Tips & Trik

Migrasi Tambah Daya Listrik PLN Online

Migrasi Tambah Daya Listrik PLN Online
https://kuotabro.com

Cara melakukan migrasi atau tambah daya listrik PLN online lengkap dengan informasi biaya migrasi untuk berbagai besaran daya.

5/5 (6)

Kuotabro.com – Kemajuan teknologi saat ini terbukti telah memudahkan segala urusan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah pembayaran tagihan listrik bulanan.

Jika dulu untuk membayar tagihan listrik harus meluangkan waktu datang ke kantor PLN, kini Anda bisa melakukan pembayaran secara onlie atau transfer.

Bahkan, PLN juga memfasilitasi kebutuhan lainnya yang berbasis online termasuk migrasi atau tambah daya.

Dengan adanya fitur tersebut, menambah daya listrik di rumah pun semakin mudah yang bisa dilakukan kapanpun dan di manapun hanya dengan bermodalkan jaringan internet.

Tak hanya efisien waktu, hal ini akan memberikan banyak manfaat untuk pengguna PLN yang berada di wilayah terpencil dan lokasinya jauh dari kantor PLN terdekat.

Buat Anda yang berenca menambah daya di rumah dengan mudah, simak cara migrasi tambah daya listrik PNL online berikut ini.

Apa Itu Migrasi Tambah Daya?

Migrasi adalah isilah dalam PLN yang digunakan untuk mengubah daya listrik yang telah terpasang sebelumnya.

Perubahan daya listrik ini bersifat relatif, bisa menjadi lebih rendah ataupun sebaliknya sesuai dengan besaran daya yang tersedia.

Meski begitu, pada pengaplikasiannya sebagian besar masyarakat melakukan migrasi listrik untuk meningkatkan dayanya.

Hal ini umunya dilakukan seiring dengan terjadinya peningkatan kebutuhan listrik akibat penambahan teknologi yang digunakan.

PLN Online Tambah Daya

Dahulu, untuk melakukan pemasangan baru ataupun sekedar menambah daya Anda harus meluangkan waktu untuk datang ke kantor PLN.

Iroisnya, hal ini justru dimanfaatkan oleh beberapa oknum tidak bertanggungjawab mencari untung dengan bertindak sebagai makelar.

Akan tetapi, dengan adanya fasilitas berbasis online melalui website resmi PLN maka migrasi daya pun bisa dilakukan dengan mudah dan tidak perlu khawatir adanya penipuan.

Cara Tambah Daya Listrik PLN secara Online

Menambah daya listrik PLN secara online sangatlah mudah dimana Anda hanya membutuhkan perangkat digital untuk membuka browser dan jaringan internet.

Sebaiknya, permohonan migrasi listrik ini dilakukan menggunakan laptop atau PC untuk memudahkan mengisi form yang berbentuk tabel.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mencoba menambah daya listrik dengan menggunakan metode pembayaran transfer.

Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pastikan Anda sudah memiliki gambaran terlebih dahulu terkait tambah daya yang aakan dilakukan. Tentukan besaran daya yang diinginkan untuk mempercepat prosedurnya.
  • Setelah itu, bukalah browser pada perangkat Anda dan masuklah ke situs resmi PLN di pln.co.id.
  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman utama (Beranda) website PLN. Pada laman tersebut, klik menu Perubahan Daya/Migrasi.
  • Langkah berikutnya klik Ubah Daya dan Anda akan langsung dijadikan halaman terkait Syarat dan Ketentuan Pasang Baru/Perubahan Daya Online. Bacalah syarat dan ketentuan tersebut dengan detail dan jika setuju maka klik Setuju.
  • Setelah itu akan langsung dibawa ke halaman Perubahan Daya/Migrasi. Pada halaman tersebut pengunjung akan disajikan form data pelanggan dan pemohon migrasi yang harus dilengkapi.
  • Sebelum mengisi informasi secara jelas, Anda perlu mencari identitas pelanggan PLN Anda yang sudah tersimpan pada database PLN dengan dengan mengubah variabel Identitas Pelanggan menjadi Nomor Meter. Kemudian klik Cari.
  • Setelah ketemu, lengkapilah kolom pada Tab Data Pelanggan yang masih kosong.
  • Langkah berikutnya adalah klik Tab Data Pemohon. Jika pemohon data adalah orang yang sama yang terdaftar sebagai pelanggan, maka Anda bisa menyalin informasi pada Data Pelanggan ke Data Pemohon. Pada dasarnya, data pemohon adalah identitas diri yang memohon adanya penambahan daya. Kolom yang tidak boleh dikosongkan adalah Nomor KTP, nomor Telepon dan alamat email.
  • Selanjutnya lengkapi kolom Tarif/Daya Baru. Isilah data secara lengkap mulai dari produk layanan, kegunaan serta daya yang diinginkan.
  • Kemudian klik Hitung Biaya untuk mencari tahu biaya yang harus dikeluarkan dalam melakukan migrasi daya listrik. Selanjutnya, perhitungan biaya secara detail akan disajikan pada kolom di bawahnya.
  • Setelah itu, centang kolom persetujuan yang berbunyi “Dengan ini saya menyatakan data yang saja isi di atas adalah benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN(Persero)”.
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan capcha pada kolom yang tersedia.
  • Terakhir, klik Simpan Permohonan.

