Tips & Trik

20+ Cara Mengatasi Request Time Out di Windows/ iPhone/ Android

Cara Mengatasi Request Time Out
https://kuotabro.com
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Punya masalah RTO saat main PUBG/ Free fire? Atasi masalah tersebut dengan artikel cara Mengatasi Request Time Out di android & iPhone/ windows 10.

Kuotabro.com – Banyak orang yang mencari cara mengatasi request time out karena memang masalah RTO ini cukup merepotkan.

Terutama yang sering menggunakan pink untuk koneksi internet, seperti yang banyak dilakukan oleh para gamers.

Khususnya bagi Anda yang sering mengalami masalah ini, tidak perlu khawatir karena dalam kesempatan berikut kami akan memberi penjelasan cara mengatasi request time out. Mari simak penjelasan lengkapnya.

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengatasi request time out, mari kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan masalah ini.

Pengertian Request Time Out (RTO)

Request time out adalah sebuah kondisi dimana ping tidak berjalan dengan normal atau ketika komputer tidak merespon ping sama sekali.

Masalah ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti:

  • Pemakaian bandwidth yang sudah penuh
  • Kualitas jaringan yang tidak baik atau tidak stabil
  • Situs website yang dikunjungi memiliki nilai tinggi sehingga ping timeout
  • Koneksi kepada IP terputus
  • Kemungkinan adanya virus atau worm
  • Terjadi masalah atau crash pada browser dengan program aplikasi yang ada di komputer seperti antivirus dan firewall.

Gangguan utama yang menyebabkan request time out adalah koneksi internet. Misalnya Ketika anda sedang membuka game online dan kualitas jaringan tidak cukup bagus biasanya setelah menunggu beberapa detik akan time out.

Karena koneksi internet sangat berpengaruh terhadap proses ping sehingga jika respon internet cukup lambat maka menyebabkan munculnya pesan RTO. Apalagi jika yang dituju letaknya cukup jauh, biasanya langsung time out

Selain itu jika alamat yang Anda tuju tidak aktif juga ditandai dengan time out. Biasanya masalah tersebut ditemukan pada website yang sedang sibuk.

Bahkan request time out juga bisa disebabkan karena masalah pada hardware terutama pada komponen LAN seperti kabel, router, switch dan lainnya.

Cara Mengatasi Request Time Out di Komputer

Untuk kalian yang sering mengalami masalah ini, berikut ada beberapa solusi untuk mengatasi request time out atau RTO:

Memastikan koneksi internet lancar

Memastikan koneksi internet lancar

Umumnya pink yang tinggi ditemukan pada koneksi internet yang tidak stabil alias lemot. untuk itu pastikan koneksi internet yang digunakan lancar atau memiliki respon ping yang rendah. Terutama jika server yang akan dituju letaknya sangat jauh maka jika internet tidak stabil secara otomatis terjadi RTO.

Pastikan Ping Stabil

Pastikan Ping Stabil

Meskipun koneksi internet anda lancar namun belum tentu kualitas ping-nya stabil. Karena ketika kecepatan internet cepat dan respon pink yang rendah kadang-kadang masih terjadi RTO. Sehingga solusinya harus mengecek terlebih dahulu respon pink apakah stabil atau tidak.

Pastikan server yang dituju aktif

Pastikan server yang dituju aktif

Server yang tidak aktif juga menjadi masalah munculnya notifikasi time out. Sehingga Anda juga perlu memastikan website yang dituju harus dalam keadaan aktif untuk merespon ping yang dilakukan oleh pengunjung.

Untuk mengeceknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, cara yang paling mudah yaitu melakukan ping ke alamat lain untuk menguji lebih lanjut. Cara ini berlaku jika sedang digunakan untuk membuka game online. Apabila server gangguan maka internet sulit terhubung atau menjadi disconnect.

Memastikan konfigurasi internet benar

Memastikan konfigurasi internet benar

Perlu diketahui juga bahwa konfigurasi internet bisa menjadi salah satu masalah koneksi jaringan mengalami gangguan dan menyebabkan ping terjadi RTO. Oleh karena itu anda perlu memastikan konfigurasi jaringan internet yang digunakan sudah benar masuk setting router sampai jaringan seluler.

