Tips & Trik

Cara Ganti Background Foto Online

Ganti Background Foto Online
https://kuotabro.com

Cara mudah mengganti background foto secara online tanpa perlu mengunduh aplikasi yang bisa dilakukan melalui Android atau komputer.

5/5 (7)

Kuotabro.com – Saat melamar pekerjaan, seringkali sebuah perusahaan menentukan warna background foto para pelamar.

Hal ini juga biasa terjadi dalam pembuatan berkas-berkas lainnya seperti foto raport, ijazah, KTP dan masih banyak lagi.

Nah, berhubung foto yang dimiliki memiliki latar belang yang berbeda, maka Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi atau tools online untuk mengganti background tersebut sehingga tidak harus repot-repot berfoto lagi.

Bagaimana cara ganti background foto online? Yuk, simak selengkapnya pada penjelasan berikut ini.

Cara Ganti Background Foto Melalui Editor Photos For Free

Edit Photos for Free adalah sebuah situs edit foto yang menyediakan fasilitas ganti background foto dengan mudah.

Melalui situs ini, Anda bisa mengganti background (remove background) dengan latar belakang gambar lainnya ataupun menghapusnya (erase background).

Pada fitur erase background ini nantinya pengguna bisa menghapus semua gambar latar belakang objek dan mengganti dengan warna yang diinginkan.

Selain itu, website ini juga menyediakan fasilitas untuk membuat foto kolass maupun gift.

Ganti Background Pas Foto Online dengan Photos for Free

Untuk menggunakan situs online edit photos for free ini pengguna bisa mengedit gambar tanpa melakukan login.

Adapun cara mengganti background foto melalui website Edit photos for free yaitu.

  1. Pertama buka salah satu browser yang ada di perangkat Anda dan masuklah ke situs Edit Photos for Free dengan memasukkan link http://editphotosforfree.com/.
  2. Setelah itu Anda akan langsung dibawa ke halaman utama Edit Photos for Free. Pada halaman tersebut, pilih dan klik icon Gunting di menu bar.
  3. Selanjutnya klik icon Folder untuk membuka foto yang akan diedit. Pada kotak dialog open file, pilihlah foto yang akan diganti backgroundnya.
  4. Langkah berikutnya yaitu Anda hanya perlu menghapus bagian background menggunakan tools yang ada. Pada penghapusan ini Anda bisa memakai Round Brushes ataupun Soft Brushes menggunakan kuas kecil hingga besar. Untuk melihat setiap sisi gambar secara detail Anda bisa memanfaatkan fitur zoom in zoom out.
  5. Setelah selesai menandai objek dan menghilangkan backgroundnya maka klik Save.
  6. Kemudian gantilah background dengan klik simbol Picture. Nantinya akan ada pilihan dua bentuk background yaitu background color atau gradient. Background color digunakan untuk melakukan penggantian warna tunggal, sedangkan untuk background gradient digunakan untuk mengganti background dengan tampilan gradasi warna.
  7. Setelah mendapatkan warna yang diinginkan, langkah terakhir yaitu menyimpan hasil editing dengan klik Save, maka secara otomatis file tersebut akan tersimpan pada perangkat Anda.

Cara Ganti Background Foto Melalui Background Burner

Background Burner adalah situs online khusus yang menyediakan layanan untuk mengganti atau menghapus background sebuah gambar.

Penghapusan background ini dilakukan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu susah memberi batasan setiap sisi objek.

Jadi, nantinya tools ini akan mendeteksi dan menganalisis sebuah gambar melalui garis, warna dan fokusnya untuk memisahkan antara objek dan gambar latar belakang.

Ganti Background Foto dengan Background Burner

Berbeda dengan situs Edit Photos for Free, pengguna harus melakukan login terlebih dahulu untuk menggunakan tools edit foto online pada situs Background Burner.

Proses login bisa dilakukan menggunakan akun Facebook atau Google.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti background foto online melalui website Background Burner.

