Tips & Trik

Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul

Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul
Siva Nurikhsa S.I.Kom.
Writen & Edited By Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Kuotabro.com – Hal yang paling menyebalkan ketika lagi asyik baca artikel lalu tiba-tiba ada iklan yang muncul di layar.

Meskipun keberadaan iklan sebenarnya sangat wajar mengingat dengan iklan dapat menghidupi suatu website, namun jika terlalu mengganggu bukankah justru membuat pengunjung tidak nyaman?

Ketika tiba-tiba pop-up iklan muncul saat kita sedang baca atau browsing di suatu situs atau aplikasi di ponsel Android, sudah pasti hal tersebut sangat menjengkelkan.

Apalagi jika halaman pop-up menutupi seluruh layar, atau ketika tiba-tiba muncul padahal kita sedang tidak menekan apapun.

Kini saatnya Anda mengetahui beberapa cara untuk menghilangkan pop-up iklan di Android agar tidak muncul lagi secara tiba-tiba.

Meskipun sebenarnya tidak ada satupun cara yang benar-benar efektif untuk menghilangkan 100% iklan di web browser.

Akan tetapi, Anda tetap perlu untuk melakukan pengamanan Android agar iklan-iklan dapat terkendali dan tidak mengganggu aktivitas Anda di Android.

Pengamanan tersebut juga bertujuan untuk menghindarkan ponsel Anda dari serangan dadakan ketika berselancar di Internet.

Cara Memblokir Iklan Pop-Up di Android via Web Browser

Ada dua cara memblokir iklan pop-up di Android via web browser yang akan dibahas disini, yaitu via UC Browser dan Google Chrome.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa kedua aplikasi tersebut paling sering digunakan untuk browsing oleh para pengguna internet.

Tapi, tenang saja, Chrome maupun UC Browser kedua sama-sama memiliki fitur ad-block untuk memblokir iklan melalui pengaturannya.

Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstal aplikasi apapun.

Memblokir Iklan di Chrome

Google Chrome menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer digunakan untuk berselancar di internet.

Namun sayangnya, keberadaan iklan seringkali mengganggu aktivitas kita di internet.

Anda bisa menggunakan tutorial berikut ini untuk menghilangkan iklan di Chrome dengan beberapa langkah mudah:

  1. Silahkan Anda membuka web browser Chrome melalui HP Anda. Biasanya setiap ponsel Android keluaran terbaru secara default menggunakan Chrome untuk berselancar.
  2. Lalu Anda bisa memilih More atau lainnya yang bertanda titik tiga bertikal di sebelah kanan atas layar. Dan masuk ke menu pengaturan atau settings
  3. Langkah yang berikutnya, coba gulirkan ke bawah hingga menemukan pilihan Pengaturan Situs (Site Settings), lalu tekan pilihan tersebut.
  4. Selanjutnya pilih pada opsi Pop-Up untuk membuka slider bagian pengaturan untuk menghilangkan pop up iklan di HP Android.
  5. Kemudian, tap tombol slider sekali lagi untuk menonaktifkan pop-up.

Memblokir Iklan di Chrome

Memblokir Iklan di UC Browser

Selain Chrome, UC Browser juga memiliki fitur untuk menghilangkan atau memblokir iklan di Android.

UC Browser juga menjadi aplikasi browser yang cukup populer dan banyak digunakan selain Chrome karena kemampuannya untuk menghilangkan iklan serta memiliki user interface yang ramah.

Web browser ini cukup bisa diandalkan untuk menjelajahi berbagai sius di internet tanpa adanya gangguan dengan pop-up iklan-iklan yang mengganggu.

Untuk menghilangkan iklan di UC Browser, Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

  1. Langkah yang pertama, silahkan Anda masuk ke UC Browser yang sudah terinstal di ponsel Anda
  2. Lalu pada bagian bawah tengah ada ikon tiga garis, masuk ke menu settings dan pilih Add-Ons.
  3. Kemudian, Anda bisa mengaktifkan Ad Block dengan cara memilih opsi Ad Block dan aktifkan Ad Blocker dan Powerful Ad Blocker. Fitur ini bertujuan utnuk memblokir segala jenis iklan yang muncul selama Anda browsing dengan menggunakan UC Browser.

