Tips & Trik

Cara Translate di Google Drive

Cara Translate di Google Drive
https://kuotabro.com
RezzaID
Writen & Edited By RezzaID

Sekarang sudah bisa menerjemahkan dokumen menggunakan Google Drive, begini Cara Translate di Google Drive hanya dengan beberapa langkah.

Kuotabro.com – Sudah tahu belum, ternyata ada cara translate di Google Drive loh. Bagi seorang mahasiswa, mengerjakan tugas kuliah dengan bahan atau materi yang menggunakan bahasa inggris adalah hal biasa.

Tapi sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus, sehingga seringkali mereka mengandalkan jasa terjemahan atau tools terjemahan online.

Saat ini alat terjemahan yang paling sering digunakan adalah Google Translate. Mungkin kalau beberapa kalimat saja, alat ini masih bisa diandalkan. Tapi jika satu lembar tulisan, atau satu buku, mungkin agak sedikit merepotkan jika harus melakukan copas halaman per halaman.

Itulah mengapa Anda harus menggunakan cara yang lebih praktis, yaitu cara translate di Google Drive dengan mudah dan cepat.

Google Drive yang biasanya kita manfaatkan untuk menyimpan file, sekarang bisa digunakan untuk mengedit dokumen dan menerjemahkan. Bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak pembahasan ini sampai selesai.

Tentang Google Drive

Mungkin sebelum membahas cara menerjemahkan dengan Google Drive, terlebih dahulu kita mengenal apa itu Google Drive dan fungsinya.

Pengertian Google Drive

Google drive adalah layanan dari Google untuk menyimpan dokumen/ file secara gratis tanpa harus membayar dengan jumlah kapasitas memori penyimpanan tertentu.

Kapasitas penyimpanan yang disediakan Google Drive ini bisa diakses sampai 5 GB. Hanya bisa ditambah jika menggunakan layanan yang berbayar.

Google Drive terhubung dengan fitur google lainnya seperti gmail, google search atau lainnya. Sehingga akan memudahkan user/ pengguna untuk mengakses data dan file yang dimiliki.

Layanan google drive sendiri sudah disediakan sejak tanggal April 2012 dan hingga saat ini semakin berkembang.

Melalui Goole Drive memungkinkan penggunanya untuk mengetik data, mengedit gambar, membuat slide presentasi dan lain sebagainya.

Google drive saat ini menjadi pengganti dari fitur google docs. Sehingga URL yang tadinya digunakan untuk mengakses google docs maka akan dialihkan secara otomatis pada menu atau fitur di google drive.

Fungsi Google Drive

Lalu apa saja fungsi dari Google Drive? Fungsi utama dari layanan Google ini untuk membantu seseorang menyimpan data dan melakukan kebutuhan lainnya. Beberapa fungsi Google Drive lainnya antara lain:

  • Menyimpan Data
    Fungsi utama Google Drive adalah menyimpan file/ dokumen dan pengguna dapat mengaksesnya dimana saja asalkan terhubung pada koneksi internet. Karena Google Drive ini seperti penyimpanan awan atau cloud. Kapasitas penyimpanannya 5GB dan jika akan diperbesar maka harus membayar 2,5 USD per bulan.
  • Untuk Membuat dan Mengedit Dokumen
    Tidak hanya sebagai tempat penyimpanan digital, Google Drive memungkinkan pengguna untuk membuat lembar kerja baru dan mengedit data yang diakses. Selain itu, Google drive memiliki menu untuk membuat slide presentasi yang dapat diakses kapan saja.
  • Mengakses Fitur Google Lainnya
    Google Drive menyediakan link atau tautan langsung ke layanan google lainnya seperti gmail, google plus, google browser, dan sebagainya. Foto dan video yang tersimpan di Google Drive secara otomatis juga akan tersimpan di Google Plus. Selain itu, data yang dibuat melalui Google Drive juga tersimpan otomatis tanpa harus menyimpannya secara manual.

Cara Translate di Google Drive

Untuk menerjemahkan dokumen di Google Drive, silahkan Anda ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah yang pertama, silahkan Anda masuk ke Google Drive dengan akun gmail yang sudah dimiliki. Ingat, Anda tidak harus melakukan pendaftaran secara manual untuk menggunakan Google Drive. Karena jika sudah memiliki akun Gmail, maka secara otomatis juga sudah terhubung dengan Google Drive.
  2. Jika sudah masuk ke Google Drive, upload file mana yang akan diterjemahkan. Disini Anda bisa membuat folder baru jika ingin menggabungkan data Anda ke data lainnya. Atau bisa juga langsung melakukan upload dengan “New File”. Drag file mana yang akan Anda translate menggunakan Google Drive. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.Cara Translate dengan Google Drive
  3. Apabila proses upload suda selesai, klik kanan pada file lalu pilih “Open With”. Lalu klik Google Docs.Google Drive
  4. Jika dokumen sudah terbuka, klik Tool di bagian toolbar atas dan pilih Translate Document.
  5. Selanjutnya, pilih dokumen akan diterjemahkan ke bahasa apa. Misalnya disini akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia.
  6. Setelah itu, jika dokumen sudah diterjemahkan, bisa langsung saja disimpan atau hanya untuk dibaca saja. Jika ingin menyimpannya, klik Download dan pilih jenis format yang diinginkan. Bisa disimpan ke PDF atau ke Word dan lainnya.

Sampai disini, Anda sudah selesai menerjemahkan dokumen atau file menggunakan Google Translate. Namun perlu diketahui, grammatical di Google Drive tentunya masih kurang bagus. Jadi untuk membaca terjemahannya masih membutuhkan improvisasi.

Salah satu keuntungan menerjemahkan dokumen menggunakan Google Drive yaitu bisa sekaligus menyimpannya.

Jika tidak mau menyimpannya di komputer, maka bisa disimpan di Google Drive saja.

F.A.Q

Apa Itu Google Drive?

Google drive adalah salah satu layanan atau fasilitas dari Google untuk menyimpan dokumen maupun file tanpa harus membayar dengan jumlah kapasitas memori penyimpanan yang sudah ditentukan. Google Drive sering disebut sebagai media penyimpanan digital ponsel.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Drive untuk Menerjemahkan?

Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Bisakah Google Drive untuk  Menerjemahkan ke Banyak Bahasa?

Bisa.

Berapa Maksimum Halaman yang Bisa Diterjemahkan di Google Drive?

Tidak ada ketentuan, tapi sebaiknya tidak terlalu banyak jika ingin proses cepat dan hasil terjemahan tidak berantakan.

Akhir Kata

Nah, demikian itulah cara menggunakan Google Drive  untuk menerjemahkan. Mudah sekali bukan? Sekarang Anda bisa memanfaatkan layanan Google ini untuk menerjemahkan dokumen apapun ke dalam bahasa apa saja yang dibutuhkan.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992