  1. Buka salah satu browser dan masuklah ke Background Burner melalui link https://burner.bonanza.com/.
  2. Selanjutnya Anda akan langsung dibawa ke halaman login maka pilihlah akun yang akan digunakan untuk dan masukkan passwordnya.
  3. Setelah itu, masukkan foto yang akan diedit backgroundnya dengan cara klik Choose a Photo dan pilih foto yang diinginkan melalui jendela open file. Jika menggunakan PC, Anda juga bisa langsung drag foto ke kolom yang disediakan.
  4. Langkah berikutnya, website akan secara otomatis memotong background foto yang telah di upload. Nantinya, pengguna akan disajikan 3 pilihan foto yang telah dihilangkan backgroundnya. Kemudian pilihlah foto dengan hasil yang paling baik dan klik Select.
  5. Selanjutnya akan muncul hasil pemotongan background foto. Jika dirasa hasilnya belum sesuai dengan ekspektasi Anda maka bisa dirapikan kembali dengan klik tombol Touch up.
  6. Setelah cukup rapi, pengguna bisa mengganti background dengan memilih menu Refresh background dan pilihlah latar belakang yang diinginkan.
  7. Terakhir, klik save untuk menyimpan gambar.

Rekomendasi Situs Ganti Background Foto Onlie

Selain kedua situs online di atas, masih banyak situs lain yang tidak kalah recommended untuk mengganti background foto secara online.

Pada dasarnya, fitur ini tersedia di hampir semua situs edit foto.

Berikut beberapa r website edit foto dengan fitur ganti background yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Befunky

Befunky

Befynt adalah salah satu situs edit foto online yang menyediakan fitur untuk mengganti background dengan mudah.

Tak hanya itu, melalui situs ini Anda juga bisa melakukan perubahan lainnya pada foto seperti menggabungkan gambar, menambahkan teks dan masih banyak lagi.

Bahkan, pengguna juga bisa mengubah resolusi gambar sehingga hasil cetakan menjadi lebih baik (tidak pecah) atau memperkecilnya untuk meringankan saat upload foto.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya bisa langsung mengunjungi website Befunky melalui link https://www.befunky.com/.

Keunggulan BeFunky

  • Terdapat berbagai template menarik untuk memudahkan pengguna dalam membuat foto kolasde dengan cepat.
  • Proses editing tersedia dalam bentuk overlay seperti aplikasi Adobe Photoshop sehingga pengguna bisa mengedit tiap layer tanpa khawatir akan merusak layer lainnya.
  • Tersedia fitur blur untuk menciptakan gambar yang menarik dengan efek Orton ataupun Tilt-Shift.
  • Tampilan kanvas Befunky sangatlah luas sehingga Anda lebih leluasa dalam mengedit setiap detail foto.
  • Untuk pengguna pemula, Befunky telah menyediakan beberapa tutorial mudah untuk mengedit berbagai bentuk foto yang bisa diakses pada websitenya.

Befunky ini tersedia dalam versi gratis maupun premium dengan biaya berlangganan sebesar 5 dolar untuk setiap bulannya.

Semua anggota premium akan diberikan kebebasan untuk menggunakan semua fitur yang ada.

Fotor

Fotor

Fotor juga menyediakan fitur untuk mengganti background dengan langkah mudah melalui link https://www.fotor.com/.

Fotor telah menyediakan berbagai pilihan background yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan foto Anda sehingga pengguna tidak perlu lagi browsing untuk mendapatkan gambar latar belakang.

Secara garis besar, background Fotor dibedakan menjadi 6 yaitu artistic, ripples, lights, geometry, texture dan cute.

Tak hanya fokus pada penggantian background, website ini juga memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dengan menambahkan sticker, teks, efek maupun HDR.

Untuk penambahan efek, pengguna bisa melakukan kustomisasi detail efek melalui slider yang ada.

