Apa itu FDN (Fixed Dialing Number) Pada Smartphone?

Kuotabro.com | Banyak sekali akhir-akhir ini yang mengalami masalah FDN pada smartphone terbaru kita. Ada yang tahu apa itu FDN (Fixed Dialing Number? Jika kalian sama dengan kita yang telah mengalami masalah pada FDN kalian beruntung karena kami akan berikan secara detail mengenai apa itu FDN dan cara mengatasinya.

Selalu banyak cara mengatasinya dalam berbagai masalah salah satunya FDN ini. Di artikel selanjutnya kami akan jelaskan cara mengatasi FDN. Jangan panik jika kalian mengalami hal ini. Silahkan simak artikel berikut sampai akhir nanti akan berikan juga solusinya. Sebelum itu ada baiknya kita mengetahui tentang FDN untuk memperluas pengatahuan dan wawasan kita terhadap smartphone baru ini.

Baca juga: cara menambah masa aktif gratis
Wajib dibaca: cara membuat kartu sakti telkomsel

Apa itu FDN (Fixed Dialing Number)?

apa itu FDN

FDN adalah singkatan dari fixed dialing number yang artinya layanan dari GSM telepon yang disebut SIM card (Subscriber Identity Module). Beberapa angka/ number bisa dimasukkan ke daftar FDN dan jika kalian menambahkan nomor ke FDN maka hasilnya akan membatasi panggilan keluar. Itulah sebabnya kita menemukan peringatan FDN, namun ada sebuah pengecualian yaitu nomor-nomor darurat seperti 000, 112, 911, 999 dan lainnya. Bahkan biasanya tidak memerlukan kartu SIM atau kontrak layanan yang aktif.

Yang menjadi kesalnya ketika kita mendaftarkan nomor ke sebuah FDN dengan menggunakan password atau sering disebut PIN 2. Tidak semua kartu SIM memiliki fitur FDN, PIN 2 harus dimasukkan terlebih dahulu pada saat melakukan pengaturan ini.

Apa fungsi FDN?

Fungsi FDN itu sendiri adalah untuk mencegah pengguna yang tidak sah menonaktifkan daftar operator jaringan, tentunya kode ini terpisah dengan PIN 1 utama yang dapat mengunci dan membuka kunci kartu sim utnuk melakukkan panggilan masuk dan keluar.

Biasanya FDN ini digunakan oleh orang tua yang bisa membatasi nomor telepon tertentu untuk anak-anak mereka agar tidak menelpon sembarang. Misalnya daftar nomor tersebut hanya bisa memberi izin kepada anaknya untuk memanggil kepada keluarga atau teman terdekatnya saja.

Perusahaan juga menggunakan ini untuk membatasi karyawan menggunakan telepon perusahaan untuk penggunaan secara pribadi, atau misalnya seperti di hotel hanya dapat melakukan panggilan keluar kepada nomor telepon hotelnya saja.

Baca juga: paket internet murah telkomsel

Cara Melakukan FDN

Untuk masuk ke pengaturan FDN langkahnya silahkan buka menu > masuk ke pengaturan > telepon > keamanan > lalu pilih opsi FDN mode sebelum kalian dapat menambahkan, mengubah atau menghapus kontak pada list FDN. Kalian harus memasukkan terlebih dahulu nomor PIN. Langkah ini dari smartphone samsung.

Cara mengatasi panggilan keluar dibatasi/ FDN

Lalu bagaimana sih cara mengatasi keluar panggilan yang disebut FDN ini? Tenang kami juga akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasi hal ini yang serupa dengan kami. Untuk solusinya silahkan klik artikel selanjutnya: Cara mengatasi panggilan keluar dibatasi FDN

Kesimpulan

Jadi kesimpulan secara ringkasnya tentang apa itu FDN adalah salah satu layanan dari SIM/ GSM ketika kita menambahkan nomor ke list FDN maka akan muncul panggilan keluar dibatasi oleh FDN. Hal ini berguna untuk membatasi panggilan keluar dan masuk demi keamanan pengguna teleponnya kecuali nomor darurat tidak bisa ditambahkan ke daftar FDN.

Itulah artikel kali ini mengenai apa itu FDN (Fixed Dialing Number). Semoga bermanfaat, oh iya jangan lupa untuk share kepada teman kalian siapa tahu mereka juga membutuhkan penjelasannya.

Loading...
Apa itu FDN (Fixed Dialing Number) Pada Smartphone? | Kuotabro.com | 4.5
error: Content is protected !!
IBX5AC5B1B595992