Tips & Trik

Cara Kompres PDF Online

Cara Kompress PDF Online
https://kuotabro.com
RezzaID
Writen & Edited By RezzaID

Berikut ini adalah artikel cara kompres PDF Online untuk memperkecil ukutan KB agar menjadi lebih kecil sesuai ukuran yang diinginkan.

Kuotabro.com – Anda sedang mencari cara compress PDF online? Cara ini memang lebih banyak digunakan karena pengguna tidak perlu menginnstal aplikasi apapun jika ingin meng-kompres file PDF atau mengecilkan ukuran PDF.

Bagi yang sering berkutat dengan paper, tulisan, tugas kuliah, pekerjaan atau lainnya berkaita dengan file PDF, mungkin sesekali Anda membutuhkan cara compress PDF online.

Karena dengan mengecilkan  file PDF tidak hanya untuk menghemat ruang penyimpanan saja, melainkan juga dalam beberapa hal file tersebut harus dikecilkan tersebut sebelum di-upload.

File dengan format PDF sendiri memang sering digunakan masyarakat, tentunya bukan tanpa alasan.

PDF adalah salah satu jenis file yang nyaman digunakan dan cukup ringan.

Dengan tampilannya yang sederhana serta mudah untuk dibaca, sepertinya tak heran jika banyak yang menggunakan file dengan format PDF.

Namun sayangnya, beberapa file PDF kita berukuran sangat besar, sehingga banyak memakan memori dan sulit untuk dikirim ke orang lain.

Belum lagi ketika mengirim via email yang pastinya memiliki batasan atau limit ukuran file yang bisa diunggah.

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui beberapa cara compress PDF online seperti yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

1. Cara Kompres PDF Online dengan Tool iLovePDF

Bisa dibilang, ini adalah tool terbaik dan paling banyak digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF atau compress PDF.

Bahkan tool ini menawatkan cara kompres file PDF dengan mudah tanpa mengurangi kualitas file PDF Anda secara signifikan.

Untuk keperluang mengecilkan atau compress PDF, Anda bisa mengandalkan website iLovePDF yang sebenarnya memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap.

Anda bisa memanfaatkan tool ini untuk keperluan editing file PDF karena fitur-fitur di tool ini sangat lengkap seperti kompres file, convert antar format file, memotong file, menggabungkan file dan masih banyak lainnya.

Untuk menggunakan tool online iLovePDF guna memperkecil ukuran file PDF, Anda bisa mengikuti caranya berikut ini:

  1. Langkah yang pertama, silahkan Anda mengunjungi alamat link dari iLovePDF. Kurang lebih tampilannya akan terlihat seperti ini.
    Cara Kompress PDF Online dengan Tool iLovePDF
  2. Setelah itu, Anda bisa langsung saja klik tombol “Select PDF File” tersebut untuk mulai mengupload file PDF mana yang akan Anda kompres.
    Kompress PDF Online dengan Tool iLovePDF
  3. Dengan menggunakan tools ini, Anda akan diberi 3 pilihan level kompresi, yaitu Extreme Compression (hasil kompres maksimal, kualitas PDF menurun), Recommended Compression (kualitas dan hasil compress seimbang) dan Less Compression (kualitas file PDF tinggi, namun hasil compress paling minimal). Sebaiknya Anda menggunakan pilihan default-nya yaitu “Recommended Compression”
  4. Setelah itu, Anda tinggal langsung mulai saja proses compress-nya. Lama atau tidaknya proses ini tergantung dari ukuran file Anda. Semakin besar ukurannya, tentu akan semakin lama proses konversinya.
  5. Apabila proses compressing sudah selesai, file PDF akan terdownloadn secara otomatis. Tapi jika belum, Anda bisa menekan tombol download-nya.
  6.  Selesai.

Sampai disini, Anda sudah berhasil untuk mengecilkan ukuran file PDF Anda dengan beberapa langkah mudah.

Dengan menggunkaan tools ini, tentunya tidak akan membuat kualitas file PDF Anda menjadi menurun meskipun ukurannya dikecilkan.

Selain memanfaatkan fitur ini, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur menarik lainnya di tool iLove PDF.

2. Cara Kompres PDF Online dengan Tool Small PDF

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, apapun bisa Anda manfaatkan secara gratis, termasuk mengecilkan ukuran PDF.