Keunggulan Fotor

  • Tersedia puluhan background yang bisa digunakan secara gratis.
  • Dilengkapi dengan pengaturan kontras untuk menciptakan keseimbangan pencahayaan yang tepat pada foto.
  • Bisa menambahkan berbagai overlay untuk menciptakan background yang unik dan menarik.
  • Menyediakan berbagai template edit foto, mulai dari keperluan untuk membuat kartu nama, untuk postingan facebook, instagram hingga sertifikat.

Canva

Canva

Canva adalah platform edit foto online yang memiliki fitur lengkap layaknya aplikasi edit foto di Android.

Situs ini bisa digunakan secara gratis dan nantinya pengguna hanya perlu masuk menggunakan akun facebook, google ataupun email.

Untuk mengganti background melalui situs ini tidaklah sulit dimana langkah-langkahnya hampir sama seperti situs edit foto online lainnya.

Canva sangat cocok untuk penyuka fotografi karena tersedia beragam filter yang bisa digunakan untuk mempercantik hasil jepretan Anda.

Situs ini bisa dicoba melalui link https://www.canva.com, pada link tersebut Anda juga bisa mencoba menggunakan versi Pro dengan fitur lebih lengkap secara gratis selama 30 hari.

Keunggulan Canva

  • Memiliki fitur yang lengkap dalam hal edit foto mulai dari memotong foto, mengatur tekstur foto, menambahkan speech bubble, teks, efek hingga straightener.
  • Menyediakan fitur transparent image untuk mempermudah kombinasi foto/
  • Tersedia fitur untuk membuat foto dengan tema vintage.
  • Dilengkapi dengan fitur sharing untuk memudahkan Anda memposting hasil edit secara langsung ke akun sosial media.

PIXLR

PIXLR

Berbicara soal tools online untuk edit foto tentu semua orang sudah tidak asing lagi dengan situs Pixlr.com.

Tidak hanya recommended untuk menciptakan foto dengan efek menarik, hasil penggantian background juga presisi.

Selain itu, situs ini memiliki user interface yang sederhana sehingga pemula tidak akan kesulitan menggunakannya.

Bahkan, UI situs ini juga mirip dengan Adobe Photoshop jadi bagi pengguna yang pernah menyentuh aplikasi dari Adobe tersebut pasti bisa beradaptasi dengan cepat.

Melalui situs https://pixlr.com/x/ ini, foto hasil jepretan kamera Android pun  bisa disulap seperti hasil jepretan DSLR.

Melalui Pixlr, Anda bisa memotong foto, menggabungkan beberapa foto, menambah elemen lain ke dalam foto serta mengatur ketajaman gambar.

Kelebihan Pixlr

  • Memiliki fitur edit foto yang lengkap selain pergantian background seperti menggabungkan beberapa foto, menambahkan elemen lain (efek, filter, teks maupun sticker) serta pengaturan ketajaman gambar.
  • Menawarkan fitur zomm out hingga 1000% sehingga pengguna bisa memotong background dengan lebih tepat dan detail pada setiap sisinya.
  • Proses editing bisa dilakukan berdasarkan layer sehingga lebih mudah untuk melakukan overlay, lengkap dengan tools undo dan redo.
  • Hasil edit background bisa disimpan dalam berbagai kualitas sesuai kebutuhan mulai dari gambar beresolusi rendah hingga ulta HD.
  • Tersedia menu history edit yang akan memudahkan pengguna untuk melanjutkan proses editing dalam waktu berbeda.
  • Tersedia hingga 2 juta kombinasi efek dimana semuanya bisa digunakan secara gratis.

piZap

piZap

piZap juga bisa dijadikan sebagai pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengganti background foto tetapi tidak memiliki aplikasi edit foto.

Situs ini juga memiliki fitur yang lengkap, mulai dari fitur basic hingga penambahan efek dan filter menarik.

