Cara Menyembunyikan Folder

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang bagaimana cara menyembunyikan folder di laptop maupun komputer. Setiap orang pasti mempunyai data yang sifatnya pribadi, bukan begitu?

Begitu juga denganmu, pastinya ada data privasi yang kamu simpan di dalam laptop. Entah itu berupa kumpulan foto-foto bersama keluarga, tugas sekolah, tugas kampus, laporan skripsi, data kerjaan atau pembukuan bisnis yang tidak ingin diketahui oleh sembarang orang.

Tentunya hal ini membuat kamu membutuhkan banyak cara agar folder penyimpanan data tidak diketahui oleh sembarang orang. Bukan begitu?

Sebenarnya untuk menyembunyikan folder di laptop maupun komputer ini gampang, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi di Google, cari aplikasi yang bisa menyembunyikan data untuk windows, pasti ada.

Tapi menurut saya, cara seperti itu kurang kreatif. Loh kenapa? Sebab cara yang instant tidak membuat kita mengetahui banyak hal mengenai suatu yang sedang dikerjakan. Contohnya seperti cara menyembunyikan folder ini.

Agar bisa membuat folder tidak diketahui oleh orang secara umum, alangkah baiknya kita pelajari dengan membaca artikel di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Folder di Laptop & PC

Sebenarnya ada berbagai macam upaya untuk membuat orang lain tidak bisa melihat data di dalam laptop kita. Tapi, kali ini saya akan mengulas hanya beberapa poin saja. Berikut 9 cara menyembunyikan folder yang bisa kalian coba, diantaranya seperti ini:

1. Hidden Properties

cara menyembunyikan folder

Metode seperti ini bisa kamu gunakan jikalau rata-rata dari lingkunganmu gaptek. Sebenarnya bukan gaptek si hehe, tapi lebih kurang paham aja. Jadi caranya seperti ini:

  • Cari data yang menurut kamu bersifat privasi dan tidak ada yang boleh melihat selain diri sendiri.
  • Setelah itu, klik kanan menggunakan mouse atau pun touch pad.
  • Nanti akan muncul berbagai macam pilihan, seperti gambar di atas.
  • Pilih bagian properties.
  • Ketika keluar jendela properties, ceklis bagian pada kolom hide-nya.
  • Klik ok, maka data pada folder tersebut secara otomatis akan ke hide sendiri.

Terasa lega bukan apabila mempunyai data yang sifatnya sangat privasi itu tidak bisa dilihat oleh orang lain? Tentu saja dong.

Nah setiap orang kan pasti ada yang tau dan juga enggak tentang cara seperti ini. Pertanyaannya, apabila ada seseorang yang mengetahui cara ini, kamu bisa mengecoh dia dengan menggunakan nama yang unik pada folder tersebut.

Sebagai contohnya seperti ini: Data punya si anu (sebutin nama temen kamu), tugas kampus, makalah seni budaya, proses skripsi dan masih banyak lagi nama-nama yang bisa kamu gunakan.

2. Pasang Aplikasi Keamanan

cara menyembunyikan folder

Pasang aplikasi keamanan merupakan pihak ketiga, yaitu software pengunci data atau folder. Tapi kalau menurut saya, cara seperti ini merupakan upaya yang kurang kreatif. Lah kenapa, Bukannya simpel? Iya memang, namun sangat umum sekali.

Sedangkan cara menyembunyikan folder yang menarik itu, adanya proses kreatif yang dilakukan oleh seseorang untuk menemukan solusinya.

Namun, bagi kamu yang tidak mau ribet ingin cepat tuntas, cara seperti ini pun bisa digunakan. Kalau emang ingin menggunakan metode seperti ini, secara otomatis kuotabro sudah memberikan caranya yang valid.

Baca juga: Cara Mengetahui Bit Laptop

3. Membuat Folder Bayangan

cara menyembunyikan folder

Inilah menurut saya cara menyembunyikan folder yang seru, kenapa demikian? Sebab dengan menggunakan cara seperti ini, bisa membuat orang yang ingin kepo terhadap data privasi kita akan kewalahan.

Ada yang tau karakter kartun Naruto? Ya, Uzumaki Naruto merupakan anggota grup dari Konoha, yang mana Naruto ini mempunyai jurus andalannya yang bisa membuat musuhnya merasa kebingungan dengan jurus ini.

Nah, cara ini hampir sama dengan jurus si Naruto itu. Coba bayangkan ketika kamu membuat sebuah folder dan ternyata masing-masing dari folder tersebut masih ada folder di dalamnya. Melihatnya saja sudah pusing bukan? Apalagi harus membukanya satu-satu, keburu bosen hehe.

Lantas bagaimana caranya? Begini, yang pertama harus kamu lakukan adalah:

  • Membuat folder sebanyak-banyaknya, masing-masing dari folder tersebut berikan nama, bisa huruf dan juga angka (Opsional).
  • Setelah langkah awal selesai, kamu bisa membuat lagi folder di masing-masing folder yang pertama kamu buat, sehingga mempunyai banyak sub folder.
  • Sebanyak apa? Sesuaikan dengan kemampuan, kalo kamu kuat membuat folder sebanyak 100 folder, ya silahkan hehe.
  • Terakhir, taro data pada folder yang ingin kamu sembunyikan.

