Komputer Tips & Trik

Cara Menghitung IP Address dan Contohnya

Cara Menghitung IP Address
https://kuotabro.com

Bagaimana Cara Menghitung IP Address? Ternyata gampang jika Kamu coba hitung pakai cara ini. Cuma beberapa langkah hitung saja.

Kuotabro.com – Bagi Anda yang bekerja di dunia komunikasi jaringan, pasti sudah tidak asing dengan cara menghitung IP Address. Istilah seperti IP Address, subnet mask dan host mungkin sudah sangat familiar bagi kalangan yang bekerja di bidang IT.

Namun tentunya bagi orang awam belum bisa memahami apa dan untuk apa menghitung IP Address. Itulah mengapa dalam artikel kali ini Kami akan membahas secara lengkap tentang hal tersebut agar lebih mudah dipahami secara mendalam.

Dalam ulasan ini Kami akan memberikan cara menghitung IP Address, subnet mask dan host dengan mudah yang sudah Kami rangkum dari beberapa sumber. Bagi Anda yang sedang membutuhkan cara tersebut, silahkan simak tulisan ini sampai selesai.

Pengertian IP Address?

Pengertian IP Address

Sebelum membahas lebih jauh cara menghitung IP Address, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan IP Address itu sendiri.

IP yang dimaksud disini adalah singkatan dari Internet Protocol (protokol internet) dan address yang berarti alamat.

Sehingga jika digabungkan, maka akan mendapatkan arti sebagai “alamat protocol internet”. Istilah ini memang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mereka yang bekerja di dunia jaringan.

Lalu IP Address untuk apa? IP Address berfungsi sebagai alamat dari perangkat yang digunakan di jaringan tersebut.

Misalnya ketika kita membuat suatu jaringan yang terhubung ke banyak perangkat, maka setiap perangkat/ alat tersebut harus mempunyai alamat yang ditujunya sendiri. Sehingga nantinya perangkat tersebut bisa terhubung dengan internet.

Sederhananya, jika tidak ada IP Address maka perangkat Anda tidak bisa diidentifikasi oleh jaringan sehingga dianggap mati.

Subnet Mask

Selian IP Addres, dikenal juga istilah Subnet Mask. Meskipun sebenarnya antara IP Addres dan Subnet Mask ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama bekerja untuk membanu komputer pengguna agar dikenali oleh jaringan.

Poin yang membedakan keduanya yaitu dari presisi-nya. Jika IP address menunjukkan alamat komputer pengguna secara persis, maka subnet mask ini akan menunjukkan lokasi umum dimana IP Addres pengguna berada.

Pada intinya, Subnet mask meripakan istilah dalam bidang teknologi Informasi yang digunakan untuk membedakan antara Network ID dan Host ID.

Subnet Mask juga bertujuan sebagai penentu porsi antara Network ID dan Host ID dalam deretan kode biner. Sehingga fungsi utama dari subnet mask yaitu untuk membedakan Network ID dengan Host ID serta untuk menentukan alamat tujuan paket data apakah termasuk local atau remote.

Host

Untuk istilah yang satu ini lebih mudah dipahami karena Anda hanya perlu mengartikannya ke bahasa Indonesia. Host berarti tuan rumah, dan fungsi dari tuan rumah dalam bidang jaringan juga tidak jauh berbeda dengan peran tuan rumah secara umum.

Maksudnya, host adalah sesuatu yang bertugas untuk mengakomodasi dan menampung para tamu. Dalam kasus jaringan, host ini berfungsi sebagai media untuk menampung klien-klien. Sedangkan alat yang biasanya dijadikan sebagai host disebut sebagai komputer server.

Cara Menghitung IP Address

Untuk yang selanjutnya, mari kita bahas bagaimana cara menghitung ketiga item tersebut. Dalam pembahasan cara menghitung berikut ini Kami akan menggunakan IP Address sebagai variable tetapnya.

Misanya ketika Anda mempunyai IP Address 192.168.0.0 dan terdapat 20 Net ID di dalamnya. Lalu bagaimana cara menghitungnya?

Cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan angka 255.255.255.0 sebagai subnet mask. Dalam hal ini maka IP akan dimulai dengan 192.168.0.0 dan subnet 0.0.0.0-255.

Setelah menyelesaikan tahap tersebut, maka Anda bisa mengubah decimal jadi kode biner. Kelihatannya memang sulit, namun sebenarnya jika paham mudah untuk dilakukan.

Rumus yang bisa digunakan adalah 2n-2 dimana ‘n’ adalah banyaknya angka 0 dalam subnet mask.

Jika angka subnet mask 255.255.255.0 maka akan diubah menjadi kode biner dan menjadi 111111111 111111111 11111111 000000000.

Apabila untuk menghitungnya menggunakan formula host, maka didapatkan angka 28-2. Dari angka ini maka Anda hanya perlu menghitung dan nantinya akan terjumlahkan host yang masuk ke dalam jaringan yang digunakan.

Untuk memahami formula tersebut memang seharusnya harus memiliki pemahaman terlebih dahulu tentang IP Address, subnet mask dan juga net id.

Sehingga bagi pembaca yang masih awam dengan ketiga istilah tersebut, sebaiknya pahami terlebih dahulu secara detail agar dalam proses perhitungannya lebih mudah dilakukan.

Selain itu, perlu ketelitian yang tinggi agar tidak ada miss angka maupun kesalahan dalam input data, terutama saat Anda mengubah ke bilangan biner.

Contoh Perhitungan IP Address

Hitunglah Network ID, Subnet Mask, Broadcast ID,  dan Host ID pada IP 20.20.0.22/22

  • Untuk menghitung Host ID. /22 maka 32 -22 = 10, 2^10 = 1024. Berarti jumlah dari Host ID adalah 1024 Host
  • 1024 host tersebut nantinya dikurangi 2, yaitu untuk Broadcast dan Network ID
  • Untuk perhitungan Network ID (Host Pertama) maka Network ID pada 20.20.0.22 adalah 20.20.0.0
  • Untuk perhitungan Broadcast (Host Terakhir) adalah 1024 / 256 = 4, Broadcast pada 20.20.0.22/22 = 20.20.3.255
  • IP Address yang bisa digunakan 20.20.0.1 – 20.20.3.254
  • Untuk perhitungan Subnet Mask pada 20.20.0.22/22 adalah 2^10 adalah kelas C maka 10-8 = 2 = 2^2 = 4. 256 -4 = 252, maka hasil Subnetmasknya adalah 255.255.252.0

Sebagai Catatan:

Subnetmask Kelas IP Address

  • Kelas A = 255.0.0.0
  • Kelas B = 255.255.0.0
  • Kelas C = 255.255.255.0

F.A.Q

Apa Itu IP Address?

IP Address adalah alamat/ identitas numerik yang diberikan kepada setiap perangkat komputer agar perangkat tersebut dapat teridentifikasi dan bisa berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan. Alamat/ identitas tersebut berupa nomor atau angkat yang terdiri dari 4 blok bilangan desimal dengan nilai terbatas dari angka 0 sampai 255.

Apa Itu Subnet Mask?

Subnet mask adalah istilah dalam teknologi Informasi untuk membedakan Network ID dan Host ID. Selain itu juga digunakan sebagai penentu porsi Network ID dan Host ID alam deretan kode biner. Fungsi utama dari subnet mask adalah untuk membedakan Network ID dengan Host ID serta untuk menentukan alamat tujuan paket data apakah termasuk local atau remote.

Apa Itu Host?

Host dalam IP Address adalah sesuatu yang bertugas untuk mengakomodasi dan menampung para tamu/ client. Host berfungsi sebagai media untuk menampung klien-klien. Sedangkan alat yang biasanya dijadikan sebagai host disebut sebagai komputer server.

Apakah Menghitung IP Addres Itu Mudah?

Sangat mudah jika sudah memahami masing-masing istilah dalam IP Addres seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Akhir Kata

Nah, demikian itulah ulasan lengkap tentang cara menghitung IP Address. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Tentang Penulis

Nurikhsani S.I.Kom.

Nurikhsani S.I.Kom.

Halo, saya Siva.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992