Tips & Trik

√ 4 Solusi Mengatasi Website SSCN BKN Tidak Bisa Diakses, Begini Caranya

Website SSCN BKN Tidak bisa dibuka
blogspot.com

Kuotabro.com – Momen penerimaan CPNS tentunya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama untuk mereka yang masih dalam masa mencari pekerajaan.

Bahkan banyak juga orang-orang yang sudah bekerja rela meninggalkan pekerjaan mereka saat ini asalkan ketrima menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Menjadi Aparatur Sipil Negara memang menjadi suatu kebangaan tersendiri bagi orang-orang yang beruntung diterima sebagai PNS.

Bukan hanya soal status pekerjaan yang bergengsi, namun tentunya dengan menjadi PNS maka karir Kamu akan terjamin karena memiliki pendapatan yang tetap setiap bulannya, berbagai tunjangan yang menguntungkan serta tidak adanya PHK.

Sehingga tak heran jika ada momen pendaftaran CPNS besar-besaran, masyarakat akan berbondong-bondong untuk ikut mendaftar.

Apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini, semua proses pendaftaran CPNS bisa dilakukan secara online melalui laman SSCN BKN.

Tentunya dengan fasilitas seperti ini jauh lebih praktis daripada sistem penerimaan CPNS pada jaman dulu yang masih konvensional.

Penyebab Portal SSCN BKN Tidak Bisa Diakses

Akan tetapi, dengan animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap pendaftaran CPNS, membuat website SCCN BKN seringkali mengalami eror atau tidak bisa dibuka karena beban visitor yang cukup tinggi.

Menurut informasi, setidaknya ada sekitar 500 ribu orang yang membuka situs SSCN.BKN.GO.ID secara bersamaan sehingga membuat situs ini jadi lemot atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Apalagi situs ini tidak hanya dibuka oleh CPNS saja, namun juga PNS-PNS yang sudah diangkat setiap harinya ada yang membuka situs ini untuk kepentingan pribadi.

Pihak penyelenggara penerimaan CPNS, dalam hal ini adalah BKN sebenarnya sudah memprediksi bahwa akan ada lonjakan yang sangat tinggi terhadap kunjungan ke SSCN BKN.

Menyikapi masalah ini, BKN sendiri terus berupaya untuk memperbaiki server situs SSCN BKN agar bisa diakses tanpa eror.

Apalagi pada CPNS 2019 kemarin, BKN terpaksa harus mengundur deadline pendaftaran mengingat situs SSCN BKN sering mengalami eror dan membuat masyarakat mengeluhkan hal ini.

Perlu kalian ketahui bahwa setiap website memiliki kemampuan kecepatan dan kapasitas akses yang berbeda-beda.

Sehingga mungkin salah satu penyebab portal SSCN BKN yang tidak bisa diakses karena adanya keterbatasan tersebut.

Misalnya begini, ketika sebuah website memiliki kecepatan akses untuk setiap detiknya adalah 100 GB dan sebuah file berukuran 1 MB, maka dilihat dari sini setiap orang akan membutuhkan 1 MB untuk setiap detiknya.

Bayangkan saja jika dalam satu waktu ada sekitar 1 juta pengunjung yang mengakses portal SSCN BKN secara bersamaan, bukankah akan terasa berat?

Dari sini bisa dipastikan bahwa portal SSCN BKN pada kondisi tertentu akan mengalami down jika terlalu tinggi lalu lintas di dalamnya.

Lalu apakah ada solusinya?

Solusi Atasi Website SSCN BKN Tidak Bisa Diakses

Bagi kalian yang mengalami masalah website SSCN BKN yang tidak bisa diakses, sebenarnya tidak perlu panik.

Karena sudah pasti dari pihak BKN pun tidak akan tinggal diam,

Mereka tentunya selalu berupaya untuk memperbaiki website agar bisa digunakan semua orang.

Namun, Kamu juga bisa menggunakan tips berikut ini untuk menjadi solusi agar bisa mengakses website SSCN BKN:

1. Waktu Terbaik untuk Akses adalah Dini Hari

Banyak yang sudah membuktikan cara ini cukup ampuh untuk mengatasi website SSCN BKN yang lemot ketika dibuka.

Sebaiknya Kamu mengakses website ini pada pukul mulai dari jam 2 dini hari hingga jam 5 waktu subuh.

