Tips & Trik Uncategorized

√ 3 Cara Melacak HP Hilang, Akurat & Real Time!

cara melacak hp yang hilang

Kuotabro.com – Siapa sih yang tidak merasa kesal ketika ponsel atau smartphone kesayangannya kita hilang?

Entah karena memang benar-benar hilang atau karena dicuri orang lain tentu saja kita akan merasa panik jika ponsel kita hilang.

Apalagi jika di dalam ponsel tersebut ada banyak sekali data-data penting atau file-file pekerjaan yang belum sempat di back-up.

Pastinya kamu akan merasa panik ketika mengetahui ponsel kamu hilang.

Akan tetapi dengan perkembangan teknologi saat ini ternyata kamu bisa menggunakan trik untuk melacak HP yang hilang sehingga kamu tidak perlu panik.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara melacak HP Android yang hilang dengan mudah.

1. Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Cara melacak HP yang yang pertama adalah dengan memanfaatkan nomor imei.

Nomor imei sendiri merupakan sebuah nomor identitas untuk setiap ponsel.

Kamu bisa menggunakan nomor imei ini untuk melacak ponsel kamu yang hilang.

Sehingga pastikan kamu masih menyimpan nomor imei HP di mana nomor ini bisa kamu lihat melalui kardus HP yang biasanya ada di bagian belakang.

Setelah mengetahui nomor imei dari ponsel yang hilang, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melacak HP tersebut.

1 Jika kamu sudah mencatat nomor imei dari ponsel yang hilang tersebut, kamu bisa mengunjungi situs https://www.google.com/android/find?u=0. Situs ini menyediakan layanan untuk cek lokasi ponsel dengan menggunakan nomor imei.

2 Selanjutnya pada tampilan pertama situs tersebut kamu bisa menekan “Accept” lalu masukkan nomor imei dari ponsel yang ingin di lacak.

3 Untuk mulai identifikasi kamu bisa menekan tombol “Play Sound”, jika ponsel masih dalam keadaan aktif maka proses pelajaran akan segera dimulai. Tunggu hingga “Google location” melacak ponsel kamu.

4 Setelah Google menunjukkan titik lokasi ponsel berada, maka kamu bisa langsung menuju ke lokasi tersebut. Akan tetapi jangan lakukan dering terlebih dahulu agar pemegang ponsel tidak curiga. Apabila kamu sudah berada di dekat lokasi paling tidak berjarak 10 meter dari ponsel kamu, maka segera lakukan dering dengan keras untuk mengetahui lokasi tempat dimana ponsel Kamu berada.

Sampai di sini kamu sudah berhasil untuk mengecek keberadaan ponsel kamu yang hilang.

Akan tetapi cara ini hanya dapat bekerja apabila smartphone kamu pada posisi pengaturannya di opsi “Temukan Perangkat Saya” dalam keadaan aktif atau On.

Untuk kondisi default-nya memang selalu dalam keadaan on sebagai antisipasi jika perangkat hilang.

Jadi bagi pemilik pengguna smartphone yang belum mengaktifkan fitur ini sebaiknya segera diaktifkan.

Sehingga ke depannya jika ponsel hilang maka dapat dilacak keberadaannya dengan mudah.

Cara melacak HP yang hilang menggunakan cara ini terbukti dapat mengetahui titik lokasi tempat ponsel berada.

2. Cara Melacak HP Hilang Melalui GPS

Selain menggunakan nomor imei, kamu juga dapat menggunakan cara lacak HP hilang melalui GPS.

Setiap perangkat smartphone pastinya sudah terinstal secara otomatis aplikasi GPS ini.

Umumnya GPS digunakan sebagai fungsi navigasi, akan tetapi kini dapat digunakan sebagai sistem pelacakan.

Sehingga kamu dapat memanfaatkan fitur GPS untuk melacak ponsel yang hilang.

Bagi yang belum tahu silakan ikuti tutorialnya berikut ini:

1 Langkah yang pertama kamu bisa meminjami ponsel teman kamu atau bisa menggunakan komputer atau laptop. Lalu masuk ke laman wwwmgoogle.com/android/find.

2 Pada tampilan utama di laman tersebut kamu akan diminta untuk login dengan menggunakan akun Google. Silakan kamu login menggunakan akun Google yang terpasang di Smartphone yang hilang.