Periksa Perangkat Internet Anda

Periksa Perangkat Internet Anda

Terakhir jika masih belum dapat mengatasi request time out maka anda bisa memeriksa perangkat internet yang digunakan. Karena bisa jadi perangkat internet anda yang mengalami error atau kerusakan sehingga koneksinya mengalami gangguan. Hal tersebut berdampak pada RTO atau tiba-tiba disconnect.

Untuk mengatasi hal ini juga bisa dengan mengganti perangkat internet, modem dan routernya.

Gunakan VPN 1.1.1.1

Gunakan VPN

Yang terakhir kalian bisa coba gunakan VPN, mungkin harus menggunakan IP luar Indonesia. Kami rekomendasikan menggunakan VPN dari cloudflare yaitu 1.1.1.1 ada aplikasinya di playstore. Kalau menggunakan PC/ Laptop bisa menggunakan ekstensi chrome yang bernama browsec.

Cara Mengatasi Request Time Out di Windows 10

Khususnya bagi para pengguna Windows 10, tak jarang juga mengalami masalah RTO alia Request Time Out. Pastinya sangat menyebalkan bukan? Ini beberapa cara mengatasi time out di Windows 10.

Mengubah Pengaturan Batas Waktu Default

Browser biasanya memiliki batas waktu untuk situs memberikan respon. Sehingga secara otomatis menampilkan peringatan ‘koneksi habis waktu’ atau time out, jika.

Ada cara untuk mengubah batas waktu default di Windows 10. Berikut ini caranya:

  1. Masuk ke Cari, ketik regedit. Kemudian buka Registry Editor.Mengubah Pengaturan Batas Waktu Default - Regedit
  2. Selanjutnya arahkan ke bagian berikut: HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Mengubah Pengaturan Batas Waktu Default - Hkey
  3. Kemudian pada bagian ini, tambahkan DWORD, lalu beri nama ReceiveTimeout . Tetapkan nilainya ke <number of seconds> * 100. Misalnya, jika ingin durasi waktu habis adalah 8 menit, tetapkan nilai entri ReceiveTimeout ke 480000 (<480> * 1000).ReceiveTimeout
  4. Selanjutnya, restart komputer Anda

Menyesuaikan Pengaturan LAN

Cara yang berikutnya adalah menyesuaikan pengaturan LAN Anda, jika ada masalah dengan koneksi yang Anda gunakan, berikut ini bisa Anda lakukan:

  1. Masuk ke menu Pencarian, ketik opsi internet , dan buka Internet Options.internet options
  2. Selanjutnya, buka tab Connections, lalu masuk ke LAN Settings .LAN Settings
  3. Berikutnya, Anda hapus tanda centang “Automatically detect settings”, dan centang padaUse a Server Proxy server…..Automatically Detect Settings
  4. Terakhir, restart komputer Anda.

Setelah itu, coba akses kembali situs  yang ingin Anda kunjungi. Setelah mengubah pengaturan LAN dan masih muncul masalahnya maka bisa mencoba solusi yang berikutnya.

Edit File Hosts Windows 10

Ada kemungkinan Anda telah memblokir situs web tertentu sehingga Anda tidak dapat mengaksesnya. Untuk memeriksa apakah Anda memiliki beberapa situs web ‘daftar hitam’, dan membuka blokirnya lakukan langkah-langkah ini secara hati-hati:

  1. Masuk ke lokasi ini: C: WindowsSystem32driversetc .
  2. Kemudian temukan file host, klik kanan, dan buka menggunakan Notepad.
  3. Di bagian paling bawah file, coba periksa apakah ada situs yang terdaftar. Jika ada situs yang terdaftar, silahkan Anda hapus.Edit File Hosts Windows 10
  4. Simpan file host

Memperbarui DNS dan IP

Hal lainnya bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Request Time Out Windows 10 adalah memperbarui DNS dan Alamat IP. DNS cache juga dapat menyebabkan kesalahan ‘koneksi habis waktu’, jadi kami akan menghapus cache untuk berjaga-jaga.