Karena jam-jam segini lalu lintas di situs SSCN BKN tidak terlalu padat, sehingga dengan memanfaatkan waktu kunjungan yang sepi seperti ini dapat meningkatkan performa website agar lebih mudah diakses.

Jadi sebaiknya, jika Kamu ingin upload sesuatu di SSCN BKN, gunakan rentang waktu tersebut dan semoga website bisa diakses dengan lancar.

Selain itu, pastikan juga bahwa Kamu memiliki akses internet yang stabil.

Percuma sudah bangun dini hari, namun ternyata kualitas koneksi internet Kamu tidak cukup baik untuk mengakses SSCN BKN.

2. Menghindari Akses Saat Waktu Urgent

Selain memahami jam-jam tertentu untuk akses website SSCN BKN, sangat penting kalian memperhatikan waktu atau tanggal yang tepat untuk akses website.

Khususnya untuk akses website SSCN BKN pada saat musim pendaftaran CPNS, maka usahakan untuk tidak menggunakan waktu saat pengumuman pendaftaran dan saat penutupan.

Karena kedua fase tersebut seringkali lalu lintas dalam website sangat padat dan sedang ramai-ramainya, apalagi ketika mendekati waktu penutupan.

Untuk itu, sebaiknya Kamu melakukan akses website ini pertengahan fase atau saat-saat yang sekiranya tidak terlalu banyak yang mengakses website.

3. Menunggu Upgrade Server

Mungkin memang benar bahwa saat ini sistem server pada lama SSCN BKN sudah menggunakan cloud yang berarti penyimpanan berbasis awan ini memiliki kinerja yang lebih baik karena apabila server mengalami gangguan maka lalu lintas dapat dialihkan ke server yang lain supaya tidak terjadi gangguan.

Akan tetapi dengan tingginya kunjungan dari pengunjung, seringkali mengakibatkan sistem tidak bisa memulihkan lalu lintas dengan cepat sehingga berakibat pada situs yang lemot atau malah tidak bisa dibuka sama sekali.

Untuk itu, satu-satunya cara adalah dengan upgrade ke server yang lebih besar atau akan lebih baik menggunakan dua server/ lebih.

Kabar baiknya memang dari pihak BKN akan melakukan upgrade server, untuk membuat sistem kembali normal.

4. Menggunakan IP Luar Negeri

Secara keseluruhan sistem pada server BKN merupakan sistem server yang dikhususkan untuk pengunjung dari IP Indonesia.

Dimana setiap server tentunya memiliki batas maksimal pengunjung dari negara yang sudah ditentukan.

Misalnya ketika kapasitas sever dapat menampung pengunjung sebanyak 2 juta’, maka pada saat lalu lintas yang padat, hanya 500 ribu orang saja yang dapat mengakses situs karena sisanya digunakan oleh penggunaan akses website.

Tahukah kalian, bahwa setiap server memiliki bandwith untuk akses dari IP luar negeri, misalnya dengan menggunakan VPN atau lainnya.

Kamu bisa coba menggunakan VPN ini untuk mengubah IP yang Kamu gunakan jadi IP luar neger.

Akan tetapi seringkali captcha pada laman jadi eror karena IP kalian terdeteksi sebagai robot, namuan tidak ada salahnya untuk dicoba, siapa tahu bisa.

Pada intinya seperti yang sudah dibahas diatas adalah ketika Kamu ingin mengakses website SSCN BKN agar dapat terkoneksi dengan baik adalah dengan menentukan waktu yang tepat.

Karena yang menjadi masalah utama akses website BKN yang lemot atau tidak bisa diakses adalah karena tingginya pengunjung yang membuka dan mengupload file di lama ini.

Untuk itu, Kamu bisa menggunakan 4 tips yang sudah disebutkan di atas untuk menjadi solusi website SSCN BKN yang lemot. Semoga berhasil.

Cara Mengatasi Gagal Login SSCN BKN CPNS

 

Beri Rating Artikel Ini:

Tentang Penulis

Siva Nurikhsani S.Kel.

Siva Nurikhsani S.Kel.

Halo, saya Siva. Seorang wanita yang besar dan tumbuh di salah satu kota kecil di Jawa Tengah. Kini berusia 24 tahun dan masih menata masa depannya
sebagai Sarjana Kelautan yang terjebak dalam dunia tulis menulis.

Komentari Yuk

IBX5AC5B1B595992