√ 10 Cara Mengecilkan Ukuran PDF, Online + Offline

File dengan format PDF saat ini banyak digunakan untuk berbagai pekerjaan misalnya sebagai media untuk presentasi, bertukar informasi membuat buku panduan dalam versi digital atau untuk kepentingan lainnya.

PDF atau portable document format merupakan salah satu jenis format file yang mudah digunakan serta mudah dibaca.

Untuk membuat file PDF juga tidak sulit karena hanya membutuhkan beberapa klik saja.

Di sisi lain file dengan format PDF juga memiliki beberapa kelebihan salah satunya dapat dibaca secara multi-platform baik melalui komputer maupun smartphone.

Akan tetapi umumnya file PDF memiliki ukuran yang cukup besar karena memang kualitasnya yang sangat bagus.

Ketika ukuran file PDF yang terlalu besar mungkin terkadang akan menyulitkan kita saat ingin mengirim file tersebut melalui email atau menguploadnya ke suatu website untuk kepentingan registrasi online.

Misalnya ketika kita ingin mendaftar CPNS atau untuk kepentingan melamar kerja biasanya situs website memberikan batasan ukuran file PDF yang diupload.

Sehingga jika ukuran file PDF yang kamu miliki melebihi ketentuannya, mengharuskan kamu harus mengecilkan ukuran file PDF tersebut terlebih dahulu agar bisa di upload.

Di satu sisi jika file PDF ke ukuran yang terlalu besar maka ketika file tersebut dikirim melalui email dapat menyebabkan file menjadi rusak serta menyebabkan pemborosan kuota ketika file tersebut di upload.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut kamu perlu mengecilkan ukuran file PDF atau kompres kapasitas file PDF menjadi lebih kecil.

Misalnya jika semula ukurannya antara 1 Mb atau lebih, maka kamu bisa mengerjakannya hingga 200kb sampai 300kb.

Bisa juga tergantung dari ukuran file PDF aslinya.

Salah satu tujuan untuk mengecilkan file PDF ini juga agar tidak berat ketika dibuka.

Untuk cara mengecilkan ukuran file PDF sendiri sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara, baik secara online maupun secara offline.

Bahkan untuk melakukan cara mengecilkan ukuran PDF ini kamu juga tidak perlu membayar sepersen pun karena dapat dilakukan secara gratis

Misalnya dengan memanfaatkan layanan website yang memungkinkan kamu untuk melakukan kompres file PDF secara online.

Cara mengecilkan file PDF juga dapat dilakukan dengan software khusus dimana cara ini menjadi salah satu cara mengecilkan PDF offline.

Karena setiap aplikasi memiliki algoritma yang berbeda-beda sehingga hasil kompres file PDF pun juga berbeda-beda antara aplikasi satu dengan aplikasi yang lainnya.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini kami akan akan membagikan informasi beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF dengan beberapa langkah mudah.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Website

Cara mengecilkan ukuran file PDF melalui website sepertinya menjadi yang paling praktis dan simple.

Karena di sini kamu tidak diharuskan untuk menginstal software apapun.

Hanya saja karena caranya menggunakan situs website maka kamu harus menyediakan koneksi internet yang stabil agar proses kompres file PDF berjalan dengan lancar.

Untuk situsnya sendiri Sebenarnya ada beberapa situs yang menyediakan kompres file PDF agar ukuran file menjadi lebih kecil namun memiliki kualitas dokumen yang sama.

Berikut daftar situs kompres file PDF yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF:

Untuk menggunakan situs-situs website tersebut, kurang lebih caranya sama.

Namun untuk kalian yang masih bingung, disini kami akan memberikan tutori salah satu situs website untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan kualitas dokumen yang tetap sama.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecilkan PDF menggunakan situs ilovepdf.com:

1 Langkah pertama silahkan kamu masuk ke halaman situs ilovepdf.com. kurang lebih pada tampilan awal nya akan seperti gambar di bawah ini.

2 Selanjutnya silakan kamu pilih opsi compress PDF. Maka akan muncul halaman yang berisi compress-pdf untuk memasukkan file PDF yang akan di kecilkan ukurannya.

3 Langkah ketika silakan Masukkan file PDF mana yang akan kamu kecilkan dengan cara memilih select file.

4 Terakhir kamu tinggal tekan tombol compress file dan tunggu hingga proses mengecilkan ukuran PDF selesai dilakukan.

Sampai di sini kamu sudah berhasil mengecilkan ukuran file PDF yang besar dengan kualitas yang sama.

Untuk website ilovepdf.com sendiri tidak hanya berguna untuk mengecilkan ukuran file PDF saja, melainkan website ini dapat kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan seperti mers PDF, mengedit PDF dan untuk kepentingan lainnya.

Kamu bisa menggunakan salah satu dalil link website yang sudah disebutkan di atas untuk mengecilkan ukuran file PDF dengan beberapa langkah yang mudah.

Selain itu tutorial ini juga dapat kamu gunakan secara gratis tanpa harus membayar biaya bulanan dan tidak ada batasan halaman PDF yang dikompres.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan PrimoPDF

Ada alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan file PDF yaitu dengan menggunakan software.

