Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Kuotabro.com – Dalam pembahasan ini kami telah mengumpulkan beberapa pengertian sistem informasi menurut para ahli.

Bagi yang sedang mencari tahu, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Sistem Informasi Secara Umum

Sistem informasi adalah sistem yang menyediakan berbagai informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan serta untuk menjalankan operasional perusahaan.

Sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi, dan juga prosedur-prosedur yang sudah teroganisasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pendapat dari 24 para ahli dunia tentang pengertian sistem informasi yaitu:

1. Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam organisasi. Dimana sistem tersebut mempertemukan beberapa pengolahan transaksi harian, kegiatan manajerial, mendukung operasi dan juga strategis dari suatu organisasi serta juga menyediakan pihak luar dengan laporan-laporan yang diperlukan.

2. Menurut Rommey

Sistem informasi adalah suatu cara atau upaya untuk memasukkan, menyimpan, mengumpulkan, melaporkan serta mengendalikan informasi dengan cara organisasi. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

3. Tafri D. Muhyuzir

Sistem informasi adalah suatu data yang dikumpulkan, diolah, serta diklasifikasikan sehingga menjadi sistem informasi yang entitas terkait mengandung dan tungagal satu sama lain sehingga akan menjadi suatu sistem informasi yang berharga bagi pengguna yang mengirimnya.

4. O’Brien

Sistem informasi adalah sebuah sistem kombinasi dari setiap unit yang dikelola manusia, perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software, jaringan komunikasi data serta juga komputer, dan basis data yang akan mengubah, mengumpulkan, serta menebarkan infomasi tentang segala bentuk organisasi.

5. Mc Leod

Sistem informasi adalah suatu sistem dimana mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan segala informasi dari semua sumber serta memakai berbagai media untuk digunakan menampilkan informasi.

6. Lani Sidharta

Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang berisikan serangkaian terpadu komponen–komponen dan manual bagian komputerisasi yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi penggunanya.

7. Leitch Rosses

Sistem informasi  adalah sistem di dalam organisasi yang  bertujuan untuk mempertemukan kebutuhan pengelolaa transaksi harian, manajerial, mendukung kegiatan operasi, dan juga strategis dari suatu organisasi serta menyediakan pula pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang akan diperlukan.

8. Tata Sutabri, Kom., MM

Sistem informasi adalah sistem dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian.

Kemudian akan mendukung fungsi dari manajerial organisasi dalam kegiatan organisasi untuk bisa menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan yang sedang diperlukan.

9. Gordon B. Davis

Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data yang sesuai dengan instruksi serta mengeluarkan hasilnya.

10. Kertahadi

Sistem informasi adalah suatu alat yang berfungsi untuk menyajikan informasi sedemikian rupa dan memiliki manfaat untuk penggunanya.

Hal itu bertujuan agar dapat memberikan informasi untuk suatu perencanaan, dan memulai pengorganisasian sebuah perusahaan. Yang melayani sinergi organisasi dalam suatu proses mengendalikan pengambilan keputusan.

11. Erwan Arbie

Sistem informasi adalah sistem dalam  suatu organisasi. Sistem tersebut bekerja untuk mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan serta sebagai dukungan operasi.

Dimana memiliki sifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang akan diperlukan.

12. John F. Nash

Sistem informasi adalah sebuah kombinasi dari manusia, teknologi, media, prosedur serta juga pengendalian yang ditujukan untuk mengatur suatu jaringan komunikasi, proses transaksi tertentu dan juga untuk membantu manajemen dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

13. Alter

Menurut Alter sistem informasi merupakan tipe khusus dari suatu sistem kerja.

Sistem kerja tersebut adalah suatu sistem yang manusia atau mesin melakukan suatu pekerjaan dengan memakai sumber daya untuk menghasilkan produk tertentu atau jasa untuk pelanggan.

Sedangkan sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegitannya dimaksudkan untuk pengolahan seperti contoh transmisi, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil, serta menampilkan sebuah informasi.

14. Yakub

Sistem informasi adalah sebuah susunan yang terdiri dari beberapa komponen atau elemen.

Komponen sistem informasi tersebut biasanya disebut dengan istilah blok bangunan.

15. O’brian dalam Yakub (2012:16)

Sistem informasi (dalam bahasa inggris disebut information system) merupakan suatu kombinasi teratur dari orang-orang, perangkat lunak (software),  perangkat keras (hardware), jaringan komunikasi, dan sumber daya data dimana mengumpulkan, mengubah serta menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.

16. Agus Mulyanto

Sistem informasi adalah suatu komponen yang terdiri dari manusia, teknologi informasi, dan prosedur kerja yang akan memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

17. Hanif Al Fatta

Sistem informasi adalah suatu perkumpulan dari data yang terorganisasi beserta tata cara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari sekedar penyajian saja.

Istilah tersebut sama saja menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan atau cara memilih dan mengatur data serta menyusun tata cara dalam penggunaanya.

18. Burch dan Grudnitski

Burch dan Grudnitski mengemukakan bahwa sistem informasi merupakan komponen-komponen yang disebutnya sebagai blok pembangunan atau building block.

Blok pembangunan ini kemudian akan dibagi lagi menjadi blok input, blok model, blok output, blok teknologi, blok basis data, dan blok kendali.

19. Keneth C Laudon and Jane P Laudin

Sistem Informasi didefinisikan sebagai suatu serangkaian komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan/ mendapatkan, menyimpan, memproses, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung ketika pengambilan keputusan dan pengawasan di dalam sebuah organisasi.

20. Raymond Mcleod (2008)

Sistem Informasi diartikan sebagai suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan beberapa informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan sebuah informasi.

21. James A O’Brien and George M Marakas (2016)

Sistem informasi merupakan kombinasi terorganisasi apapun yang berasal dari manusia, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi, sumber data dan juga kebijakan serta prosedur yang terorganisasi yang akan menyimpan, mengambil, mengubah, dan memisahkan informasi dalam sebuah organisasi tersebut.

22. Henry Lucas

Menurut Henry Lucas sistem informasi adalah suatu kegiatan yang berasal dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan dan apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam suatu organisasi.

23. Gelinas dan Dull

Sistem informasi adalah suatu sistem buatan dari manusia yang pada umumnya terdiri dari sekumpulan komponen berbasis komputer yang sudah terintegrasi dan komponen manual yang dibangun untuk berfungsi mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan output informasi kepada penggunanya.

24. Nugroho Wdjajanto

Menurut Nugroho Wdjajanto sistem informasi adalah suatu susunan yang terdiri dari formulir, catatan, peralatan termasuk komputer dan perlengkapannya serta alat komunikasi, tenaga pelaksanaannya dan juga laporan yang sudah terkoordinasi secara erat yang khusus didesain untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi yang dibutuhkan manajemen.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa pengertian sistem informasi menurut para ahli yang mungkin bisa jadi informasi untuk pembaca.

Siva Nurikhsa

Mahasiswi asal Malang, Jawa Timur, yang kesehariannya tak pernah jauh dari layar laptop. Terima kasih telah membaca tulisan saya. :)

Tinggalkan komentar