Untuk mengatur ulang cache DNS dan alamat IP, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada Start Menu, dan pilih Command Prompt (Admin) .
  2. Tambahkan perintah berikut, dan tekan Enter setelah memasukkan masing-masing:
    ipconfig /flushdnsConnection server timed out flush dns
    ipconfig /registerdns
    ipconfig /release
    ipconfig /renew
    Renew DNS and IP
  3. Setelah proses selesai, mulai ulang komputer Anda atau restart

Nonaktifkan Ekstensi yang Bermasalah

Banyak pengguna yang menggunakan berbagai ekstensi, tetapi terkadang ekstensi Anda dapat mengganggu peramban dan menyebabkan time out muncul.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda perlu menemukan dan menonaktifkan ekstensi yang bermasalah dengan melakukan hal berikut:

  1. Di browser Anda klik ikon Menu di sudut kanan atas. Pilih More Tools >> Extentions .Extensions
  2. Selanjutnya daftar ekstensi yang aktif sekarang akan muncul. Nonaktifkan semua ekstensi dengan menghapus centang pada kotak centang Enable di sebelah nama ekstensi.List of extension
  3. Setelah menonaktifkan semua ekstensi, mulai ulang browser Anda dan periksa apakah masalahnya masih muncul atau tidak. Jika tidak, Anda harus mengaktifkan ekstensi satu per satu hingga Anda menemukan ekstensi yang menyebabkan kesalahan RTO muncul.

Beberapa pengguna ada yang melaporkan bahwa ekstensi HTTPS Everywhere bisa menjadi penyebab masalah RTO. Jadi jika Anda menggunakannya, pastikan untuk menonaktifkannya dan periksa kembali apakah menyelesaikan masalah atau tidak.

Jika Anda sering menggunakan ekstensi yang bermasalah, sebaiknya perbarui ke versi terbaru.

Atur Ulang Browser ke Default

Saat Anda browsing dan mendapatkan pesan connection timed out, maka ada kemungkinan harus mencoba mengatur ulang pengaturan browser ke default.

Terkadang masalah ini dapat muncul karena konfigurasi browser Anda, dan untuk memperbaiki masalah tersebut disarankan mereset browser Anda ke default.

Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah ini:

  1. Klik pada ikon Menu di sudut kanan atas dan pilih Settings.Atur Ulang Browser ke Default
  2. Ketika tab Settings sudah terbuka, scroll ke bawah dan klik Advanced .
  3. Temukan opsi Reset dan klik pilihan tersebutReset
  4. Akan muncul pesan konfirmasi. Klik Reset untuk melanjutkan.Pesan konfirmasi Reset

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, browser Anda akan disetel ulang dan semua cookie, riwayat, dan ekstensi akan dihapus. Sehingga jika ada masalah terkait dengan konfigurasi browser Anda, pengaturan ulang akan memperbaikinya.

Menjalankan Browser Dalam Mode Kompatibilitas

Terkadang Anda juga dapat memperbaiki RTO hanya dengan menjalankan browser dalam mode Kompatibilitas. Bagiamana cara melakukannya? Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Temukan pintasan browser Anda dan klik kanan. Pilih Properties dari menu.Permintaan koneksi habis waktu properti Mozilla
  2. Jika jendela Properties terbuka, navigasikan ke tab Compatibility dan centang Run this program in compatibility mode for. Kemudian pilih versi Windows yang lebih lama. Sekarang klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.Waktu koneksi habis, jalankan program ini dalam mode kompatibilitas untuk windows 7

Setelah mengatur mode kompatibilitas, masalahnya sudah bisa diatasi. Ketahui bahwa Anda mungkin membutuhkan pengalaman pengaturan yang berbeda untuk menemukan pengaturan yang paling cocok digunakan.

Anda juga dapat menggunakan mode Kompatibilitas hanya dengan mengklik kanan browser Anda dan memilih Troubleshoot compatibility dari menu.