Dengan adanya folder yang banyak, seperti gambar di atas bisa membuat orang yang melihatnya merasa curiga. Namun, ketika si orang itu ingin mencari-cari untuk mengetahui data dari folder yang sudah disembunyikan, lama-lama orang tersebut akan merasa capek dan bosan, sebab folder yang ia cari susah ditemukan.

Ribet sih, tapi efektif bukan? hehe.

4. Menyimpan Folder di Drive Disk

cara menyembunyikan folder

Drive disk merupakan wadah penyimpanan data-data komputer untuk menjalankan aplikasi yang sudah terinstall. Biasanya di dalam drive disk ini banyak folder-folder yang namanya sangat aneh.

Nah buat kamu yang bingung bagaimana cara menyembunyikan folder di laptop atau komputer yang aman, kamu bisa menggunakan cara seperti ini.

Kenapa saya menyimpulkan bahwa cara ini bisa kita manfaatkan? Sebab orang-orang tidak akan mencurigai folder yang ada di dalam drive disk. Bukan begitu? Karena orang-orang juga pasti tau, kalau data yang ada di drive disk ini dikuhususkan untuk menjalankan program yang ada.

Oh iya, kamu juga jangan sampai lupa untuk menghapus history folder yang sudah kamu buka sebelumnya, karena jika tidak di hapus akan kelihatan dibagian recent files.

5. Simpan Folder di Flashdisk

cara menyembunyikan folder

Sebenarnya paling aman untuk menyembunyikan folder itu menggunakan cara seperti ini, yaitu menyimpan data di dalam Flashdisk.

Sebenarnya cara menyembunyikan folder di laptop maupun komputer itu bukan seperti ini, kalau seperti ini lebih memindahkan file bukan menyembunyikan, namun tujuannya masih sama.

Jadi kalau teman-teman ingin menggunakan metode ini, ya monggo. Tapi, kamu juga jangan teledor menyimpan flasdisk nya. Kenapa? Sebab jika flashdisk itu ilang, maka folder atau data yang kamu simpan tidak akan terselamatkan dan tidak bisa dilihat lagi.

6. Simpan di Google Drive

cara menyembunyikan folder

Apabila data yang sudah kamu buatkan folder itu ukurannya kecil, mending cara menyembunyikan foldernya seperti ini. Menggunakan Google Drive, Media Fire, Drop Box dan lain sebagainya.

Tapi kalau ukuran dari data tersebut besar, ya jangan. Kenapa? Sebab sistem kerjanya upload dan download yang menggunakan kuota internet. Terkecuali kuota kamu masih banyak.

7. Merubah Ekstensi Filenya

cara menyembunyikan folder

Menggunakan cara seperti ini pun ampuh kok, dengan merubah nama serta ekstensi file-nya, kamu dapat membuat orang yang kepo merasa bingung dan tidak menyadari bahwa folder tersebut merupakan folder yang ingin mereka buka.

Agar lebih ampuh, kamu bisa menyimpan file-nya di desktop. Lah kok di desktop si? Kalau gitu bukannya teledor dan gampang dibuka ya? Ya, namun bagi yang belum hafal tidak akan bisa membukanya.

Seperti kata-kata bijak yang bunyinya seperti ini, gajah di depan mata tidak akan terlihat, sedangkan kuman di seberang lautan akan terlihat.

Catatan: Jangan lupa untuk tulis file yang sudah diganti nama dan ekstensinya ya.

8. Menggunakan CMD

cara menyembunyikan folder

Dari berbagai macam cara di atas, cara menyembunyikan folder di laptop maupun pc juga bisa menggunakan CMD. Jadi CMD ini adalah sebuah perintah yang dimiliki oleh Windows. Kalau di Linux, CMD ini merupakan terminalnya.

Jika menggunakan cara ini, seakan-akan kamu itu seperti hacker profesional. Lantas bagaimana caranya? Kamu hanya memasukkan kode dari folder yang ingin kamu sembunyikan.

Susah ya? Sebenarnya sih tidak, kalau mau belajar hehe.

9. Menggunakan Notepad

cara menyembunyikan folder

Notepad merupakan wadah penyimpanan atau tempat untuk mengedit kode-kode html, java dan pemograman lainnya.

Cara seperti ini bisa kamu gunakan dengan catatan harus memasukkan password yang sudah dibuat sebelumnya. Tapi, kekurangan dari cara seperti ini adalah, folder yang sudah kamu sembunyikan akan mudah ditemukan oleh orang lain.

Sekian ulasan tentang cara menyembunyikan folder di laptop maupun pc, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan juga mudah dimengerti oleh teman-teman semua.

Terimakasih, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Rina Mardiana

Seorang jurnalis lulusan Universitas Padjajaran angkatan 2016. Kini ia menjadi jurnalis lapangan di salah satu media televisi dan penulis khusus online.

Tinggalkan komentar