Komputer

Pengertian Komputer Server: Ciri-ciri, Jenis & Cara Kerjanya

pengertian komputer server
https://kuotabro.com

Begini penjelasan detail tentang pengertian komputer server beserta jenis-jenis komputer server, ciri-ciri, dan cara kerjanya.

5/5 (6)

Kuotabro.com – Perkembangan bidang komputer saat ini memang semakin canggih dan menyentuh berbagai kalangan masyarakat.

Hampir sebagian besar masyarakat saat ini dapat memanfaatkan komputer.

Berbicara tentang komputer, mungkin Anda pernah mendengar istilah komputer server.

Sebagai salah satu komponen penting dalam jaringan komputer, sudahkah anda tahu pengertian komputer server itu sendiri?

Dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang komputer server, fungsi dan jenis-jenisnya. Bagi yang belum tahu, simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga:ย Pengertian Komputer Client, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Komputer Server

Dalam sebuah jaringan komputer terdiri dari 1 buah komputer yang berperan sebagai server dan lainnya sebagai client. Keduanya saling berhubungan.

Komputer server adalah penyedia berbagai macam data dokumen serta lainnya yang dibutuhkan oleh klien.

Dalam hal ini klien membutuhkan server agar bisa terhubung ke sebuah jaringan atau ketika meminta data yang ada di server.

Sehingga komputer server adalah tempat yang dipenuhi dengan berbagai macam informasi dan memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan bagi para komputer client yang terhubung terhadapnya.

Di sisi lain komputer server memiliki beberapa jenis yang berbeda tergantung fungsinya.

Agar lebih memahami seluk beluk tentang komputer server dan apa saja jenis-jenisnya, dalam pembahasan berikutnya Kami juga akan memberikan informasi jenis-jenis komputer server.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Office 365

Ciri-ciri Komputer Server

Bagaimana suatu perangkat komputer dapat dikatakan sebagai komputer server? Sebagai komputer yang memberikan layanan kepada komputer client, sehingga ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari komputer server ini diantaranya:

  • Berdiri Sendiri
    Salah satu ciri-ciri komputer server yaitu berdiri sendiri, dalam artian komputer tersebut tidak membutuhkan komputer lainnya atau komputer client untuk bisa menjalankan data maupun programnya. Karena komputer server berperan sebagai pusat dari semua data yang nantinya akan disebarkan ke komputer komputer client. Gangguan pada komputer client juga tidak akan mengganggu komputer server karena sifatnya yang berdiri sendiri.
  • Memiliki spesifikasi yang lebih tinggi
    Ciri lainnya dari sebuah komputer server yaitu biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari pada komputer client. Umumnya komputer server menggunakan RAM lebih dari 6 GB agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Memori ROM yang digunakan juga harus lebih besar dari komputer client yang terhubung. Tujuannya agar komputer dapat bekerja dan tidak menghambat komputer client. Karena gangguan pada komputer server akan menyebabkan gangguan pada Komputer klien.
  • Menggunakan sistem operasi khusus
    Sebagai komputer server tidak menggunakan sistem operasi layaknya yang digunakan pada komputer biasa atau sistem operasi Windows. Umumnya suatu perangkat komputer yang dijadikan sebagai server akan menggunakan sistem operasi server. Tujuan penggunaan sistem operasi khusus tersebut yaitu untuk menjaga data pada server sehingga tidak bisa dibongkar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jenis-Jenis Komputer Server

Setelah mengetahui pengertian komputer server dan ciri-cirinya, komputer server juga memiliki ragam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Adapun berikut ini jenis-jenis komputer server:

  • News Server
    New server adalah komponen komputer server yang memiliki data-data yang berkaitan dengan macam-macam berita. Sehingga di dalam server ini pengguna bisa mengakses berita-berita yang selama ini dapat diakses secara online, baik yang masih baru diterbitkan atau yang sudah lama. Tidak hanya menampung data berita saja, new server juga berperan untuk menyalurkan berita-berita yang sudah dibuat ke berbagai jaringan.
  • Aplikasi Server
    Aplikasi server adalah jenis server yang bertugas untuk menyambungkan pengguna dengan database aplikasi. Biasanya untuk aplikasi aplikasi berbasis online akan menggunakan jenis server seperti ini. Hampir mirip dengan server nya dimana data data yang disimpan dalam server ini adalah basis data yang berhubungan dengan kinerja sebuah aplikasi yang dipergunakan oleh klien. Sebagai contoh pada aplikasi game di smartphone, aplikasi akuntansi atau lainnya.
  • Mail server
    Mail server adalah jenis server yang berfokus kepada data-data yang berkaitan dengan email dari komputer client. Contoh dari mail server seperti Yahoo mail, Gmail dan lainnya. Dengan banyaknya email yang keluar masuk setiap saat dari seluruh dunia bisa anda bayangkan bukan berapa kapasitas memori yang disediakan pada server milik Google dan Yahoo saat ini..
  • Telnet Server
    Bagi Anda yang sering melakukan login atau logout ketika masuk ke suatu aplikasi maka server inilah yang bertanggung jawab. Telnet server adalah jenis server yang bertugas untuk mengkoordinir komputer ketika klien melakukan login maupun logout.
  • Proxy Server
    Proxy server bertugas untuk mengawasi jalannya koneksi atau lalu lintas yang terjadi antara server dengan client. Tugas dari server ini termasuk pembatasan data dan permintaan serta memeriksa kinerja dari koneksi.
  • Web server
    Bagi Anda yang sering mengunjungi suatu situs di dalam website, jenis server yang digunakan untuk menyalakan fitur fitur di website tersebut disebut dengan web server. Dalam web server ini tersedia fitur-fitur dan data-data yang berkaitan dengan website tersebut.
  • Audio dan Video Server
    Bagi suatu website yang lebih fokus pada konten video maupun audio seperti spotify YouTube, SoundCloud atau lainnya, mereka menggunakan jenis audio dan video server.
  • FTP Server
    FTP server adalah sebuah server yang fokus untuk mengkoordinasi perpindahan data yang terjadi di suatu website. Misalnya ketika anda ingin mengunduh atau mengunggah suatu file ke suatu website maka akan diatur oleh server ini.

Baca Juga: Pengertian Wireless Router, Fungsi dan Wireless Terbaik

Cara Kerja Server

Cara Kerja Server

Cara kerja dari sebuah server atau komputer server Sebenarnya cukup sederhana yaitu bergantung atas permintaan dari sebuah klien.

Misalnya pada kasus web server yaitu ketika pengguna mengetikkan suatu alamat website menggunakan web browser, makanan tinya komputer bertindak sebagai Client untuk meminta informasi kepada web server.

Kemudian web server tersebut akan mengirimkan isi website ke komputer anda sehingga Anda bisa mengakses isi dari website tersebut.

Sebagai contoh lainnya juga bisa dilihat pada jenis server FTP.

Mungkin di sini cara kerjanya agak sedikit berbeda. Pada server FTP pengguna akan mengunggah sebuah dokumen atau data menuju suatu server FTP, sehingga data nanti akan disimpan ke dalam server tersebut.

Di sini pengguna sebagai klien berhak untuk menyimpan data ke server FTP.

Nantinya jika ada orang lain yang tergabung di jaringan server yang sama maka dapat mengunduh data maupun dokumen anda karena server FTP akan menyediakan koneksi untuk klien yang lain.

Umumnya jenis-jenis komputer server bekerja untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu, yaitu untuk melayani permintaan data dari client, memberikan perlindungan pada komputer client serta dapat membatasi hak akses dari komputer client.

Yang membedakan cara kerja dari server tergantung dari jenis komputer server itu sendiri.

Akhir Kata

Nah demikian itulah pembahasan secara lengkap tentang pengertian komputer server beserta jenis-jenisnya.

Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa komputer server memiliki tugas sebagai perangkat yang mengakomodir permintaan permintaan dari komputer client.

Biasanya dalam suatu perusahaan atau instansi menggunakan satu jenis komputer server sebagai pusat dari seluruh jaringan komputer di bangunan tersebut.

Salah satu jenis server yang paling sering digunakan dalam suatu perusahaan yaitu server aplikasi yang berkaitan dengan media kerja di perusahaan tersebut.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi pembaca.

Rating:

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992