Menghapus Trusteer Rapport

Ada juga penyebab umum terkait munculnya pesan Connection timed out adalah aplikasi Trusteer Rapport .

Perangkat lunak tersebut menawarkan lapisan keamanan ekstra, tetapi banyak pengguna yang melaporkan bahwa aplikasi dapat mengganggu browser Anda dan menyebabkan kesalahan muncul.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, sebaiknya Anda menghapus instalan Trusteer Rapport sepenuhnya. Setelah menghapus aplikasi, biasanya masalah diselesaikan sepenuhnya.

Pastikan Telah Menggunakan Versi 64-bit

Sebagian besar PC saat ini mendukung build 64-bit, dan untuk mencapai kinerja maksimum disarankan menggunakan aplikasi 64-bit pada PC Anda.

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa pesan “Connection timed out ” saat menggunakan Chrome versi 32-bit pada Windows 64-bit.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, kami sarankan untuk menghapus browser Anda dan menginstal versi 64-bit sebagai gantinya.

Restart Router

Solusi lainnya mengatasi Connection timed out di Windows 10, mungkin dapat memperbaiki masalah tersebut hanya dengan me-restart router Anda.

Untuk melakukan itu, cukup tekan tombol daya pada router Anda untuk mematikannya. Anda dapat mencabut semua kabel dari router dan membiarkannya beberapa saat.

Sekarang coba sambungkan kembali semuanya dan tekan tombol daya untuk menghidupkan kembali router. Setelah melakukan itu, tunggu sampai router Anda mulai dan coba periksa apakah masalahnya telah teratasi atau belum

Ini adalah solusi sederhana dan beberapa pengguna mengatakan bahwa cara jitu ini cukup berfungsi dengan baik. jadi silakan mencobanya. Dalam beberapa kasus, pengguna menemukan bahwa router adalah masalah, solusi terakhi mungki Anda harus membeli yang baru.

Pastikan Browser Sudah Update

Masalah lainnya yang sering jadi penyebab Connection timed out adalah browser Anda sudah kedaluwarsa. Perangkat lunak yang ketinggalan jaman atau belum diperbarui sejak lama dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dan bug yang dapat memicu kesalahan lainnya muncul.

Jadi untuk memperbaiki masalah tersebut, pastikan browser Anda sudah update. Untuk memeriksa pembaruan di browser Anda, lakukan hal berikut:

  1. Klik ikon Menu di sudut kanan atas dan pilih Help >> About Google Chrome.About Google Chrome
  2. Setelah itu, Browser Anda akan memeriksa pembaruan dan menginstalnya secara otomatis.Pastikan Browser Sudah Update

Setelah Anda memperbarui browser, periksa apakah masalah masih muncul atau tidak. Jika masalah masih muncul, Anda mungkin harus mengunduh dan menginstal versi beta dari browser.

Misalnya dengan menginstal Google Canary yang menurut beberapa pengguna dapat memperbaiki masalah, jadi pastikan untuk mencobanya.

Hapus Data Penjelajahan Anda

Dalam beberapa kasus, pesan ” Batas waktu koneksi” dapat muncul karena cache Anda yang menumpuk. Untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda hanya perlu menghapus cache browser dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Klik tombol Menu dan pilih Settings . Jika tab Settings terbuka, scroll ke bawah dan klik Advanced .
  2. Scroll ke bawah ke bagian Privacy dan Security dan klik Clear Browsing Data .Clear Browsing Data
  3. Atur Clear the following items from ke the beginning of time. Pastikan bahwa Riwayat penjelajahan , gambar dan file dalam cache , Cookie dan data situs serta opsi data aplikasi Hosted telah diperiksa. Sekarang klik pada tombol Clear Browsing Data.Clear the following items from

Jangan lupa setelah membersihkan cache Anda, restart browser dan periksa kembali.