Setelah melakukan penyimpanan data permohonan tersebut, pihak PLN akan memberikan konfirmasi pengajuan migrasi tersebut dalam bentuk email.

Jika disetujui, maka mereka akan mengirim email pemberitahuan ke alamat email yang telah Anda tuliskan pada kolom permohonan lengkap dengan kode transaksi.

Kode transaksi ini berfungsi untuk mendapatkan nomor registrasi pembayaran sehingga Anda harus mengkonfirmasinya melalui email selambat-lambatnya 24 jam setelah email masuk.

Selanjutnya, nomor registrasi pembayaran tersebut akan digunakan untuk membayar biaya migrasi melalui ATM.

Cara Membayar Biaya Tambah Daya Listrik PLN melalui ATM

Salah satu metode pembayaran biaya migrasi daya listrik paling mudah adalah transfer melalui ATM terdekat.

Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  • Pertama, catatlah nomor registrasi pembayaran yang telah diterima.
  • Setelah itu, kunjungi ATM terdekat dan masukkan kartu ATM Anda lengkap dengan PIN ATM.
  • Selanjutnya klik menu Transaksi Lainnya dan pilih Pembayaran.
  • Kemudian Anda akan dibawa ke halaman pembayaran, maka pilih dan klik Listrik/PLN.
  • Langkah berikutnya klik menu PLN Nontaglis dan masukkan nomor registrasi pembayaran Anda. Kode bayar ini berjumlah 13 digit dan pastikan memasukkan kode dengan benar.
  • Kemudian layar ATM akan menampilkan informasi detail pembayaran Anda lengkap dengan nama pelanggan dan besaran pembayarannya. Jika sudah benar maka klik Ya dan tunggulah hingga setruk bukti pembayarannya keluar.

Setelah melakukan pembayaran tersebut, maka Anda hanya perlu menunggu kedatangan pihak PLN untuk mengubah daya listrik menjadi lebih besar atau sebaliknya.

Cara Cek Status Penambahan Daya Listrik PLN

Setelah penambahan daya listrik dilakukan oleh pihak PLN, Anda pun bisa melakukan pengecekan status daya listrik tersebut untuk memastikannya.

Pengecekan ini bisa dilakukan melalui laman resmi PLN dan masuk ke menu status permohonan pelanggan.

Untuk lebih mudahnya Anda bisa langsung mengunjungi link http://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/status-permohonan-pelanggan.

Biaya Tambah Daya Listrik 2019

Jenis SambunganBiaya Tambah Daya (Rp)
Tambah daya menjadi 2.200 VA937 per VA
Daya tersambung atau tambah daya di atas 2.200 VA – 100 kVA969 per VA
Daya tersambung atau tambah daya di atas 100 kVA – 200 kVA775 per VA
Daya tersambung atau tambah daya rumah tangga golongan R-3969 per VA
Sambungan 3 fasa atau tambah daya dengan pembatasan daya dan pengukuran Tegangan Menengah631 per VA
Sambungan 3 fasa atau tambah daya dengan pembatasan daya dan pengukuran Tegangan Tinggi535 per VA
Khusus tarif S-1/TR s/d 2.200 VA60.000 per sambungan
Untuk penambahan daya dari golongan tarif S-1/TR (tanpa meter) menjadi 450 VABebas biaya penyambungan

Selain beberapa pilihan di atas, pelanggan PLN juga bisa melakukan migrasi daya dari tegangan 450 VA menjadi 1.300 VA.

Biaya migrasi ini  sekitar Rp 799.450,-.

Sedangkan untuk migrasi tambah daya dari tegangan 900 VA menjadi 1.300 VA akan ditarik biaya tambah daya sebesar Rp 377.800,-.

Akhir Kata

Itulah tadi informasi lengkap terkait migrasi tambah daya listrik PLN online yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Jika butuh informasi tambahan bisa langsung menghubungi pihak call center PLN wilayah Anda.

Beri Rating Artikel Ini:

Tentang Penulis

Devita Listiyaningsih S.Kel

Devita Listiyaningsih S.Kel

Annyeong. Namaku Devita Listiyaningsih, bisa dipanggil Devita atau Devi. Memiliki hobi makan dan travelling.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992