Jika dulu untuk mengecilkan ukuran file harus dengan bantuan orang lain dan menggunakan software tertentu, saat ini Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara kompress PDF online dan gratis tentunya.

Sehingga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan tool untuk kompres PDF, Anda bisa memanfaatkan tool Small PDF.

Mirip seperti tool online yang sebelumnya, SmallPDF juga menawarkan fitur untuk mengecilkan file PDF hanya dengan beberapa langkah mudah.

Agar lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

  1. Pertama, siapkan file PDF mana yang akan Anda kecilan dan silahkan Anda kunjungi situs smallpdf.com.
  2. Halaman muka dari tool online untuk mompress PDF ini cukup ser friendly, sehingga pengguna awam akan mudah menggunakannya. Tampilannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:
    Cara Kompress PDF Online dengan Tool Small PDF
  3. Akan muncul beberapa pilihan tool yang bisa Anda gunakan. Karena disini kita akan mengecilkan ukuran file PDF, maka Anda bisa memilih kolom “Compress PDF”. Tampilannya akan berubah menjadi seperti ini:
    Kompress PDF Online dengan Tool Small PDF
  4. Kompress PDF Online dengan Tool Small PDF4. Pada tombol “Choose File” tersebut, silahkan Anda klik untuk memasukkan file PDF yang akan dikecilkan. Anda bisa mengambil di memori internal perangkat, atau bisa juga melalui dropbox atau Google Drive.
  5. Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga proses upload file berjalan. Jika file berukuran besar, biasanya prosesnya juga agak lama.
  6. Proses compressing kemudian akan berjalan secara otomatis. Perhatikan gambar di bawah ini, bahwa file yang sebelumnya berukuran 272KB, setelah di compress menjadi 93 KB atau berkurang 65,84%.
    Kompress PDF Online Tool Small PDF
  7. Sampai disini, prosesnya sudah selesai. Anda bisa mengunduh file PDF yang sudah dikompress tersebut atau menyimpannya langsung ke Dropbox atau Google Drive.
  8. Selesai.

Mudah sekali bukan? Hanya dengan beberapa step saja, Anda bisa mengecilkan file PDF dengan cepat

3. Cara Kompres PDF Online dengan Tool PDF Compressor

Ada tool online yang tidak kalah populer lainnya yang bisa Anda gunakan untuk compress file PDF dengan mudah dan gratis.

Namun, tool ini agak berbeda dengan dua tool sebelumnya yang sudah Kami bahas.

Karena PDF Compressor memang hanya menyajikan fitur khusus untuk mengecilkan file PDF dan konversi antar file saja, sehingga Anda tidak akan menemukan fitur-fitur terlengkap lainnya layaknya seperti aplikasi sebelumnya.

Tampilan halaman muka PDF Compressor akan terlihat seperti ini, dimana Anda tidak akan dibawa ke laman lain melainkan langsung upload file PDf yang akan dikompress.

Cara Kompress PDF Online dengan Tool PDF Compressor

Pastikan Anda sudah menyiapkan file PDF mana yang akan dikompress.

Anda bisa menekan tombol “Unggah File” untuk mulai upload file.

Setelah file terunggah, proses compress akan berjalan secara otomatis, sehingga Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai muncul tombol unduh dah file yang sudah dikompress.

Kompress PDF Online dengan Tool PDF Compressor

Dari gambar tersebut terlihat bahwa file sudah berkurang hingga 66%.

Klik pada tombol “unggah file” tersebut untuk menyimpan file PDf yang sudah dikompress.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa cara compress PDF online yang bisa Anda gunakan, Anda bisa memilih salah satunya mana yang paling mudah.

Dengan menggunakan tool online tersebut, maka Anda tidak perlu menginstal aplikasi apapun ketika ingin mengecilkan ukuran file PDF.

Sebenarnya masih ada beberapa tool atau website lainnya yang bisa Anda gunakan, seperti:

  • PDFCandy.com
  • SodaPDF.com
  • Foxitsoftware.com
  • Freepdfconvert.com
  • Pdf2go.com
  • Sejda.com

Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi ketika harus mengecilkan ukuran PDF. Selamat mencoba dan semoga bermanfatat.

Tentang Penulis

RezzaID

RezzaID

CEO Kuotabro
Seorang Sarjana Ekonomi memiliki hobbi di dunia blogging, di kuotabro.com ia sebagai Editor-in-Chief.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992