Cara Masuk SIM PKB Guru Pembelajar

Kuotabro.com – Dalam pembahasan ini kami akan mengulas bagaimana cara masuk SIM PKB guru pembelajar.

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang sudah ada media baru bagi guru di seluruh wilayah Indonesia yang bernama aplikasi SIM PKB Guru.

Aplikasi tersebut bertujuan untuk melakukan pengecekan SKTP dan info GTK secara online.

Layanan tersebut dikembangkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia sebagai alat untuk mengukur kemampuan para guru secara bidang maupun pedagogik.

Tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan sehingga para siswa dan siswi di sekolah mempunyai mutu dan kualitas yang baik serta mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan standar nasional.

Oleh karena itu di sini kami akan berikan penjelasan bagaimana cara masuk ke laman SIM PKB guru pembelajar bagi guru-guru yang belum mengetahuinya.

Simak pembahasan berikut.

Sekilas tentang SIM PKB

Sebelum membahas lebih jauh kami akan menyinggung sedikit terlebih dahulu mengenai SIM PKB.

SIM PKB atau kependekan dari sistem Informasi Manajemen Program Keprofesian Berkelanjutan sebagai alat untuk menindaklanjuti hasil UKG atau uji kompetensi guru yang dilakukan pada tahun 2015 lalu.

Melalui SIM PKB ini adalah sebagai upaya untuk pemusatan monitoring kualitas guru berdasarkan data-data yang ada.

Sehingga untuk masuk atau login di akun SIM PKB maka peserta atau guru yang bersangkutan terlebih dahulu harus menyelesaikan UKG.

Tapi yang telah menyelesaikan UKG, banyak juga yang belum mengetahui bagaimana cara login SIM guru pembelajaran ini karena dinilai masih cukup baru dan baru pertama kali mendengar istilah tersebut.

Pada dasarnya PKB menjadi kendaraan utama untuk menghantarkan para guru pendidik kepada perubahan sesuai perubahan kemajuan zaman sekarang.

Misalnya seperti pengembangan profesinya sehingga hasil akhir yang diharapkan berkaitan erat dengan keberhasilan siswa pendidik itu sendiri.

Oleh karena itulah dalam artikel kali ini kami akan fokus untuk membahas mengenai cara masuk SIM PKB guru pembelajar. Mari kita simak selengkapnya.

Cara Registrasi SIM PKB Guru Pembelajar

SIM PKB guru pembelajar adalah alat online yang bisa diakses dari manapun dan kapan saja asalkan Anda menyediakan koneksi internet yang stabil.

Meskipun bisa diakses melalui smartphone, melainkan Kami menyarankan untuk mengakses indah tapi guru pembelajar melalui desktop atau PC.

Sebelum masuk ke cara login SIM PKB guru maka terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana cara registrasinya.

Agar lebih jelasnya berikut ini langkah-langkah untuk daftar SIM PKB guru pembelajar:

  1. Masuk ke laman SIM PKB Guru pembelajaran
    Langkah yang pertama Anda perlu masuk ke laman resmi website SIM PKB Guru pembelajaran di paspor.simkb.id.
    Maka nantinya Anda akan melihat kotak yang berisi informasi di mana menerangkan nomor peserta UKG dan tanggal lahir.
    paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id
  2. Lakukan registrasi
    Setelah itu Anda bisa langsung saja melakukan registrasi dengan mengisi data yang diminta.
    Akan tetapi apabila anda lupa dengan nomor tersebut atau memang belum pernah mengikuti UKG maka harus mencari nomor nomor UKG nya terlebih dahulu melalui tombol “cari nomor UKG” yang ada di pojok kanan bawah.
    Cara Registrasi Akun SIMPKB
  3. Pilih menu Registrasi
    Apabila belum menemukan nomor maka anda harus mengetik nama GTK pada kolom menu yang ada di sebelah pojok kanan bawah.
    Selain itu tambahkan informasi provinsi tempat mengajar dan kota atau Kabupatennya.
  4. Masukkan nomor peserta UKG dan tanggal lahir
    Setelah itu kembali ke halaman utama dan masukkan nomor peserta UKG beserta tanggal lahir yang telah dicari tahu sebelumnya.
    Untuk melanjutkan proses pilih kota kecil yang bertuliskan “Saya bukan robot”.
  5. Klik tombol “Registrasi”
    Kemudian klik tombol registrasi untuk mengakhiri pendaftaran.