Tak hanya itu, piZap juga menyediakan beberapa pilihan frame dan border sehingga hasil edit tidak monoton.

Situs ini bisa dicoba dengan mengunjungi link https://www.pizap.com/.

Kelebihan Pizap

  • Terdapat banyak pilihan font untuk menambahkan teks sehingga gambar lebih menarik. Bahkan, cocok untuk membuat desain grafis.
  • Terdapat banyak template untuk foto kolase.
  • Bisa digunakan untuk mempercantik foto selfie melalui fitur Touch up.
  • Pengguna bisa menambahkan tulisan tangan maupun doodle di dalam fotor.
  • Situs ini sudah terintegrasi dengan platform media sosial sehingga pengguna bisa langsung memposting hasil editnya tanpa perlu menyimpan di perangkat.
  • Terdapat fitur timeline cover yang disediakan khusus untuk membuat timeline facebook.

Lunapic

Lunapic

Lunapic sudah banyak digunakan oleh masyarakat dalam urusan edit foto, termasuk mengganti background.

Situs dengan alamat url https://www196.lunapic.com/editor/ ini sudah berdiri sejak tahun 2005 dengan berbagai tools edit foto yang lengkap.

Bahkan, fitur ini juga sering melakukan update untuk menambahkan berbagai fitur terbaru yang dibutuhkan oleh pengguna.

Kelebihan Lunapic

  • Terdapat 100 efek lebih yang bisa ditambahkan pada foto Anda.
  • Terintegrasi langsung dengan platform berbagi gambar seperti sosial media atau email.
  • Tersedia fitur adjust gambar seperti blur, temperature color, red eye reduction hingga cermin.
  • Tersedia tools untuk menggambar sehingga hasil edit foto akan lebih unik dan orisinil dengan adanya gambar tangan Anda pribadi.
  • Tersedia fitur untuk membuat gambar sketsa, beauty, Picasso, ilusi atau bentuk artistik lainnya.
  • Dilengkapi dengan beberapa pilihan animasi menarik yang bisa ditambahkan ke dalam foto.
  • Hasil edit akan tersimpan secara otomatis menggunakan dimensi 1024 x 768 dan memiliki kualitas gambar hingga 98% untuk format JPG.

Fotojet

Fotojet

Selain beberapa situs di atas, Anda juga bisa mencoba menggunakan situs Fotojet dengan alamat web https://www.fotojet.com/.

Tidak hanya mengganti latar belakang foto, situs ini juga menawarkan fasilitas edit foto, membuat foto kolase hingga membuat desain kreatif.

Pergantian background menggunakan situs ini sangatlah mudah, apalagi dilengkapi dengan berbagai tools edit foto menarik yang akan membuat foto semakin artistik

Keunggulan Fotojet

  • Situs ini bisa diakses dan digunakan tanpa perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Menyediakan beragam pilihan template sehingga memberikan kemudahan dalam membuat foto kolase, poster, kartu, baner hingga grafis untuk akun sosial media.
  • Tersedia fitur overlay untuk menciptakan background berlapis dan menarik dari berbagai tema mulai dari cute, space, burst, paper, fabric, paint, montage dan beberapa pilihan lainnya.
  • Untuk bisa menggunakan semua fitur tanpa ada batasan maka bisa melakukan upgrade dengan cara login ke akun Fotojet Anda.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa cara ganti background foto online yang bisa diterapkan melalui Android maupun komputer.

Untuk menghasilkan pergantian background dengan presisi tanpa memotong foto sebaiknya dilakukan menggunakan PC.

Selamat mencoba.

Rating:

Tentang Penulis

Listiyaningsih S.I.Kom.

Listiyaningsih S.I.Kom.

Devita adalah lulusan Ilmu Kelautan yang masih bingung bagaimana mengaplikasikan ilmunya. Kini, dia pun terjebak dalam dunia jurnalistik.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992