Salah satu software yang kami rekomendasikan adalah Primo PDF.

Untuk menggunakan cara ini kamu memang perlu menginstal software nya terlebih dahulu namun tidak perlu khawatir Karena aplikasi ini memiliki berbagai fitur pilihan yang berkualitas.

Misalkan ketika kamu ingin mengecilkan ukuran file ebook, maka disarankan untuk menggunakan software ini.

Untuk itu langsung saja silahkan ikuti tutorial di bawah ini:

1 Pertama, kamu perlu memastikan terlebih dahulu sudah memiliki Adobe Reader atau Acrobat Reader untuk membuka file PDF.

2 Setelah itu kamu harus mengunduh software PrimopPDF lalu misalnya di komputer kamu. Berikut link untuk download PrimoPDF https://www.primopdf.com/.

3 jika aplikasi sudah diinstal maka kamu tidak perlu membuka aplikasi tersebut dan biarkan dalam keadaan tertutup.

4 Selanjutnya silahkan buka file PDF mana yang akan dikecilkan ukurannya menggunakan aplikasi ini.

5 Kemudian kamu bisa masuk ke menu file lalu pilih opsi print PDF

6 Selanjutnya di bagian printer kamu akan menemukan pilihan primopdf, klik pilihan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga primopdf muncul sendiri.

7 Apabila primopdf sudah muncul maka kamu bisa mengubah dan menyesuaikan pengaturannya. Pada tahap ini kamu sudah bisa menyesuaikan ukuran file PDF yang diinginkan termasuk jika ingin menjadi ebook maka Silahkan pilih menu ebook.

8 Langkah yang terakhir jika sudah selesai mengedit kamu bisa memilih create PDF.

Untuk software yang satu ini memang lebih cocok digunakan ketika untuk mengedit file PDF ebook.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan 4 Dots Free Compress

Ada alternatif super lainnya yang juga bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF tanpa merusak isi dokumen PDF tersebut.

Salah satu kelebihan dari software ini yaitu dapat mengompres lebih dari satu dalam satu langkah sekaligus.

Jika ingin menggunakan software ini silahkan ikuti tutorial di bawah ini:

1 Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi 4 dots free compress ini ke komputer kamu. Berikut link untuk downloadnya: https://download.cnet.com/s/4dots-free-pdf-compress/.

2 Setelah software tersebut terunduh dan terinstall di komputer kamu, langsung saja buka dan jalankan aplikasi tersebut.

3 kemudian silahkan pilih klik add File atau tombol + hijau di sudut kiri atas. Pada tahap ini silakan masukkan PDF yang akan kamu kecilkan ukurannya.

4 Tunggu beberapa saat hingga file masuk ke dalam aplikasi kemudian lihat bagian bawah ada kotak bacaan ‘compress’ image, atur dan sesuaikan sesuai selera atau keinginan kamu.

5 Jika sudah selesai mengatur maka terakhir klik compress. Silakan tunggu beberapa saat karena jika filenya terlalu banyak maka akan memakan waktu yang cukup lama.

6 Apabila sudah muncul pesan Operation completed successfully! Maka itu berarti full PDF sudah berhasil dikerjakan ukurannya atau dikompres.

7 Setelah itu langsung saja klik ok Maka akan muncul perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan compress.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan PDF Compressor

Ini juga software lainnya yang dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF sekaligus.

Akan tetapi jika kamu ingin mendapatkan hasil terbaik ketika menggunakan aplikasi ini, sebaiknya kamu memilih versi yang berbayar.

Karena software ini memang cocok untuk kalian yang terbiasa dan harus melakukan pekerjaan PDF compress.

Langsung saja ikuti step by step berikut ini:

1 Pertama-tama silahkan siapkan file PDF yang akan dikompres atau dikecilkan ukurannya dan jangan lupa untuk mengunduh dan menginstal aplikasi PDF compressor melalui Link http://www.pdfcompressor.org/.

2 Jika aplikasi sudah terpasang di komputer kamu lanjutkan untuk membuka dan menjalankan aplikasi tersebut.

3 Pilih PDF yang akan dikompres dengan cara klik add file

4 Jika file sudah dipilih, lanjutkan dengan klik compression settings untuk mulai mengatur dan menyesuaikan ukuran file yang diinginkan.

5 Apabila sudah selesai mengatur, langkah terakhir adalah klik start compression.

Sampai di sini kamu tinggal menunggu beberapa saat hingga proses kompresi sudah selesai dilakukan.

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Aplikasi Android

Tahukah kamu untuk mengecilkan ukuran file PDF tidak hanya bisa dilakukan melalui komputer saja.

Para pengguna Android smartphone dapat memanfaatkan aplikasi aplikasi kompres file PDF dengan lebih mudah dan simpel tentunya.

Dalam berbagai keperluan sehari-hari atau untuk urusan pekerjaan pasti ada saatnya ketika kamu memerlukan kompres ukuran file PDF.