Menggunakan DNS Google

Jika Anda sering menerima pesan “Connection timed out” , mungkin biss memperbaikinya hanya dengan menggunakan DNS Google. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Tekan Windows Key + R dan masukkan ncpa.cpl .Kemudiant Tekan Enter atau klik OK .Windows Key + R
  2. Jendela Network Connections akan muncul. Klik kanan pada koneksi jaringan Anda dan pilih Properties dari menu.Network Connections
  3. Selanjutnya, pilih Internet Protocol Version 4 (TPC / IPv4) dan klik Properties .Internet Protocol Version 4 (TPC, IPv4)
  4. Jika jendela Properties sudah terbuka, pilih server Use the following DNS server. Sekarang masukkan 8.8.8.8 sebagai DNS yang dipilih dan 8.8.4.4 sebagai server DNS Alternatif . Klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut.Use the following DNS server

Selesai, sekarang coba cek apakah masih muncul pesan peringatan waktu habis atau tidak.

Nonaktifkan IPv6

Solusi terakhir untuk mengatasi masalah time out di Windows 10 yaitu dengan menon-aktifkan IPv6.

Karena terkadang pesan  waktu habis yang muncul di browser Anda jika IPv6 diaktifkan. Untuk memperbaiki masalah tersebut, pengguna disarankan untuk menonaktifkan IPv6.

Tenang saja, caranya cukup sederhana dan Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Sama seperti cara yang sebelumnya, tekan Windows Key + R dan masukkan ncpa.cpl. Kemudian Anda tekan Enter atau klik OK .
  2. Setelah jendela Network Connections Klik kanan pada koneksi jaringan Anda dan pilih Properties dari menu.
  3. Setelah jendela Properties terbuka, cari Internet Protocol Version 6 (TCP / IPv6) pada daftar dan hapus centang. Sekarang klik OK untuk menyimpan perubahan.Internet Protocol Version 6 (TC, IPv6)
  4. Setelah melakukan itu, restart PC Anda untuk menerapkan perubahan.

Setelah restart PC Anda, periksa kembali apakah masalahnya masih muncul atau tidak. Jika ada masalah baru muncul setelah menonaktifkan IPv6, pastikan untuk mengaktifkannya kembali.

Itulah beberapa cara mengatasi RTO di Windows 10 yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Request Time Out PUBG di Android & iOS

PUBG menjadi salah satu game Battle Royale yang banyak difavoritkan oleh pemain game Android. Namun sayangnya, saat main game ini tidak jarang mengalami Request Time Out. Anda juga termasuk?

Anda tidak sendirian, karena banyak juga pemain yang mengalami masalah tersebut.

Dalam panduan berikutnya ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memperbaiki Kesalahan Internet pada bug PUBG di aplikasi seluler dalam langkah mudah dan cepat

Mengapa terjadi eror di PUBG?

“Internet Error” pada PUBG terjadi setiap kali Anda tidak dapat terhubung ke server yang perlu disambungkan untuk bermain game.

Hal itu bisa terjadi karena server DNS yang digunakan yang mengalami masalah saat menyambung ke server game.  Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengubah server DNS dari yang Anda gunakan sekarang ke server yang lain.

Sebelum memulai, siapkan beberapa hal berikut ini:

  • Koneksi internet Anda berfungsi dan stabil.
  • Kecepatan dan ping internet Anda bagus untuk memainkan game online multi-pemain.
  • Anda tidak menggunakan jaringan seluler Anda untuk memainkan game. Ini menyebabkan masalah pada perangkat Android dan juga pada iOS.

Sekarang, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mulai memperbaiki kesalahan ketika masih game PUBG Mobile:

Mengatasi Request Time Out PUBG di iPhone

  1. Langsung ke Pengaturan aplikasi Anda dan kemudian ketuk pada menu Wi-Fi Anda (jadikan Mode Pesawat ).
  2. Di sebelah Wi-Fi Anda terhubung ke sekarang, ketuk simbol “i” biru kecil untuk memperbaiki kesalahan internet pada aplikasi seluler PUBG .
  3. Selanjutnya, gulir ke bawah ke bawah di bagian bawah DNS dan kemudian ketuk pada DNS Configure. DNS ConfugureCatatan: Di halaman Konfigurasi DNS Anda , di bagian atas pastikan Anda mengaturnya untuk Manual dan bukan Otomatis .Manual
  4. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan sekarang adalah perhatikan di bawah Server DNS, cukup geser dari kanan ke kiri pada pengaturan DNS lama untuk menghapusnya dan kemudian ketuk pada Add Server untuk menambahkan Google DNS atau OpenDNS :
    Google DNSOpenDNS
    8.8.8.8208.67.222.123
    8.8.4.4208.67.220.123
  5. Tekan Save (di sudut kanan atas) dan selesai.