Maka nantinya anda akan mendapatkan username beserta passwordnya yang dimaksud untuk digunakan login SIM PKB pembelajar dengan cara mengunduh surat pemberitahuan

Jika telah menyelesaikan tahap registrasi SIM PKB guru maka sekarang bisa melanjutkan ke proses cara login SIM PKB Guru pembelajaran.

Lanjutkan ke metode berikutnya untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah login SIM PKB Guru pembelajaran.

Cara Login SIM PKB Guru Pembelajaran

SIM PKB sebagai program pengembangan keprofesian berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru yang secara khusus untuk mengembangkan keterampilan pengetahuan serta keterampilan instruksional terhadap konten pembelajaran yang di ampuh.

Untuk login SIM PKB Guru pembelajaran bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke website https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login
    langkah yang pertama Anda perlu masuk ke alamat website tersebut dengan mengisi kolom email dengan nomor peserta UKG yang telah anda registrasi sebelumnya.
    Kemudian untuk login silakan klik tombol “Login”
  1. Melakukan validasi data
    Kangkah yang berikutnya Anda harus melakukan validasi data instansi mengajar serta mata pelajaran yang diampu.
    Anda harus verval sekolah induk dan mata pelajaran PTK dengan memilih satuan administrasi pangkal atau SATMINKAL.
    Hal tersebut bertujuan untuk melakukan verifikasi apakah anda benar-benar sebagai salah satu guru pembelajar di sekolah yang bersangkutan atau tidak.
  1. Memilih jenis SATMINKAL
    Berikutnya Anda bisa memilih jenis SATMINKAL yang mempunyai dua opsi yaitu terkait sekolah dan opsi kedua terkait dinas pendidikan atau secara khusus sebagai pengawasan.
    Pilih provinsi dan kabupaten kota lalu cari nama.
    Jangan lupa untuk memilih jenjang dan memilih mata pelajaran.
    Sampai ke langkah tersebut maka anda sudah berhasil login SIM PKB Guru pembelajaran.

Perlu menjadi perhatian bahwa setiap guru yang telah mendaftar PPG maka harus segera mengecek SIM PKB yang berguna untuk mengetahui apakah disetujui atau tidak pendaftaran oleh LPMP.

Karena verifikasi PPG oleh LPMP ada yang disetujui dan ada yang tidaksehingga Anda perlu melakukan pengecekan untuk mengetahuinya.

Saat ini sekolah memang dituntut sebagai ajang strategis sebagai upaya untuk melakukan pembaruan karakter anak didik yang dilakukan melalui sistem SIM PKB sebagai alat yang sudah terintegrasi dengan dapodik.

SIM PKB juga tidak hanya untuk memohon turun kualitas kinerja guru saja melainkan juga guru pendidik, kepala sekolah maupun pengawas sekolah.

Sehingga melalui SIM PKB tersebut harus masuk dalam pemberdayaan komunitas GTK yang terdiri atas Gugus atau Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja dan Kepala Sekolah (KKKS) serta Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Baca Juga: Cara Cek SKTP 2020

Akhir Kata

Nah demikian itulah penjelasan mengenai cara login SIM PKB guru pembelajar yang semoga bisa menjadi informasi bermanfaat bagi pembaca.

Apabila anda mengalami kesulitan untuk login SIM PKB guru pembelajar atau gagal menemukan nomor UKG, maka bisa bertanya kepada pihak operator yang mengelola SIM PKB di sekolah Anda.

Informasi tersebut sangatlah penting agar setiap guru tidak ketinggalan informasi mengenai update SIM PKB yang saat ini sebagai salah satu alat penting untuk memonitoring kualitas kinerja setiap guru.

Siva Nurikhsa

Mahasiswi asal Malang, Jawa Timur, yang kesehariannya tak pernah jauh dari layar laptop. Terima kasih telah membaca tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar