Android & iPhone Komputer

Pengertian Hotspot: Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Hotspot
https://kuotabro.com

Apa itu hotspot? Intinya pengertian Hotspot adalah istilah yang digunakan bagi sebuah kondisi dimana seseorang mendapatkan koneksi jaringan internet dari orang lain.

Kuotabro.com – Sebagai pengguna jaringan internet, pasti kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah hotspot.

Apalagi dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita akan selalu menggunakan fitur hotspot untuk berbagi kuota data dengan orang lain.

Karena hotspot di zaman sekarang sudah bukan hal yang aneh lagi di kehidupan bermasyarakat.

Bahkan sepertinya hotspot sudah menjadi salah satu kebutuhan sebagai alternatif untuk menyediakan koneksi internet dengan cepat tanpa harus memasang wifi.

Namun sepertinya banyak orang yang belum mengetahui pengertian hotspot itu sendiri.

Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap pengertian hotspot beserta fungsi dan jenis-jenisnya. Yuk simak!

Apa itu Hotspot?

Hotspot adalah istilah yang digunakan bagi sebuah keadaan dimana seseorang mendapatkan koneksi jaringan internet dari orang lain.

Melihat pengertian tersebut sehingga tak heran jika hotspot sangat diminati oleh masyarakat zaman sekarang untuk saling berbagi jaringan internet atau menggunakannya secara bersama-sama.

Hotspot sendiri tidak hanya bisa digunakan antar perangkat smartphone saja, melainkan juga perlu bagi koneksi internet ke PC atau laptop maupun perangkat lainnya.

Asalkan setiap perangkat tersebut memiliki fitur WiFi agar dapat mengakses jaringan internet tanpa kabel menggunakan Hotspot.

Karena jangkauan sebuah hotspot sangat terbatas yaitu hanya beberapa ratus frekuensi saja, sehingga pengguna hotspot tidak bisa berjauhan dengan perangkat yang mengaktifkan fitur hotspot ini.

Hotspot berbeda dengan Wifi di mana hotspot lebih mudah untuk digunakan.

Meskipun keuntungan menggunakan Wifi lebih banyak daripada menggunakan jaringan dari hotspot akan tetapi penggunaan hotspot jauh lebih praktis karena anda bisa membawa perangkatnya ke mana saja.

Sehingga tak sedikit pengguna yang lebih memilih menggunakan Hotspot untuk berbagi koneksi internet dari PC ke komputer atau laptop daripada menyediakan jaringan WiFi sendiri.

Fungsi Dari Hotspot

Dengan melihat pengertian hotspot seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu saja fitur ini memiliki beragam fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna.

Fungsi utama dari fitur ini jelas yaitu untuk menjalankan jaringan internet ke perangkat lainnya.

Berikut ini fungsi fungsi mengenai hotspot:

  • Bisa menggunakan Hotspot sebagai koneksi internet seperti untuk browsing mengirim email, chatting, download, streaming maupun lainnya.
  • Penggunaannya tidak perlu nirkabel sehingga cukup simple
  • Jangkauannya cukup terbatas kurang dari 100 meter
  • Sebagai penyedia jaringan internet yang sangat fleksibel
  • Bisa digunakan untuk menyediakan koneksi internet di mana saja, kapan saja dan untuk siapa saja.

Melihat beberapa fungsi hotspot tersebut, dapat disimpulkan bahwa fitur ini berguna sebagai penyedia jaringan internet lokal dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Jenis – Jenis Hotspot

Setelah mengetahui pengertian hotspot dan fungsinya, hotspot sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis.

Pengelompokan Hotspot berdasarkan dari kebutuhan pengguna, yaitu Hotspot Gratis, Hotspot berbayar dan ada juga jenis hotspot berbayat ke operator WiFi Hotspot.

Penggunaan jenis Hotspot juga disesuaikan dengan lingkungan dan penggunanya, agar lebih jelasnya, berikut ini beberapa jenis hotspot yang biasa digunakan:

Hotspot Gratis

Sesuai namanya, hotspot ini dapat digunakan secara gratis atau free dan bisa diakses secara publik. Semua orang yang berada di area hotspot ini bebas untuk mengakses internet dari hotspot gratis tanpa harus menggunakan kode sandi.