Mengatasi Request Time Out PUBG di Android

Setelah sebelumnya membahas cara mengatasi internet eror di iOS, sekarang pengguna Android bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langsung ke Pengaturan aplikasi Anda, lalu ketuk pada Wi-Fi & Network .
  2. Sekarang ketuk dan tahan pada WiFi Network Name. (jangan mengetuk ikon kunci di sebelahnya)
  3. Anda akan melihat menu yang muncul. Ketuk pada Modify Network .
  4. Masukkan kata sandi untuk jaringan Anda dan kemudian ketuk Advanced Options .Advanced Options
  5. Selanjutnya, gulir ke bawah sampai Anda menemukan IP Settings. Ketuk IP Settings dan ganti DHCP menjadi Static .DHCP menjadi Static
  6. Langkah yang berikutnya, sekarang gulir ke bawah sedikit dan Anda akan melihat DNS 1 dan DNS 2 . Yang harus dilakukan di sini hanyalah memasukkan Pengaturan DNS baru Anda yang dapat berupa Google DNS atau OpenDNS. Misalnya berikut ini contoh pengaturnnya yang bisa Anda coba:
    Google DNSOpenDNS
    8.8.8.8208.67.222.123
    8.8.4.4208.67.220.123
  7. Setelah itu tekan Save/ simpan dan sudah selesai.

Sekarang, coba jalankan kembali PUBG Mobile Anda dan apakah kesalahannya hilang atau tidak. Cara tersebut sejauh ini cukup efektif untuk mengatasi internet eror di PUBGM. Semoga berhasil.

F.A.Q

Apa itu request time out (RTO)?

Request time out (RTO) adalah suatu kondisi dimana ping tidak berjalan normal atau ketika komputer tidak merespon ping sama sekali.

Apa saja penyebab request time out?

  • Utilisasi/pemakaian bandwidth sudah penuh.
  • Kualitas akses jaringan (wireless/wireline) kurang bagus.
  • Website yang dituju memiliki delay yang tinggi, sehingga ping timeout.
  • Koneksi ke IP tersebut putus.
  • Port di komputer tersebut ditutup.
  • Pengerimpingan kabel yang kurang bagus.
  • Panjang kabel yang over (idealnya 80m, tapi dibolehkan 100m).
  • Jangan melewati kabel yang bertegangan arus kuat (kabel listrik).
  • Perangkat hardware bermasalah pada switch atau NIC.
  • Ada kemungkinan virus /worm.
  • Ada crash dengan program2 yang ada di komputer/laptop seperti firewall, antivirus.

Bagaimana cara mengatasi request time out?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan, yaitu:

  1. Memastikan koneksi internet lancar
  2. Pastikan Ping Stabil
  3. Pastikan server yang dituju aktif
  4. Memastikan konfigurasi internet benar
  5. Periksa Perangkat Internet Anda

Apa yang dimaksud dengan destination host unreachable?

Destination Host Unreachable(DHU) adalah tidak meresponnya HOST ketika melakukan perintah PING, dan ketika host, jaringan, port atau komputer tertentu tidak dapat dijangkau.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan destination?

Destination (Destinasi) adalah tempat tujuan atau tempat tujuan pengiriman.

Akhir Kata

Nah demikian itulah informasi mengenai cara mengatasi request time out atau RTO pada ping. Sejauh ini beberapa cara diatas memang cukup ampuh mengatasi time out, terutama ketika main game online.

Dari beberapa penyebab RTO, memang yang menjadi faktor utama adalah koneksi internet. Jadi jika mau main game online dengan lancar, pastikan koneksi internet anda stabil.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992