Memblokir Iklan di UC Browser

Sampai ke langkah yang ketiga tersebut, Anda sudah berhasil menghilangkan iklan pop up yang tiba-tiba muncul di HP Android ketika sedang  browsing.

Meskipun tidak bisa benar-benar 100%, namun kedua cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul tersebut cukup efektif untuk memblokir spam iklan.

Cara Memblokir Iklan Pop-Up di Android dengan Aplikasi

Iklan yang tiba-tiba muncul di layar sudah pasti mengganggu dan seringkali membuat kita kesal, apalagi saat sedang asyik melakukan aktivitas tertentu.

Selain memblokir iklan pop-up di Android dengan menggunakan pengaturan di web browser, mungkin Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut ini untuk memblokir iklan pop-up di Android:

  • Adblock Plus (ABP)

Aplikasi pertama yang Kami rekomendasikan untuk menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di Android yaitu Adblock Plus (ABP).

Aplikasi ini bekerja secara efektif untuk memblokir semua iklan di web browser, games serta berbagai aplikasi lainnya.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi, terlebih dahulu Anda harus melakukan pengaturan melalui smartphone Anda. Masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih opsi Aplikasi
  2. Selanjutnya, cari menu atau opsi “Unknown Sources”, jika tidak ada, maka tap “Checbox”.
  3. Apabila ada notifikasi konfirmasi, maka silahkan klik OK.
  4. Jika sudah selesai melakukan pengaturan tersebut, Anda bisa mulai untuk mengunduh apllikasi AdBlock Plus (ABP) di Google Play Store. Tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini cukup aman digunakan.
  5. Tahap berikutnya, Anda bisa melakukan beberapa penyetingan. Untuk ponsel Android yang sudah dilakukan rooting, aplikasi akan meminta “Super User Permissions”.
  6. Untuk ponsel yang belum dilakukan rooting, maka perlu untuk “Setting Proxy” terlebih dahulu.
  7. Selanjutnya, Anda bisa memilih menu “Settings” dan pilih Wi-Fi lalu tekan nama Wifi dalam waktu lama.
  8. Kemudian Anda bisa memilih Modifiy Network, dan piliih Show Advanced Options, lalu klik Proxy Settings. Dari menu tersebut pilih “Proxy” menjadi “Localhoast”, masukkan proxy port pemberian dari ABP.

Jadi untuk menggunakan aplikasi ini, ponsel Anda tidak harus dilakukan rooting.

Cara Memblokir Iklan Pop-Up di Android dengan Aplikasi

  • Noroot Firewall

Selain menggunakan aplikasi AdBlock, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Noroot Firewall.

Aplikasi ini memungkinkan Anda tidak hanya memblokir iklan yang ada di aplikasi saja, melainkan juga aplikasi yang bermunculan di web browser.

Sayangnya, aplikasi ini masih memiliki kekurangan yaitu tidak bisa mematikan iklan pada game online.

Namun tidak masalah, jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, silahkan ikuti tutorial berikut ini:

  1. Pertama-tama, silahkan Anda mengunduh dan memasang aplikasi ini di smartphone Anda. Untuk mengunduhnya bisa melalui Google Play Store.
  2. Selanjutnya jika sudah terpasang, buka dan jalankan aplikasi tersebut di smartphone Anda.
  3. Kemudian di bagian tampilan layar akan muncul “Daftar Aplikasi” yang terinstal di ponsel Anda.
  4. Lalu Anda bisa “pilih aplikasi” yang ingin Anda blok iklannya, kemudian pilih centang aplikasi, tanda silang yang berwarna merah menandakan aplikasi tersebut sudah diblok.
  5. Selamat, ponsel Android Anda sudah terbebas dari iklan.

Cara Memblokir Iklan Pop-Up di Android

Bagaimana? Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di Android seperti yang sudah disebutkan diatas.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Siva Nurikhsa S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992