu ada kertas yang tersangkut, maka ini bisa menjadi penyebab encoder terkena tinta sehingga encoder jadi susah terbaca oleh mesin.

Tinta Tidak Tersalurkan Ke Cartridge

Masalah ini biasanya disebabkan oleh model printer infus dimana tinta sulit untuk tersalurkan ke catridge. Hal ini bisa terjadi jika bagian selang kemasukan angin sehingga menyebabkan tinta berhenti berjalan ke catridge. Sehingga akibatnya hasil cetak menjadi bergaris-garis atau putus-putus.

Umur Cartridge Sudah Usang

Hasil print yang bergaris juga bisa disebabkan karena umur catridge yang sudah usang atau sudah lama. Setiap catridge printer bawaan dan original memiliki batas maksimum pemakaian sehingga pengguna harus cermat untuk mengetahui usia catridge.

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Setelah mengetahui beberapa penyebab hasil print bergaris, lalu bagaimana cara mengatasinya? Jika Anda mengalami masalah seperti ini, maka tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi hasil print.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi hasil print bergaris:

Check dan Bersihkan Encoder Strip

Bersihkan Encoder Strip

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bagian Encoder printer yang kotor bisa menjadi penyebab hasil print yang bergaris.

Sehingga cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan Encoder. Bagian ini berbentuk mika panjang dan membentang di belakang catridge. Encoder berperan sebagai sensor sehingga jika kotor maka dapat mempengaruhi kualitas hasil print-nya.

Untuk membersihkan bagian ini cukup dengan menggunakan tissue secara perlahan. Jika memungkinkan, Anda bisa merendamnya dalam air hangat sehingga kotoran yang menempel akan lebih mudah dibersihkan, pastikan Encoder kering sebelum Anda pasang kembali.

Rendam Cartridge Dengan Air Hangat/ Air Alkohol

Rendam Cartridge Dengan Air Hangat

Metode ini diperlukan untuk membersihkan bagian cartridge menggumpal. Biasanya pada printer yang sudah tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan penggumpalan.

Sehingga sebaiknya jika anda memiliki printer maka untuk menggunakannya setiap hari paling tidak untuk mem-print 1 lembar.

Penggumpalan tinta tersebut akan menyebabkan hasil cetak yang kurang baik atau bergaris karena tinta yang menggumpal akan menutupi keluarnya tinta baru yang masih bagus.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mencabut bagian cartridge dan merendam bagian head-nya dengan menggunakan air hangat. Jangan merendam seluruh bagian cartridge. Beberapa teknisi juga menyarankan untuk menggunakan air alkohol.

Sedot/ Kuras Tinta dari Cartridge

Kuras Tinta dari Cartridge

Cara ini bisa menjadi tindak lanjut dari point kedua sebelumnya untuk mengoptimalkan kondisi tinta yang bermasalah karena penggumpalan.

Sehingga selain meredam bagian cartridge yang bermasalah maka anda perlu menyedot tinta hingga habis atau kosong.

Untuk menyedot tinta bisa menggunakan suntikan yang biasa digunakan ketika mengisi tinta. Sehingga di sini tidak disedot dari bagian atas cartridge atau menggunakan sedotan khusus.

Pastikan Tinta Mengalir Dari Tabung Infus Ke Cartridge Dengan Lancar

Pastikan Tinta Mengalir Dari Tabung Infus Ke Cartridge Dengan Lancar

Tinta yang tidak mengalir dengan lancar dari botol infus ke cartridge maka bisa menyebabkan ketidak sesuaian hasil cetak. biasanya masalah ini terjadi karena pasokan tinta tidak maksimal.

Apabila Anda menemukan aliran tinta dari tabung infus ke cartridge yang tidak lancar atau putus-putus coba cabut ujung selang yang menancap di cartridge.

kemudian sedot perlahan-lahan dengan itikad hingga tinta mencapai ujung selang dan masukkan ke lubang cartridge.

Lakukan Head Cleaning

Head Cleaning Printer

Cara yang selanjutnya untuk mengatasi hasil print bergaris yaitu dengan melakukan pembersihan bagian head.Head cleaning ini bisa diakses dari perangkat lunak printer management.

Caranya dengan masuk ke control panel lalu pilih hardware and sound. Setelah itu cari opsi device and printers. Jika sudah klik kanan pada printer yang dimaksud lalu pilih printing preference.

Setelah itu Anda buka tab maintenance, hampir semua jenis printer seperti Canon, Epson maupun HP sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Jalankan fitur head cleaning atau cleaning dandeep cleaning hingga selesai dan anda bisa mengulanginya hingga tiga kali. Tujuan dari cara ini untuk membersihkan bagian head dari cartridge dan melancarkan aliran tinta dalam cartridge.

Meningkatkan Kualitas Cetak

Meningkatkan Kualitas Cetak

Alternatif cara lainnya untuk mengatasi hasil print yang bergaris yaitu dengan meningkatkan kualitas cetakan menjadi high quality.

Dengan cara ini maka anda membuat kartrid ke bergerak secara berulang-ulang sehingga dapat meminimalisir hasil cetakan agar tidak bergaris.

Akan tetapi jika menggunakan cara ini maka akan membuat waktu untuk mencetak menjadi lebih lama karena cartridge akan bergerak secara berulang-ulang. Sehingga cara ini bisa digunakan jika anda sedang tidak terburu-buru mencetak.

Untuk meningkatkan kualitas print menjadi high quality maka caranya sangat mudah. Yaitu dengan menekan tombol ctrl+ P di keyboard

Langkah untuk meningkatkan kualitas print menjadi high sangat mudah sekali, yaitu :

Pertama kamu hanya cukup mengetik CTRL + P di keyboard kamu.Lalu pilih printer properties. pada bagian print quality Anda bisa mengubahnya menjadi high.

Ganti Cartridge Dengan Yang Baru

Ganti Cartridge Printer

jika dengan membersihkan bagian cartridge tidak membantu untuk mengatasi masalah print yang bergaris maka solusinya yaitu dengan mempertimbangkan cartridge ke yang baru.

Anda tidak harus mengganti dua-duanya, misalnya dengan mencoba untuk mengganti salah satu terlebih dahulu terutama pada cartridge itu yang bermasalah.

Beberapa merk printer seperti Canon di mana cartridge-nya menyatu dengan printer head maka jika bagian kepalanya tersebut rusak harus diganti dengan mengganti cartridge juga.

Sedangkan pada printer merk Epson bagian kepalanya terpisah dengan cartridge. Untuk merek yang lain silakan dicek sendiri.

Klaim Garansi

Klaim Garansi

Bila masih memungkinkan maka anda bisa mengklik garansi dari perangkat printer tersebut, terutama bagi Anda yang belum lama membelinya.

Biasanya untuk garansi produk printer yang dibeli kondisi baru maka akan mendapatkan garansi selama 5 tahun bahkan lebih. Sehingga telah memanfaatkan layanan garansi ini maka konsumen tidak harus membayar biaya perbaikan.

Dengan memanfaatkan layanan garansi ini bisa menjadi solusi teraman, karena printer anda akan ditangani langsung oleh ahlinya.

Menggunakan Cartridge yang Berwarna

Menggunakan Cartridge yang Berwarna

Cara lainnya untuk mengatasi hasil print bergaris yaitu coba menggunakan cartridge yang berwarna. Cara ini bisa dilakukan pada kondisi mendesak. Disini anda akan mengubah warna hitam dengan perpaduan warna yang menghasilkan warna hampir mirip dengan warna hitam tersebut

Biasanya jika anda sudah menggunakan beberapa cara sebelumnya namun tak kunjung mengatasi hasil print yang bergaris maka bisa dipastikan ada masalah atau kerusakan pada bagian cartridge printer.

Untuk menggunakan cara ini maka anda bisa masuk ke menu printer properties dan pilih menu maintenance. Di pilihan ink cartridge Anda ubah select the ink cartridge for printingjadicolor only.

F.A.Q

Mengapa Hasil Print Bergaris?

Ada beberapa penyebab mengapa hasil print bergaris, mulai dari masalah catridge yang tersumbat, head printer eror, dan lainnya.

Apa Saja Penyebab Hasil Print Bergaris?

  • Head Cartridge Tersumbat
  • Timing Strip/ Encoder Yang Kotor
  • Tinta Tidak Tersalurkan Ke Cartridge
  • Umur Cartridge Sudah Usang

Bagaimana Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris?

  • Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris
  • Rendam Cartridge Dengan Air Hangat/ Air Alkohol
  • Sedot/KurasTinta dari Cartridge
  • Pastikan Tinta Mengalir Dari Tabung Infus Ke Cartridge Dengan Lancar
  • Lakukan Pembersihan Head
  • Meningkatkan Kualitas Cetak
  • Ganti Cartridge Dengan Yang Baru
  • Klaim Garansi
  • Menggunakan Cartridge yang Berwarna

Akhir Kata

Nah demikian itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hasil print bergaris.

Apabila anda sudah mencoba berbagai cara di atas namun tak kunjung mengatasi masalah hasil print yang bergaris,maka bisa dipastikan bahwa printer Anda mengalami kerusakan.

Sehingga alternatif terakhir Anda harus membawa printer tersebut ke teknisi. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992