BerandaTips

Cara Menghubungkan HP ke TV

Oleh: /

Menghubungkan HP atau smartphone ke TV bisa dilakukan dengan beragam cara, baik cara gratisan atau cara berbayar, dengan membeli perangkat khusus.

Sebenarnya, dua perangkat ini merupakan teknologi berbeda. Hanya saja, setelah teknologi berkembang, keduanya sekarang bisa saling dikoneksikan.

Jika wakti dulu aktifitas gaming hanya bisa dilakukan di layar smartphone yang kecil, kini kegiatan ini bisa dipindahkan ke layar TV yang lebih besar.

Cara menghubungkan HP ke TV ini sangat mudah, loh. Kamu bisa memakai kabel atau bahkan non-kabel.

Penasaran seperti apa caranya? Yuk, baca ulasan lengkapnya berikut ini.

cara menghubungkan hp ke tv

Di era sekarang yang makin maju, televisi tidak hanya dipakai untuk menonton hiburan semata. Kini, televisi juga difungsikan menjadi monitor untuk berbagai keperluan, seperti main game ataupun internet.

Namun, tidak semua orang tahu bahwa sebenarnya HP atau smartphone bisa dihubungkan dengan TV.

Nah, seperti apa caranya? Berikut adalah cara menghubungkan HP ke TV dengan berbagai metode. Berikut ulasannya!

1. Menghubungkan HP ke TV Memakai kabel HDMI

cara Menghubungkan HP ke TV Memakai kabel HDMI

Untuk menghubungkan HP ke TV, bisa memakai kabel HDMI yang kini umum dijual di pasaran. Kabel tersebut adalah kabel HDMI jenis microSD USB to HDMI atau microHDMI to HDMI.

Namun, sebelum membeli kabel ini, pastikan TV mu kompitabel dan support dengan smartphone. Kamu bisa mengecek port-port yang tersedia di bagian belakang TV, untuk memastikan hal ini.

JIka sudah dipastikan kedua perangkat bisa dikoneksikan, maka ikuti langkah di bawah ini.

  • Matikan TV yang akan dihubungkan dengan HP.
  • Pasang kabel HDMI yang tersedia, dengan menyolokkannnya ke TV dan smartphone.
  • Nyalakan TV kembali.
  • Pindahkan opsi saluran ke HDMI.
  • Setelah itu, aktifkan menu HDMI Connection di smartphone-mu, dengan mengaktifkan tanda centang pada opsi tersebut.
  • Sekarang, tampilan pada layar TV-mu sudah sama dengan tampilan layar smartphone, yang artinya kedua perangkat sudah terhubung.

2. Menghubungkan HP ke TV tanpa kabel

cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa kabel

Selain memakai kabel, kamu juga bisa mengkoneksikan HP ke TV tanpa menggunakan kabel (wireless). Metode ini lebih mudah dan parkatis. Hanya saja, butuh HP dan TV yang kompitabel terhadap fungsi wireless ini.

a. Memakai Chromecast

cara menghubungkan hp ke tv Memakai Chromecast

Chromecast merupakan dongle HDMI atau adapter yang dibuat oleh Google, yang dapat dipakai untuk menonton streaming film, musik, ataupun untuk berinternet.

Alat ini dilengkapi dengan 3 fitur khusus, yang dipakai untuk menghubungkan HP ke TV, yaitu Screen Castig, Tab Casting, dan App Casting. 

Kamu bisa membelinya di toko online dengan harga mulai dari RP. 400.000,-. Berikut adalah cara menghubungkan HP ke TV, dengan menggunakan Chromecast.

  • Pasang dongle Chromecast ke Port HDMI di bagian belakang TV.
  • Pindahkan saluran ke TV ke mode HDMI.
  • Install aplikasi Google Home di smartphone-mu, lewat link berikut ini.
  • Registrasi Chromecast di televisimu ke aplikasi Google Home di smartphone-mu, sampai muncul kode yang sama di kedua perangkat tersebut.
  • Aktifkan fitur Wifi untuk Chromecast lwat smartphone-mu.
  • Nah, sampai di sini, kamu sudah bisa memakai TV sebagai perpanjangan layar yang lebih besar dari smartphone-mu.

b. Memakai Miracast

cara menghubungkan hp ke tv Memakai MIracast

Miracast, atau yang disebut juga Wireless Display, adalah fitur bawaan dalam smartphone yang berfungsi untuk menghubungkan HP ke TV lewat jaringan Wifi.

Karena sudah menjadi bawaan smartphone, maka aplikasi ini tinggal pakai saja. Bebrebda dengan Chromecast, yang harus membeli dongle-nya terlebih dahulu.

Berikut adalah cara menghubungkan HP ke TV, dengan menggunakan Miracast.

  • Pastikan smartphone-mu sudah dilengkapi Mircacast atau Wireless Display, lalu aktifkan fitur tersebut. Setiap HP juga memiliki cara tersendiri, dalam mengaktifkan Miracast ini.
  • Nyalakan TV, dan aktifkan Miracast atau Screen Mirroring. Setiap merk TV mempunyai cara masing-masing untuk mengaktifkan Miracast ini.
  • TV-mu akan memindai/mencari smartphone yang mengaktifkan Wireless Display.
  • Buka menu Setting pada HP-mu, pilih Connection & Sharing, lalu pilih Cast.
  • Nah, sekarang HP mu sedang memindai/mencari TV yang sedang aktif Miracast-nya. Tunggu keduanya sampai mendeteksi satu sama lain.
  • Jika layar smartphone-mu sudah tampil di layar TV, artinya cara menghubungkan HP ke TV ini sudah berhasil.

Manfaat Menghubungkan HP ke TV

Manfaat Menghubungkan HP ke TV

Dengan menampilkan layar smartphone ke layar TV, akan membuat kegiatanmu, yang biasa dilakukan di HP, akan jadi lebih nyaman. Sebab, layar smartphone ini seolah-olah menjadi lebih besar lewat layar TV.

Kegiatan menonton film ataupun gaming, tentu menjadi lebih menyenangkan dengan layar besar ini. Apalagi, jika TV-mu sudah mempunyai kualitas gambar HD atau di atasnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghubungkan HP ke TV, baik dengan memakai kabel ataupun tanpa kabel. Gimana, sangat gampang, bukan?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Tinggalkan komentar