Beberapa fasilitas atau Tempat yang menyediakan layanan hotspot gratis seperti di hotel, restoran, taman bermain, kedai kopi, stasiun kereta maupun di cafe. Biasanya fasilitas hotspot gratis ini adalah instalasi semi permanen.

Hotspot Berbayar

Berbeda dari jenis hotspot gratis, untuk jenis hotspot ini pengguna harus membayar terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot

Jenis hotspot berbayar yang ini biasanya ditemukan pada perangkat Hyper hotspot, Maksindo, Biznet hotspot, Nusanet, D-net Atau lainnya yang menjadi layanan jaringan internet di Indonesia dengan banyak pengguna mobile . Jenis hotspot ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang suka berpergian atau travelling.

Tips Aman Menggunakan Jaringan Internet Hotspot

Setelah memahami pengertian hotspot beserta fungsi dan jenis jenisnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berikut ini kami juga akan memberikan penjelasan tentang tips aman menggunakan jaringan internet hotspot.

Karena seperti yang banyak diketahui bahwa penggunaan jaringan hotspot seringkali dinilai tidak aman.

Akan tetapi hal tersebut memang tidak seharusnya membuat kita enggan untuk menikmati akses hotspot gratis.

Oleh karenanya agar Anda bisa menggunakan akses gratis secara aman, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan:

  • Sebaiknya tidak meninggalkan smartphone dan laptop tanpa pengawasan meskipun hanya sesaat.
  • Tidak membuat pengaturan jaringan wireless di smartphone maupun PC secara otomatis terhubung dengan jaringan terdekat. Akan lebih baik jika Anda menggunakan jaringan hotspot secara manual ketika ingin terhubung. Tujuannya untuk menghindari perangkat melakukan koneksi otomatis terhadap hotspot di sekitar.
  • Pastikan anda selalu menggunakan akses jaringan hotspot yang legal. Misalnya dengan bertanya terlebih dahulu kepada pemilik jaringan atau host untuk mengkonfirmasi nama jaringan serta proses koneksinya.
  • Matikan fitur berbagi file atau saring Ketika anda menggunakan Hotspot. Pastikan untuk meminimalkan jumlah data pribadi atau sensitif yang disimpan di Smartphone maupun PC. Anda bisa menonaktifkan fitur file sharing melalui menu pengaturan jaringan di sistem operasi perangkat yang Anda gunakan.
  • Jangan sekali-kali melakukan transaksi perbankan atau perdagangan online menggunakan Hotspot publik, termasuk sekadar mengecek saldo di m-Banking atau internet banking. Pastikan untuk melakukan transaksi-transaksi riskan seperti itu di lingkungan yang aman dan terkontrol.
  • Jangan masuk ke situs-situs yang anda tidak ingin orang lain mengetahui apa yang sedang anda akses. Karena biasanya house atau pemilik jaringan hotspot bisa mengetahui aktivitas penggunanya.
  • Pastikan untuk selalu mengaktifkan antivirus karena kita tidak pernah tahu siapa saja pengguna jaringan hotspot publik. Karena melalui perantara ini bisa menyebarkan infeksi dari Malware yang dapat menjangkit komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan yang sama. Melalui jaringan hotspot ini juga bisa menjadi kesempatan para hacker untuk mengintai aktivitas jaringan tersebut.
  • Gunakan hotspot publik secara bijaksana dan selalu menghindari penggunaan hotspot untuk melakukan segala komunikasi maupun transaksi yang penting.

Akhir Kata

Nah demikian itulah penjelasan lengkap tentang pengertian hotspot beserta fungsi dan jenis-jenisnya.

Jika anda terbiasa untuk menggunakan jaringan hotspot publik, maka sebaiknya menggunakan beberapa tips seperti yang sudah dijelaskan agar anda tetap berada di jaringan yang aman.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca yang belum mengetahui  tentang pengertian hotspot.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992