Bagaimana jika sedang tidak membawa komputer?

Itulah mengapa kamu harus tahu beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk kompres file PDF yang dapat diinstal di ponsel Android.

Berikut 5 rekomendasi aplikasi kompres file PDF yang dapat digunakan secara gratis:

  • Compress PDF

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan untuk mengecilkan ukuran file PDF adalah aplikasi Compress PDF.

Tenang saja aplikasi ini sangat ringan digunakan karena memiliki ukuran yang sangat kecil yakni hanya berukuran 3,5 MB saja.

Sehingga dengan ukuran memori tersebut tidak terlalu memakan banyak memori internal ponsel.

Untuk urusan memperkecil ukuran file PDF aplikasi ini memang bisa diandalkan.

Namun sayangnya aplikasi ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak dapat menjamin semua file PDF dapat ditumpas dengan baik.

Selain itu cuma file PDF yang bisa dikecilkan ukurannya juga terbatas.

  • ILovePDF

Aplikasi lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF di ponsel Android yaitu ilovepdf.

Ternyata tidak hanya versi websitenya saja, ilovepdf juga menyediakan dalam versi aplikasi berbasis Android.

Aplikasi ini memang bisa digunakan secara gratis namun hanya untuk beberapa fitur tertentu.

Pengertian kita tahu bahwa ilove PDF memiliki banyak sekali fitur yang sangat bermanfaat.

Sayangnya untuk menikmati fitur fitur dalam aplikasi ini secara lengkap kamu diharuskan membeli versi premiumnya.

Akan tetapi tenang saja karena harganya cukup terjangkau yakni hanya 80 ribuan saja.

Di sisi lain ternyata aplikasi ilovepdf tersedia dalam 25 bahasa di seluruh dunia termasuk dalam bahasa Indonesia.

Kalian tidak akan bingung ketika menggunakan aplikasi yg baik untuk keperluan sehari-hari.

  • All PDF Reader

Tidak banyak aplikasi PDF lainnya yang dapat mengecilkan ukuran file PDF menjadi 100kb.

Tapi aplikasi ini mampu melakukan pekerjaan tersebut.

Bagi kalian yang membutuhkan ukuran file PDF yang sangat kecil Karena untuk alasan tertentu, Silahkan menggunakan aplikasi ini.

Salah satu keunggulan dari aplikasi All PDF Reader yaitu kamu tidak perlu menggunakan aplikasi lainnya untuk membaca file berformat PDF, karena melalui aplikasi ini juga kamu juga bisa menggunakannya sebagai adobe reader.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu memiliki tampilan user interface yang cukup friendly sehingga sangat memudahkan pengguna awam.

  • PDF Tools – PDF Utilities

Ini adalah aplikasi lainnya yang juga dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF namun dengan tetap mempertahankan kualitas PDF tersebut.

Apalagi diketahui aplikasi ini memiliki lebih dari 20 fitur yang bisa kamu gunakan untuk editing file PDF.

Misalnya jika ingin menambahkan Watermark di file PDF kamu atau memisahkan atau membagi file PDF menjadi 2 halaman, atau bisa juga digunakan untuk menggabungkan PDF menjadi satu

Meskipun aplikasi ini tergolong aplikasi baru dan belum banyak digunakan namun aplikasi ini sudah mendapatkan bintang 4 atau rating 4 ke atas.

  • PDF Utils

Ini adalah aplikasi lainnya untuk mengecilkan ukuran file PDF yang cukup worth it.

Karena aplikasi PDF Utils dapat digunakan secara gratis dan tidak memiliki tampilan iklan di dalamnya alias bebas iklan.

Ada banyak fitur yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi ini mulai dari mengompres File PDF, merotasi file PDF, menambahkan gambar atau tulisan ke dalam file PDF hingga menghapus halaman pada PDF.

Yang jelas aplikasi ini cukup recommended untuk digunakan.

Nah akhir kata, itulah tadi beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF melalui laman website maupun menggunakan aplikasi.

Ternyata untuk mengecilkan file PDF tidak hanya di bisa digunakan melalui komputer saja melainkan juga melalui smartphone.

Dengan begitu cara mengecilkan file PDF melalui smartphone sangat cocok digunakan untuk kalian yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya melalui ponsel genggam.

Sampai di sini apakah kamu masih bingung tentang cara mengecilkan file PDF?

Sebenarnya antara cara satu dengan cara yang lain memiliki tutorial yang hampir sama hanya saja setiap platform memiliki fitur yang berbeda-beda.

Memang untuk mereka yang menggunakan cara mengecilkan file PDF untuk keperluan yang rutin sebaiknya menggunakan software saja atau aplikasi berbasis Android.

Karena dan menggunakan aplikasi di Android cara mengecilkan PDF jadi lebih praktis.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kalian semua yang membutuhkan informasi cara mengecilkan Android dengan angka yang mudah.

 

Loading...
√ 10 Cara Mengecilkan Ukuran PDF, Online + Offline | siva | 4.5
error: Content is protected !!
IBX5AC5B1B595992