3 Setelah itu kamu juga akan diminta untuk memasukkan password dari email akun Google yang kamu masukkan tadi, jika sudah klik ‘masuk’ untuk melanjutkan.

4 Jika kamu memasukkan email sekaligus passwordnya dengan benar maka situs secara otomatis akan melakukan pelacakan keberadaan dari ponsel yang hilang tadi. Di mana lokasi ponsel akan ditampilkan dalam bentuk peta.

5 Langsung saja kamu menuju ke lokasi ponsel berada dengan memilih petunjuk arah.

6 Sama seperti yang sebelumnya, sebaiknya jangan deringkan ponsel terlebih dahulu untuk menghindari kecurigaan.

Fyi, cara melacak ponsel hilang dengan menggunakan cara ini akan tetap bekerja meskipun HP kamu dalam keadaan silent atau mode hening.

Bahkan dengan cara ini kamu dapat mengunci HP yang hilang serta memberikan pesan di layar HP tersebut.

Apabila kamu melakukan step by step cara diatas dengan benar maka kamu dapat mengetahui ponsel yang hilang secara tepat dan Real Time.

Tenang saja karena situs ini memang cukup akurat untuk mengetahui lokasi ponsel melalui akun Google.

Google sendiri menyediakan fitur ini akan bisa digunakan oleh para pengguna akun Google yang kehilangan ponselnya.

Bagaimana mudah sekali bukan? Sehingga saat ini aplikasi GPS tidak hanya berperan untuk navigasi saja melainkan juga dapat dimanfaatkan ketika kehilangan ponsel.

3. Cara Melacak HP Hilang Melalui Gmail

Tahukah kamu ternyata Gmail juga memiliki fitur untuk melacak ponsel yang hilang.

Jadi ketika kamu kamu kehilangan HP Android tidak perlu panik, kamu juga bisa menggunakan cara melacak HP dengan mudah menggunakan Gmail.

Langsung saja berikut ini langkah-langkah menggunakan Gmail untuk melacak HP hilang:

1 Pertama-tama kamu perlu memastikan bahwa kamu mengingat email serta password yang digunakan sebagai akun di ponsel Android yang hilang. Karena sudah pasti setiap smartphone menggunakan akun Gmail untuk menggunakan ponselnya.

2 Selanjutnya kamu bisa meminjam ponsel teman kamu atau menggunakan komputer untuk masuk ke akun Gmail melalui web browser.

3 Apabila sudah dibawa ke laman Sign In di Google, silakan login dengan akun Gmail yang aktif di ponsel hilang tersebut.

4 Setelah kamu berhasil masuk kemudian Klik tombol atau simbol “Strip Tiga” yang ada di pojok kiri atas laman Gmail. Kemudian Scroll ke bawah untuk melihat opsi “desktop”.

5 Di sini tampilan Gmail kamu akan berubah mode di mana dari mode mobile ke mode desktop, selanjutnya klik akun Google yang ada di pojok kanan atas.

6 Selanjutnya kamu akan dibawa ke akun Google dan Scroll ke bawah untuk memilih opsi “mulai” pada menu “Temukan Ponsel Saya”.

7 Pada tahap ini kamu bisa memilih opsi ponsel yang hilang. Kamu akan diminta memasukkan kembali password Gmail sebagai konfirmasi, lalu klik “temukan”.

8 Jika kamu melakukan step by step dengan benar, maka akan muncul tampilan berupa peta dan lokasi HP yang hilang.

Nah itulah tadi beberapa cara untuk melacak HP hilang dengan mudah.

Jadi bagi kalian yang merasa kehilangan HP tidak perlu panik, kamu bisa menggunakan salah satu cara diatas untuk mengetahui lokasi HP kamu berada.

Entah karena hilang atau dicuri orang lain, cara diatas dapat bekerja Jika kamu mengaktifkan mode “temukan perangkat saya”di HP Kamu

Beri Rating Artikel Ini:

Tentang Penulis

Siva Nurikhsani S.Kel.

Siva Nurikhsani S.Kel.

Halo, saya Siva. Seorang wanita yang besar dan tumbuh di salah satu kota kecil di Jawa Tengah. Kini berusia 24 tahun dan masih menata masa depannya
sebagai Sarjana Kelautan yang terjebak dalam dunia tulis menulis.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992